Burung Merak Putih Dewasa Jantan

Beternak Burung Merak Sebagai Burung Peliharaan Keluarga

Burung merak biru merupakan salah satu spesies yang populasinya makin langka di dunia ini. Perkembangannya yang tidak secepat burung jenis lainnya membawa pengaruh pada populasinya yang makin menurun. Hal itu membuat pecinta hewan mencari jalan agar populasi tidak semakin menurun drastis, salah satunya dengan menangkarkan di kandang pemeliharaan.

Beternak Burung Merak
Merak Biru Black Shoulder

Merak sebenarnya dapat dipelihara di berbagai iklim dari iklim tropis seperti di Indonesia hingga di negara Eropa yang mempunyai 4 musim. Burung merak yang sudah dewasa mempunyai penampilan yang sangat menarik terutama pejantannya. Burung merak jantan dewasa mempunyai ekor yang sangat panjang dan mempunyai penutup ekor yang dapat berkembang saat musim kawin tiba. Penutup ekor tersebut berwarna biru metalik dan pada saat musim kawin dapat berkembang untuk menarik perhatian betinanya. Saat itu burung merak terlihat indah sekali dan dapat menambah indah taman di rumah.

Beternak merak sebenarnya cukup sederhana dan dapat dipelihara oleh keluarga Indonesia. Tantangan dalam beternak merak adalah modal yang harus dikeluarkan cukup besar. Apalagi bila memelihara merak yang siap produksi tentu membutuhkan biaya yang lebih besar lagi. Memelihara merak yang sudah indukan mempunyai kelebihan yaitu lebih cepat berproduksi. Sehingga proses regenerasi bisa berjalan lebih cepat. Burung merak mulai bertelur pada umur lebih dari 1,5 tahun. Burung merak yang telah mencapai usia matang dapat menghasilakn telur 2 kali setahun. Merak bertelur hanya pada musim hujan jadi mirip dengan karakter ayam mutiara yang hanya bertelur pada musim penghujan.

Jenis burung merak

Burung merak berdasarkan spesies mempunyai 3 jenis yaitu Merak Biru (pavo cristatus, Merak Hijau (pavo muticus) dan Merak Kongo (Afropavo congensis ). Merak biru merupakan salah satu merak yang banyak terdapat di India, Srilanka, Bhutan dan Pakistan. Saat ini merak biru banyak tersebar ke negara lain termasuk Indonesia. Merak biru jantan mempunyai panjang 230 cm dan dapat mengembangkan bulu penutupnya saat musim kawin dengan maksud untuk menarik perhatian betinanya. Merak biru dapat membuahi beberapa betinanya.

Sedangkan untuk merak hijau mempunyai panjang 300 cm pada pejantannya. Merak hijau dapat terbang seperti burung. Populasinya saat ini makin berkurang dan merupakan salah satu merak yang dilindungi di Indonesia. Merak ini termasuk paling besar diantara 2 spesies merak lainnya. Merak yang terakhir dari jenis merak Kongo yang pada awalnya banyak terdapat di negara Kongo. Merak Kongo berukuran paling mini dibandingkan kedua jenis merak lainnya.

Makanan burung merak

Saat melihat keindahan burung merak mungkin kita tidak mengetahui bahwa makanan burung merak cukup sederhana. Merak menyukai makanan yang kering seperti kosentrat atau voer yang dicampur dengan bekatul dan irisan sayuran segar. Makanan tersebut  dapat diberikan dengan pemberian minimal 2 kali sehari. Sesekali dapat diberikan makanan tambahan seperti jangkrik, kadal, berbagai jenis ulat seperti ulat hongkong, ulat daun dan lain-lain. Makanan tersebut cukup banyak terdapat di sekitar kita. Tempat pakan sendiri bisa menggunakan wadah dari plastik atau kayu persegi panjang yang pada sisinya mempunyai ketinggian sekitar 5 – 10 cm.

Cara pemberian pakan merak :

  1. Masukkan  pakan kosentrat atau voer ke dalam suatu wadah yang lebar
  2. sayuran yang telah dibersihkan diiris kemudian dicampurkan dengan konsentrat atau voer
  3. Jika mempunyai bekatul atau dedak yang tekstur halus dan masih mempunyai butiran padi bisa dicampurkan dan diaduk hingga rata.
Bekatul Curah

Selain pakan diatas, setiap beberapa hari sekali dapat diberi pakan tambahan seperti jangkrik, ulat hongkong, kadal, biji-bijian seperti jagung giling atau beras merah giling. Untuk minuman dapat diletakkan pada wadah yang dapat dijangkau dengan mudah oleh merak.

Di Indonesia dengan penduduk yang banyak dan mempunyai lahan yang masih luas, sangat potensial dijadikan sebagai tempat penangkaran dan budidaya merak biru dan merak hijau. Merak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar termasuk Indonesia yang beriklim tropis. Merak yang telah dipelihara di lingkungan baru dapat berkembang biak dengan baik.

Untuk Anda yang ingin memelihara burung merak, bisa menghubugi kami di jualayamhias.com atau hobiternak.com. Kami menyediakan berbagai jenis burung merak mulai dari merak biru dari India, merak plangkok/merak blorok, merak putih, merak cameo dan merak biru black shoulders. Untuk pemeliharaan merak, setiap jenis sama saja baik dari segi pakan maupun pola  pemeliharaan. Untuk kandang yang luas masih ada solusinya karena lahan di Indonesia masih luas dan masih banyak lahan yang belum dikelola.

Kandang merak sebaiknya menggunakan ram atau kawat yang dipasang mengelilingi kandang. Dengan begitu merak tidak bisa keluar kandang namun tetap bebas beraktivitas di dalam kandang. Di dalam kandang merak terdapat tempat untuk bernaung dari panas dan hujan dan beberapa tempat bertengger yang terbuat dari  kayu. Merak sangat menyenangi bertengger di atas pohon pada saat malam hari, sedangkan pada siang  hari banyak beraktivitas di sekitar kandang. Di dalam kandang pohon yang besar tetap dibiarkan karena menjadi area yang banyak disinggahi oleh burung merak.

Dengan pemeliharaan yang cukup sederhana, peternak pemula dapat memulai beternak merak. Merak yang dipelihara diusahakan berlokasi di tempat yang jauh dari kebisingan seperti tepi jalan besar atau dekat dengan tempat keramaian.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias diantaranya burung merak dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
budidaya burung merak biru, kandang merak putih, cara menetaskan telur burung merak, produktivitas burung merak hijau, modal beternak burung merak biru, makanan burung merak, sejarah burung merak, spesies burung merak yang ada di Indonesia, mengenal burung merak putih, harga merak putih dewasa

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3.5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Burung Merak
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: