Bebek merupakan unggas yang banyak dibudidayakan dan dipelihara untuk ditujukan dengan berbagai manfaat. Pembudidayaan bebek tersebut ditujukan dengan diambil telurnya, daging, serta bulu. Saat ini bebek dikenal juga dengan nama Itik, tetapi masyarakat lebih mengenalnya dengan Bebek. Nenek moyang dari bebek tersebut bernama (Anas Moscha) yang berasal dari wilayah Amerika Serikat. Perkembangan bebek telah memakan waktu yang lama melalui bebek liar yang terus dijinakan hingga mendapat jenis bebek yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Saat ini perkembangan kuliner sangat pesat, banyak olahan makanan yang berbahan dasar daging dan daging bebek inilah yang menjadi makanan favorit para pecinta kuliner. Daging bebek merupakan makanan yang memiliki citarasa tinggi dan lezat. Dalam pengelolaan daging bebek tersebut tentunya harus diolah dengan baik dan benar serta dengan seorang yang benar – benar mengerti bagaimana mengolah daging bebek menjadi makanan yang lezat. Kandungan gizi yang terdapat pada daging bebek juga setara dengan daging ayam dan unggas lainnya.

Bagaimana Peluang Usaha Bebek Pedaging di Indonesia ?

Bisnis usaha bebek pedaging memiliki peluang yang sangat baik dan cukup menjanjikan dan menguntungkan bagi peternak. Karena permintaan masyarakat terhadap daging bebek semakin tinggi. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal tentunya peternak harus menggunakan sistem pembudidayaan secara instensif sesuai prosedur yang dapat mengurangi resiko kematian serta pemasaran produk akan menjadi lebih mudah.

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Saat ini banyak masyarakat mulai mengerti bahwa dengan menjalakan bisnis budidaya bebek ternyata menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Karena hal tersebut peternak dapat memanfaatkan semua yang dihasilakn oleh bebek mulai dari kotoran hingga bulu.

Bebek atau dapat disebut juga dengan itk merupakan nama umum untuk sebagian spesies burung dalam keluarga Anatidae.Bebek adalah burung akuatik yang sebagian besar memiliki ukuran kecil dibanding dengan kerabatnya.

Sebagian besar jenis bebek telah melewati kawin silang dan menghasilkan keturunan berbagai jenis bebek dengan keunggulan – keunggulan tersendiri.

Budidaya Bebek Lokal Menghasilkan Keuntungan yang Tinggi

Permintaan bebek pedaging pada setiap daerahnya dapat menyentuh angka hingga 1000 ekor setiap harinya. Tingginya permintaan daging bebek pedaging tentu merupakan peluang usaha yang sangat baik untuk para wirausaha. Namun ada beberapa masalah yaitu pasokan bebek pedaging dari peternak masih sangat sedikit. Padahal kebutuhan daging bebek di pasaran sangat tinggi, bahkan pasokan daging bebek yang masuk ke pasaran masih didominasi oleh bebek petelur yang sudah melewati masa afkir.

Daging bebek yang berasal dari bebek petelur dan telah melewati masa afkir selama 2 tahun memiliki tekstur yang lebih keras/alot dibanding dengan daging bebek yang berasal dari jenis bebek pedaging.Hal ini dikarenakan usia bebek petelur yang dijadikan bebek pedaging tersebut sudah berusia di atas 2 tahun.

Melihat kuliner daging bebek banyak diminati oleh masyarakat maka pemilihan jenis daging bebek khusus untuk pedaging pun mulai di seleksi berdasarkan keunggulannya dalam bereproduksi. Bebek yang memang ditujukan untuk pedaging memiliki tekstur yang tidak alot dan empuk.

Jenis – jenis Bebek Pedaging

Agar budidaya bebek pedaging menghasilkan kentungan yang maksimal dan sesuai dengan target peternak, maka peternak harus mengetahui jenis – jenis bebek pedaging yang memiliki pertumbuhan cepat dengan bobot sesuai target.

Apa saja jenis – jenis Bebek Pedaging Lokal yang banyak dipilih peternak untuk dijadikan bebek pedaging ?

1. Bebek Peking

Beternak Bebek
Peking

Bebek yang berwarna putih dengan kaki berwarna kuning tersebut merupakan bebek yang berasal dari Wilayah Cina. Bebek peking dikenal sebagai bebek yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Masa panen bebek peking dapat berlangsung selama 45 hari dengan bobot mencapai 1,3 kg. Ketahanan tubuh yang dimiliki bebek peking membuat bebek tersebut lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Harga jual yang stabil serta bagus membuat harga DOD bebek peking berbeda dengan harga bebek pedaging lainnya.

2. Bebek Hibrida

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida

Persilangan antara bebek mojosari dengan bebek peking jantan disebut sebagai bebek hibrida. Jenis bebek hibrida banyak digunakan sebagai bebek pedaging tetapi dapat juga digunakan sebagai bebek petelur.

Daging bebek hibrida memiliki aroma yang tidak terlalu amis dan memiliki daging yang tebal. Dengan keunggulannya tersebut banyak masyarakat yang menyukai daging bebek hibrida sebagai bahan kuliner dan bahan konsumsi sehari – hari.

Masa panen bebek hibrida dapat berlangsung selama 45 hari dengan bobot mencapai 1,2 – 2 kg. Tentunya bebek hibrida menjadi bebek unggulan para peternak karena masa panen yang singkat dengan bobot yang tinggi pula.

Ciri – ciri Bebek Hibrida antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memiliki tubuh yang relatif kecil
  • Berjalan tegak kurang lebih 45 derajat
  • Memiliki daya seksualitas yang tinggi
  • Berleher panjang

3. Bebek Lokal Pejantan Mojosari

Bebek Mojosari
Bebek Mojosari

Meningkatnya permintaan daging bebek yang semakin tinggi membuat harga DOD jantan menjadi lebih murah. Dengan harga yang murah tersebut tentunya peternak lebih banyak menjadikan bebek lokal tersebut sebagai bebek pedaging.

Bebek lokal pejantan mojosari didapat dari penetasan bebek mojosari yang merupakan bebek petelur. Dari hasil penetasan 100 butir kemungkinan menetas berjenis kelamin betina sejumlah 50% dan sebagian besar didominasi oleh bebek petelur jantan. Dahulu bebek petelur jantan hanya dianak tirikan karena jika dibesarkan membutuhkan pakan yang relatif banyak.Bahkan banyak dimushkan karena tidak dapat digunakan.

Tetapi kini bebek petelur jantan banyak digunakan sebagai bebek pedaging. Karena harga yang murah serta daging yang dihasilkan cukup tebal, maka bebek petelur jantan dijadikan sebagai bebek lokal pedaging.

Dalam mengelola usaha peternakan bebek pedaing pejantan lokal banyak peternak yang menggunakan sistem tradisional. Hal ini dikarenakan tingginya konversi rasum tentu akan memberikan keuntungan yang tipis bagi peternak bebek pedaging lokal tersebut.

Tetapi untuk peternak yang dekat dengan sumber daya pakan yang melimbah tentu peternak dapat menggunakan peternak secara intensif.Jenis – jenis bebek lokal yang banyak diternakan adalah bebek Tegal, Mojsari, Solo, Indramayu dan bebek Alabio

4. Bebek PMp

Bebek persilangan antara bebek peking dengan bebek mojosari putih tersebut merupakan bebek PMp.Keunggulan dari bebek PMp tersebut memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding dengan bebek lainnya.

Dalam pemeliharaannya jika peternak menginginkan tubuh yang lebih besar serta memperoleh keuntungan yang maksimal dalam beternak bebek pedaging maka peternak dapat memperpanjang masa panen bebek PMp dan memberikan tambahan pakan penunjang produktifitas bebek.

5. Bebek Pedaging MA/ Bebek Raja

Bebek Raja

Hasil persilangan antara bebek Mojosari dengan bebek Alabio dikenal dengan sebutan Bebek Pedaging MA/ Bebek Raja. Bebek Raja merupakan bebek yang banyak dikenal dengan penghasil daging yang paling banyak.Selain bebek raja ada istilah lain yaitu bebek ratu. Bebek ratu tersebut merupakan bebek dengan jenis kelamin betina. Untuk bebek betina tersebut juga menghasilkan telur dengan jumlah yang cukup banyak.

Keunggulan dari bebek raja yaitu :

  • Memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding dengan jenis bebek pedaging lainnya.
  • Daging yang tebal serta tidak menimbulkan bau amis membuat bebek raja lebih banyak disukai
  • Bebek raja memiliki kekebalan tubuh yang baik, tidak mudah stres oleh suara bising dan perubahan cuaca
  • Umur 6 minggu bebek raja sudah dapat mencapai berat 1,2 – 2 kg.
  • Konsumsi pakan yang sangat efisien
  • Bebek ratu mampu beradaptasi dengan kondisi serta cuaca dan iklim yang berbeda.

Mengapa memilih Bebek Lokal Pedaging ?

Mengapa Bebek Lokal Pedaging banyak dipilih oleh Peternak untuk dibudidayakan ?

Bebek lokal pedaging banyak dipilih oleh peternak sebagai penghasil daging yang tinggi. Saat ini peluang untuk budidaya bebek pedaging masih sangat luas dan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh permintaan daging bebek yang masih cukup tinggi sedangkan ketersediaan bebek yang masih terbatas. Tingginya pertumbuhan rumah makan, restauran dan hotel akan membuat permintaan daging bebek semakin tinggi. Peluang inilah yang akan membuat peternak mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Untuk menghasilkan bebek pedaging yang memiliki berat tinggi serta layak untuk dijual membutuhkan waktu sekitar 45 – 50 hari masa pemeliharaan. Untuk hasil terbaik pemeliharaan bebek dapat dilakukan dengan cara intensif dengan menyediakan kandang serta memberikan pakan penunjang produktiftas. Dengan cara tersebut peternak memanen hasil dengan lebih cepat dibanding pemeliharaan dengan sistem umbaran tanpa dikontrol pakan dan minum oleh peternaknya.

Berapakah Harga DOD Bebek Lokal Pedaging 2019

Silahkan berikut Daftar Harga DOD Peking KW Hibrida & Mojosari untuk Pulau Jawa:
Daftar Harga DOD Peking KW Hibrida & Mojosari untuk Pulau Jawa

Peking KW 9.000
Persilangan Betina Hibrida Putih dan Pejantan Peking
Hibrida 8.000
Pejantan Mojosari 10.000

Untuk 1 Bok isi 100 ekor, pembelian 1 atau 2 box dikenakan ongkos kirim Rp 100.000,- dan untuk pembelian 3 box, gratis ongkos kirim. Bisa terjadi perubahan harga saat pemesanan dengan saat pengiriman. Kepastian harga pada saat pengiriman

Silahkan Berikut Daftar Harga DOD untuk Pulau Sumatera:
Daftar Harga DOD Peking KW Hibrida & Mojosari untuk Pulau Sumatera

Peking KW
Persilangan Betina Hibrida Putih dan Pejantan Peking

PADANG 12.900,00
JAMBI 13.000,00
ACEH 13.000,00
BENGKULU 13.000,00
LAMPUNG 13.000,00
PALEMBANG 13.000,00
PEKANBARU 13.000,00
MEDAN 13.300,00
PANGKAL PINANG 13.300,00
TANJUNG PINANG 13.200,00
BATAM 13.200,00

Hibrida Pedaging
PADANG 12.500,00
JAMBI 12.600,00
ACEH 12.600,00
BENGKULU 12.600,00
LAMPUNG 12.600,00
PALEMBANG 12.600,00
PEKANBARU 12.600,00
MEDAN 12.900,00
PANGKAL PINANG 12.900,00
TANJUNG PINANG 12.800,00
BATAM 12.800,00

Pejantan Mojosari Petelur
PADANG 13.900

JAMBI 14.000
ACEH 14.000
BENGKULU 14.000
LAMPUNG 14.000
PALEMBANG 14.000
PEKANBARU 14.000
MEDAN 14.300
PANGKAL PINANG 14.300
TANJUNG PINANG 14.200
BATAM 14.200

Silahkan Berikut Daftar Harga DOD untuk Kalimantan:
Daftar Harga DOD Peking KW Hibrida & Mojosari untuk Pulau  Kalimantan

Peking KW
Persilangan Betina Hibrida Putih dan Pejantan Peking

BANJARMASIN 12.700,00
PALANGKARAYA 12.900,00
SAMPIT 12.900,00
TARAKAN 13.100,00
BALIKPAPAN 13.100,00
SAMARINDA 13.100,00
BERAU 13.200,00
PONTIANAK 13.200,00
Pangkalan Bun 13.000,00

Hibrida
BANJARMASIN 12.300,00
PALANGKARAYA 12.500,00
SAMPIT 12.500,00
TARAKAN 12.700,00
BALIKPAPAN 12.700,00
SAMARINDA 12.700,00
BERAU 12.800,00
PONTIANAK 12.800,00
Pangkalan Bun 12.600,00

Pejantan Mojosari Petelur
BANJARMASIN 13.700
PALANGKARAYA 13.900
SAMPIT 13.900
TARAKAN 14.100
BALIKPAPAN 14.100
SAMARINDA 14.100
BERAU 14.200
PONTIANAK 14.200
Pangkalan Bun 14.000

Silahkan Berikut Daftar Harga DOD untuk Pulau Sulawesi:
Daftar Harga DOD Peking KW Hibrida & Mojosari untuk Pulau  Sulawesi

Peking KW
Persilangan Betina Hibrida Putih dan Pejantan Peking

MAKASSAR 13.000,00
KENDARI 13.400,00
PALU 13.500,00
LUWUK 13.500,00
GORONTALO 14.000,00
MANADO 14.000,00
TERNATE 14.700,00
AMBON 14.700,00
LOMBOK 13.200,00

Hibrida
MAKASSAR 12.600,00
KENDARI 13.000,00
PALU 13.100,00
LUWUK 13.100,00
GORONTALO 13.600,00
MANADO 13.600,00
TERNATE 14.300,00
AMBON 14.300,00
LOMBOK 12.800,00

Pejantan Mojosari Petelur
MAKASSAR 14.000
KENDARI 14.400
PALU 14.500
LUWUK 14.500
GORONTALO 15.000
MANADO 15.000
TERNATE 15.700
AMBON 15.700
LOMBOK 14.200

Silahkan Berikut Daftar Harga DOD untuk Pulau Papua:
Daftar Harga DOD Peking KW Hibrida & Mojosari untuk Pulau  Papua

Peking KW
Persilangan Betina Hibrida Putih dan Pejantan Peking

MANOKWARI 15.700,00
BIAK 16.200,00
SORONG 15.400,00
JAYAPURA 16.700,00
TIMIKA 17.200,00

Hibrida
MANOKWARI 15.300,00
BIAK 15.800,00
SORONG 15.000,00
JAYAPURA 16.300,00
TIMIKA 16.800,00

Betina Mojosari Petelur
MANOKWARI 16.700,00
BIAK 17.200,00
SORONG 16.400,00
JAYAPURA 17.700,00
TIMIKA 18.200,00

Untuk wilayah luar pulau, minimal pembelian 5 box. Untuk 1 Bok isi 100 ekor. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim, tes laboratorium dan biaya dokumen lengkap.Bisa terjadi perubahan harga saat pemesanan dengan saat pengiriman. Kepastian harga pada saat pengiriman

Apabila Anda tertarik untuk beternak bibit ayam pejantan (DOC ayam pejantan) kami hobiternak.com menyediakan. Untuk pemesanan DOC ayam pejantan minimal 20 bok. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami sekarang juga di no whatsapp dibawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
Bebek lokal pedaging, DOD Bebek Lokal Pedaging, Peluang Usaha Bebek Pedaging, Budidaya Bebek Pedaging, Budidaya Bebek Pedaging, Harga Bebek Pedaging, Jenis – jenis Bebek Pedaging di Indonesia

Nurasikin:)


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: