Mengenali Resiko Dalam Ternak Bebek Petelur dan Pedaging

Mengenali Resiko Dalam Ternak Bebek Petelur dan Pedaging 

Dalam peternakan bebek kita mengenal ada jenis bebek petelur dan bebek pedaging. Jenis bebek petelur diantaranya mojosari, bebek tegal, bebek ratu, bebek magelang, bebek alabio, bebek cirebon, bebek khaki champbell sedangkan jenis bebek pedaging diantaranya bebek peking, bebek cihateup, bebek manila atau entok. Selain ingin mendapatkan keuntungan dalam beternak bebek, sebaiknya kita juga harus mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Salah  satu yang perlu kita  ketahui adalah resiko dalam ternak bebek. Diantara resiko tersebut adalah bebek terkena penyakit hingga kematian pada bebek. Penyakit bebek tersebut bisa disebabkan karena virus, bakteri, jamur serta parasit. Adapun penyakit yang disebabkan virus misalkan saja hepatitis, enteritis, newcastle disease atau ND, influenza. Selain itu juga ada penyakit yang disebabkan bakteri contohnya septicaemia, escherichia coli septicaemia, pasteurellosis, coccidiosis atau berak darah, salmonellosis, botulism. Tetapi, untuk penyakit yang biasanya menyerang bebek yang berada dikampung adalah parasit. Penyakit yang dialami dalam beternak biasanya disebabkan kurangnya kebersihan kandang, kandang dalam kondisi lembab,  bebek tertular penyakit dari unggas lain dan beberapa penyabab lainnya.

Resiko Ternak Bebek

Cara penanggulangan terhadap penyakit diantaranya:

  1. Menjaga kebersihan kandang. Hal tersebut penting terutama untuk mencegah dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Pengobatan terhadap penyakit yang disebabkan bakteri dengan cara di semprot menggunakan desinfectant dan pengobatan dengan antibiotik.
  2. Pemberian vaksinasi pada anakan bebek yang berumur 3 hari, 10 hari dan 21 hari. Pemberian vaksinasi untuk mencegah bebek terkena penyakit. Jika tidak diberikan vaksinasi maka bebek terkena penyakit yang disebabkan oleh virus. Cara penangulangannya dengan menyemprot kandang menggunakan desinfectant   dan pemberian vitamin A, C dan E.

Setelah mengetahui kemungkinan resiko yang dialami dalam memulai beternak bebek, kita juga perlu menyiapkan modal awal usaha ternak bebek petelur.  Modal yang dibutuhkan tergantung jumlah bebek yang dipelihara dan jenis bebek yang siap telur atau memelihara dari DOD atau anakan. Salah satu faktor yang menentukan produktivitas bebek petelur diantaranya adalah masalah pakan. Pakan bebek petelur yang baik diantaranya yang mengandung kalsium dan protein yang cukup. Selain itu untuk membuat telur mempunai warna kuning yang pekat bisa ditambahkan pakan tambahan yang mengandung karotenoid.  Contoh pakan yang mengandung karotenoid adalah tepung daun katuk. Selain itu jagung giling dan  berbagai jenis keong emas dan kerang kecil juga bisa diberikan.

Resiko Ternak Bebek
Tepung Daun Katuk

Pemeliharaan bebek petelur cukup sederhana. Cara ternak bebek petelur bagi pemula adalah dengan membuat kandang yang sederhana, jumlah yang tidak banyak. Untuk tahap awal bisa memelihara sekitar 100 ekor. Sebelum memulai bisa membuat perhitungan usaha ternak bebek. Hal tersebut cukup penting guna mengetahui jumlah modal yang perlu kita persiapkan. Analisa ternak bebek petelur 100 ekor bagi pemula mencakup bibit atau bebek yang akan dipelihara. Jika peternak memilih memelihara dari DOD atau bibit bebek maka perlu sekitar 6 bulan untuk dapat memetik hasilnya. Sementara jika memelihara bebek siap telur maka dapat menghasilkan sekitar 1 bulan sejak dipelihara. Untuk modal yang digunakan jelas berbeda.

Untuk meningkatkan produksi telur, peternak bisa menggunakan cara ternak bebek petelur kering. Yang dimaksud dengan kandang sistem kering adalah pemeliharaan dalam suatu kandang dengan tidak diberikan akses keluar kandang. Jadi segala aktivitas bebek hanya berada di dalam kandang. Dengan menerapkan sistem kandang kering dapat meningkatkan produksi telur karena jumlah pakan terkontrol dan bebek tidak membuang energi untuk aktivitas bermain.

Dengan pemeliharaan yang sederhana, pakan yang tepat dan ditunjang dengan pemeliharaan yang intensif akan menghasilkan produksi telur yang bagus. Hal itu menepis anggapan bahwa memelihara bebek dalam jumlah yang besar dan modal yang banyak akan menghasilkan produktivitas yang tinggi pula.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

kata terkait:
modal awal usaha ternak bebek petelur, cara ternak bebek pedaging 40 hari, pakan bebek petelur yg baik, ternak bebek petelur kering, cara ternak bebek petelur bagi pemula, peternak bebek pedaging kandang panggung, analisa ternak bebek petelur 100 ekor, perhitungan usaha ternak bebek,

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: