Ayam Arab Merah – Bisnis ayam arab merah merupakan pelung bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya bisnis ternak ayam arab merah masih terbilang baru dan belum banyak dilakukan. Ada beberapa peluang yang bisa dikembangbiakan seperti DOC ayam arab merah, telur ayam arab merah, induk penghasil telur dan daging ayam arab sebagai konsumsi.

Ayam arab merah tergolong ke dalam jenis ayam baru. Ayam arab merah merupakan hasil persilangan antara ayam arab silver jantan dengan ayam buras merawang yang memiliki warna bulu merah keemasan bertotol – totol hitam diseluruh tubuh.Warna ayam arab merah ini didominasi oleh warna merahnya yang menyala.Dengan warna yang unik ini menambah daya tarik pecinta ayam untuk memeliharanya.

DOC Ayam Arab

DOC Ayam Arab

Asal-usul Ayam Arab Merah

Mengenai asal usul ayam ini, belum dapat memastikan dengan benar karena banyak pendapat yang berbeda oleh sebagian masyarakat. Ayam arab merah petelur dapat memproduksi telur hingga 300 – 310 per ekor setiap tahunnya.Jika dipersenkan jumlah telur ayam merah dapat mencapai 70% dari ayam arab petelur lainnya. Selain dianggap sebagai ayam petelur, ayam ini juga dapat digunakan sebagai ayam hias. Karena bulu pada ayam merah sangat mencolok, dan bercorak cantik membuat para pecinta ayam semakin menyukai jenis ayam arab merah ini.

Ayam arab jantan memiliki ciri khusus yaitu pada umur 1 minggu, ayam arab jantan sudah tumbuh jenger. Jadi untuk mengenali DOC ayam arab jantan atau DOC ayam betina akan lebih mudah.Postur tubuh ayam arab merah lebih tinggi dibanding postur tubuh ayam arab biasa. Tinngi ayam arab ini dapat mencapai 35 cm, dan warna kaki pada ayam arab merah ini cenderung berwarna keabu – abuan.

Karakter fisik pada ayam merah jantan yang mencolok yaitu sikapnya yang selalu waspada dan penuh curiga, gerakannya sangat gesit dan lincah. Sehingga pada saat didekati ayam ini akan langsung lari dan terbang. Ini menjadikan ayam arab merah sangat sulit untuk didekati atau dijinakan.

Ciri khusus pada ayam betina adalah pada jenggernya yang tipis panjang dan melengkung. Jika ayam arab merah sudah mulai memproduksi telur, maka badannya akan semakin membesar tetapi bentuk tubunya tetaplah pendek.

Ayam Arab Petelur

Ayam arab dikategorikan sebagai ayam petelur dikarenakan, ayam arab tidak mempunyai sifat mengeram.Tetapi ayam arab tetap dapat dipelihara dengan sistem baterai agar telur ayam arab dapat menetas. Jenis ayam arab relatif mampu beradaptasi dengan lingkungan serta tahan terhadap penyakit.

Keungulan dalam beternak ayam arab terdapat pada efisiensi pemberian pakan. Jenis ayam ini termasuk tipe ayam kecil, sehingaa konsumsi pakan relatif lebih sedikit sehingga lebih efisien. Ayam Arab hanya membutuhkan 80 gram pakan per ekornya dalam sehari. Ayam Arab mampu memproduksi telur sebanyak 80 – 90%. Berat telur Ayam Arab sekitar 40 – 45 gram.Ayam arab dapat menghasilkan telur sekitar 300 – 310 butir setiap tahunnya.

"<yoastmark

Ayam arab memiliki daya seksualitas tinggi

Ayam Arab mempunyai daya seksualitas yang tinggi, dalam waktu 15 menit ayam arab dapat kawin sebanyak 3 – 5 kali. Hal ini dapat memacu prodiktifitas telur agar menghasilkan telur yang banyak. Dalam pemeliharaan ayam arab harus dilakukan secara intensif agar mendapatkan produksi yang tinggi.

Ayam arab memiliki kelemahan disisi penetasan. Ayam arab tidak memiliki sifat mengeram yang baik, maka dapat dikatakan bahwa ayam arab memang merupakan ayam petelur. Untuk tata cara penetasan pada ayam arab dilakukan dengan cara menggunakan mesin penetas tersenndiri. Untuk proses penetasan terjadi selama 21 hari atau sekitar 1 bulan.

Setelah DOC ayam arab menetas kita dapat langsung membedakan antara ayam arab jantan dengan ayam arab betina. Cara membedakanya yaitu ketika DOC ayam arab menginjak umur 1 minggu. Pada DOC ayam jantan sudah tumbuh jengger dikepala sedangkan pada ayam betina belum muncul jengger. Dengan begitu kita akan lebih mudah membedakan antara yang jantan dan yang betina.

Baca juga :

Ada beberapa cara untuk memilih anak ayam arab yang sehat, sebagai berikut :

1. DOC berasal dari induk yang sehat
2. Bulu tampak halus dan penuh serta tumbuh dengan baik
3. Tidak terdapat cacat pada tubuhnya
4. Anak ayam mempunyai pola makan yang baik
5. Ukuran badannya normal
6. Berat badannya antara 35 – 40 gram
7. Tidak ada letak tinja di tubuhnya

Harga Ayam Arab Siap Telur

Harga ayam arab dibandrol dengan harga yang berbeda beda, ini bergantung pada ukuran, bobot dan usia ayam arab itu sendiri.  Biasanya harga ayam arab dipasaran relatif cukup terjangkau, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal jadi standar.

Harga ayam jantan dengan harga ayam betina relatif cukup mahal ayam betina. Hal ini dikarenakan ayam betina lebih diunggulkan sebagi pemroduksi telur yang baik.Ayam betina yang dijual dipasaran biasanya berumur 5 – 6 bulan. Karena pada saat ayam arab menginjak umur tersebut, ayam betina sudah dapat memproduksi telur dengan skala banyak.

Ayam Arab Siap Telur

Ayam Arab Siap Telur

Berbicara mengenai peluang usaha. Mungkin banyak pendapat mengatakan banyak lapangan pekerjaan di Ibukota Jakarta. Banyak masyarakat dari daerah pedesaaan mengadu nasib di Ibukota. Karena gaji yang ditawarkan di Ibukota Jakarta sangat tingggi. Jakarta merupakan kota metropolitan terpadat didunia. Kota ini sering disebut dengan kota 24 jam. Sebagian masyarakat menghabiskan waktunya untuk bekerja. Lahan yangn tidak begitu luas dan padatnya pemukiman penduduk tidak menutup kemungkinan bahwa beternak ayam arab dapat dilakukan di Kota Jakarta.

Peluang usaha memang muncul dari mana saja. Banyak para pengusaha ternak ayam arab bermunculan di Jakarta, para penjual pun tidak harus memasarkan hewan ternaknya di pasaran tetapi cukup memosting nya di website. Contohnya seperti Jual Ayam Arab Jakarta, Jual Ayam Arab Jogja, Jual Ayam Arab Bandung dan berbagai daerah lainnya.

Dan jika Anda ingin mencoba berternak ayam arab, kami jual ayam arab usia baru saja menetas .Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

 

Kata terkait :
ayam merah petelur,doc ayam arab,ayam arab petelur,anak ayam arab,harga ayam arab siap telur,jual ayam arab di jakarta,jual ayam arab jogja,jual ayam arab di bandung

Nuraaasikin:)


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: