Simak !, 6 Perbedaan Telur Ayam Arab dan Kampung

Dari sekian banyak telur ayam yang tersebar di seluruh Indonesia, ada 2 jenis telur yang beredar di pasaran namun kadang masih bingung bagaimana cara untuk mengetahui perbedaannya. Telur tersebut yaitu telur ayam arab dan telur ayam kampung. 

Telur Ayam Arab vs Telur Ayam Kampung

Sering menjadi pro kontra di bagian pemasaran telur ayam arab dan telur ayam kampung saat dipasarkan ke masyarakat. Meskipun ahli gizi sudah menjelaskan bahwa kandungan gizi telur ayam arab dengan telur ayam kampung hampir sama, namun masyarakat masih merasa khawatir atau kurang mantep saat mengkonsumsi telur ayam arab.

Perbedaan telur ayam arab dengan telur ayam kampung | Image 1
Perbedaan telur ayam arab dengan telur ayam kampung | Image 1

Masih jarang pihak yang mengenalkan manfaat telur ayam arab dan kelebihan ayam arab di masyarakat. 

Jika dilihat dari sisi keuntungan, ternak ayam arab petelur memang lebih menguntungkan bila dihitung dengan detail serta dikelola dengan baik. Mengapa begitu? Karena kebanyakan peternak ayam arab menggunakan sistem intensif untuk memelihara ayamnya. 

Sistem intensif ini dapat membuat ayam lebih terpenuhi kebutuhan konsumsi pakannya serta dapat terawat dengan perhatian yang lebih intensif pula. 

Sedangkan peternak ayam kampung, lebih banyak yang belum menggunakan pola intensif dalam mengelola ternak nya, sehingga hal ini menyebabkan biaya dalam produksi menjadi tinggi. 

Biasanya peternak memelihara ayam kampung dengan sistem ekstensif. Sistem ini mempunyai cukup banyak kekurangan salah satunya jumlah populasi ayam yang di ternak tidak bisa banyak (terbatas). 

Memang kebanyakan peternak ayam kampung seringnya orang-orang yang tinggal di perkampungan dan masih skala rumahan. Jadi belum terpikirkan untuk membuat kandang yang terstruktur dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Ayam Kampung Asli | Image 2
Ayam Kampung Asli | Image 2

Peternak ayam kampung pindah ke ternak ayam arab

Ada kekhawatiran mengenai berkurangnya populasi ayam kampung karena peternak berpindah ke ternak ayam arab. Walaupun hal ini mungkin juga bisa tidak terjadi, karena ayam kampung sudah tersebar di pelosok negeri sedangkan ayam arab masih belum banyak yang memiliki.

Informasi tempat jual ayam arab untuk umuran DOC ataupun siap produksi memang tidak banyak. Sehingga ini menyebabkan masyarakat yang memulai ternak jenis ayam arab ini masih jarang.

Lalu apa sih bedanya telur ayam arab dan ayam kampung? Mari simak informasi dibawah ini ya !!!

Ayam Arab | Image 3
Ayam Arab | Image 3

Perbedaan Telur Ayam Arab dan Kampung

1. Warna Kulit Telur

Telur ayam arab pada umumnya berwarna putih dan warnanya pun lebih seragam. Dibandingkan dengan telur ayam kampung asli yang memiliki warna cangkang cukup beragam. Seperti putih, cokelat tua, ataupun cokelat muda. 

2. Harga Telur

Telur ayam kampung asli ada di kisaran harga Rp. 2.000,- sampai Rp. 5.000.- per butirnya. Sedangkan harga telur ayam arab berada di kisaran harga Rp. 1.600,- sampai Rp. 2.000,- per butir nya. Di sini Anda bisa curiga saat menemukan harga telur ayam kampung asli yang harga di bawah pasaran tersebut.

3. Warna Kuning Telur

Selanjutnya adalah pada perbedaan warna kuning telurnya. Apabila Anda membeli telur ayam kampung namun warna kuning telurnya kuning terang atau oranye dan ukuran kuning telurnya lebih besar, maka itu adalah telur ayam arab. Karena pada telur ayam kampung, ukuran kuning telurnya lebih kecil dan juga warnanya kuning pucat

Perbedaan kuning telur ayam arab dan telur ayam kampung | Image 4
Perbedaan kuning telur ayam arab dan telur ayam kampung | Image 4

4. Berat telur

Jika telur ayam arab dan telur ayam kampung di timbang, maka telur ayam kampung akan lebih berat dibandingkan telur ayam arab. Berat rata rata telur ayam arab adalah 30-35 gram per butir, sedangkan telur ayam kampung memiliki berat 27-56 gram per butirnya.

5. Cita Rasa

Antara telur ayam kampung dengan telur ayam arab ternyata memiliki cita rasa yang berbeda. Telur ayam arab rasanya lebih enak daripada telur ayam kampung, banyak yang menilai telur ayam arab rasanya tidak amis. Berbeda dari telur ayam kampung yang biasanya agak amis, gurih dan sedikit manis.

6. Datangi langsung peternak nya

Walaupun kadang cukup sulit mendapatkannya, tapi mendatangi langsung peternak lebih meyakinkan Anda tentang kejelasan informasi telur ayam tersebut. Anda juga bisa lebih paham bagaimana dalam merawat ayam nya.

Karena dalam perawatan ada unsur besar dari pakan yang merupakan unsur pembuat telur. Dan dengan mengunjungi peternak langsung Anda akan semakin yakin bagaimana peternak menggunakan pakan pabrikan atau pakan alami.

Setiap jenis telur ayam yang kita konsumsi, pasti mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk tubuh kita | Image 5
Setiap jenis telur ayam yang kita konsumsi, pasti mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk tubuh kita | Image 5

Bagaimana Anda lebih suka telur ayam arab atau telur ayam kampung. Tenang saja keduanya mempunyai kelebihan masing-masing ya, dan kandungan gizi nya juga tidak jauh berbeda. 

Dengan informasi diatas semoga Anda lebih tahu lagi bagaimana cara membedakan telur ayam arab dan telur ayam kampung. 

Dan jika Anda tertarik untuk memelihara ayam arab atau ayam kampung asli, kami dari hobiternak.com menyediakan. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk respon cepat silahkan bisa hubungi nomor layanan pelanggan kami dibawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK perbedaan telur ayam arab dan kampung word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 
harga telur ayam arab, kandungan gizi telur ayam arab, ternak ayam arab, kelebihan ayam arab, telur ayam kampung, telur ayam arab, ayam arab, ayam kampung asli, doc ayam arab, doc ayam kampung 

#ms

5/5 - (23 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: agropustaka.com
  • Image 2: Pixabay.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 3: bukalapak.com
  • Image 4: Owned by the author
  • Image 5: nova.grid.id
  • thumbnail: food.detik.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA