Cara Budidaya Ayam Pejantan bagi Pemula

Ternak ayam pejantan merupakan usaha yang paling diminati di kalangan masyarakat. Ayam pejantan memberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat. Selain modal yang dikeluarkan untuk beternak ayam pejantan tidak terlalu banyak, serta murahnya harga DOC Ayam pejantan membuat masyarakat berbondong – bondong untuk beternak ayam pejantan.

Harga bibit ayam pejantan hari ini terbilang cukup murah dan standar berkisar sekitar Rp. 1500 – Rp. 5000 per ekornya. Harga tersebut dapat sewaktu – waktu mengalami perubahan seiring berjalannya arus permintaan yang ditawarkan dipasaran.

DOC Ayam Pejantan adalah jenis ayam pedaging yang berasal dari ayam petelur | image 1 pinterest.com
DOC Ayam Pejantan adalah jenis ayam pedaging yang berasal dari ayam petelur | image 1

Sedangkan untuk harga ayam pejantan yang ada dipasaran berkisar sekitar Rp. 35.000 – Rp. 50.000 per kilonya. Untuk harga daging ayam pejantan tersebut tentu tidak dapat menjadi satu patokan saja yaa.. Karena harga daging ayam tersebut memiliki harga yang berbeda-beda tergantung pada harga jual di pasaran.

Cara Budidaya Ayam Pejantan

Saat ini peluang usaha dengan cara budidaya ayam pejantan masih terbuka cukup lebar. Banyak masyarakat yang saat ini menjadikan budidaya ayam pejantan sebagai usaha sampingan bahkan tidak sedikit juga sebagai usaha utama.

Untuk perawatan ayam pejantan memang sangatlah mudah dibanding dalam beternak ayam jenis lain pada umumnya. Inilah yang menjadi keunggulan dalam beternak ayam pejantan.

Sebagai pembisnis ayam pejantan yang akan mencapai puncak kesuksesan, tentunya kita akan mempersiapkan segala fasilitas penunjang produktivitas ayam pejantan.

Ayam pejantan memiliki masa panen 7-8 minggu dengan bobot 0,6 - 0,7 kg/ ekor | image 2 tokopedia.com
Ayam pejantan memiliki masa panen 7-8 minggu dengan bobot 0,6 – 0,7 kg/ ekor | image 2

Adapun langkah – langkah yang harus dipersiapkan antara lain :

1. Mempersiapkan Modal

Ternak ayam pejantan merupakan usaha ternak yang tidak memperlukan modal yang cukup besar. Harga DOC Ayam pejantan yang relatif murah sepert di hobiternak.com Rp. 1500 – Rp. 5500/ ekor.

Baca Juga!  Tips Ternak Ayam Pejantan dengan Hemat Hasil Maksimal

Selain itu perawatan dalam cara budidaya ayam pejantan pun juga tidak terlalu rumit dan tentunya akan memperkecil jumlah pengeluaran modal yang ada.

Baca juga : Tips Lengkap Untuk Mendapatkan Masa Panen Ayam Pejantan yang Singkat

2. Mempelajari Teknik Beternak

Bagi peternak pemula yang ingin mencoba membuka bisnis ternak ayam pejantan ini, peternak tetap harus memperhatikan teknik beternak yang baik dan benar. Dengan teknik yang baik dan benar akan menunjang kesehatan ayam menjadi lebih terjaga.

Cara budidaya ayam pejantan agar dapat menghasilkan bobot yang maksimal maka peternak perlu mempelajari bagaimana teknik beternak yang baik dan sesuai standar | image 3
Cara budidaya ayam pejantan agar dapat menghasilkan bobot yang maksimal maka peternak perlu mempelajari bagaimana teknik beternak yang baik dan sesuai standar | image 3

3. Memiliki Kandang Sesuai Standar

Kandang yang sesuai standar merupakan kandang yang memiliki peralatan dan fasilitas yang lengkap. Dengan tersedianya segala fasilitas yang lengkap tentu akan membuat produktivitas ayam menjadi lebih baik lagi.

Untuk ukuran kandang ayam pejantan 100 ekor, peternak dapat menggunakan ukuran 12,5 – 13 m2.

4. Pemberian Pakan dan Gizi yang tepat

Agar peternak dapat mencapai hasil yang maksimal dalam beternak ayam pejantan. Maka, peternak harus senantiasa memperhatikan pemberian pakan dan vitamin yang benar.

Hal ini bertujuan agar ayam tidak mudah terserang penyakit serta peternak tidak mengalami kerugian yang amat besar jika ayam – ayam nya mengalami kematian. Pakan ternak yang baik harus mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi ayam.

Sebagai pemula biasanya kapasitas ternak dapat mencapai jumlah 100 ekor. Oleh karena itu peternak perlu mempersiapkan kebutuhan pakan ayam pejantan per 100 ekor. Cara menambah bobot ayam pejantan dapat diberikan pakan pabrikan khusus ayam pedaging seperti BR 1, AKA 1 atau 511.

Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam | image 4 Lazada
Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam | image 4

Adapun untuk pakan alternatif agar dapat menekan biaya pakan bagi peternak. Peternak dapat memberikan pakan alternatif lain, tetapi perlu diingat juga bahwa pemberian pakan alternatif tetap harus memperhatikan kebutuhan bagi ayam pejantan.

Baca Juga!  Harga DOC Pejantan Per box Serta Ciri - Ciri DOC Pejantan yang Sehat

Pakan alternatif yang baik untuk ayam pejantan antara lain :

– Jagung
– Beras
– Ampas Tahu
– Bekatul
– Keong
– Limbah Udang

5. Menjaga Lingkungan Kandang

Kesehatan lingkungan kandang harus tetap diperhatikan, kandang yang sehat dan dibersihkan secara rutin akan memberikan kenyamanan bagi ayam dan peternak.

Kandang yang sehat harus dibersihkan dan disemprot setiap dua minggu sekali.

6. Vaksinasi Rutin

Vaksinasi yang baik dapat dilakukan setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. Pemberian vaksinasi yang rutin pada ayam pejantan sangat dianjurkan, hal ini akan membuat ayam kebal terhadap penyakit.

Baca juga : √ Jual DOC Ayam Pejantan Super Atau Bibit Pejantan dengan Kualitas Terbaik

Untuk mengontrol pengendalian penyakit pada ayam bisa di lakukan vaksinasi ayam pejantan | image 5 radioem.pl
Untuk mengontrol pengendalian penyakit pada ayam bisa di lakukan vaksinasi ayam pejantan | image 5

Perlu peternak ketahui bahwa standar bobot ayam pejantan selama masa pemeliharan 7-8 minggu dapat mencapai bobot standar 0,6 – 0,7 kg. Usia 7-8 minggu merupakan waktu yang tepat ayam pejantan dijual pada pengepul atau pasar tradisional.

Pada beberapa peternak biasanya dapat memanen ayam pejantan lebih dari 8 minggu. Hal ini dikarenakan ada target bobot tertentu yang ingin dicapai peternak.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam pejantan. Kami dari hobiternak.com menyediakan doc ayam pejantan usia baru saja menetas. 

Untuk mendapatkan DOC Ayam Pejantan Anda bisa mendapatkannya di hobiternak.com . Dengan langsung chat via WA di 081220288686 Anda bisa mulai beternak ayam pejantan | image 6 Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9
Untuk mendapatkan DOC Ayam Pejantan Anda bisa mendapatkannya di hobiternak.com . Dengan langsung chat via WA di 081220288686 Anda bisa mulai beternak ayam pejantan | image 6

Untuk pengiriman dapat kami jangkau ke seluruh Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa via kargo hewan dengan harga terjangkau dan bergaransi. Yuk miliki doc ayam pejantan sekarang juga, pengiriman kami rutin di hari Senin dan Kamis. 

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga doc ayam pejantan, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi gratis lainnya dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

Baca Juga!  Cara Mudah Ternak Ayam Pejantan Sebagai Jenis Ayam Pedaging Alternatif

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

kata terkait : kebutuhan pakan ayam pejantan per 100 ekor, ayam pejantan harga, cara menambah bobot ayam pejantan, ukuran kandang ayam pejantan 100 ekor, standar fcr ayam pejantan, standar bobot ayam pejantan, doc ayam pejantan, tabel pemberian pakan ayam pejantan, harga ayam pejantan, harga bibit ayam potong, cara budidaya ayam pejantan

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA