Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Cara Perawatannya – Saat ini usaha perkembangan peternakan ayam di Indonesia memiliki prospek yang baik. Jika dilihat dari permintaan daging ayam konsumsi di Indonesia, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Contohnya dengan meningkatnya permintaan akan ayam pedaging seperti ayam ras pejantan. Besarnya peluang yang bisa diraih apabila jenis ayam ras petelur jantan yang dimanfaatkan sebagai penghasil daging. Ayam pejantan juga akan lebih cepat perkembangannya untuk dibudidayakan dibandingkan dengan betinanya. Terlebih, jika menggunakan sistem intensif dengan memperhatikan faktor-faktor budidaya yang baik.

doc ayam pejantan super

Kandang Ayam Pejantan

Budidaya ayam pejantan, merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha ternak ayam pejantan ditunjang dengan harga DOC pejantan yang murah dan pertumbuhannya yang lumayan cepat. Tekstur dagingnya yang tipis namun padat, legit dan rendah lemak. Daging ayam pejantan juga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan program diet tetapi tiap hari bisa makan daging ayam. Peluang beternak ayam pejantan inilah yang diharapkan agar para peternak bisa mengetahui potensi ayam petelur jantan sebagai salah satu jenis ayam penghasil daging guna memenuhi gizi masyarakat yaitu sebagai salah satu sumber protein hewani. Dengan begitu beternak ayam pejantan dapat memberikan harapan cerah bagi masyarakat yang menginginkan beternak ayam pejantan.

Dalam beternak DOC khususnya ayam pejantan, kandang merupakan sesuatu yang sangat wajib, penting dan sangat diperlukan. Agar kandang bisa memberikan kenyamanan, maka kondisi kandang harus dalam kondisi yang baik karena berpengaruh terhadap kesehatan ayam serta hasil produksi secara maksimal.

Beberapa Fungsi Kandang yang Perlu Anda Ketahui :

  • Sebagai tempat untuk berkembang biak

    Sebuah kandang yang baik adalah kandang yang dilengkapi dengan tempat makan dan minum untuk ayam, guna mendukung sarana dalam kandang dan tentunya tersedia tempat khusus untuk proses perkembangbiakan bagi ayam tersebut.

  • Sebagai tempat untuk berlindung

    Pada dasarnya kandang merupakan sebuah tempat yang berguna untuk melindungi ternak dari perubahan cuaca atau iklim seperti dari terik matahari, hembusan angin, dan terpaan hujan. Selain itu, kandang juga berfungsi untuk menjaga keamanan ternak dari penyakit serta dari gangguan ancaman hewan liar.

  • Sebagai tempat pengendalian penyakit

    Bagi para peternak, kandang ayam berfungsi untuk memudahkan mereka dalam pemeliharaan, pemilihan serta pengendalian penyakit.

  • Sebagai tempat pembesaran

    Tempat pembesaran dalam kandang merupakan hal yang paling utama yang harus diperhatikan, dimana ayam akan dipelihara dalam jangka waktu lama sampai usia tertentu.

Dari penjelasan di atas, begitu pentingnya kandang bagi sebuah usaha peternakan ayam yang perlu kita perhatikan khususnya untuk jenis ayam pejantan. Terdapat 2 jenis kandang  yang biasa digunakan yaitu kandang untuk DOC atau anakannya serta kandang untuk pembesaran maupun umbar.

Baca juga : Cara Pembudidayaan DOC Ayam Pejantan dan Penjualan DOC Ayam Pejantan

Contoh gambar ayam pejantan di hobiternak.com

DOC Pejantan

Berikut Merupakan Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan :

Kandang untuk jenis DOC

DOC ( Day Old Chicken ) merupakan bibit  ayam yang baru berumur 1 hari atau jenis ayam yang baru menetas. Pada masa DOC inilah merupakan masa dimana penuh dengan masalah baik itu penyekit maupun kematian. Oleh karena itu, pada usia anakan ayam seperti ini yang sangat memerlukan kandang yang mampu menjaga suhu serta kebutuhan DOC secara maksimal. Sehingga sebelum memulai beternak ayam pejantan, perlu Anda ketahui yang terpenting adalah kandang yang sudah memiliki syarat yang tepat.

Berikut merupakan syarat pembuatan kandang untuk DOC, diantaranya :

  • Terdapat tempat pakan dan minum yang memadai
  • Kandang harus memiliki pemanas ruangan yang baik ( bisa memakai lampu pijar )
  • Terdapat sirkulasi yang baik
  • Alas terbuat dari bahan kering, hangat tentunya tidak lembab

 Cara Membuat Kandang DOC :

Bentuk kandang memang memiliki berbagai macam model disertai dengan biaya pembuatan yang bervariasi tergantung dengan jenisnya. Konstruksi kandang juga harus disesuaikan dengan keadaan lokasi serta modal yang dimiliki. Memang pada prinsipnya pembuatan kandang adalah kokoh, kuat, murah dan juga dapat memberikan kenyamanan bagi ayam. Bagi Anda yang menginginkan pembuatan kandang dalam biaya yang murah, sebaiknya bangunan kandang atau konstruksi kandang terbuat dari bahan yang mudah didapatkan. Selain mudah ditemukan juga dapat mengurangi biaya pembuatan kandang.

  • Atap Kandang

    Atap yang baik ialah jenis atap yang memberikan kenyamanan bagi ayam agar tidak panas dan teduh. Biasanya banyak para peternak yang menggunakan genteng, namun jika biayanya kurang memadai bisa menggunakan asbes sebagai salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam pembuatan atap kandang.

  • Dinding Kandang

    Dinding kandang biasa menggunakan bambu atau kawat. Atau bisa juga menggunakan terpal plastik. Bagi Anda yang menginginkan dinding kandang yang bisa untuk menghangatkan ruangan sekaligus bisa untuk menjaga suhu ruangan, dinding kandang yang terbuat dari terpal menjadi salah satu cara efektif. Selain itu, dinding kandang yang terbuat dari bambu juga berguna untuk menghemat modal pembuatan kandang tersebut atau bisa juga menggunakan kedua-duanya.

  • Alas Kandang

    Untuk alas kandang sendiri bisa menggunakan serbuk gergaji atau bisa juga menggunakan jerami padi. Sebaiknya, alas kandang terbuat dari bahan kering, hangat dan juga tidak lembab.

  • Penerangan

    Pentingnya lampu penerangan yang sangat baik bagi kandang ayam pejantan. Cahaya tersebut yang sangat dibutuhkan oleh ayam. Dengan adanya lampu penerangan yang sangat membantu bagi ayam untuk melakukan segala aktifitasnya.

Cara pembuatannya biasa dilakukan dengan cara membangun kandang dengan dilengkapi dinding kandang yang terbuat dari bambu dengan dilapisi terpal plastik, tembok dibangun dengan tinggi 50 cm selebihnya bisa menggunakan dinding yang terbuat dari bambu. Untuk ukuran kandang ayam pejantan biasanya 4 x 3 meter yang mampu menampung 400-600 ekor DOC ayam pejantan hingga usia 21 hari. Barulah jika umur ayam lebih dari 21 hari ayam bisa dipindahkan ke kandang pembesaran.

Kandang Pembesaran dan Cara Membuat Kandang Untuk Pembesaran

Dalam sistem kandang pembesaran, bagi ayam pejantan juga biasa disebut sebagai kandang umbaran. Biasanya kandang pembesaran juga terbuat dari bambu, untuk atapnya juga bisa menggunakan asbes atau genteng. Cara pembuatan kandang pembesaran juga hampir sama dengan kandang DOC, yang membedakannya hanyalah dinding dengan bahan yang berbeda. Dindingnya biasa terbuat dari bambu namun tidak menggunakan terpal seperti kandang DOC. Untuk 70 ekor ayam pejantan bisa ditampung dalam kandang yang berukuran 6 x 7 meter. Untuk lampu pemanas juga masih digunakan hanya saja tidak dinyalakan secara terus menerus seperti DOC. Kandang juga akan lebih baik jika menghadap ke arah timur atau ke barat yang bertujuan agar ayam pejantan mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan dan Pemeliharaan Kandang?

1 Menjaga kebersihan litter dengan menyapu setiap pagi

Untuk menjaga kebersihan kandang, biasanya dilakukan dengan membersihkan kandang dari kotoran ayam maupun sisa pakan ayam atau bisa juga dengan mengganti dengan yang baru dan dilakukan setiap pagi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihaan kandang serta menjaga kesehatan ayam agar tetap terjaga.

2 Mengecek peralatan kandang

Mengecek peralatan kandang bisa dilakukan secara berkala. Biasanya dilakukan dengan mengecek kondisi tempat pakan dan minum, serta atap kandang ayam jangan sampai bocor. Khususnya untuk kandang DOC agar tetap dalam kondisi yang baik agar menghasilkan ayam pejantan yang berkualitas.

3 Penyemprotan kandang

Penyemprotan kandang dapat dilakukan seminggu sekali. Biasanya penyemprotan dilakukan dengan insektisida. Untuk memperoleh hasil maksimal, membunuh kuman dalam kandang harus dibersihkan secara teratur.

Baca juga : Cara Mudah Ternak Ayam Pejantan Sebagai Jenis Ayam Pedanging Alternatif


Pemberian Pakan dan Minum Untuk Ayam Pejantan

Mungkin Anda timbul pertanyaan, bagaimanakah cara ternak ayam pejantan cepat besar? Usaha ternak ayam pejantan dapat dilakukan dan cara perawatannya juga cukup mudah dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Karena ayam pejantan memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik.

Pemberian pakan dan minum bagi ayam pejantan memang sangat menentukan pertumbuhan serta kesehatan bagi ayam. Biasanya pakan ayam pejantan yang dapat diberikan ialah konsentrat. Terlebih untuk anakan ayam bisa juga diberikan voer dengan kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu pertumbuhan bagi anakan ayam pejantan tersebut. Sesekali juga bisa diberikan dedak atau bekatul yang dicampurkan dengan iris-irisan sayuran. Bagaimana menurut anda? harga pakan ayam pejantan yang relatif murah dan mudah ditemukan bukan ? Untuk pemberian air minumnya harus selalu ada dan jangan sampai kehabisan yang diharapkan agar ayam tidak mudah stress serta dehidrasi yang berakibat kematian.

pakan ayam pejantan

Bekatul Untuk Pakan Ayam Pejantan

Harga Ayam Pejantan

Mengenai harga ayam pejantan, harga bibit ayam pejantan memiliki harga yang bervariasi disetiap daerahnya. Baik itu pulau Jawa maupun luar pulau jawa. Untuk anda pemula ternak ayam pejantan, bisa juga dengan melakukan analisa ternak ayam pejantan terlebih dahulu. Tujuannya agar rencana usaha dapat sesuai dengan harapan yang kita inginkan dengan meningkatnya peluang keberhasilan dalam suatu usaha untuk menentukan modal awal dalam suatu usaha tersebut.

Bagi anda yang menginginkan DOC ayam pejantan bisa anda pesan ditempat kami kapan saja. Kami juga menyediakan berbagai jenis DOC lainnya seperti DOC ayam kampung super, kami hingga jenis DOD. Selain itu kami tak hanya melayani permintaan akan jenis unggas saja, tetapi kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan seputar peternakan dengan memberikan pelanyanan yang terbaik.
Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
ukuran kandang ayam pejantan, cara ternak ayam pejantan cepat besar, analisa ternak ayam pejantan, harga bibit ayam pejantan, pakan ayam pejantan, harga ayam pejantan, harga pakan ayam pejantan

Viky Ristiyarti

*.


5 Comments

Cara Pembudidayaan DOC Ayam Pejantan dan Penjual DOC Ayam Pejantan · December 20, 2018 at 2:36 am

[…] Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Perawatannya  […]

Pembudidayaan DOC Ayam Jantan Serta Variasi Harga Pasaran Ayam Jantan · December 20, 2018 at 2:12 am

[…] Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Perawatannya […]

Jual DOC Pejantan dan Informasi Tentang Beternak Ayam Pejantan · December 19, 2018 at 4:59 am

[…] Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Perawatannya […]

Ayam Pejantan adalah Salah Satu Jenis Ayam yang Populer Saat Ini · December 9, 2018 at 3:08 am

[…] Baca lebih lanjut : Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Cara Perawatannya […]

Harga Bibit Ayam Pejantan sertaPembudidayaan dan Pemberian Pakan Ayam Pejantan yang Baik dan Benar · November 3, 2018 at 4:55 am

[…] Cara Membuat Kandang Ayam Pejantan dan Cara Perawatannya […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: