Ternyata Angsa Memiliki Gigi Tambahan Lho, Tau Belum???

Angsa merupakan salah satu unggas yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai hewan hias, namun tidak jarang juga diternakkan dalam skala besar untuk dikonsumsi daging maupun telurnya. Seperti yang kita ketahui di Indonesia angsa leher panjang dan angsa leher pendek sama-sama disebut angsa, namun dalam bahasa Inggris angsa leher panjang disebut swan dan angsa leher pendek disebut goose. Angsa termasuk golongan burung terbesar yang dapat terbang yang termasuk dalam hewan monogami, perpisahan pasangan angsa terkadang disebabkan oleh kegagalan dalam proses bersarang. Namun dalam beberapa kasus ikatan pasangan angsa dapat berlangsung seumur hidup atau terjalin selama bertahun-tahun. Angsa leher pendek maupun angsa leher panjang dapat dijadikan hewan peliharaan sebagai  angsa hias, angsa ternak, maupun angsa penjaga. 

Angsa yang sedang minum di danau | Image 1
Angsa yang sedang minum di danau | Image 1

Gigi Angsa 

Perbedaan pada angsa leher panjang dan angsa leher pendek yaitu pada lidah angsa leher pendek memiliki “gigi” tambahan. Gigi angsa yang terdapat pada lidah bukan gigi seperti yang kita kira, gigi tersebut disebut dengan papillae. Papillae berada di bagian pinggir lidah yang memiliki struktur seperti duri dan berperan ketika angsa sedang makan, gigi tersebut digunakan untuk menyimpan makanan di mulut dan memindahkannya ke kerongkongan. Papillae juga berfungsi dan membantu angsa untuk menyaring air dan lumpur ketika sedang mencari makanan di sungai.

“Gigi” pada lidah angsa | Image 2
“Gigi” pada lidah angsa | Image 2

Soang atau Angsa

Angsa atau sering disebut dengan soang memiliki beberapa jenis yaitu angsa leher panjang dan angsa leher pendek. Jenis angsa leher pendek (goose) merupakan jenis angsa putih dan termasuk dalam famili yang sama dengan bebek dan angsa leher panjang (swan). Angsa leher panjang memiliki sayap yang dapat membentang  mencapai 3 meter. Postur tubuh angsa leher panjang lebih besar dibandingkan angsa berleher pendek, yaitu dari ukuran tubuh, leher, dan kaki. Angsa dewasa memiliki tanda yang terletak di antara mata dan paruh, yaitu tidak terdapat bulu pada area tersebut. Angsa jantan dan betina tidak jauh berbeda tidak menunjukkan sifat dimorfisme seksual, namun jika dilihat secara kasatmata perbedaan pada angsa jantan terdapat pada ukuran tubuh yang lebih besar dan lebih berat.

Angsa Putih

Jenis warna angsa di setiap belahan bumi terdapat perbedaan warna menyesuaikan dengan iklim pada wilayah tersebut. Angsa dengan bulu warna putih bersih merupakan spesies angsa di belahan bumi bagian utara, sedangkan angsa dengan warna campuran hitam dan putih merupakan spesies di belahan bumi selatan. Untuk angsa berwarna keseluruhan hitam dapat ditemukan di wilayah Australia, warna hitam pada keseluruhan tubuh angsa kecuali pada bagian sayap yaitu dengan warna abu-abu cerah. Angsa umumnya terdapat di daerah beriklim sedang, jarang terdapat di daerah tropis. Lima spesies terdapat di belahan bumi utara, satu spesies ditemukan di Australia angsa dan Selandia Baru, sisanya tersebar di Amerika Selatan. Angsa tidak terdapat di Asia tropis, Amerika Tengah, bagian utara Amerika Selatan, dan seluruh Afrika.

Harga Angsa Putih atau Harga Soang

Angsa merupakan hewan peliharaan yang sering dijadikan sebagai hewan hias (di kandang), atau dipelihara sebagai hewan penjaga (diumbar) sifat angsa yang agresif merupakan sifat pertahanan diri yang cocok dijadikan sebagai hewan penjaga, walaupun angsa peliharaan sudah lama bersama anda namun harus tetap waspada yaaa. Peminat angsa cukup banyak, selain sebagai hewan peliharaan harga jual angsa juga bernilai fantastis. Budidaya angsa dapat dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan jika ditekuni.

Berikut untuk daftar harga angsa putih atau lokal: 

1 Bulan Rp 220.000/ pasang

2 Bulan Rp 350.000/ pasang

Remaja Rp 245.000 per ekor

Dewasa Rp 600.000/ pasang

Angsa makan apa?

Angsa mencari makanan di darat dan di air. Angsa tergolong ke dalam hewan herbivora, walaupun beberapa hewan kecil di air menjadi pakan angsa ketika angsa secara alami mencari makan di air. Angsa mencari makan di perairan dengan menyaring air dan makanan dengan menggunakan ‘gigi’ pada lidahnya. Makanan di perairan terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman akuatik dan tanaman dalam air. Pakan angsa dapat juga berupa ransum yang kita buat sendiri dengan campuran dedak, konsentrat, dan jagung giling. Pada siang hari pemberian pakan angsa perlu ditambahkan irisan sayuran segar seperti daun-daunan sawi, irisan daun pepaya, kangkung, dan genjer. 

Baca juga : 

Angsa yang sedang mencari makan di kolam | Image 3
Angsa yang sedang mencari makan di kolam | Image 3

Nahhh, sekarang sudah tahu kan jika angsa memiliki gigi tambahan, namun gigi tersebut memang berbeda yaa dengan gigi yang kita ketahui pada umumnya. Jenis angsa yang memiliki “gigi” yaitu jenis angsa leher pendek (goose). Baik angsa leher panjang maupun angsa leher pendek dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Sebagai angsa hias, angsa ternak, maupun angsa penjaga rumah.

Jika ingin memelihara angsa salah satu hal yang dapat diperhatikan yaitu luas lahan yang anda miliki, mengingat postur tubuh angsa tidaklah kecil jika angsa akan dikandangkan, buatlah kandang yang cukup untuk ruang geraknya, atau jika diumbar pastikan tidak mengganggu tetangga anda yaa hehe.. 

Bagi anda yang tertarik memelihara angsa dapat menghubungi kami di kontak hobiternak.com dan jualayamhias.com 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
angsa, gigi angsa , soang, angsa putih, harga angsa putih, harga soang, angsa makan apa, gambar angsa, ilmu peternakan, ilmu beternak ayam, ilmu peternakan ayam

Dian Utami

Image Sources :

  • Image 1: pixabay.com
  • Image 2: Tribunnews.com
  • Image 3: pixabay.com
  • thumbnail: pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Mau pesan atau tanya dulu? WA kami sekarang