angsa putih

Beternak Angsa Putih Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Dan Berbagai Informasi Tentang Angsa Terbesar Di Dunia

Ternak Angsa Putih – Angsa merupakan jenis burung air berukuran besar yang dapat terbang. Spesies angsa terbesar yaitu angsa putih, angsa trompet dan angsa whooper. Ketiga angsa ini dapat mencapai tinggi 60 inci dan memiliki berat sebesar 60 pound. Angsa dapat membentangkan sayapnya hingga panjang tiga meter.

Pada angsa dewasa terdapat tanda berupa kulit yang tidak tertutup bulu pada sekitar mata dan paruh. Umumnya angsa jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh angsa betina.

Angsa memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya :

  • Angsa termasuk hewan yang setia terhadap pasangannya
  • Termasuk hewan homoioterm(tidak akan mudah terpengaruh oleh suhu lingkungan)
  • Termasuk hewan herbivora
  • Sering melakukan migrasi
  • Terbang secara berkelompok
  • Saat terbang angsa membentuk formasi terbang yang sangat indah
  • Memiliki sayap yang sangat besar

Spesies angsa di bagian belahan bumi utara cenderung memiliki warna putih bersih dan bersinar. Dan pada angsa yang terdapat pada bumi belahan selatan memiliki warna campuran antara hitam dan putih. Angsa dapat hidup pada daerah yang beriklim sedang dan jarang ditemukan pada iklim tropis.

Secara garis besar, ada tiga golongan angsa yang tersebar di dunia, diantaranya :

1. Cygnus Olor

Cygnus Olor adalah angsa putih yang tersebar di seluruh belahan dunia. Angsa putih ini memiliki bulu warna putih bersih dan mengkilap. Bentangan sayap angsa putih dapat mencapai tiga meter dengan panjang tubuh mencapai 1,5 m. Banyak orang menyebutkan bahwa angsa putih sebagai lambang kesucian dan kesetiaan. Angsa putih hidup dengan berkelompok. Hewan yang memiliki leher panjang ini menghabiskan hidupnya untuk berimigrasi. Banyak masyarakat berpendapat bahwa populasi angsa putih ini berkurang dan disebabkan oleh rusaknya habitat alami angsa putih oleh sejumlah masyarakat. Jadi angsa putih ini termasuk hewan yang dilindungi.

2. Angsa Terompet

Angsa terompet memiliki suara seperti terompet. Ciri khusus pada angsa terompet ini terdapat pada paruh yang berwarna hitam pekat keseluruhannya. Angsa terompet dapat ditemukan di iklim sedang dan sangat jarang ditemukan di iklim tropis. Angsa trompet bisa kita jumpai di Negara Australia dan Selandia Baru. Kepakan sayap pada angsa trompet dapat mencapai hingga 3,4 meter, dan dapat tumbuh hingga panjang 183 cm dengan bobot 17,6 kg.

3. Angsa Whooper

Angsa Whooper merupakan angsa yang memiliki bobot lebih besar dari pada angsa lain, bobot angsa ini dapat mencapai 50 pon. Rentangan sayapanya juga dapat mencapai 3 meter. Angsa whooper memiliki paruh berwarna hitam, pada angsa jantan memiliki warna paruh berwarna kuning sedangkan pada betina memiliki paruh berwarna putih kecoklatan. Angsa whooper tinggal di tempat yang beriklim sedang dan kadang – kadang dapat kita temukan pada suhu dingin yang tinggi, karena bulunya yang tebal membuat angsa ini merasa hangat walau di iklim yang tinggi. Umumnya dapat kita jumpai di Negara Australia, Selandia Baru, Amerika Utara dan Eropa.

Di Indonesia terdapat angsa yang biasanya diternakan oleh sebagian masyarat. Angsa itu dapat kita kenal dengan nama angsa lokal. Sebagian masyarakat, angsa digunakan sebagai hewan peliharaan. Angsa lokal dapat memiliki harga yang relatif terjangkau. Ternak angsa juga merupakan bisnis yang menguntungkan, hanya saja belum begitu banyak para peternak angsa yang bermunculan, jadi peluang bisnis angsa sangat terbuka lebar untuk para wirausaha.

Tetapi di Indonesia terdapat angsa hitam yang juga dibudidayakan. Angsa hitam atau biasa di sebut dengan black swan ini memiliki tinggi sekitar 110-145 cm. Harga angsa hitam yang ada dipasaran relatif sangat tinggi. Masyarakat memanfaatkan angsa hitam sebagai hewan peliharaan. Karena corak yang dihasilkan oleh angsa hitam sangat indah dan menawan.

Baca juga :

Black Swan
Black Swan

 

Angsa Lokal
Angsa Lokal

Angsa merupakan hewan yang mudah dipelihara, angsa juga merupakan hewan yang tahan terhadap penyakit. Cara pembudidayaannya pun juga cukup mudah.

Adapun langkah – langknya sebagai berikut :

1. Persiapan Kandang

Sama seperti hewan lainnya, angsa juga merupakan hewan yang membutuhkan rumah atau kandang yang baik. Kandang yang baik dan bersih akan menunjang kesehatan. Sehingga produktifitas telur dan dagingnya cukup menjanjikan.

2. Pemilihan Indukan

Carilah indukan angsa yang berasal dari bibit gemuk dan untuk petelur pilihlah yang keturunannya banyak dalam sekali bertelur.

3. Pakan

Pakan angsa tidaklah berbeda dengan pakan unggas lainnya. Angsa dapat diberi pakan berupa dedak, bekatul dan biji – bijian lainnya. Sebaiknya dalam memlihara ayam siapkan kolam untuk minum angsa dan untuk mandi angsa. Karena jika angsa tidak pernah bermain air akan mengakibatkan angsa mudah terserang penyakit korosi pada paruh. Hidung dan mata akan timbulkan seperti kerak yang akan menutupi bagian luar paruh.

4. Masa Bertelur dan Mengerami

Angsa dapat memproduksi telur hingga umur 10 tahun. Masa pengeraman telur terjadi selama 28 hari atau 30 hari. Angsa dapat menghasilkan telur sejumlah 8 – 10 butir telur. Dalam proses pengeraman, angsa memiliki sifat kurang baik dalam mengeram. Ini dapat menyebabkan telur angsa menjadi gagal menetas. Untuk teknik penetasan lainnya Anda dapat menggunakan mesin penetas telur.

5. Panen

Dalam memanen angsa tidak ada waktu tertentu dalam kapan waktu pemanenanya. Karena hal tersebut peternak dapat menyeleksi angsa mana yang sudah siap dipanen dan mana yang belum siap panen. Hal ini perlu dipertimbangankan, angsa yang sudah tua akan memiliki daging yang lebih alot dan susah untuk dikonsumsi.

Bagi anda yang berminat dan tertarik untuk membudidayakan angsa, bisa anda pesan di tempat kami kapan saja. Kami menjediakan angsa putih maupun hitam (black swan) berkualitas siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Kami tidak hanya melayani akan permintaan jenis unggas saja, tetapi kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata terkait :
ternak angsa putih, jual angsa putih

Nuraaasikin:)

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Angsa Putih
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: