Black Swan

Filsafat dan Fenomena Angsa Hitam yang Melegenda Serta Cara Beternak Angsa Hitam

Angsa Hitam – Banyak para peneliti mengatakan bahwa kemunculan angsa hitam terjadi secara tiba – tiba dan tanpa disengaja. Ketika itu para peneliti mengatakan bahwa angsa hitam itu memang benar tidak ada. Dan yang ada hanyalah angsa putih. Pernahkah kalian bertanya apa warna angsa ? Ya , pasti kalian akan menjawab putih. Karena memang angsa yang ada di Negara Indonesia berwarna putih.

Hal ini mengakibatkan orang – orang mengajukan sebuah pertanyaaan tua, yang mengandung sebuah filsafat “Jika angsa black swan atau hitam tinggal di suatu negeri dan tidak ada seorang pun yang tahu tentang spesies ini, apakah angsa hitam benar – benar ada ?”

Pertanyaan ini akhirnya terjawab pada tahun 1697 oleh seorang penjelajah berkebangsaan Belanda bernama Williem de Vlaminghn yang menemukan spesies angsa hitam di Kepulauan Australia di bagian barat. Penemuan ini sekaligus mematahkan teori yang sudah berakar dan sudah diakui diseluruh dunia bahwa semua angsa berwarna putih.

Dari sebuah penemuan tak terduga itu munculah teori Black Swan yang mulai muncul dimasyarakat yang diperkenalkan oleh Nassim Nicholas Taleb dalam bukunya The Black Swan pada tahun 2007. Menurut Nicholas teori Black Swan muncul secara mengejutkan yang membawa pengaruh besar. Setelah kemunculan teori ini akan meyebabkan manusia berfikir jauh kebelakang terhadap sebab musabab kejadian tersebut.

Black Swan
Angsa Hitam

Fenomena Angsa Hitam

Menurutnya di dunia sudah ada fenomena angsa hitam yang menjadi Black Swan muncul secara tidak diprediksikan dan tidak teramalkan. Peristiwa itu terjadi pada fenomena teknologi komputer dan internet pada saat Perang Dunia 1 dan Peristiwa 11 September 2001 di Amerika Serikat.Tanpa kita sadari sebenarnya fenomena angsa hitam sering kita sadari dan terjadi secara tidak terduga.

Jadi menurut Nicholas , teori Black Swan bisa diterapkan jika terdapat ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Ada peristiwa acak yang bergerak tidak mengikuti pola
  2. Menimbulkan efek atau pengaruh yang besar dalam kehidupan umat manusia
  3. Muncul secara mengejutkan tiba – tiba dan tanpa direncanakan
  4. Setelah muncul baru manusia bisa menjelaskan dengan meninjau kembali ke belakang
  5. Terjadi dari hal – hal yang mustahil terjadi.

Angsa Hitam Putih

Angsa adalah burung air yang memiliki tubuh dengan ukuran besar dan dapat terbang. Pada umumnya hewan air ini hidup di daerah yang beriklim dingin atau sedang. Angsa mencari makan di darat dan di air, biasanya memakan tumbuh – tumbuhan , akar pohon, batang dan juga tananman air.

Angsa Hitam Putih ternyata juga ada di Indonesia. Hanya saja jenis angsa ini terdiri dari Angsa Hitam dan Angsa Putih. Bukan campuran dari angsa hitam dan putih pastinya, tetapi angsa Hitam dan angsa Putih.

jenis-jenis angsa
Angsa Putih

Di Indonesia juga terdapat angsa yang biasanya diternakan oleh sebagian masyarakat. Angsa itu dapat kita kenal dengan nama angsa lokal. Sebagian masyarakat, angsa digunakan sebagai hewan peliharaan. Angsa lokal dapat memiliki harga yang relatif terjangkau. Ternak angsa juga merupakan bisnis yang menguntungkan, hanya saja belum begitu banyak para peternak angsa yang bermunculan, jadi peluang bisnis angsa sangat terbuka lebar untuk para wirausaha.

Tetapi di Indonesia terdapat angsa hitam atau black swan yang juga dibudidayakan. Jenis unggas ini memiliki harga yang sangat tinggi, memiliki tinggi sekitar 130 cm. Banyak masyarakat memanfaatkan angsa ini sebagai angsa peliharaan. Karena memang merupakan angsa hias yang sangat cantik. Harga angsa ini mampu menembus belasan juta bahkan puluhan juta.

Angsa Hitam Untuk Dijual 

Black swan biasanya diternakan oleh para peternak untuk dijual. Angsa hitam untuk dijual ini memiliki harga yang sangat fantastis. Harga yang ditawarkan untuk jenis angsa ini dapat mencapai belasan juta bahkan dapat mencapai puluhan juta.

Black swan memang memiliki harga yang sangat tinggi. Untuk peternak angsa jenis ini memang belum banyak, tetapi jika beternak angsa ini keuntungan yang akan didapatkan cukup banyak. Jual angsa hitam dapat kita terapkan dengan cara beternak angsa dengan jumlah sedikit dulu. Beternak angsa tersebut dengan skala kecil kita dapat mengembangkan jual angsa hitam menjadi lebih besar.

Tidak berbeda dari angsa jenis angsa dewasa, harga anak angsa hitam pun juga memiliki harga yang sangat tinggi. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu – waktu tergantung pada jumlah permintaan pembeli.

Ternak Angsa Hitam

Black Swan adalah angsa yang aslinya berasal dari daratan Australia serta semenanjung Selandia Baru. Peminat angsa jenis Black Swan ini sangatlah banyak terutama di Negara Indonesia. Black Swan sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia, angsa ini dapat beradaptasi dengan suhu tropis yang ada Indonesia. Daya tahan tubuhnya juga sangat kuat dibandingkan dengan jenis angsa hias lainnya.

Black Swan dapat mencapai bobot sekitar 7 – 8 kg dengan tinggi sekitar 110 – 124 . Paruh Black Swan berwarna merah tua, lehernya dapat memanjang melingkar berbentuk seperti huruf “S”

Angsa hitam merupakan hewan ternak yang mudah dibudidayakan dan sangat menguntungkan. Angsa memiliki tubuh yang tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Baca juga :

Ada berbagai manfaat yang kita petik dari berternak angsa, yaitu :

  • Ternak angsa merupakan peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan
  • Angsa merupakan penghasil daging yang lezat
  • Angsa juga dapat dijadikan sebagai hewan penjaga rumah. Layaknya seekor anjing yang akan menggonggong ketika orang asing masuk ke wilayahnya.
  • Bulu angsa ternyata dapat dijual untuk digunakan sebagai bahan bantal
  • Angsa dapat diperjual belikan untuk hiasan

Untuk tatacara ternak angsa hitam tidaklah sulit. Tetapi kita harus mengetahui karakteristik yang ada pada black swan agar dalam proses pemeliharaan tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kematian pada black swan. Angsa memiliki karekteristik tubuh yang lebih besar dan lebih banyak, memiliki daging yang lebih padat, dan harga jual yang cukup tinggi. Angsa merupakan hewan yang mudah dipelihara, angsa juga merupakan hewan yang tahan terhadap penyakit. Cara pembudidayaan angsa pun juga cukup mudah.

Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Persiapan Kandang

Sama seperti hewan lainnya, angsa juga merupakan hewan yang membutuhkan rumah atau kandang yang baik. Kandang yang baik dan bersih akan menunjang kesehatan pada angsa. Sehingga produktifitas telur dan dagingnya cukup menjanjikan. Untuk ukuran kandang kita dapat mendesain dengan ukuran 1 x 1 meter per segi 3-4 x 1 meter.

2. Pemilihan Indukan

Carilah indukan angsa yang berasal dari bibit gemuk dan untuk petelur pilihlah yang keturunannya banyak dalam sekali bertelur

3. Pakan

Untu pakan angsa berupa dedak, bekatul, dan biji – bijian lainnya.Dalam pemeliharaan sebaiknya kandang angsa disiapkan kolam untuk minum angsa dan untuk mandi angsa. Karena jika angsa tidak pernah bermain air akan mengakibatkan angsa mudah terserang penyakit korosi pada paruh. Hidung dan mata akan timbul seperti kerak yang akan menutupi bagian luar paruh.

4. Masa Bertelur dan Mengerami

Angsa dapat memproduksi telur hingga umur 10 tahun. Masa pengeraman telur terjadi selama 28 hari atau 30 hari. Angsa dapat menghasilkan telur sejumlah 8 – 10 butir telur.Dalam proses pengeraman, angsa memiliki sifat kurang baik dalam mengeram. Ini dapat menyebabkan telur angsa menjadi gagal menetas. Untuk teknik penetasan lainnya, kita dapat menggunakan mesin penetas. Jadi kemungkinan besar telur – telur angsa dapat menetas dengan baik.

5. Panen

Dalam memanen angsa tidak ada waktu tertentu kapan waktu pemanenanya. Karena hal tersebut peternak dapat menyeleksi angsa mana yang sudah siap dipanen dan mana yang belum siap panen. Hal ini perlu dipertimbangankan, angsa yang sudah tua akan memiliki daging yang lebih alot dan susah untuk dikonsumsi.

Angsa Hitam
Angsa Hitam

Bagi anda yang berminat dan tertarik untuk membudidayakan angsa, bisa anda pesan di tempat kami kapan saja. Kami menyediakan angsa putih  dan black swan berkualitas siap dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau oleh kargo hewan. Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
filsafat angsa hitam,fenomena angsa hitam,angsa hitam putih,angsa hitam untuk dijual,jual angsa hitam,harga anak angsa hitam,ternak angsa hitam

Nuraaasikin:)

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Angsa Hitam
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Filsafat dan Fenomena Angsa Hitam yang Melegenda Serta Cara Beternak Angsa Hitam”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: