Membuat Kandang Bebek Petelur Sederhana

Membuat Kandang Bebek Petelur Sederhana

Bisnis ternak bebek petelur merupakan salah satu bisnis yang memberikan penghasilan yang cukup menguntungkan. Masyarakat daerah pedesaan pada umumnya beternak bebek petelur masih menggunakan cara tradisional, dengan memanfaatkan lahan seadanya lalu digembalakan atau diangon ketika pagi hari atau siang hari. Meskipun beternak bebek petelur di lahan sempit, namun apabila kandang memenuhi persyaratan kandang yang baik, maka hewan ternak juga bisa produksi telur secara maksimal.

analisa usaha bebek petelur
Bebek Mojosari Petelur

Berbeda dengan masyarakat daerah perkotaan yang memelihara bebek dengan cara intensif dan memakai kandang bebek petelur modern.

Kandang merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam beternak. Karena kandang tidak hanya sebagai tempat beristirahat, namun juga tempat untuk bertelur. Layaknya manusia, semakin nyaman kandang maka pemakainya pun juga tidak mudah stres. Kandang yang nyaman tidak harus besar, namun kandang yang memenuhi beberapa persayaratan. Persyaratan tersebut antara lain :

  1. Jauh dari permukiman penduduk dan tidak rawan penggusuran lokasi peternakan
  2. Jauh dari peternakan unggas lain untuk menghindari penularan penyakit
  3. Jauh dari keramaian atau kebisingan
  4. Tanah di bangunan kandang memiliki drainase yang baik
  5. Kondisi cuaca dan iklim yang kondusif, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin (sejuk) dan memiliki kelembapan udara relatif 60-65%
  6. Mudah mendapatkan pakan dan air bersih
  7. Akses transportasi yang mudah
  8. Aman dari hewan buas
  9. Ukuran kandang itik petelur harus disesuaikan dengan perkiraan jumlah bebek petelur. Misalnya untuk ukuran kandang bebek petelur 100 ekor (DOD) yaitu 2 X 1 meter.

Cara membuat kandang bebek sederhana sangat mudah, sesuai dengan dengan sebutannya “sederhana” maka kandang bebek ini juga sangat sederhana namun tetap memperhatikan syarat kandang yang baik dan ideal. Cara membuat kandang bebek dari bambu tidak terlalu rumit. Jarak antar bilah bambu sekitar 1.5-2 cm. Untuk model kandang bebek pedaging hanya berbeda sedikit, yaitu kandang bebek pedaging biasanya disediakan kolam kecil untuk bermain. Sedangkan bebek petelur sebaiknya menggunakan sistem kandang kering, agar bebek tidak terlalu banyak mengeluarkan banyak energi karena bermain, sehingga energinya bisa optimal untuk produksi telur.

Kandang Bebek Petelur ModernCara beternak itik petelur yang baik yaitu selalu memperhatikan kebersihan kandang dan pakan yang sesuai. Segera melakukan pengobatan ketika menemukan hewan ternak yang sakit.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

kata terkait:
kandang bebek petelur modern, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, cara beternak itik petelur yang baik, model kandang bebek pedaging, cara membuat kandang bebek dari bambu, cara membuat kandang bebek sederhana, ukuran kandang itik petelur, beternak bebek petelur di lahan sempit,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: