Analisa Usaha Ternak Bebek Pedaging Peking 500 Ekor 

Analisa Usaha Ternak Bebek Pedaging Peking 500 Ekor – Dalam pemeliharaan bebek kita perlu mengetahui analisa usaha ternak. Untuk pemeliharaan sekitar 500 ekor, membutuhkan analisa usaha ternak bebek pedaging 500 ekor. Hal itu untuk mengetahui berapa modal yang dibutuhkan, potensi keuntungan per bulan. Dengan begitu kita mengetahui apakah ternak bebek pedaging peking memang layak kita teruskan atau tidak. Kami akan memberikan ulasan mengenai analisa usaha ternak bebek peking

Hal seperti ini penting untuk dilakukan untuk peternak profesional atau peternak pemula. Jadi meskipun jumlah yang dipelihara dalam jumlah yang sedikit dan pemeliharaan secara sederhana namun peternak tetap membutuhkan perencanaan keuangan. Selain bebek peking, juga terdapat jenis bebek pedaging hibrida. Budidaya bebek pedaging hibrida sama dengan bebek peking.

Alangkah lebih baik jika Anda mempelajari analisa bebek peking dan ilmu beternak dahulu sebelum memulai usaha ternak bebek pedaging peking.
Alangkah lebih baik jika Anda mempelajari analisa bebek peking dan ilmu beternak dahulu sebelum memulai usaha ternak bebek pedaging peking.

Contoh Analisa Ternak Bebek Pedaging 500 Ekor

Dibawah ini akan kami sampaikan mengenai contoh analisa usaha ternak bebek pedaging 500 ekor. Untuk analisa ternak bebek pedaging 500 ekor ini hanya sebagai gambaran. Apabila Anda masih pemula, maka Anda bisa mempelajari analisa ternak bebek pedaging 100 ekor, atau analisa ternak bebek pedaging 50 ekor. Atau jika Anda telah lama menggeluti usaha ternak bebek ini, Anda bisa mempelajari analisa ternak bebek pedaging 1000 ekor dengan dasar analisa ternak bebek pedaging 500 ekor dari kami. Nah, berikut ulasan mengenai analisa ternak bebek pedaging atau analisa ternak bebek potong 500 ekor.

Biaya Perkiraan

  1. Skala usaha untuk 500 ekor bebek peking pedaging
  2. Harga DOD Bebek Peking, estimasi Rp 7.500/ ekor
  3. Tingkat kematian sekitar 2%
  4. Masa panen 2 bulan

Biaya produksi

  1. Modal DOD bebek peking 500 ekor @ Rp 7.500 = Rp 3.750.000,-
  2. Biaya pakan : 
  • Dedak 200 kg @3.000,-                                  =    Rp    600.000,-
  • Konsentrat 150 kg @Rp.8.000,-                    =    Rp 1.200.000,-
  • Dedak ikan asin 100 kg @Rp3.500               =    Rp    350.000,-
  • Biaya pakan tiap kali panen (2 bulan)          =    Rp 2.150.000,-

      3. Total modal awal                                              =    Rp 8.050.000,-

Pendapatan

Hasil penjualan 98% x 500 ekor @ Rp 39.600,-   =    Rp 19.404.000,-

Modal Awal                                                                =    Rp    8.050.000,-

Pendapatan per panen (2 bulan)*                           =    Rp 11.354.000,-

*)Pendapatan per panen = Hasil penjualan – Modal Awal

Perlu kami sampaikan untuk analisa diatas adalah analisa secara garis besar saja, dalam artian dalam analisa tersebut belum terdapat biaya modal kandang.  Analisa usaha ternak bebek peking tersebut juga bisa Anda sesuaikan dengan jumlah bebek yang akan Anda ternakkan. 

Setelah mengetahui modal yang diperlukan dan keuntungan yang didapatkan maka peternak perlu mengetahui cara ternak bebek potong agar cepat besar. Hal itu penting agar meningkatkan produktivitas daging dengan demikian bisa memperbesar keuntungan. Untuk mendapatkan bebek dengan pertumbuhan yang cepat dibutuhkan beberapa hal diantaranya bibit yang berkualitas seperti bebek peking, pakan yang bagus dan pemeliharaan yang tepat. Komposisi pakan bebek peking juga mempengaruhi pertumbuhan bebek. Bebek sendiri termasuk hewan yang bisa diberikan pakan dengan pakan yang terjangkau termasuk bekatul, nasi aking dan dedak.

Peluang beternak bebek hibrida saat ini cukup bagus
Peluang beternak bebek hibrida saat ini juga cukup bagus

Apakah Cara Ternak Bebek Peking dan Hibrida Sama ?

Untuk cara ternak bebek pedaging hibrida hampir sama dengan cara ternak bebek pedaging peking. Yang membedakan antara bebek hibrida dan bebek peking adalah pertumbuhan bebek peking yang jauh lebih cepat dibandingkan bebek hibrida. Sedangkan untuk kandang, bisa menggunakan kandang sistem postal, kandang ren dan kandang panggung. Saat ini yang masih banyak digunakan kandang sistem ren atau setengah terbuka. Untuk sistem postal kandang kering mempunyai beberapa keunggulan diantaranya mendukung pertumbuhan bebek lebih cepat. Hal itu disebabkan bebek tidak bermain- main di kolam yang mengurangi energi bebek. Tidak hanya bebek pedaging saja yang perlu dilakukan analisa, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap juga harus dilakukan. Resiko ternak bebek bisa dikurangi dengan keuletan dan rajinnya peternak dalam mencari tau cara pemeliharaan yang tepat. 

Beternak Bebek Hibrida Sebagai Bebek Dua Fungsi

Apakah Anda sudah tahu bahwasanya selain bebek peking, ada jenis bebek hibrida yang juga termasuk jenis bebek pedaging unggulan. Bebek hibrida juga dikenal sebagai bebek dwifungsi. Yang mana pada usia 5 hingga 6 bulan, bebek hibrida ini bisa bertelur. Beternak bebek hibrida bisa menjadi pilihan bagi Anda apabila ingin beternak bebek yang bisa menghasilkan daging dan juga telur. Namun tentunya sebelum beternak, Anda bisa mempelajari analisa ternak bebek hibrida terlebih dahulu. Secara garis besar, untuk analisa ternak bebek hibrida pedaging bisa menggunakan referensi analisa ternak bebek pedaging diatas. 

Analisa ternak bebek hibrida pedaging
Bibit bebek hibrida yang sehat-sehat. Analisa biaya ternak bebek hibrida sebaiknya Anda pelajar dahulu sebelum memulai beternak.

Ketika Anda ingin beternak bebek hibrida, Anda tidak harus memulai dalam jumlah banyak. Misalnya dari jumlah 50 ekor atau 100 ekor dahulu. Lalu pelajarilah analisa usaha ternak bebek pedaging hibrida 100 ekor. Dengan mempelajari analisa, keuntungan ternak bebek hibrida dan juga modalnya bisa Anda ketahui. 

Kandang Bebek Bedaging

Kandang bebek pedaging yang saat ini digunakan masyarakat pada umumnya adalah kadang bentuk ren. Dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi kini banyak peternak yang beralih memelihara secara intensif di dalam kandang tertutup. Kandang anakan berbentuk boks untuk memelihara hingga umur 3 minggu. Untuk ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor peternak dapat membuat dengan cara sederhana dengan bahan yang mudah didapat dan memiliki harga terjangkau. 

Selama dipelihara di dalam kandang boks, makanan bibit bebek masih murni konsentrat. Setelah umur 3 minggu dipindahkan di kandang pembesaran hingga masa panen. Untuk jenis pakan setelah berumur 3 minggu jauh bervariasi.

Selain pakan utama berupa konsentrat, bebek bisa dikenalkan dengan berbagai jenis bahan pakan tambahan seperti bekatul, nasi aking, tepung tulang, tepung ikan, tepung daun, ampas tahu, jagung kuning giling dan masih banyak jenis bahan yang banyak terdapat di sekitar kita.

Kandang bebek pedaging
Kandang bebek ada beberapa pilihan, seperti yang ada di gambar adalah kandang panggung.

Mengikuti Pelatihan untuk Memantapkan Diri

Saat ini cara beternak bebek pedaging untuk pemula sudah mulai mendapat perhatian dari instansi pemerintah atau badan usaha dengan mengadakan pelatihan cara ternak yang efektif dan efisien. Pelatihan itu sangat penting dimana tidak semua lapisan masyarakat mengetahui cara ternak yang baik. Dengan pelatihan cara ternak bebek pedaging, banyak masyarakat yang tertarik dan beralih profesi menjadi peternak. Dengan beternak bebek diharapkan peternak pemula mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dibandingkan pada aktivitas yang sebelumnya dijalani seperti tukang becak, perambah hutan, pengamen dan lain-lain. Ternak bebek pedaging intensif dinilai lebih efisien menghasilkan daging yang kualitas unggul.

Pemasaran Bebek Pedaging

Perlu kita akui bahwa ujung tombak dari keberhasilan suatu bisnis adalah pemasaran. Jika dalam beternak bebek pedaging disertai dengan kemudahan dalam menjualnya tentu menjadi daya tarik tersendiri. Nah tantangan dalam beternak bebek salah satunya adalah bagaimana memasarkan bebek yang siap potong dengan harga sesuai pasaran dan mendapat keuntungan yang berarti. Beberapa gabungan kelompok peternak ada yang bekerjasama dengan pengelola restoran, rumah makan bahkan pemasok yang bertanggung jawab pada pengadaan daging segar di supermarket. Hal itu tentu sangat menguntungkan dan peternak dapat fokus pada usaha pemeliharaan bebek pedaging. Harga bebek pedaging di pasaran saat ini cukup tinggi. Untuk harga bebek peking usia DOD/Bibit biasanya kisaran Rp. 5000 – 7000/ ekornya.

Namun jika Anda memiliki pilihan lain dari bebek pedaging peking atau hibrida, kami menyarankan untuk memilih jenis bebek lokal pedaging. Dan tentunya, untuk menghindari atau memperkecil risiko ternak. Maka Anda bisa mempelajari analisa usaha ternak bebek lokal pedaging. 

Semoga analisa modal usaha ternak bebek peking pedaging diatas bisa membantu Anda. Untuk analisa usaha ternak bebek peking 100 ekor dan analisa ternak bebek peking 1000 ekor bisa Anda sesuaikan dengan analisa diatas. Atau apabila Anda masih bingung dan memiliki pertanyaan seputar analisis ternak bebek, silahkan hubungi kami di nomor 0812 2028 8686 karena kami membuka sesi konsultasi secara gratis. 

Nah, jika Anda telah menentukan akan beternak bebek jenis apa dan bingung untuk mendapatkan bibit yang berkualitas dari mana, Anda tak perlu khawatir. Karena kami hobiternak.com menyediakan aneka jenis bibit bebek baik dari jenis pedaging maupun petelur yang tentunya dengan kualitas baik dan unggul. Kami juga memberikan gratis konsultasi bagi Anda para peternak pemula. Untuk pemesanan ataupun konsultasi, silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: