Harga Ringneck Pheasant Lebih Murah daripada Jenis Pheasant Lainnya

Daftar Harga Ayam Ringneck Pheasant dan Jenis Pheasant Lainnya 

Pheasant adalah jenis ayam hias yang sering disebut dengan ayam pegar. Ayam pegar termasuk kelompok burung famili Phasianidae ordo Galliformes yang memiliki 35 spesies dan 11 genera. Contoh pheasant Indonesia yang sudah tersebar yaitu golden pheasant (ayam pegar emas), lady armherst pheasant (ayam pegar lady), ringneck pheasant (ayam pegar kalung), yellow pheasant (ayam pegar kuning), silver pheasant (ayam pegar perak), red pheasant, reeve’s pheasant, blue pheasant.

Ringneck Pheasant

Ringneck pheasant adalah salah satu jenis unggas yang memiliki bulu ekor yang panjang dan unik. Ayam ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari negara Cina. Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui tentang ayam ringneck pheasant. Ayam ini sering disebut dengan ayam pegar kalung. Kenapa bisa di sebut dengan  ayam pegar kalung? Karena pada bagian leher ayam ringneck pheasant terdapat bulu berwarna putih yang menyerupai kalung.

Berikut adalah penampakan ayam ringneck pheasant yang seperti menggunakan kalung putih

Ringneck Pheasant atau ayam pegar kalung
Ringneck Pheasant atau ayam pegar kalung

Jenis ringneck pheasant memiliki sifat agresif. Sifat agresif bisa membuat ayam ini tidak mudah stress apabila sedang berada di tempat yang baru. Ayam ini termasuk jenis ayam yang lincah. Untuk produktivitas telur, ringneck pheasant termasuk tinggi. Dalam satu periode ayam jenis ini bisa menghasilkan 20-30 butir telur. Cukup banyak bukan.

Ayam ringneck pheasant memiliki keindahan tersendiri. Warnanya yang indah dan postur tubuh yang unik membuat para pecinta ataupun penghobi ayam tertarik. Jenis ayam ini tahan terhadap perubahan suhu.

Ciri-ciri ayam ringneck pheasant:

  1. Ayam ringneck pheasant memiliki jengger berwarna merah.
  2. Warna tubuh ayam ringneck pheasant berwarna coklat.
  3. Kepala ayam ringneck pheasant berwarna kebiruan.
  4. Punggung ayam ringneck pheasant berwarna putih.
  5. Leher ayam ringneck pheasant terdapat bulu warna putih yang berbentuk seperti kalung.

Di Indonesia ringneck pheasant ini mulai banyak yang memelihara. Harganya yang lebih terjangkau daripada jenis pheasant lain membuat para penghobi tertarik untuk mencoba memelihara ringneck pheasant. Biasanya pheasant di jual di Indonesia dengan harga jutaan. Karena memang termasuk jenis ayam hias yang unik jadi tak heran kalau harganya relatif tinggi. Berikut daftar harga ringneck pheasant dari usia anakan sampai dewasa : 

Berikut daftar harga ringneck pheasant
Berikut daftar harga ringneck pheasant

Harga Ringneck Pheasant

Ringneck Pheasant 1 Bulan Rp. 1.200.000/pasang
Ringneck Pheasant 2 Bulan Rp. 1.600.000/pasang
Ringneck Pheasant Remaja Rp. 2.300.000/pasang
Ringneck Pheasant Dewasa Rp. 3.300.000/pasang

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara ringneck pheasant :

  • Pakan

Pakan ayam ringneck pheasant sebenarnya cukup mudah. Karena pada dasarnya pakan ringneck pheasant sama seperti pakan ayam biasa. Anda bisa berikan dedak dengan dicampur jagung giling. Selain itu, sesekali anda juga bisa berikan buah pepaya yang sudah masak. Buah pepaya memiliki fungsi sebagai antibiotik. Untuk pakan-pakan tersebut anda bisa dapatkan di toko pakan ternak di sekitar rumah anda. Harga pakan ringneck pheasant relatif murah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Jagung adalah salah satu jenis pakan pheasant yang bisa Anda berikan
Jagung adalah salah satu jenis pakan pheasant yang bisa Anda berikan
  • Kandang

Untuk kandang ringneck pheasant, anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan dasar kawat strimin. Ukuran kandang ringneck pheasant 1,5 m X 1,2 m  dengan dilengkapi tempat bertengger. Mengapa harus ada tempat untuk bertengger? Karena jenis ayam ini senang bertengger. Kandang merupakan hal yang paling penting bagi ayam. Kandang berfungsi untuk tempat istirahat dan juga bisa melindungi dari musuh. Jadi sebisa mungkin harus terlihat nyaman bagi ayam.

Ini adalah salah satu contoh kandang pheasant
Ini adalah salah satu contoh kandang pheasant
  • Kebersihan Kandang

Kandang harus selalu dibersihkan supaya ayam tidak mudah terserang penyakit. Dalam membersihkan kandang ayam anda dapat lakukan 2 hari sekali atau setiap hari. Lebih sering kandang dibersihkan, maka ayam juga lebih terjaga dari berbagai serangan penyakit.

Kebersihan kandang harus selalu di jaga agar pheasant terhindar dari serangan penyakit dan pheasant tetap merasa nyaman di dalam kandang
Kebersihan kandang harus selalu di jaga agar pheasant terhindar dari serangan penyakit dan pheasant tetap merasa nyaman di dalam kandang

Nahh, setelah mengetahui informasi mengenai ringneck pheasant, selanjutnya kami akan menjelaskan sedikit tentang jenis pheasant lain yang juga tak kalah menarik. 

Berikut jenis-jenis pheasant yang terkenal di Indonesia : 

1. Ayam Pegar Emas (Golden Pheasant)

Golden Pheasant atau ayam pegar emas
Golden Pheasant atau ayam pegar emas

Yaitu jenis ayam pegar yang sering digunakan untuk olahraga berburu. Warna bulu golden pheasant, merah di bagian dada dan kuning keemasan di bagian leher serta jambul. Golden pheasant juga sering disebut dengan pheasant cina. Memiliki bulu yang cantik dan mencolok membuat para penghobi pheasant tertarik. Golden pheasant ini juga salah satu jenis pheasant yang banyak di minati. 

2. Ayam Pegar Lady (Lady Armherst Pheasant)

Lady Amherst Pheasant atau ayam pegar lady
Lady Amherst Pheasant atau ayam pegar lady

Yaitu jenis ayam pegar yang sepintas mirip dengan golden pheasant. Perbedaannya hanya terletak pada postur tubuh dan warna bulu. Warna bulu pada ayam lady amherst pheasant yaitu campuran antara putih, hitam, biru tua dan hijau tua. Masih belum banyak yang memelihara jenis pheasant ini. Karena memang masih sedikit populasinya dan harganya masih tinggi. 

3. Reeves Pheasant

Reeves pheasant termasuk jenis pheasant yang paling unik dan masih langka
Reeves pheasant termasuk jenis pheasant yang paling unik dan masih langka

Ayam reeves pheasant menjadi salah satu jenis pheasant yang keberadaannya masih tergolong cukup langka dan harganya paling mahal. Ciri-ciri reeves pheasant yaitu di bagian kepala mirip sedang memakai topeng jadi bulunya putih dan ada garis hitam di sekitar mata sampai belakang kepala. Bulu pada bagian badan berwarna kuning kecoklatan, hitam dan putih. Sepintas seperti sisik. Dari sekian jenis pheasant, reeves pheasant ini lah yang memiliki ekor paling panjang. Ekornya bisa sampai 2,4 meter.

4. Ayam Pegar Kuning (Yellow Pheasant)

Yellow Pheasant atau ayam pegar kuning
Yellow Pheasant atau ayam pegar kuning

Yaitu jenis ayam pegar yang mempunyai warna kuning keemasan di bagian leher. Dari bentuk atau postur tubuhnya sama seperti pheasant pada umumnya. Bulunya yang mencolok kuning ini yang membuat yellow pheasant semakin indah. 

5. Ayam Pegar Perak (Silver Pheasant)

Silver Pheasant atau ayam pegar perak
Silver Pheasant atau ayam pegar perak

Yaitu jenis ayam pegar yang berasal dari pegunungan daratan Asia Tenggara dan selatan serta timur Cina. Silver pheasant memiliki panjang sekitar 120-125 cm. Harga silver pheasant biasanya sama seperti jenis golden pheasant. 

Baca juga :

Harga Golden Pheasant

Golden Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Golden Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang

Harga Silver Pheasant

Silver Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Silver Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang

Harga Red Lady Pheasant

Red Lady Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Red Lady Pheasant Indukan Rp. 10.000.000/pasang

Harga Green Ringneck Pheasant 

Green Ringneck Remaja Rp. 2.500.000/pasang
Green Ringneck Dewasa Rp. 3.700.000/pasang

Harga Pheasant Lainnya

Yellow Pheasant Dewasa Rp. 10.500.000/pasang
Red Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang
Lady Amherst’s Pheasant Dewasa Rp. 14.000.000/pasang
Khalij Pheasant Dewasa Rp. 15.000.000/pasang

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan menyesuaikan dengan stock*

 

Apakah ayam ringneck bisa terbang?

Bisa, namun ringneck pheasant ini lebih banyak beraktifitas di atas tanah. Biasanya pheasant akan terbang jika di rasa ada bahaya yang mengancam.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara ayam ringneck pheasant atau jenis yang lainnya juga? Apabila anda tertarik untuk memelihara, Anda bisa membeli di tempat kami. Kami juga jual berbagai jenis ayam hias. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.
Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
harga ringneck pheasant, pheasant adalah, pheasant indonesia, pheasant cina, blue pheasant, green pheasant, pheasant dijual, golden pheasant

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: