DOC Ayam Pejantan

Cara Pembudidayaan DOC Ayam Pejantan dan Penjual DOC Ayam Pejantan

Penjual DOC Pejantan – Dalam perawatan DOC Ayam memang tidaklah mudah, butuh ketelitian kesabaran dan semangat yang tinggi. Karena, jika kita hanya asal – asalan dalam merawat ayam akan mengakibatkan DOC ayam lebih rentan terserang penyakit dan bisa sampai terjadi kematian.

Pada saat membeli DOC ayam, pastikan ayam dalam keadaan sehat dan dapat bertahan lama ketika sedang dalam perjalanan. Perawatan DOC Ayam juga tidak semudah yang dibayangkan tetapi relatif mudah jika kita merawatnya dengan teknik dan sistem yang baik. Kita juga harus mempelajari ilmu tetntang perawatan DOC Ayam yang baik. Dengan mengetahui ilmu – ilmu yang ada serta memperdalam ilmu itu tersendiri. Ini akan menjadi point bagus bagi kita yang akan berternak ayam. Dan kita juga akan mendapatkan hasil yang maksimal serta keuntungan yang besar.

DOC Ayam Pejantan
DOC Ayam Pejantan

Mengembangkan bisnis ayam pejantan sudah tidak asing lagi.Dengan bisnis ayam pejantan akan memberikan nilai tersendiri, tekstur daging yang dihasilkan lebih padat dan harga pasaran pun relatif mahal dibanding dengan ayam pedaging. Di sebagian peternakan besar ayam pejantan hanya di anaktirikan bahkan ada yang sampai dibakar.

Daging ayam pejantan memiliki keunggulan dibandingkan dengan ayam potong. Para pembisnis kuliner pun banyak menggunakan ayam pejantan sebagai pengganti ayam pedaging. Ayam jantan memiliki citarasa yang lezat, terutama saat diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.

Untuk perawatan ayam pejantan tidaklah sesulit merawat ayam kampung. Inilah keunggulan yang membuat banyak orang menggemari bisnis ayam pejantan. Sebagai pembisnis ayam pejantan, tentu kita harus mempersiapkan segala fasilitas yang menunjang produktifitas ayam pejantan menjadi lebih baik.

Cara membudidayakan ayam jantan cukuplah mudah, berikut langkah – langkah yang harus dipersiapkan :

1. Mempersiapkan Modal

Modal sangat dibutuhkan bagi pembisnis, dengan modal yang tercukupi akan menunjang fasilitas perkembangan ayam jantan. Memang modal yang dikelurkan untuk bisnis ayam jantan tidaklah sedikit. Tetapi setidaknya kita sudah mempersiapkannya dari awal, agar tidak ada kendala di kemudian hari.

2. Mempelajari Teknik Berternak

Seorang peternak atau pembisnis tidak akan sukses jika ia tidak mempelajari teknik berternak yang baik.Untuk mempelajari teknik dan cara merawat ayam, coba membeli buku panduan berternak. Dari buku, ilmu berternak bisa dengan mudah didapatkan. Cara yang terbaik lainnya adalah dengan mempelajari artikel – artikel yang ada di website internet

3. Memiliki Kandang Sesuai Standar

Dalam pembuatan kandang usahakan kita harus memperhatikan lokasi pembuatan, suhu yang ada di lokasi pembuatan dan kondisi lingkungan. Hal ini dilakukan agar kandang dapat terhindar dari segala macam penyakit yang akan menyerang ayam. Kandang yang bersih akan menunjang kesehatan ayam dan pertumbuhan ayam yang baik.

4. Pemberian Gizi yang Tepat

Pemberian vitamin pada ayam sangat perpengaruh besar terhadap kesehatan ayam, aktifitas dan metabolismen dalam tubuh. Ayam akan mudah terserang penyakit metabolisme apabila kekurangan vitamin didalam tubuh. Oleh sebab itu asupan vitamin ayam harus tetap tercukupi.

5. Menjaga Lingkungan Kandang

Kandang yang bersih akan memberikan efek produktifitas ayam jantan lebih maksimal. Ayam tidak mudah terserah penyakit, dan kandang pun menjadi tidak berbau meyengat. Sebaiknya dalam pemberisihan kandang dilakukan secara rutin, biasanya akan dilakukan seminggu 2 kali.

Harga Ayam Pejantan Hari Ini

Tingkat kebutuhan ayam kian hari kian meningkat. Beberapa ayam sering diandalkan sebagai bahan konsumsi, antara lain ayam broiler, ayam kampung dan ayam petelur. Bahkan ayam jantan pun bisa diandalkan menjadi pengganti ayam ayam potong yang biasa diggunakan.

Kualitas daging ayam pejantang hampir mendekati daging ayam kampung. Masa panen ayam jantan terbilang lebih cepat dibandingkan dengan ayam potong lainnya. Jadi untuk permintaan ayam jantan dipasaran relatif cukup banyak. Hal ini tentu akan mempengaruhi harga ayam jantan dipasaran, semakin banyaknya permintaan dipasaran maka akan semakin mempengaruhi harga ayam dipasaran. Harga ayam jantan dipasaran berkisar sekitar Rp. 38.000 – 45.000 ribu per ekornya. Harga tersebut dapat sewaktu – waktu berubah seiring berjalannya waktu dan banyaknya permintaan dipasaran.

Harga ayam jantan yang relatif mahal juga dapat mempengaruhi harga DOC ayam pejantan. Dulu DOC ayam pejantan dianggap sebagai anak tiri, peternak hanya fokus pada pembibitan ayam betina. Karena yang paling diunggulkan produktifitasnya adalah ayam betina. Jadi penggunaan DOC ayam jantan sangat jarang, tetapi untuk sekarang peternak mulai sadar jika ayam jantan yang dulunya tidak pernah diproduksi. Sekarang menjadi sangat menguntungkan bila diproduksi dan dikembangbiak kan secara baik.

Harga DOC ayam pejantan Rp. 4000 per ekor. Ini untuk harga di wilayah Jawa. Harga tersebut dapat sewaktu – waktu berubah mengikuti harga yang ada di pasaran.

Masa Panen Ayam Pejantan

Masa panen ayam jantan relatif lebih cepat dibandingkan ayam potong lainnya. Ayam pejantan dapat dipanen ketika memasuki usia 2 – 3 bulan atau sekitar 60 – 75 hari. Dengan bobot mencapai 0,7 – 1,0 kg. Masa panen ayam PEjantan memang relatif cukup cepat. Di karenakan porsi makan ayam pejantan juga mempengaruhi pertumbuhan. Serta dalam pemberian vitamin yang rutin kepada ayam juga berpengaruh besar.

Ukuran Kandang Ayam Pejantan

Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam arab. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamin. Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

Kandang Ayam
Kandang Ayam

Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.

Syarat – syarat dalam pembuatan kandang meliputi :

  • Bentuk kandang yang serasih
  • Sinar matahari dapat masuk secara merata
  • Bebas dari hama dan tikus
  • Ruangan kandang cukup dengan jumlah hewan yang dipelihara
  • Disusun menggunakan kayu dari bambu

Kontruksi kandang ayam yang baik, harus memenuhi syarat agar menjamin keberlangsungan hidup ayam. Syarat tersebut diantaranya :

1. Atap Kandang

Usahakan bentuk kandang ayam menghadap arah timur ke barat atau membujur dari arah utara ke selatan. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam kandang.Iklim kandang atau temperatur kandang berkisar antara 32,2 – 35 derajat celcius, dan kelembaban antara 60 – 70%

2. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara dapat dibantu dengan menggunakan monito di atap kandang selain itu dapat dibantu juga dengan penggunaan kipas yang berfungsi meniup udara bersih masuk ke kandang (blower fan) atau kipas yang mengeluarkan udara kotor dan amoniak keluar (exhaust fan). Kipas tersebut dapat digunakan pada sistem kandang terbuka dan lebih diperlukan lagi bagi kandnag tertutup.

3. Dinding Kandang

Dinding kandang terbagi menjadi dua :

a.  Dinding Terbuka

Dinding terbuka dilakukan pada dinding sebelah kanan dan kiri, dinding tersebut terbuat dari kawat burung atau kita biasa menggunakannya adalah dengan bilah – bilah bambu, sehingga udara segar dapat dengan mudah masuk kedalam kandang.Sistem dinding terbuka masih banyak digunakan oleh rakyat peternak baik untuk ayam petelur dan pedaging.

b.  Dinding Tertutup

Pada kandang dinding tertutup dicirikan pada dinding yang tertutup dengan tirai penuh di bagian samping kiri dan kanan. Dengan sistem seperti ini udara yang masuk benar – benar dikontrol melalui tenaga listrik yang menggerakan kipas dan colling pada sistem pendingin. Sistem kandang ini biasanya dipakai oleh peternakan pembibitan ayam ras dan industri peternakan besar yang melakukan bididaya ayam ras pedaging atau ras petelur dengan skala besar.

4. Lantai Kandang

Kandang dapat dibedakan berdasarkan lantainya, sebagai berikut :

a.    Kandang dengan Lantai Litter

Pada kandang ini lantainya disemen atau langsung dari tanah. Untuk lantai yang disemen biasanya dilapisi alas berupa litter, litter yang digunakan berupa serbuk kayu, sekam atau jerami.Cara membersihkan lantai tipe litter pun mudah, tahan lama dan biaya pembuatannya lebih murah.

b.    Kandang dengan Lantai Slat

Kandang dengan lantai slat ini biasanya dibuat pada tipe kandang panggung. Bentuk lantai pun dibuat dari bilah – bilah bambu atau kayu.Pada pembuatan kandang ini menggunakan modal yang cukup besar. Karena jika pada kayu terdapat kerusakan harus segera diperbaiki. Pada bilah bambu atau kayu harus kuat menopang beban para pekerja yang setiap hari memberi pakan dan mengontrol ayam agar tetap sehat.

c.    Kandang dengan Kombinasi Lantai Slat dan Litter

Tipe lantai ini biasanya digunakan untuk kandang pembibitan. Penggunaan lantai litter bertujuan agar pejantan bisa mengawini betina, sedangkan penggunaan slat bertujuan agar lantai tidak kotor.

Jual DOC Pejantan
DOC Ayam Pejantan

Bagi Anda yang ingin mencoba menternakan bibit Ayam Pejantan di tempat kami menjual bibit Ayam Pejantan. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
cara budidaya ayam pejantan,harga ayam pejantan hari ini,harga ayam pejantan,masa panen ayam pejantan ,ukuran kandang ayam pejantan

*Nuraaasikin*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOC Ayam Pejantan
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: