6 Jenis Ayam Pheasant yang Cocok Untuk di Budidayakan

Ayam pheasant ada berbagai macam spesies diseluruh dunia. Ayam pheasant bisa disebut juga dengan ayam pegar. Harga dari ayam pheasant bervariasi, tergantung dari jenis ayam pheasant. Walaupun harga dari ayam pheasant ini relatif lebih tinggi, tetapi tidak menyurutkan semangat untuk memelihara ayam pheasant dimata pencinta ayam hias. Ayam ini cukup diminati keberadaannya karena postur fisiknya menyerupai burung. Dan yang membuat ayam pheasant ini dilirik yaitu warna dari bulunya yang cukup indah dan menawan.

Berikut beberapa jenis pheasant yang terkenal di Indonesia yakni golden pheasant, yellow pheasant, reeves pheasant, red pheasant, lady amherst’s pheasant, ring neck pheasant dan masih banyak lagi. Di dunia ayam pheasant memang banyak jenisnya, mulai dari bulunya yang indah dan harga yang bermacam-macam. Berikut akan kami jelaskan lebih detail mengeanai jenis-jenis ayam dan harga ayam pheasant. 

6 Jenis Ayam Pheasant yang Cocok Untuk di Budidayakan | cover
6 Jenis Ayam Pheasant yang Cocok Untuk di Budidayakan | cover

1. Golden Pheasant

Ayam golden pheasant merupakan ayam yang banyak dicari untuk dipelihara para pencinta ayam hias. Ayam hong adalah sapaan untuk ayam golden pheasant. Jenis ayam ini berasal dari hutan pegunungan China, dan menyebar ke benua Eropa dan Amerika. Nilai harga jual golden pheasant cukup tinggi, untuk golden pheasant dewasa di bandrol dengan harga Rp.10.000.00,00 per pasang. Untuk yang usia remaja dibandrol dengan harga ayam golden pheasant Rp.8.000.000,00 per pasang sedangkan untuk daftar harga anak ayam tibet jenis golden pheasant ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang remaja.

Keberadaan golden pheasant di Indonesia pun sudah cukup banyak yang membudidayakan. Karena cara beternak golden pheasant pemeliharannya pun juga cukup mudah. Bagi anda yang tertarik memelihara Golden Pheasant kami menyediakan dengan harga terjangkau dan siap dikirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia. 

Yang paling banyak di minati oleh para penghobi ayam yaitu jenis golden pheasant | image 1
Yang paling banyak di minati oleh para penghobi ayam yaitu jenis golden pheasant | image 1

2. Yellow Pheasant

Yellow pheasant adalah salah satu jenis pheasant yang sudah cukup banyak dikenal oleh pencinta ayam hias. Warna khas dari ayam hias ini adalah kuning, yang menjadi warna dominan. Yellow pheasant betina memiliki warna cenderung lebih kusam, sedangkan untuk yang jantan warna bulunya lebih mencolok dibanding dengan yang berjenis kelamin betina. Ayam yellow pheasant merupakan ayam yang cukup digemari oleh para penghobi, rata-rata harga ayam yellow pheasant  yaitu Rp.10.500.000,00 per pasang untuk yang dewasa.

Warna bulu pada ayam yellow pheasant yaitu dominan kuning | image 2
Warna bulu pada ayam yellow pheasant yaitu dominan kuning | image 2

3. Reeves Pheasant

Ayam reeves pheasant terkenal memiliki ekor terpanjang dikelasnya. Reeves pheasant memiliki panjang mencapai 2,4 meter. Pada bagian kepala atau wajah, reeves pheasant mirip seperti sedang memakai topeng. Harga yang ditawarkan ayam reeves pheasant ini lebih mahal dibanding dengan golden pheasant dan yellow pheasant. Bisa di atas Rp 20.000.000,00 sepasangnya.

Reeves Pheasant masuk dalam kategori jenis pheasant yang memiliki ekor paling panjang | image 4
Reeves Pheasant masuk dalam kategori jenis pheasant yang memiliki ekor paling panjang | image 4

4. Red Pheasant

Jenis ayam yang satu ini cukup menjadi referensi para penghobi ayam jenis pheasant. Red pheasant merupakan persilangan antara golden dan lady pheasant, perawatannya pun sama dengan ayam pada umumnya. Ayam red pheasant hampir mirip dengan jenis golden pheasant, yang membedakannya hanya pada warna ring di pundak leher yang berwarna putih. Untuk segi pakannya red pheasant cukup mudah. Anda dapat berikan pakan seperti voor, jagung giling, dan beras merah. Untuk red pheasant dihargai dengan harga Rp.10.000.000,00 per pasang untuk usia dewasa.

Red Pheasant persilangan dari golden pheasant dan lady pheasant | image 5
Red Pheasant persilangan dari golden pheasant dan lady pheasant | image 5

BACA JUGA : Fakta-fakta Menarik Mengenai Burung Unta (Onta)

5. Lady Amherst’s Pheasant

Asal dari lady amherst’s pheasant yaitu dari Cina dan burma. Lady Amherst’s pheasant yang anggun saat berjalan ini selalu dilirik oleh orang, terutama para pencinta burung dan ayam hias. Ayam ini memiliki keunikan pada bulu ekor panjang yang berwarna putih dan dicampur hitam mirip seperti batik. Selain itu bulu di bagian punggung berwarna hijau mengkilat dan hitam. Dalam konteksnya Lady Amherst’s pheasant yang satu ini dapat bertelur kurang lebih 40 butir dalam musiman. Untuk penetasan diperlukan waktu pengeraman selama 23 hari. Harga untuk lady amherst’s indukan Rp.14.000.000,00 per pasang.

Lady Amhers Pheasant menjadi salah satu ayam pheasant yang cukup banyak peminatnya setelah Golden Pheasant | image 6
Lady Amhers Pheasant menjadi salah satu ayam pheasant yang cukup banyak peminatnya setelah Golden Pheasant | image 6

6. Ring Neck Pheasant

Ringneck pheasant berasal dari Asia lebih tepatnya di Jepang. Ayam ring neck pheasant ini bisa bertelur 3 kali dalam setahun sebanyak 25-75 butir, perharinya bertelur 1 telur. Keunikan yang dimiliki ring neck pheasant ini adalah digunakan sebagai alarm gempa bumi, dimana sebelum terjadi -+ 5 detik ayam akan terus-menerus berbunyi. Anda tertarik ingin memelihara ayam ring neck pheasant, harga ayam pegar jenis ini berbeda-beda sesuai usianya. Biasanya kalau harga anakan ringneck pheasant harganya sekitar 1 jutaan.

Ciri khas ayam ringneck pheasant yaitu terdapat pada bagian lehernya. Lehernya memiliki bulu melingkar berwarna putih yang mirip seperti sedang memakai kalung | image 7
Ciri khas ayam ringneck pheasant yaitu terdapat pada bagian lehernya. Lehernya memiliki bulu melingkar berwarna putih yang mirip seperti sedang memakai kalung | image 7

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan menyesuaikan dengan stock*

Baca juga : 3 KATEGORI MERAK, BURUNG YANG PALING CANTIK DI DUNIA

Bagaimana bentuk Kandang Ayam Pheasant ?

Dalam membuat kandang ayam pheasant ini sebaiknya di berikan atap dan dinding kandang. Tujuannya agar pheasant tidak terbang melarikan diri. Karena ayam pheasant ini suka bertenggar, maka di dalam kandang bisa di berikan ranting pohon atau kayu untuk pheasant bertengger. Jagalah selalu kebersihan kandang agar bulu ayam pheasant tetap terjaga keindahannya dan tetap sehat. Biasanya ukuran kandang untuk 1 pasang sekitar 3X6 meter dan tinggi 2 meter. Hal ini bisa menyesuaikan.

Apa saja makanan Ayam Pheasant ?

Anda bisa memberikan pakan berupa biji-bijian seperti jagung, beras merah atau yang lainnya. Selain itu juga bisa di berikan bekatul, voer atau dedak. Memang pakan ayam pheasant hampir sama seperti ayam pada umumnya. Sekali-kali bisa di inovasi dengan buah-buahan seperti apel.

Itu dia beberapa informasi mengenai berbagai jenis ayam pheasant dan informasi tambahan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda 🙂

Bagi anda yang ingin pelihara ayam pheasant, di hobiternak.com menyediakan ayam pheasant berbagai jenis. Untuk pemesanan kami melayani keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan dan pengiriman bergaransi. Kami siap melayani kapanpun.
Silahkan hubungi kami sekarang di nomor whatsapp di bawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : harga ayam golden pheasant, cara beternak golden pheasant, harga anakan ringneck pheasant, harga anak ayam tibet, harga ayam pheasant, daftar harga ayam tibet, harga ayam pegar,

*Dwi Sri Rahayu*

5/5 - (26 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: jtp.id/ecogreenpark/atrak
  • image 1: vizeo.ir
  • image 2: http://www.criadouroavesraras.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 4: pinterest.com
  • image 5: google.com
  • image 6: Pixabay.com
  • image 7: cepia.ru

4 pemikiran pada “6 Jenis Ayam Pheasant yang Cocok Untuk di Budidayakan”

  1. Lokasi di mana ?
    Kalau beli bahan disana, apakah bisa sekalian belajar proses ternak nya?
    Terima kasih
    0812 3269 0003

    Balas
    • Silahkan bisa datang langsung ke tempat kami. Namun mohon untuk janjian waktu nya terlebih dahulu.
      Mohon di tunggu tim kami akan hubungi WA bapak..

      Balas
    • Bisa Pak, silahkan Bapak Umar langsung menghubungi nomor WA kami di : 0812-2028-8686
      InsyaaAllah nanti kami jelaskan bagaimana cara pemesanannya.

      Salam hobiternak.com 🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA