Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ?

Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ? – Bagi para pemula yang baru mau terjun dalam usaha pemeliharaan bebek tentu masih kebingungan dengan jenis bebek yang akan dipeliharanya. Kira-kira bebek yang menguntungkan jenis pedaging atau petelur ya? Kalau dari jenis pemeliharaannya lebih mudah bebek petelur atau pedaging? Untuk dana yang dibutuhkan lebih banyak bebek pedaging atau petelur? Dan masih banyak pertanyaan sejenis, untuk menjawabnya tentu membutuhkan data yang akurat.

 

Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ?
Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ?

Perbandingan Pemeliharaan Bebek Petelur dan Pedaging

Pada tahap awal penjinakan, antara bebek petelur dan pedaging masih sama antara bentuk, berat badan dan warna bulunya. Setelah melalui proses seleksi maka akan terbentuk bebek dengan 2 kategori yaitu bebek petelur dan pedaging. Bebek betina termasuk bebek petelur sedangkan bebek jantan yang tidak mempunyai kemampuan bertelur dimasukkan ke dalam golongan bebek pedaging.

Setelah proses seleksi maka untuk tahap selanjutnya untuk pemeliharaan masih sama antara pedaging dan petelur. Setelah umur 3 minggu untuk pedaging mulai diberikan konsentrat untuk bebek pedaging hingga masa panen pada umur 45 hari – 60 hari. Sedangkan pada bebek pedaging pada umur 5 bulan ada perubahan komposisi pakan karena menjelang masa bertelur dan membutuhkan komposisi pakan yang ideal untuk bebek petelur.

Baca Juga di : 

Jenis Bebek Petelur

Untuk bebek petelur yang potensial adalah bebek mojosari, hibrida petelur, bebek tegal, bebek alabio, bebek magelang, bebek cirebon dan bebek bali. Sedangkan untuk bebek pedaging jenis bebek lokal jantan, bebek peking dan hibrida pedaging. Untuk bebek yang dapat dijadikan petelur dan pedaging adalah bebek ratu raja (persilangan antara bebek mojosari dan alabio). Bebek ratu raja saat ini banyak peminatnya sehingga permintaan mengalami kenaikan.

Setelah mengetahui berbagai perbedaan dalam pemeliharaan, masa panen dan estimasi modal yang diperlukan maka ada beberapa pertimbangan dalam menentukan jenis bebek yang ingin dipelihara sebagai bebek ternakan keluarga.

Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ?
Bebek Mojosari

Modal yang Dibutuhkan

Untuk pemeliharaan bebek petelur lebih membutuhkan modal yang banyak dibandingkan bebek pedaging. Bebek petelur ada 2 jenis yaitu DOD atau bibit bebek petelur dan bebek siap telur. Jika memelihara yang siap telur maka biaya yang dibutuhkan lebih banyak lagi. Bebek petelur mulai dapat berproduksi umur 5 – 6 bulan sedangkan bebek pedaging pada membutuhkan waktu 5 – 6 minggu sudah mulai dapat dipanen, tergantung jenis bebek.

 

Manajemen Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan bebek pedaging hingga umur 5 – 6 minggu, dengan kebutuhan protein untuk bebek periode starter 20 – 22 % sedangkan pada periode grower kebutuhan protein 16 – 18 %. pemberian pakan secara bebas namun dalam porsi yang sedikit- sedikit. Pemberian yang banyak akan membuat pakan banyak terbuang atau ada resiko tidak bisa langsung habis.

Sedangkan untuk bebek petelur pemeliharaan bisa mencapai 2 – 3 tahun dengan masa produksi awal pada umur 5 – 6 bulan. Kebutuhan protein untuk masa starter berkisar 20 – 22 %, masa grower 15 – 16 % dan pada periode layer membutuhkan 19 – 20 %. Pemberian pakan dibatasi ketika umur 4 – 16 minggu.

 

Pemasaran Bebek Pedaging dan Bebek Petelur

Pada saat ini tingkat konsumsi telur terus mengalami peningkatan. Demikian juga dengan permintaan daging bebek yang mengalami peningkatan. Untuk telur konsumsi pemasarannya lebih mudah karena banyak pembeli yang bisa menampung dalam jumlah banyak. Harga bebek pedaging untuk saat ini cukup stabil bahkan pada hari-hari tertentu mengalami kenaikan harga. Dalam memasarkan daging bebek maupun telur bebek dapat melalui penjualan langsung ke pembeli, dijual melalui media social facebook dan instagram. Di setiap wilayah biasanya ada penampung hasil panen yang nantinya akan dijual lagi ke luar wilayah.

Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ?

Resiko Kerugian saat Beternak Bebek Petelur atau Pedaging

Dalam hal resiko kerugian, antara bebek petelur dan bebek pedaging mengalami perbedaan. Bebek pedaging karena usia panen cukup singkat dan modal yang dikeluarkan lebih sedikit (harga DOD atau bibit bebek lebih terjangkau) maka resiko juga lebih rendah dibandingkan pemeliharaan bebek pedaging. Jika dalam jangka waktu maksimal 8 minggu pada analisa usaha menunjukkan kerugian maka kita bisa menutup usaha peternakan bebek pedaging. Sehingga kerugian hanya pada 8 minggu tersebut.

Hal ini berbeda jika kita memelihara bebek petelur. Modal yang dikeluarkan jauh lebih banyak apalagi bila kita membeli bebek siap telur. Jika membeli bebek siap telur dan ternyata ada kerugian, maka kerugiannya cukup banyak karena modalnya cukup besar. Sedangkan bila pada pada tahap awal membeli bebek yang masih anakan, setelah kita analisa usaha ada kerugian setelah bertelur maka kerugiannya cukup banyak karena telah dipelihara dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 7 bulan).

Untuk mengatasi adanya kerugian maka kita bisa menggabungkan antara pemeliharaan bebek petelur dan pedaging dalam jangka waktu bersamaan. Dengan melihat produktivitas bebek petelur yang mulai aktif setelah umur sekitar 6 bulan, maka kita akan terus menerus mengeluarkan biaya pakan dan biaya pemeliharaan lainnya. Nah, jika kita melihara bebek pedaging maka pengeluaran pakan dapat ditunjang dari hasil panen bebek pedaging. Sehingga keuntungan bebek pedaging bisa menutup biaya bebek petelur.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL :
0819 3140 9353

Kata terkait:apakah bebek pedaging bisa bertelur, perhitungan usaha ternak bebek, analisa ternak bebek petelur 100 ekor, perbedaan bebek petelur dan pedaging, bebek petelur dan bebek pedaging, jual bebek petelur, ayam petelur dan bebek petelur

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: