Apa Saja Perbedaan Daging Entok vs Bebek ? Lebih enak yang mana..

Saat ini kuliner yang berasal dari daging entok dan daging bebek memang sudah beragam. Daging entok vs bebek memiliki tempat tersendiri di hati para pencintanya.

Cara pengolahannya pun bervariasi dengan resep baru yang bermunculan sehingga, semakin meramaikan aneka kuliner di Indonesia dan tentunya semakin memanjakan lidah dengan citarasa berbagai masakan yang khas.

Kelezatan daging entok vs bebek memang sudah tidak diragukan lagi, pasalnya bagi yang hobi dengan kuliner kedua daging ini, akan dengan mudah untuk dapat membedakan daging entok dan bebek entah itu dari tekstur maupun rasa keduanya yang khas.

Lalu apa sebenarnya perbedaan entok dan bebek itu sendiri?

Meskipun sama - sama unggas, tetapi entok dan bebek memiliki perbedaan. Apa saja perbedaanya ? simak pada point - point berikut ini | image 1
Meskipun sama – sama unggas, tetapi entok dan bebek memiliki perbedaan. Apa saja perbedaanya ? simak pada point – point berikut ini | image 1

Berikut empat perbedaan entok dan bebek yang perlu kita ketahui

Apa Saja Perbedaan Entok dan Bebek ?

1. Fisik

Melihat kedua jenis unggas ini secara sekilas memang akan terlihat sama. Namun bila dilihat secara seksama, sebenarnya kedua unggas memiliki perbedaan yang khas.

Entok memiliki postur tubuh yang cenderung gemuk dan pendek sedangkan bebek memiliki perawakan yang cenderung kurus dan tegak. Dari segi warna pun berbeda, bulu entok sebagian besar memiliki perpaduan warna putih hitam sementara bulu bebek ada warna kecokelatan, putih dan hitam.

2. Perilaku

Entok memiliki sifat keibuan yang lebih baik dibandingkan dengan bebek, saat mereka bertelur maka dengan telaten akan mengeram telur nya. Perilaku ini berbanding terbalik dengan bebek, sehingga hasil telur nya akan ditetaskan dengan bantuan alat penetas atau induk lain seperti entok.

Entok cenderung memiliki sifat keibuan, bebeda halnya dengan bebek yang tidak memiliki sifat tersebut | image 2
Entok cenderung memiliki sifat keibuan, bebeda halnya dengan bebek yang tidak memiliki sifat tersebut | image 2

Kondisi ini jika dalam skala industri, bebek akan lebih banyak dipilih baik untuk di budidayakan sebagai bebek pedaging atau pun petelur.

3. Produktivitas Telur

Salah satu keunggulan entok memang memiliki sifat keibuan yang baik akan tetapi dari segi produktivitas telur cenderung sedikit. Jumlah telur yang tidak banyak, pemanfaatannya pun lebih terbatas. Oleh karena itu, telur entok umumnya hanya untuk konsumsi keluarga.

Lain halnya dengan bebek, produktifitasnya yang tinggi juga turut mempengaruhi pasaran yang mana permintaan tinggi sehingga masyarakat pun akan lebih mudah mendapatkannya.

4. Daging

Ciri – ciri fisik daging entok vs bebek juga berbeda. Daging entok yang segar memiliki warna merah gelap sementara pada kulitnya berwarna cerah seperti kulit ayam. Tekstur daging entok lebih empuk dan lebih tebal dibandingkan daging bebek. Apabila sudah dimasak daging entok tekstur nya cepat kering.

Sedangkan ciri – ciri fisik daging bebek yaitu dari segi ukurannya lebih kecil sementara dari tekstur akan terasa lebih berserat dan alot saat dimakan.

Selain itu citarasa juga cenderung lebih gurih karena kandungan lemak dari daging bebek yang lebih tinggi sehingga, saat dimasak akan berubah menjadi lemak alami yang membuat daging lebih lezat.

Berikut merupakan salah satu contoh daging entok | image 3
Berikut merupakan salah satu contoh daging entok | image 3

Setelah kita pelajari perbedaan unggas entok maupun unggas bebek sebenarnya kedua unggas ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, secara garis besar popularitas keduanya tentu berbeda.

Keberadaan bebek sudah tidak kita ragukan lagi jumlahnya. Semakin berkembangnya waktu, peternak bebek semakin meningkat yang mana mempengaruhi jumlah produksi daging itu sendiri. Kondisi ini terlihat berbeda apabila kita bandingkan dengan peternak entok yang masih sedikit, itu pun cenderung budidaya yang masih skala rumahan.

Berikut merupakan salah satu contoh foto daging bebek | image 4
Berikut merupakan salah satu contoh foto daging bebek | image 4

Apalagi bila kita menjumpai penyedia – penyedia bibit entok, waktu memesan bibit nya akan menunggu lebih lama untuk mendapat jadwal antri tetasan dan pengiriman. Lain halnya bila kita memesan DOD waktu pengiriman lebih cepat dan saat ini banyak bermunculan produk DOD dengan segala keunggulan yang ada seperti bebek pedaging yang cepat panen jenis hibrida jumbo yakni,  usia 40 hari dengan bobot 1,6-1,8 kg.

Baca juga : Ternak Bebek Pedaging 45 Hari Panen

Untuk mendapatkan DOD bebek pedaging dan petelur bisa Anda dapatkan di hobiternak.com. Per putaran usaha yang lebih cepat akan lebih menyerap pasaran mengingat permintaan daging bebek yang tinggi.

Lalu Apa Sebenarnya Manfaat Kedua Jenis Daging Ini ?

Manfaat daging entok dan daging bebek adalah kelebihan yang menjadi ciri khas dari keduanya. Berikut merupakan manfaat daging entok vs bebek

1. Manfaat Daging Entok

a. Meningkatkan Berat Badan

Kalori pada daging entok yang dikenal memiliki kadar yang cukup tinggi karena, dalam sepotong daging yang memiliki berat 3,7 ons bisa mengumpulkan sejumlah 200 kalori. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalori harian 10 persen lebih banyak.

Konsumsi kalori harian yang sangat tinggi akan meningkatkan berat badan yang disebabkan dari kandungan kalori yang cukup tinggi di dalam tubuh setiap harinya. Karena kalori yang kita konsumsi tersebut akan diolah menjadi lemak.

Jika Anda gemar mengkonsumsi daging Entok, alangkah baiknya jika tetap memberikan batasan. Agar gizi dapat terpenuhi dengan seimbang | image 5
Jika Anda gemar mengkonsumsi daging Entok, alangkah baiknya jika tetap memberikan batasan. Agar gizi dapat terpenuhi dengan seimbang | image 5

Meningkatkan berat badan dengan daging entok memang baik akan tetapi, jumlah konsumsi yang terlalu tinggi juga tidak baik. Di dalam daging entok terdapat  kandungan purin yang bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Kondisi inilah yang membuat sebagian masyarakat lebih memilih daging bebek yang mengandung purin dengan tingkat sedang.

b. Meningkatkan stamina

Kembali lagi ke pembahasan kalori yang ada pada daging entok memiliki kadar yang tinggi maka manfaat daging entok juga dapat meningkatkan stamina.

c. Mencegah Anemia

Kadar zat besi yang terdapat pada daging entok jumlahnya tidak terlalu tinggi. Manfaat daging entok dalam peranan untuk memenuhi kebutuhan zat besi turut membantu dalam pembentukan sel darah merah  yang mencegah penyakit anemia. 

Mengkonsumsi daging entok ternyata dapat mencegah terjadinya anemia | image 6
Mengkonsumsi daging entok ternyata dapat mencegah terjadinya anemia | image 6

d. Membantu Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Seperti kita ketahui bahwa hormon memegang peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kadar hormon bisa mempengaruhi kesuburan hingga mood seseorang.

Menurut beberapa sumber informasi, mengkonsumsi daging entok mampu membentuk aneka jenis hormon sehingga hormon dalam tubuh tetap seimbang. 

2. Manfaat Daging Bebek

a. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berbicara daging entok vs bebek memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat daging bebek ialah menjaga daya tahan tubuh. Sumber protein dan selenium sebagai nutrisi yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh.

b. Mencegah Anemia

Daging entok vs bebek ternyata memiliki salah satu manfaat yang sama yakni mencegah anemia. Kandungan zat besi yang terdapat pada daging bebek mampu membantu pembentukan sel darah yang berfungsi untuk mencegah anemia.

Daging bebek mengandung protein yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh | image 7
Daging bebek mengandung protein yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh | image 7

c. Menjadi Sumber Protein yang Baik

Kandungan gizi pada daging bebek yang utama yaitu proteinya. Di dalam daging bebek terdapat sumber protein yang tinggi. Kandungan protein terdapat berbagai asam amino esensial dan non esensial yang baik bagi kesehatan tubuh.

d. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Daging bebek yang memiliki kandungan selenium yang tinggi juga berguna dalam menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Mineral ini akan membantu melindungi tiroid dari kerusakan dan berperan penting dalam menghasilkan hormon tiroid.

Meskipun demikian, hal ini juga menurut beberapa informasi perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait khasiat daging bebek apabila dikonsumsi secara langsung terhadap kesehatan tiroid.

Dalam pembahasan di atas, daging entok vs bebek ternyata memiliki khasiat atau manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Daging entok yang kaya akan manfaat namun keberadaannya masih terbatas, ini dapat dilihat dari kuliner yang berbahan dasar daging entok yang jarang untuk kita jumpai. 

Baca juga : Daftar Harga Jual Bebek Pedaging atau Karkas Terbaru 2021

Mengapa Daging Entok Tidak Sepopuler Daging Bebek ?

Ada berbagai hal yang menjadi alasan mengapa daging entok tidak se populer daging bebek yakni :

1. Masa Budidaya Entok

Daging entok vs bebek mengapa keduanya ini tidak sebanding tingkat popularitas nya? perlu kita ketahui dari masa budidaya nya. Entok memiliki masa budidaya yang relatif lebih lama dibandingkan bebek. Apabila bebek bisa dipanen pada usia 45 hari maka untuk entok harus menunggu sekitar 4 bulan untuk dapat dipanen.

Entok dapat dipanen ketika sudah mencapai usia 4 bulan | image 8
Entok dapat dipanen ketika sudah mencapai usia 4 bulan | image 8

Saat ini kebutuhan daging unggas di Indonesia semakin mengalami peningkatan. Peternak akan lebih memilih budidaya bebek sehingga pasokan daging lebih lancar dan per putaran usaha lebih cepat dengan demikian secara tidak sadar masyarakat akan lebih mudah mengenal daging bebek karena lebih mudah ditemukan.

2. Harga dan Jumlah Bibit di Pasaran

Harga bibit entok di pasaran cenderung lebih tinggi, ini terjadi karena Entok sendiri saat ini belum dapat diproduksi secara massal sehingga untuk mendapatkan bibit nya tentu tidak semudah saat kita mencari bibit bebek. 

3. Kebutuhan Pakan Entok

Daging entok vs bebek yang mana lebih populer daging bebek bisa dipengaruhi dari masa pemeliharaannya. Saat masa pemeliharaannya, memang entok dikenal memiliki tingkat konsumsi pakan yang lebih sedikit dan tidak se rakus bebek.

Apabila dihitung – hitung kembali, sebenarnya jumlah pakan yang dikeluarkan oleh peternak akan sama toh masa pemeliharaan entok lebih lama ini akan berakibat pada pemasaranya. Apabila peternak sudah memiliki kerjasama dalam pemasaran dagingnya di restoran atau warung – warung, saat ini daging bebek masih menjadi pilihan.

Agar dapat menekan biaya pakan, peternak dapat mencampurkan gedebog pisang sebagai bahan pakan alternatif | image 9
Agar dapat menekan biaya pakan, peternak dapat mencampurkan gedebog pisang sebagai bahan pakan alternatif | image 9

4. Kandungan Purin pada Daging Entok

Kandungan purin pada daging entok yang lebih tinggi dibandingkan dengan unggas lainnya seperti bebek. Sehingga menyebabkan daging ini kurang populer di mata masyarakat.

Kandungan purin yang tinggi akan meningkatkan kadar asam urat pada tubuh dan cenderung meningkat. Dengan demikian masyarakat akan lebih memilih daging unggas lain tak terkecuali bebek karena purin dalam kandungan daging bebek jumlahnya sedang.

5. Skala Budidaya Entok

Karena masa tunggu panen yang lebih lama maka, skala budidaya entok umumnya untuk skala rumahan saja atau sebagai usaha sampingan. Bila waktu panen bersamaan dengan hari raya, entok akan dijual dengan harga yang tinggi. Tentunya ini menguntungkan peternak namun, karena skala kecil maka di pasaran pun menjadi terbatas dan masih didominasi oleh bebek yang sebagian besar dipanen dari usaha skala besar.

6. Harga Daging Entok Lebih Tinggi

Sebenarnya harga daging entok yang lebih tinggi sebanding dengan jumlahnya yang masih terbatas namun ini merupakan salah satu faktor mengapa daging entok ini tidak se populer daging bebek.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan budidaya Entok bisa order di hobiternak.com, pengiriman dapat kami jangkau ke seluruh Pulau Jawa | image 10
Bagi Anda yang ingin mengembangkan budidaya Entok bisa order di hobiternak.com, pengiriman dapat kami jangkau ke seluruh Pulau Jawa | image 10

Bila daging bebek dengan bobot 1 kg harganya sekitar Rp. 40.000 – Rp. 45.000 maka, untuk mendapatkan 1 kg daging entok perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 100.000.

Ini hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa untuk bisa memenuhi protein harian dalam tubuh salah satunya dengan mengkonsumsi protein hewani sementara kandungan protein dalam daging bebek juga sudah tinggi maka masyarakat akan lebih memilih harga yang lebih murah namun kandungan yang ada tetap memenuhi.

7. Ukuran Daging Entok

Ukuran daging entok tentunya juga dipengaruhi oleh posturnya yang gemuk. Daging entok dikenal tebal dibandingkan daging unggas lainnya. Daging entok vs bebek dari segi ukuran lebih besar bebek sehingga masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi daging bebek karena ukurannya yang pas.

8. Jarang Dijumpai

Daging entok memang saat ini masih jarang dijumpai di pasaran. Daging entok yang masih sulit ditemukan membuatnya tidak populer dibandingkan daging bebek. Budidaya entok yang sebagian besar masih skala rumah, turut mempengaruhi pasokan daging di pasaran.

Beda halnya dengan keberadaan daging bebek yang memang mudah ditemukan. Saat ini sudah cukup banyak penyedia karkas bebek seperti karkas bebek hibrida dan peking dengan bobot yang beragam yang mana juga bisa anda pesan di hobiternak.com sekarang juga. 

Beternak entok dapat dilakukan dengan menerapkan sekala kecil terlebih dahulu | image 11
Beternak entok dapat dilakukan dengan menerapkan sekala kecil terlebih dahulu | image 11

Itulah seputar informasi tentang daging entok yang tidak sepopuler daging bebek. semoga bermanfaat 🙂

Bagi Anda yang ingin membudidayakan DOD bebek maupun DOE entok bisa dipesan ditempat kami. Kami menyediakan DOD Bebek dan DOE Entok usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga bebek pedaging maupun daftar harga entok silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK daging entok vs bebek word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata Terkait: manfaat daging entok, kandungan daging bebek, harga daging entok, entok dan bebek, kelebihan entok, harga bebek, manfaat daging bebek, ciri fisik daging bebek, bebek, entok

*nra

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: hobiternak.com
  • image 6: gambar.pro
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 3: tokopedia.com
  • image 4: hobiternak.com
  • image 5: popmama.com
  • image 7: idnmedis.com
  • image 8: worldorgs.com
  • image 9: health.grid.id
  • image 10: hobiternak.com
  • image 11: facebook.com
  • cover: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA