Jual Ringneck Pheasant – Mungkin  bagi sebagian orang sudah mengetahui apa itu ayam hias? Ayam hias merupakan jenis ayam yang diperuntukkan sebagai hiasan serta pajangan. Sesuai dengan namanya, Ayam Hias. Berbagai jenis ayam hias yang banyak dipelihara di Indonesia termasuk ayam Pheasant. Ayam Pheasent atau Ayam Pegar Kalung pada umumnya memiliki bermacam-macam jenis yang  tersebar diseluruh dunia, beberapa jenis Ayam Pheasant dapat dibedakan dari  warna bulu serta postur tubuh pada ayam, termasuk ayam Ringneck Pheasant.

jual ringneck pheasant

Ringneck Pheasant Dewasa Jantan

Ringneck Pheasant atau Ayam Pegar Kalung merupakan salah satu dari berbagai jenis ayam hias yang memiliki banyak peminatnya yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Jenis ayam ini memiliki postur tubuh besar dengan keindahannya terletak pada bulunya menjadikan banyak orang jatuh hati dengan jenis burung ini dan tertarik untuk memeliharanya. Mengapa jenis Ayam Ringneck Pheasant disebut sebagai Ayam Pegar Kalung? Karena pada jenis ayam ini terdapat pada bulu tubuhnya yang berwarna merah kecoklatan dengan kepalanya berwarna kebiru-biruan serta pialnya yang berwarna merah. Sementara untuk bagian lehernya dengan bulu bermotifkan putih yang mengelilingi lehernya sekilas yang terlihat seperti kalung. Maka tak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai ayam pegar kalung.

Di Indonesia sendiri, warna bulu Ayam Ringneck Pheasant terbagi dalam beberapa warna diantaranya Ringneck Pheasant Merah, Ringneck Pheasant Hijau dan Blueblack. Untuk harga ayam ringneck hijau cenderung lebih tinggi jika dibandingkan harga ayam ringneck merah.

Perlu kita ketahui bahwa jenis Ayam Ringneck Pheasant memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan jenis ayam pheasant lainnya. Ayam Pheasant umunya memiliki masa produktifitas setahun sekali, sedangkan untuk jenis ayam ringneck pheasant yang hampir sepanjang tahun mampu bertelur dan telur yang dihasilkan pun cukup banyak. Seperti jenis pheasant pada umumnya, Ringneck Pheasant jantan memiliki warna bulu yang lebih mencolok dibandingkan warna Ayam Ringneck Pheasant betina.  Pada Ayam Ringneck Pheasant jantan dengan warna bulunya dominan coklat dibadannya dan dilehernya terdapat warna putih melingkar serta pada bagian mukanya yang berwarna merah.  Untuk ayam ringneck betina yang memiliki warna bulu tidak terlalu mencolok yang memiliki warna dominan coklat berbintik hitam dibadannya. Jika bertanya soal besar tubuh  ayam ringneck pheasant memang tubuh ayam ringneck pheasant jantan lebih besar jika dibandingkan ayam betinanya. Sehingga pada saat musim kawin tiba bulu pejantan ringneck pheasant akan mekar untuk menarik perhatian ringneck pheasant betina.

Asal Usul Ayam Ringneck Pheasant

Ayam Ringneck Pheasant merupakan jenis ayam hias yang  berasal dari Negeri Tirai Bambu China dan Tibet. Di Negara asalnya atau habitat aslinya banyak tersebar jenis Ayam Pegar. Namun, kini banyak yang mengembangbiakkan jenis ayam Ringneck Pheasant dan untuk saat ini sudah menyebar di penjuru dunia.

Berbagai Jenis Ayam Ringneck Pheasant yang Tersebar Diseluruh Dunia

Jenis Ayam Pheasant memang semakin populer dikalangan kolektor jenis ayam hias. Mulai dari warna bulunya yang anggun menjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakan jenis ayam ini. Mungkin bagi sebagian orang mengira bahwa ayam Pheasant merupakan jenis burung. Karena bentuknya yang mirip seperti burung, namun banyak pula yang mengira pheasant ini merupakan jenis ayam dengan postur tubuhnya yang seperti ayam. Untuk ayam pheasant atau ayam pegar pada umumnya memiliki berbagai macam jenis ayam yang dapat dibedakan menurut warna bulunya serta bentuk dan postur badan ayam pheasant. Berikut merupakan berbagai jenis ayam pheasant yang populer di Indonesia :

  1. Golden Pheasant

    Dari namanya saja, kita tahu bahwa jenis ayam ini berwarna gold atau emas. Keindahan yang dimiliki dari jenis ayam ini terletak bada bulunya dengan kombinasi merah serta terdapat warna emas mengkilap dibagian leher sehingga ayam ini dijuluki dengan sebutan golden pheasant. Untuk kalangan pecinta ayam hias ayam golden peasant merupakan jenis ayam yang paling populer dan merupakan jenis ayam yang memiliki peminat paling banyak jika dibandingkan dengan jenis pheasant lainnya. di Hobiternak.com menyediakan ayam golden pheasant dari anakan hingga indukan. Untuk harga anakan golden pheasant yang berumur 5 bulanan  Rp.5.500.000.

    jual ringneck pheasant

    Golden Pheasant

    Harga ayam golden pheasant :

     Remaja Rp 7.500.000/pasang
    Dewasa Rp 9.500.000/pasang

  2. Yellow Pheasant

    Yellow Pheasant merupakan jenis ayam yang berasal dari daratan Tiongkok juga. Jika dilihat dari postur tubuhnya jenis ayam ini memiliki kesamaan pada  Golden Pheasant dengan warna ring pada bagaian leher yang berwarna kuning kemeemasan. Sedikit yang membedakannya ialah warna ditubuhnya berwarna kuning yang berbadu dengan sedikit warna hitam. Yellow Pheasant jantan dengan warna bulunya yang cenderung mencolok jika dibandingkan dengan Yellow Pheasant betina dengan warnanya cenderung lebih kusam. Memang jenis Yellow Pheasant ini cukup banyak digemari oleh penghobi jenis ayam hias dengan harga ayam  Yellow Pheasant dewasa yang cukup mahal yaitu Rp.9.500.000 per pasangnya.

    jual ringneck pheasant

    Yellow Pheasant

  3. Silver Pheasant

    Sesuai dengan namanya Silver Pheasant sering disebut juga dengan sebutan Pegar Perak. Memang diantara jenis ayam pheasant lainnya, ayam Silver Pheasant merupakan jenis ayam yang paling mudah dibedakan dibandingkan dengan jenis pheasant lainnya. bulu di punggungnya berwarna putih keperakan, sementara pada bagian dadanya yang berwarna hitam dan kepalanya berwana merah terang.

    jual ringneck pheasant

    Silver Pheasant Dewasa Sepasang

    Harga ayam silver pheasant :

     Remaja Rp 8.000.000/pasang
    Dewasa Rp 10.000.000/pasang

  4. Red Pheasant

    Red Pheasant atau Red Lady Pheasant merupakan jenis ayam hasil persilangan antara Golden Pheasant dengan Lady Amherst Pheasant. Hampir 90% Red Pheasant mirip dengan Golden Pheasant. Perbedaan yang dimiliki kedua jenis ayam ini terletak pada warna ring dipundak yang berwarna putih. 

    jual ringneck pheasant

    Red Pheasant

    Harga ayam red lady pheasant :

     Remaja Rp 7.500.000/pasang
    Indukan Rp 9.500.000/pasang

  5. Reeves’s Pheasant

    Pheasant jenis ini merupakan jenis ayam yang memiliki panjang ekor 2,5 meter. Reeves’s Pheasant juga merupakan jenis pheasant yang memiliki ekor paling panjang jika dibandingkan jenis pheasant lain. Memang diantara jenis pheasant yang lain, Ayam Pheasant Reeves’s pheasant memiliki harga yang paling mahal. Reeves’s Pheasant Dewasa Rp 16.000.000/pasangnya.

    jual ringneck pheasant

  6. Fireback Pheasant

    Fireback Pheasant atau yang sering disebut sempidan merupakan jenis ayam pheasant asli yang berasal dari Indonesia. Populasi terbesar unutk jenis ayam ini sebagian di pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Untuk jenis ayam ini terdapat dua perbedaan waran buku ekornya yakni berwarna kuning serta terdapat pula yang bulu ekornya yang berwarna putih.

  7. Elliot Pheasant

    Elliot Pheasant merupakan jenis ayam pheasant dihabitat aslinya yang hidup dipegunungan dan hutan cemara. Memang untuk wilayah Indonesia sendiri  belum banyak orang yang memiliki jenis ayam ini dikarenakan populasinya yang masih terbatas.

  8. Swinhoe’s Pheasant

    Taiwan Blue Pheasent itulah sebutan lain dari swinhoe’s pheasant. Seperti halnya sebutan tersebut, jenis ayam ini merupakan jenis ayam yang berasal dari Taiwan . Bagi sebagian orang menganggap ayam ini sebagai simbol negara Taiwan dikarenakan bendera Taiwan yang berwarna seperti ayam pheasant ini.

  9. Lady Amherst Pheasant

    Pada jenis ayam ini memiliki warna bulu dengan perpaduan warna hijau mengkilat yang berpadu dengan warna hitam. Untuk harga ayam Lady Amherst Pheasant dewasa yang dibandrol  Rp 10.500.000/pasang.

    jual ringneck pheasant

Pemeliharaan Ayam Ringneck Pheasant atau Ayam Pegar Kalung

Ayam Pheasant termasuk dalam jenis hewan pemakan segalanya dari ragam hewan maupun tumbuhan. Tips untuk peternak ayam pheasant “Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati”   yaitu dalam pemeliharaan jenis ayam Ringneck Pheasant pentingnya pemberian pakan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik berguna untuk meningkatkan kekebalan pada unggas. Pakan yang diberikannya pun cukup mudah ditemukan dengan harganya yang relatif murah.  Untuk makanan ringneck pheasant cukup diberikan dedak, bekatul atau voer yang dicampurkan dengan jagung giling, irisan sayuran, beras merah giling dan sedikit air. Mengapa diberikan voer? Karena voer memiliki kandungan protein tinggi guna membantu pertumbuhan pada anakan ayam Ringneck Pheasant. Akan tetapi, perlunya diselingi dengan berbagai macam serangga seperti jangkrik atau telur semut serta buah-buahan misalnya pepaya matang, apel yang dipotong kecil-kecil serta beragam variasi biji-bijian lainnya.

Telur Ayam Ringneck Pheasant

Meskipun untuk saat ini harga telur ayam pheasant masih tergolong mahal dikarenakan masih tergolong dalam jenis ayam langka dan di wilayah Indonesia sendiri populasinya masih terbatas. Dengan keistimewaan Ayam Ringneck Pheasant bertelur sepanjang tahun dapat mengasilkan 20 hingga 30 butir telur dalam satu kali periode yang dalam periode tersebut dalam jangka waktu 2 bulan sekali. Masa produksi telur ayam ringneck pheasant hingga umur 8 tahunan. Dengan harganya yang masih terbilang mahal tidak menyurutkan bagi kalangan penghobi ayam hias untuk memburu dan membudidayakan jenis ayam pheasant ini.

Kandang Ayam Ringneck Pheasant

Kandang merupakan kebutuhan penting bagi ayam. Fungsi dari kandang adalah untuk menjaga ayam agar tidak berkeliaran dan dapat memudahkan pemantauan serta perawatan ternak. Saat ini terdapat banyak jenis kandang berdasarkan tipe serta bahan yang dapat digunakan untuk membuat kandang ayam tersebut. Memang secara tidak langsung  kandang bagi ayam dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pada hasil ternak. Untuk kandang ayam Ringneck Pheasant ini sebaiknya dengan ukuran besar dan luas yang dapat untuk menampung beberapa ayam dengan ukuran 2 meter lebar 3 meter. Kandang ayam pheasant lebh baik yang terbuat dari strimin hingga ke bagian atap yang berfungsi agar pheasant tidak kabur dan tidak bisa terbang tinggi dari kandangnya.

Berikut merupakan daftar harga ayam Ringneck Pheasant :

1 bulan Rp 1.200.000/pasang
2 bulan Rp 1.600.000/pasang
Remaja Rp 2.300.000/pasang
Dewasa Rp 3.300.000/pasang
Khalij Pheasant Dewasa Rp 14.500.000/pasang

Harga ringneck pheasant hijau/green ringneck :

 Remaja Rp 2.500.000/pasang
Dewasa Rp 3.700.000/pasang

Mengingat harga ayam pheasant yang relatif tinggi, dalam perkembangbiakannya masih dibudidayakan untuk ditetaskan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah ayam. Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pheasant, kami menyediakan telur pheasant yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit ayam pheasant baik itu ayam ringneck pheasant merah maupun hijau kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pheasant dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

ringneck pheasant hijau, harga ayam ringneck merah, harga ayam ringneck hijau, makanan ringneck pheasant, ringneck pheasant merah, ayam ringneck pheasant merah, harga anakan golden pheasant,

_Viky Ristiyarti_


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: