DOC Ayam Pejantan

Cara Mudah Ternak Ayam Pejantan Sebagai Jenis Ayam Pedaging Alternatif

Cara budidaya ayam pejantan dan peluang usaha budidaya ayam pejantan – Budidaya ayam pejantan merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia. Banyak keuntungan yang kita dapatkan dalam beternak ayam pejantan salah satunya jika kita lihat dari segi ekonomi. Pada umumnya beternak ayam pejantan diharapkan mampu meningkatkan kebutuhan masyarakat untuk dimanfaatkan dagingnya. Karena jenis ayam pejantan memiliki produktivitas daging yang cukup tinggi. Sehingga banyak peternak ayam pedaging atau ayam petelur yang bersaing untuk menyuplai akan kebutuhan daging ayam. Nah bagaimana, apakah anda tertarik untuk beternak ayam pejantan? Baik untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai ternak ayam pejantan.

cara budidaya ayam pejantan
Ayam Pejantan

Apa itu ayam pejantan?

Ayam pejantan merupakan sejenis ayam petelur atau dapat juga dikatakan jenis ayam afkir dari hasil produksi jenis ayam petelur. Pada awalnya jenis ayam pejantan ini merupakan hasil dari telur-telur jenis ayam petelur yang ditetaskan dan menjadi DOC (Day Old Chicken) atau jenis ayam yang baru berumur 1 hari. Jenis anakan ayam yang baru menetas ini nantinya akan dipisahkan dalam dua jenis ayam yakni jenis ayam petelur ( betina ) dan bukan jenis ayam petelur (Ayam Pejantan). Karena jenis ayam pejantan tidak memiliki kemampuan bertelur sehingga jenis ayam pejantan ini dijadikan sebagai ayam pedaging.

Kini banyak masyarakat yang membudidayakan ayam pejantan dan dimanfaatkan dagingnya. Meskipun postur tubuh jenis ayam ini relatif lebih kecil namun ayam pejantan ini memiliki tekstur daging yang lebih padat, berisi dan rendah lemak. Selain itu dalam membudidayakan jenis ayam ini relatif lebih mudah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat dibandingkan dengan jenis ayam kampung. Dalam pemeliharaan ayam pejantan biasanya dalam jangka waktu ± 7-8 minggu dengan berat badannya ± 0,6-0,7 kg.

Sebelum kita beternak ayam pejantan terdapat beberapa hal yang perlu kita ketahui. Dalam betrenak ayam pejantan memiliki keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan beternak ayam pedaging. Selain itu, kini banyak rumah makan atau restoran yang menyajikan menu utamanya hasil olahan daging ayam pejantan sebagai pengganti jenis ayam kampung. Dari hal inilah yang menjadi peluang usaha yang bagus dan menguntungkan. terdapat beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum beternak ayam pejantan, diantaranya :

Persiapan kandang

cara budidaya ayam pejantan
Kandang Ayam Pejantan

Hal pertama  yang harus dipersiapkan dalam beternak ayam pejantan adalah kandang. Kandang merupakan salah satu faktor yang sangat penting sebagai penentu keberhasilan dalam sebuah peternakan. Karena kandang merupakan tempat tinggal bagi ayam untuk berteduh dari panasnya sinar matahari maupun hujan. Kandang juga sangat berperan penting dalam memberikan kenyamanan pada ayam pejantan agar tumbuh dengan baik. Berdasarkan cara pemeliharaannya, untuk jenis ayam pejantan jenis kandang intensif merupakan jenis kandang yang tepat.

Cara membuat kandang ayam pejantan

Pada umunya kandang ayam DOC berbeda dengan kandang ayam usia dewasa. Dalam pembuatan kandang ayam pejantan haruslah tepat dan benar. Dengan alasan DOC tersebut memang benar-benar membutuhkan kandang yang nyaman. Untuk ukuran kandang ayam pejantan harus disesuaikan dengan jumlah DOC yang dibeli, jika terlalu banyak nantinya DOC tersebut akan saling berdesakan. Barulah nanti jika ayam sudah tumbuh dan berkembang selanjutnya bisa dipindah di bagian kandang khusus dewasa.

Karena daya tahan tubuh DOC pejantan yang masih lemah dan rentan terhadap suhu dingin yang akan menyebabkan DOC tersebut mudah mati. Ketika banyak DOC mati maka peternak ayam pejantan akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu, pada saat malam hari sangat disarankan untuk memberikan lampu bohlam pada kandang yang  berguna agar DOC tetap merasa hangat. Selain itu, hal ini untuk menghindari hal-hal  yang tidak di inginkan.

Pemberian pakan dan minum ayam pejantan

Dalam beternak ayam pejantan, pakan merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan dalam beternak ayam pejantan guna memenuhi kebutuhan hidup serta pertumbuhan ayam pejantan. Seperti yang kita ketahui bahwa pakan dan minum sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan bagi ayam. Untuk jenis pakan ayam pejantan bisa diberikan voer, dedak, bekatul dan lain sebagainya. Untuk jenis pakan voer dengan kandungan proteinnya yang tinggi yang sangat cocok diberikan pada anakan ayam guna membantu pertumbuhan. Sesekali juga bisa diberikan kosentrat yang dicampurkan dengan irisan sayuran. Untuk pemberian pakannya pun juga jangan terlalu banyak, sebab jika kebanyakan pemberian pakannya dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit pada ayam. Sedangkan untuk minumannya sendiri bisa diberikan dua kali sehari dengan tetap menjaga kebersihan minum.

Kebersihan kandang ayam pejantan

Salah satu kunci terjaganya kualitas daging ayam pejantan, salah satunya dengan menjaga kandang ayam pejantan yang bersih dan terbebas dari hama, bakteri maupun penyakit. Mengapa harus menjaga kebersihan kandang ayam pejantan? Karena kandang ayam pejantan yang terjaga kebersihannya akan menghasilkan daging ayam dengan kualitas tinggi. Selain itu kandang ayam pejantan akan terjaga sanitasinya dan terbebas dari hama dan bakteri serta penyakit sehingga akan menghasilkan bibit ayam yang sehat, kuat, dan tentunya menghasilkan panen yang baik. Bagaimana cara membersihkan kandang ayam pejantan? Untuk menjaga kebersihan kandang biasanya dengan membersihkan kandang dari sisa pakan maupun kotoran ayam serta mencuci tempat pakan dan minum ayam.

Harga ayam pejantan

Harga ayam pejantan atau harga bibit ayam pejantan (DOC) sekaligus sebagai jenis ayam pedaging relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ayam pedaging lainnya. Karena teksur daging ayam pejantan yang lebih padat. Untuk saat ini kebutuhan ayam kampung yang semakin meningkat dan tidak mampunya memenuhi kebutuhan pasar, maka ayam pejantan menjadi salah satu alternatif menjadi pengganti ayam kampung untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sedangkan untuk jenis ayam kampung asli membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan ayam pejantan. Oleh karena itu ternak ayam pejantan menjadi alternatif lain untuk pengganti ayam kampung asli karena memerlukan waktu panen lebih cepat.

cara budidaya ayam pejantan
Ayam Pejantan

Bagi anda yang menginginkan dan tertarik untuk membudidayakan DOC ayam pejantan, bisa anda pesan di tempat kami kapan saja. Kami juga menyediakan jenis DOC lainnya seperti DOC Joper, Kamsi, dan AKA. Selain itu kami juga menyediakan DOD hibrida, peking kw dan mojosari berkualitas siap dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :

analisa ternak ayam pejantan, harga bibit ayam pejantan, ayam pejantan adalah, harga ayam pejantan, pakan ayam pejantan, cara membuat kandang ayam pejantan, ukuran kandang ayam pejantan

Viky Ristiyarti

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOC Ras Pejantan
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: