Kelebihan dan Kekurangan Model Kandang Bebek Panggung – Kandang merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika beternak bebek. Kandang bebek berbeda dengan kandang ayam. Kandang bebek hanya digunakan ketika malam hari dan ketika bertelur. Oleh karena itu, sebelum membuat kandang, harus benar-benar memperhitungkan banyaknya sinar matahari yang masuk karena kandang harus tetap terjaga kering dan terjaga kebersihannya.

Kandang Panggung

Lantai kandang yang basah akan menyebabkan jamur dan spora semakin mudah untuk berkembang, sehingga penyakit juga semakin mudah menyerang hewan ternak. Yang lebih parah lagi, apabila bebek memakan jamur maka bebek akan keracunan. Itulah pentingnya perencanaan matang pembuatan kandang. Sehingga ternakan yang dihasilkan baik dan memberi keuntungan yang besar. Cara buat kandang bebek tergolong cukup mudah, apabila memiliki modal yang besar sebaiknya memakai bahan yang kuat dan tahan lama. Karena juga menjadi salah satu investasi jangka panjang.

Macam kandang Bebek terdiri dari 3 sistem

Sistem kandang bebek petelur modern atau bisa juga untuk bebek pedaging yang dianjurkan yaitu :

  • Sistem Lantai (litter) 

    Kandang yang digunakan di daerah dengan kondisi geografis tanah berpasir atau kering (daerah pesisir) atau di daerah yang memiliki sifat tanah dengan daya serap tinggi.

  • Kandang Bebek Model Panggung (slat) 

    Kandang yang dipakai untuk mengatasi atau menghindari lantai basah, sehingga kandang dengan model panggung memiliki nilai kesehatan yang tinggi. Kandang ini sangat cocok digunakan di daerah dengan kondisi geografis tanah basah dan kelembapan tinggi.

  • Campuran atau Kombinasi Sistem Lantai dan Panggung (litter dan slat)

    Merupakan jenis kandang modern yang memberi 2 fungsi. Kandang panggung untuk tidur dan bertelur, sedangkan lantai untuk tempat bermain ketika siang hari.

Baca juga di : 

Kelebihan dan Kekurangan Kandang menggunakan Sistem Panggung

Peternak bebek pedaging kandang panggung sangat dianjurkan untuk menghasilkan bebek pedaging atau telur yang berkualitas. Karena resiko terkena penyakit lebih kecil dibandingkan jenis kandang lain.

Contoh Kandang Panggung

Contoh Kandang Panggung

Walaupun begitu, kandang panggung memiliki kekurangan diantaranya bebek dapat kekurangan mineral yang biasa didapat dari tanah. Kotoran di alas panggung harus sering dibersihkan karena alas kandang bebek panggung tidak dapat menyerap kotoran, dan yang paling sering dikeluhkan yaitu biayanya lebih mahal.

Adapun kelebihan dan kekurangan kandang sistem panggung antara lain adalah :

Kelebihan

  • Sangat cocok diterapkan pada daerah tanah yang sering tergenang banjir dan rawa – rawa
  • Kandang akan menjad bersih jika pembersihan dilakukan secara rutin
  • Kotoran bebek akan langsung jatuh kebawah ini akan meminimalisir terserangnya penyakit pada bebek
  • Pakan, minum dan kotoran akan langsung jatuh kebawah ini akan membuat kandang selalu dalam keadaan kering
  • Bebek akan terjamin keselamatannya dari serangan hewan buas seperti biawak, musang, ular dan tikus

Kekurangan

  • Kotoran bebek sering tersangkut pada sela – sela bilah bambu sehingga proses pembersihan menjadi lebih rumit
  • Jika pembuatan alas kandang bilah – bilah bambu terlalu lebar akan membuat kaki bebek terperosok kebawah sehingga melukai kaki bebek
  • Pada kaki bebek mengandung selaput ar dan berkulit halus, jika kaki bebek terlalu sering terkena getaran alas kaki yang kasar menjadi merah dan mengelupas akan membuat bebek stress sehingga produksi menjadi tidak maksimal

Kandang bebek pedaging sistem kering juga dianjurkan. Bebek memang sengaja tidak diberi tempat berkubang sehingga tidak ada kesempatan untuk bermain air. Untuk minum, disediakan wadah atau tempat minum sendiri. Kelebihan sistem kandang seperti ini yaitu kandang selalu kering dan meminimalisir bau karena kotoran yang menumpuk. Selain itu bebek juga tidak mudah terserang penyakit.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
macam kandang bebek, kandang bebek model panggung, peternak bebek pedaging kandang panggung, cara buat kandang bebek, ukuran kandang bebek 200 ekor, kandang bebek petelur modern, kandang bebek pedaging sistem kering, ukuran kandang bebek pedaging,

<Duwi Kristinawati>
*


1 Comment

4 Macam Kandang Bebek Petelur Modern - hobiternak.com · September 1, 2018 at 1:12 am

[…] Kandang bebek panggung memang cukup baik untuk beternak bebek, karena kandang cenderung tetap terjaga kering sehingga resiko terkena penyakit lebih kecil. Namun, di samping itu kandang bebek panggung juga memiliki kelemahan yaitu bebek kekurangan mineral yang biasanya didapat dari tanah. Harus sering membersihkan kotoran yang menempel di lantai panggung. Dan tentu saja mengenai biaya yang mahal. […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: