Mengenal dan Mengatasi 7 Penyakit Umum pada Bebek Petelur Mojosari (Part 5)

Melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang “Panduan Nutrisi Tepat untuk Pakan Bebek Petelur Mojosari (Part 4)”, kali ini kami akan membahas informasi selanjutnya yang tak kalah penting juga, yaitu penyakit bebek petelur. 

Simak informasinya dibawah ini ya…

Sama halnya dengan unggas lain, bebek juga bisa terserang penyakit, baik itu penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun dari bakteri. Untuk memastikan kesehatan dan produktivitas bebek, penting bagi peternak untuk memahami dan mengenali penyakit-penyakit yang sering menyerang bebek.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 penyakit umum pada bebek beserta cara-cara penanggulangan dan pencegahannya.

JUAL Bibit/DOD Bebek Pedaging & Petelur

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Penyakit bisa menyerang bebek jika manajemen pemeliharaan peternak ada kesalahan | image 1
Penyakit bisa menyerang bebek jika manajemen pemeliharaan peternak ada kesalahan | image 1

7 Penyakit Bebek Petelur Mojosari yang Umum Terjadi

1. Avian Influenza (AI)

Penyakit AI, juga dikenal sebagai flu burung, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Avian Influenza tipe A subtipe H5N1.

Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menular ke manusia. Gejala pada bebek yang terinfeksi termasuk hidung berair, perubahan warna mata, diare, dan tingkat kematian yang tinggi.

Pencegahan AI melibatkan pemisahan bebek yang sakit, pemberian vaksin pada bebek muda, penyemprotan kandang dengan disinfektan, dan pemberian vitamin dan antibiotik pada bebek yang sehat.

2. Newcastle Disease (ND)

ND adalah penyakit yang biasanya menyerang saluran pernafasan bebek. Bebek yang terinfeksi akan terlihat lesu, mengalami diare, dan nafsu makannya berkurang.

Tingkat kematian pada bebek yang terkena ND sangat tinggi. Pencegahan ND melibatkan pemberian vaksin pada bebek muda dan pemantauan ketat terhadap gejala penyakit.

Berbagai jenis penyakit bisa menyerang kapan saja ke bebek yang Anda pelihara | image 2
Berbagai jenis penyakit bisa menyerang kapan saja ke bebek yang Anda pelihara | image 2

3. Rickets Duck (RD)

Penyakit ini sering menyerang persendian kaki bebek, menyebabkan kelumpuhan. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin D dan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam pakan.

Baca Juga!  Bagaimana Peluang Bisnis Bebek Mojosari di Bulan Ramadhan ?

Untuk mengatasi RD, berikan suplemen vitamin D melalui pakan dan tambahkan mineral dalam ransum pakan. Pencegahannya melibatkan pemberian vitamin secara rutin dan memastikan pakan mengandung nutrisi yang cukup.

4. Mycosis

Penyakit ini terjadi ketika bebek mengonsumsi pakan yang sudah berjamur. Gejalanya meliputi penurunan produksi telur, penurunan berat badan, dan nafsu makan yang berkurang.

Pencegahan termasuk menjaga kebersihan kandang dan menghindari pakan basi. Untuk pengobatan, berikan vitamin dan antibiotik.

Penyakit yang menyerang bebek bisa dicegah dan disembuhkan dengan berbagai cara | image 3
Penyakit yang menyerang bebek bisa dicegah dan disembuhkan dengan berbagai cara | image 3

5. Botulisme atau Limberneck

Botulisme disebabkan oleh konsumsi pakan yang terkontaminasi bakteri, menyebabkan bebek mengalami kejang dan lemas.

Pencegahan melibatkan penyediaan pakan yang segar dan tidak basi. Penyakit ini memerlukan perawatan medis yang segera.

6. Duck Cholera

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella moltocida dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, feses berlendir, dan kematian. Pencegahan termasuk pemantauan ketat terhadap gejala penyakit dan vaksinasi.

7. Duck Viral Hepatitis (DVH)

Penyakit DVH menyerang hati bebek dan sangat menular. Gejalanya meliputi lesu, kejang, dan kematian dalam waktu singkat. Pencegahan melibatkan langkah-langkah biosecurity yang ketat dan vaksinasi.

Pencegahan dan penanggulangan penyakit pada bebek yang benar dari peternak akan membuat hasil panen bisa maksimal | image 4
Pencegahan dan penanggulangan penyakit pada bebek yang benar dari peternak akan membuat hasil panen bisa maksimal | image 4

Artikel selanjutnya : 
Hobiternak.com: Pusat Bibit Bebek Mojosari Petelur dan Bayah Siap Telur yang Terpercaya

Penting bagi peternak untuk selalu waspada terhadap penyakit-penyakit ini. Biosecurity yang ketat, kebersihan kandang yang terjaga, dan vaksinasi yang tepat adalah kunci dalam mencegah penyebaran penyakit-penyakit ini.

Dengan memahami gejala dan cara penanggulangan yang tepat, peternak dapat menjaga kesehatan dan produktivitas bebek mereka, sehingga mengurangi kerugian yang mungkin terjadi.

Semoga artikel ini membantu peternak untuk mengenali dan mengatasi berbagai penyakit pada bebek.

Semoga bermanfaat…

Bagi Anda yang sedang mencari bibit bebek petelur mojosari atau bayah siap telur silahkan bisa order di hobiternak.com ya. Pengiriman aman dan BERGARANSI. Silahkan hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

Baca Juga!  Ternak Bebek Mojosari Petelur sebagai Pilihan Bisnis yang Menguntungkan

CS 1
0812-2028-8686

CS 2
0895-6124-93491

CS 3
0898-9274-749

Promo DOC KUB
5/5 - (16 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA