Harga Bibit Ayam Petelur & 2 Faktor yang Mempengaruhi Produktifitas Ayam Petelur

Sejak dahulu masyarakat mengenal telur sebagai bahan pangan bergizi. Selain mengandung gizi yang tinggi, telur juga dapat meningkatkan kecerdasan manusia. Telur memiliki harga terjangkau dan sangat diminati oleh masyarakat di seluruh belahan dunia. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan membuat telur menjadi makanan primadona bagi seluruh kalangan masyarakat. Tak heran jika saat ini produksi telur selalu meniangkat setiap tahunnya.

Dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam rumah tangga, telur merupakan pengganti bahan lauk pauk berupa daging, ikan dan susu. Pada umumnya peminat telur di daerah pedesaan lebih tinggi dibandigkan di daerah perkotaan yang kebanyakan mengkonsumsi daging sebagai bahan pangan utama. Di wilayah pedesaan telur merupakan makanan bergizi yang memiliki harga relatiF terjangkau dan mudah mendapatkanya.

Promo JOPER NEW

Telurku mengandung Gizi yang Tinggi loh..

Jenis telur yang biasa dikenal saat ini adalah telur ayam. Telur ayam tersebut berasal dari jenis ayam petelur yang memang khusus ditujukan untuk menghasilkan telur dengan jumlah ratusan dalam setiap harinya. Telur ayam tersebut sangat mudah dikonsumsi oleh masyarakat, berbagai olahan berbahan dasar telur pun sudah mulai menyebar di kalangan ibu – ibu rumah tangga. Kandungan vitamin yang terdapat pada telur terdiri dari :

  • Vitamin A, D, dan E
  • Ribovlafin
  • Asam Folat
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Kalsium
  • Fosfor
  • dan Sumber Protein Tinggi lainnya






Gizi dan Vitamin dalam Telurku mengandung berbagai manfaat bagi Tubuh

Telur Ayam Mengandung Gizi yang Tinggi

Dengan kandungan gizi yang sanggat tinggi tersebut, telur juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, selain mencerdasakan otak masih banyak lagi tentunya manfaat yang terkandung di dalam telur. Adapun berbagai manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Menjaga berat badan agar tetap seimbang dan sehat
  • Menambah kesehatan mata
  • Memberikan stamina tubuh agar tetap terjaga
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Dapat menurunkan resiko penyakit jantung
  • Kulit menjadi lebih sehat
  • Menurunkan resiko terserangnya penyakit kanker
  • Meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita

Dalam proses pemasakannya, alangkah baiknya jika telur tidak digoreng melainkan direbus. Karena jika digoreng akan bercampur dengan minyak dan akan mengurangi vitamin yang terdapat pada telur ayam tersebut.

Benarkah Kebutuhan Telur Meningkat ?

Kebutuhan telur pada setiap tahunnya memang mengalami kenaikan yang signifikan, hal tersebut disebabkan oleh laju pertumbuhan masyarakat yang semakin bertambah dan meningkatnya kesadaran akan kesehatan. Telur menjadi makanan favorit ketika menjelang hari – hari besar seperti hari raya idul fitri dan bulan – bulan akhir tahun, terutama pada bulan suci ramadhan. Hal tersebut disebabkan juga oleh pengelolaanya yang mudah dan cocok diterapkan dalam semua jenis makanan.

Keburtuhan Telur Meningkat ?

Di setiap tahunnya produksi telur mengalami penigkatan sebesar 3,32%. Serta sentra terbesar produksi telur ayam terdapat di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat, untuk wilayah luar pulau meliputi Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Bali dan Kalimantan Tengah. Wilayah – wilayah tersebut menjadi sentra terbesar produktifitas telur ayam. Dengan kenaikan telur yang terus meningkat disetiap tahunnya tersebut juga akan memberikan dampak pada harga bibit ayam petelur per 2019. Harga bibit ayam petelur per ekor akan mengalami kenaikan seiring peningkatan permintaan telur ayam untuk kebutuhan konsumsi di masyarakat.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Produktifitas Telur

Adanya kenaikan dan penurunan disetiap produksi telur ayam disetiap tahunnya disebabkan oleh beberapa fakktor, diantaranya adalah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor tersebut tentunya yang akan memberikan pengaruh pada produksi telur ayam. Faktor genetik atau faktor internal merupakan faktor keturunan yang dimiliki oleh ayam tersebut. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang terdiri dari kondisi iklim, sanitasi perkandangan, penggunaan pakan dan tatacara pemeliharaan.



Faktor apa saja yang mempengaruhi Pertumbuhanku ?

1.Faktor Internal

a. Bibit

Bibit ayam yang berkualitas dihasilkan oleh indukan ayam petelur yang dapat meghasilkan telur dengan jumlah yang relatif lebih tinggi. Berbeda dengan ayam kampung yang memiliki produksi telur lebih rendah dari ayam petelur dan memiliki sifat mengerami telurnya dan mampu menghasilkan telur sebanyak 90 – 150 butir pertahunnya.

Ayam petelur meruapakan ayam yang khusus ditujukan untuk menghasilkan telur dengan jumlah yang tinggi, produksi telur yang dihasilakan ayam petelur disetiap tahunnya dapat mencapai 240 – 290 butir. Ayam tersebut tidak memiliki sifat mengeram dan telur yang dihasilkan tidak dapat ditetaskan.

Ciri-ciri DOC Ayam Petelur
Ciri-ciri DOC Ayam Petelur

Adapun ciri – ciri Bibit/DOC Ayam Petelur yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  • Memiliki mata yang cerah
  • Bulu yang tumbuh menutupi seluruh bagian pada tubuh ayam
  • Tidak memiliki kecacatan pada tubuh
  • Kaki normal dan berdiri tegak
  • Kondisi bulu yang kering
  • Tidak terdapat kotoran pada dubur ayam tersebut

b. Pemberian Pakan

Pakan merupakan komponen terbesar dalam dunia peternakan, sebagian besar biaya pengeluaran dalam kebutuhan peternakan didominasi oleh pakan. Tingkat produktifitas telur ayam dipengaruhi oleh kualitas pakan yang disediakan, semakin bagus kualitas pakan maka akan semakin baik bula produktifitas telur ayam tersebut.

Ayam Petelur

Dalam pembudidayaan hewan ternak, peternak harus selalu memperhatikan konsumsi pakan pada ayam petelur. Bahan pakan yang disediakan haruslah mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan lemak. Pakan pabrikan merupakan bahan pakan yang mengandung gizi serta vitamin seimbang yang dibutuhkan untuk ayam petelur, pakan ayam dibedakan berdasarkan umur pada ayam yakni :

  • Fase Starter ( 0 – 4 minggu)
  • Layer (4 – 6 minggu)

Jumlah pemberian pakan ayam harus disesuaikan dengan umur ayam tersebut agar pertumbuhan ayam sesuai dengan jenis pakan yang diberikan.

c. Ketersediaan Air Minum

Air minum merupakan kebutuhan utama setelah pakan, karena air minum mengandung zat – zat penetral bagi ayam petelur dan pengatur suhu tubuh pada ayam tersebut. Kekurangan air minum pada ayam akan mengakibatkan ayam menjadi mudah dehidrasi dan akan mudah terjadi kematian. Pengontrolan air bersih harus sering dilakukan oleh peternak, penggunaan air dengan kualitas yang bersih serta penggantian air minum secara berkala dapat membuat kesehatan ayam petelur menjadi meningkat.

Air
Air

2. Faktor Eksternal

a. Suhu

Suhu yang ideal tergantung pada usia ayam tersebut, ayam petelur membutuhkan suhu biologis untuk membantu pertumbuhan ayam menjadi lebih baik. Semakin dewasa usia pada ayam petelur, maka suhu yang dibutuhkan akan semakin rendah.

Termometer sebagai Pengatur Suhu Kandang

Suhu kandang harus dijaga sebaik mungkin agar ayam petelur tetap merasa nyaman dan memproduksi telur dengan jumlah yang tinggi. Kenaikan suhu kandang yang terlalu tinggi akan mengakibatkan ayam terkena dehidrasi dan ayam akan minum air dengan jumlah yang cukup banyak sehingga mengalami gangguan metabolisme. Produktifitas telur akan menjadi lambat, volume serta kualitas telur menjadi menurun, telur mudah retak karena menipisnya kerabang bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Pengaturan suhu kandang peternak dapat menggunakan lampu pemanas sebagai penghangat kandang. Suhu kaandang yang dianjurkan untuk peternak adalah sebagai berikut :

Hari /derajat celcius
0 – 4 32 – 34
5 – 7 31 – 34
8 – 14 29 – 31
15 – 21 28 – 30 

b. Kelembaban

Ayam Petelur memerlukan kelembapan udara sekitar 55 – 65%, apabila kelembaban udara diatas 70% akan mengakibatkan ruangan menjadi lembab dan jamur akan dengan cepat tumbuh dan berkembang. Semakin cepat jamur tumbuh maka akan mengakibatkan pakan menjadi cepat berjamur/busuk. Hal tersebut akan mengakibatkan kualitas pakan menjadi menurun bahkan dapat menyebabkan keracunan pada ayam.

c. Kecepatan Angin

Hembusan angin yang terlalu kencang akan mengakibatkan DOC Ayam Petelur menjadi kedinginan. Dengan kondisi tubuh yang kedinginan akan membuat ayam tidak banyak bergerak, ayam akan bergerombol mendekati lampu pemanas. Hal ini tentunya akan mengakibatkan nafsu makan menjadi berkurang.

Contoh Kandang yang Lokasinya Jauh dari Pemukiman
Tirai Kandang berfungsi mengatur kecepatan angin

Pengaturan kecepatan angin tersebut peternak dapat menambahkan tirai kandang, apabila angin berhembus terlalu kencang peternak dapat menutup kandang lebih rapat.

d. Manajemen Pakan

Pengaturan pakan atau memanajemen pakan adalah langkah baik yang harus dilakukan peternak, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada produktifitas telur ayam. Penyedian pakan petelurr harus dilakukan dengan cara dan langkah – sebagai berikut :

Contoh Pakan Pabrikan
  • Peternak harus megetahu kualitas pakan pada setiap merk
  • Mengatur penyimpanan pakan digudang dengan baik
  • Memberikan rasum pakan sesuai dengan usia ayam petelur tersebut
  • Menjaga kesegaran pakan dengan cara membolak – balikan pakan secara merata
  • Agar nafsu makan ayam tetap tinggi dengan cara mengosongkan pakan untuk beberapa waktu
  • Melakukan pengawasan saat ayam petelur makan, apabila nafsu makan ayam turun peternak dapat segera melakukan identifikasi

Harga Ayam Petelur 2019

Peningkatan harga telur ayam khususnya dari ayam petelur akan memberikan dampak pada bahan makanan lainnya. Karena peran telur ayam sangat penting bahkan saat ini telur ayam menjadi bahan utama dalam pembuatan berbagai macam masakan. Harga tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, fator tersebut terdiri atas harga ayam petelur 2019 yang relatif tinggi, penggunaan obat yang dibatasi dan harga pakan berupa jagung yang mengalami kenaikan.

Berapakah harga ayam petelur ?

Kami dari hobiternak.com menyediakan bibit ayam petelur dengan harga ayam petelur 2019 yang terjangkau dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.Jual bibit ayam petelur jawa timur pun sudah banyak dilakukan mengingat tingginya kebutuhan telur ayam pada setiap pasar. Surabaya menjadi kota yang sangat berpengaruh pada penjualan telur ayam, karena Kota Surabaya menjadi pusat perdangangan ekonomi Negara Asia. Dengan hal tersebut tentunya akan membuat peternak semakin gencar menjual ayam petelur surabaya.

Jual ayam petelur siap betelur kini telah dilakukan dengan harga ayam petelur siap telur 2019. Harga ayam petelur dewasa tersebut dijual oleh peternak dengan harga menyesuaikan dengan harga pasaran.

Untuk harga bibit ayam petelur 2019 yang kami sediakan adalah sebagai berikut :

DOC Petelur Polos Rp 15.000
DOC Petelur Super Rp 19.900

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim
*Khusus untuk daerah Cilegon, Banten, Serang dan Tangerang hanya sampai di Jakarta

PETELUR SUPER
BATAM 22.200
LUBUK LINGGAU 22.300
PALEMBANG 22.700
PEKANBARU 22.300
LAMPUNG 21.800
PADANG 22.100
PANGKALPINANG 22.200
BENGKULU 22.000
JAMBI 21.900
TANJUNG PANDAN 21.700
MEDAN 21.400
TANJUNGPINANG 21.200
ACEH 25.700

PETELUR SUPER
BANJARMASIN 22.600
PALANGKARAYA 22.200
SAMPIT 23.400
BALIKPAPAN 23.300
PANGKALAN BUN 23.100
PONTIANAK 22.500
TARAKAN 23.400
BERAU 23.600
KOTA BARU 23.500
BATU LICIN 23.900

PETELUR SUPER
MAKASSAR 25.100
PALU 24.200
GORONTALO 26.800
KENDARI 24.400
LUWUK 24.800
MANADO 24.700
AMBON 25.500
TERNATE 28.000

PETELUR POLOS
MANOKWARI 21.400
SORONG 22.000

PETELUR SUPER
MANOKWARI 21.400
SORONG 22.000

*1 Box isi 100 ekor*
*Minimal pembelian 5 Box*
*Harga sudah termasuk ongkos kirim, tes laboraturium dan biaya dokumen lengkap*
*Pemasangan jaring adalah sesuai permintaan pakai atau tidak, dan dikenai biaya 5000/Box*

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Apabila Anda tertarik untuk beternak Ayam Petelur kami menyediakan DOC Ayam Petelur. Kami siap mengirimkan ke seluruh pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan.
Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait :
harga bibit ayam petelur 2019, harga bibit ayam petelur per ekor, harga ayam petelur siap telur 2019, harga ayam petelur 2019, harga ayam petelur dewasa, jual bibit ayam petelur jawa timur, jual ayam petelur surabaya, jual ayam petelur siap bertelur

Ayam Kampung Super JOPER-

Nurasikin:)


Image Sources :

  • image 1: Pinterest
  • Image 2: kknews.cc
  • Air: eksplorasi.id
  • image 3: volyn.com.ua
  • Pemilihan Lokasi Kandang Untuk JOPER: kedaiborongagro.wordpress.com
  • image 5: Pinterest
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: