pheasant adalah

Pheasant adalah Jenis Ayam Hias Primadona Indonesia

Pheasant adalah Jenis Ayam Hias Primadona Indonesia – Pheasant adalah salah satu ayam hias yang menjadi primadona bagi pecinta ayam hias. Jenis ayam yang sudah banyak dikembangbiakkan bahkan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari Ringneck pheasant yang mudah diternakkan hingga Lady Amherst yang perlu pengetahuan khusus dalam menangkarkannya. Dalam pemeliharaannya jenis ayam ini juga dijadikan sebagai ajang hobi oleh pecinta ayam hias dan banyak juga yang menjadikan jenis ayam ini sebagai lahan berbisnis. Salah satunya ialah jenis ayam Ringneck pheasant.

pheasant adalah
Ringneck Pheasant Dewasa Jantan

Baik, kali ini kita akan membahas mengenai ayam pheasant. Ayam pheasant adalah jenis ayam yang berasal dari negeri tirai bambu Cina dan Tibet. Habitat aslinya yaitu daerah pegunungan. Ayam Ringneck Pheasant lebih sukses dikembangbiakkan di Amerika Latin, Eropa dan Selandia Baru. “Mengapa pheasent disebut sebagai jenis ayam, kenapa tidak menyebutnya sebagai jenis burung?” Tanya salah satu seorang yang berminat ayam pheasant. Memang sebenarnya ayam pheasant tergolong dalam keluarga aves (Burung), namun karena pheasent ini tidak suka terbang dan hanya menghabiskan seluruh waktunya di tanah sehingga disebutnya sebagai jenis ayam.

Di Indonesia ayam pheasant dikenal dengan nama ayam pegar kalung, ayam Kuau atau ayam Tibet. Sedangkan di negara Jepang yang dikenal dengan nama green pheasant (phasianus versicolor) dengan warna bulunya dominan hijau dan untuk saat ini jenis green pheasant yang belum begitu terkenal. Pheasant termasuk dalam jenis keluarga ayam yang memiliki bulu indah dan menawan. Dengan sifatnya yang agresif serta mempunyai gerakan lincah dan mirip seperti burung. Berbagai jenis ayam pheasant dibedakan berdasarkan warna bulunya, karena hal ini dipengaruhi oleh faktor iklim, makanan, lingkungan akan menghasilkan berbagai varian ayam pegar termasuk jenis ayam Ringneck Pheasant.

Ayam Ringneck Pheasant memiliki ciri-ciri yaitu kepalanya berwarna biru, pialnya berwarna merah , bulu tubuhnya yang berwarna merah kecoklat-coklatan serta  ekornya berwarna kuning muda. Sementara terdapat bulu berwarna putih yang mengelilingi leher ayam tersebut, sekilas terlihat seperti kalung. Maka tidak mengherankan jika ayam ringneck pheasant dikenal dengan nama ayam pegar kalung. Di samping itu ayam ringneck pheasant terbagi dalam beberapa warna bulu diantaranya ayam ringneck merah hijau serta blueblack.

Keunikan yang dimiliki ayam Ringneck Pheasant ini terletak pada postur tubuhnya yang besar dengan bulunya yang indah. Jenis ayam inipun juga termasuk jenis ayam yang jinak. Memang jika dibandingkan dengan jenis pheasant lainnya jenis ringneck pheasant memiliki perbedaan yang dapat kita ketahui pada produktifitas telurnya.  Produktifitas ringneck pheasant yang hampir sepanjang tahun mampu bertelur dan telur yang dihasilkan pun cukup banyak. Pada ayam ringneck jantan warna bulunya yang lebih mencolok dan postur tubuhnya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis ringneck betina.

Seiring berjalannya waktu, terdapat berbagai jenis ayam pheasant yang dapat dibedakan menurut warna bulunya. Berbagai jenisnya seperti Golden Pheasant, Yellow Pheasant, Silver Pheasant, Ringneck Pheasant,Lady Amherst’s Pheasant dan berbagai jenis lainnya.

pheasant adalah

  1. Golden Pheasant

    Golden Pheasant adalah jenis ayam yang berasal dari Cina dan sudah biasa disebut ayam pegar emas. Dari namanya saja kita akan tahu bahwa ayam ini berwarna emas. Ciri khas yang dimiliki pegar emas jantan yaitu pada jambul kuning berada di ujung kepalanya, bagian dadanya yang bermotifkan warna merah terang hingga bagian pahanya sementara pada bagian wajah hingga leher yang berwarna cokelat. Warna bulunya memang sangat memukau apalagi saat ayam golden pheasant merentangkan sayapnya yang nampak seperti kipas dengan kombinasi bintik-bintik hitam dengan kuning.

  2. Lady Amherst Pheasant

    Bentuk tubuh ayam Lady Amherst Pheasant lebih besar dibandingkan dengan ayam pegar emas. Ciri khas yang dimilikinya pada bagian dada dengan bulunya berwarna putih,leher putih yang berpadui dengan warna hitam serta jambulnya berwarna-warni.

  3. Yellow Pheasant

    Jika dilihat postur tubuhnya jenis ayam ini memiliki kesaamaan dengan ayam golden pheasant pada warna ring bagian leher yang berwarna kuning keemasan. Yang membedakkannya ialah warna bulu pada bagian badannya dengan dominan warna kuning yang erpadu dengan sedikit warna hitam.

  4. Silver Pheasant

    Sesuai dengan namanya jenis silver pheasant ini memiliki sebutan pegar perak dengan bulu tubuhnya berwarna silver yang berpadu dengan hitam. Jenis ayam ini juga termasuk dalam jenis ayam yang mudah dibedakan dibandingkan dengan jenis pheasant lainnya. Bulu punggungnya berwarna putih keperakan, bagian dadanya yang berwarna hitam dengan kepalanya berwarnamerah terang.

  5. Red Pheasant

    Red pheasant merupakan jenis aam hasil persilangan antara lady amherst pheasant dengan golden pheasant yang hampir mirip dengan golden pheasant, hanya saja perbedaan dari kedua jenis ayam ini ialah warna ring dan pundaknya yang berwarna putih.

  6. Reeves’s Pheasant

    Reeves’s termasuk dalam jenis ayam longtail pheasant, konon panjang bulu ekornya bisa mencapai 2 meter bahkan bisa lebih. Selain memiliki bulu ekornya yang panjang, ciri khas dari ayam ini terletak pada bagian mukanya yang seperti memakai topeng.

Dari berbagai jenis ayam pheasant yang sudah dijelaskan diatas merupakan primadona bagi kalangan pecinta ayam hias. Tak heran jika kepopuleran pheasant  yang mampu menggeser beberapa nama ayam hias lainnya. Keberadaan ayam pheasant untuk saat ini yang masih terbilang langka dengan populasinya yang masih terbatas diwilayah Indonesia menjadikan harga jual ayam pheasant tinggi. Meskipun begitu tidak menyurutkan bagi kalangan pecinta ayam hias untuk memburu jenis ayam ini.

Berikut merupakan daftar harga dari berbagai jenis ayam pheasant :

Daftar harga anakan ringneck pheasant :

1 Bulan     : Rp.1.200.000 per pasang
2 Bulan     : Rp.1.600.000 per pasang
Remaja     : Rp.2.300.000 per pasang
Dewasa     : Rp.3.300.000 per pasang

Daftar harga ayam Green Ringneck Pheasant :

Green Ringneck Pheasant Remaja   : Rp.2.500.000 per pasang
Green Ringneck Pheasant Dewasa   : Rp.3.700.000 per pasang

Daftar harga ayam Golden Pheasant :

Golden Pheasant Remaja   : Rp.7.500.000 per pasang
Golden Pheasant Dewasa   : Rp.9.500.000 per pasang

Daftar harga ayam Silver pheasant :

Silver Pheasant Remaja    : Rp.8.000.000 per pasang
Silver Pheasant Dewasa    : Rp.10.000.000 per pasang

Daftar harga ayan Red Lady Pheasant :

Red Lady Pheasant Remaja   : Rp.7.500.000 per pasang
Red Lady Pheasant Dewasa   : Rp.9.500.000 per pasang

Daftar harga ayam pheasant lainnya :

Yellow Pheasant Dewasa                : Rp.9.500.000 per pasang
Lady Amherst’s Pheasant Dewasa  : Rp.10.500.000 per pasang
Reeves Pheasany Dewasa               : Rp.16.000.000 per pasang
Khalij Pheasant Dewasa                  : Rp.14.500.000 per pasang

pheasant adalah
Jagung Halus

Dalam pemeliharaan jenis ayam pheasant pemberian makanan ayam pegar yang hampir sama dengan ayam kampung biasanya. Seperti voer atau BR, Bekatul, Jagung giling yang dicampurkan dengan sedikit air. Sesekali dapat juga diberikan jenis buah-buahan seperti pepaya matang yang telah diiris halus karena kandungan yang dimiliki pepaya memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri atau berbagai mikroorganisme lain (antiseptik), tak hanya itu pemberian pakan ada ayam juga dapat diselingi berbagai macam serangga seperti  telur semut,jangkrik serta beragam variasi biji-bijian lainnya.

 

pheasant adalah

Pada umumnya jenis kandang ayam pheasant memiliki ukuran yang cenderung lebih besar untuk menjaga ekornya. Biasanya kandang pheasant berukuran  2×3 dengan ketinggian kurang lebihnya 2 meter yang bisa memakai kawat strimin. Kawat strimin yang digunakan sebagai dinding sekaligus atap kandang yang umum dipakai oleh peternak ayam maupun burung. Untuk alasnyabisa menggunakan tanah atau pasir yang bersih guna menjaga bulu ayam pheasant  agar tetap cantik dan menawan.

Kebersihan kandang merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam sebuah budidaya ternak ayam bukan hanya untuk ayam pheasant saja melainkan untuk jenis ayam hias lainnya. Kebersihan kandang juga perlunya mencuci tempat pakan dan minum secara rutin dibersihkan agar tidak menjadi sarang penyakit dan media penularan penyakit bagi ayam. Selain itu perlunya juga dalam membersihkan kadang dari sisa kotoran ayam tersebut. Karena ayam pegar termasuk dalam jenis ayam yang memiliki ekor panjang maka luas kandang juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu sempit

Mengingat ayam pheasant dijual yang relatif tinggi, dalam perkembangbiakannya masih dibudidayakan untuk ditetaskan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah ayam. Bagi anda yang lebih memilih bibit ayam pheasant baik itu ayam ringneck pheasant merah maupun hijau kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pheasant dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com.  hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

harga ayam pheasant, harga anakan ringneck pheasant, ayam pheasant dijual, golden pheasant adalah,

_Viky Ristiyarti_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Pheasant
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Pheasant adalah Jenis Ayam Hias Primadona Indonesia”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: