Semakin berkembangnya zaman orang-orang mulai jeli untuk mendapatkan daging ayam yang murah namun tetap berkualitas. Daging ayam saat ini memang banyak di buru oleh masyarakat, karena daging ayam merupakan salah satu penyempurna nutrisi dalam tubuh dan termasuk dalam kelompok kebutuhan terserier.

Daging Ayam
Daging Ayam

Salah satu daging ayam yang bisa Anda pilih yaitu daging ayam pejantan. Ayam pejantan termasuk dalam kategori ayam pedaging yang berasal dari ayam afkir dari jenis ayam petelur. Ayam pejantan adalah ayam petelur yang baru menetas di pisahkan antara betina dan jantan. Untuk betinanya di jadikan ayam petelur dan untuk yang jantan di jadikan ayam pedaging yang saat ini kita sebut sebagai “ayam pejantan”.

Sekilas ayam pejantan mirip seperti ayam kampung, namun sebenarnya antara ayam kampung dengan ayam pejantan ada perbedaan yang dapat di lihat .

Berikut adalah perbedaan Ayam Pejantan dengan Ayam Kampung :

  • Tulang ayam kampung lebih panjang di bandingkan ayam pejantan
  • Kaki ayam kampung berwarna kehitaman sementara ayam pejantan kakinya berwarna putih
  • Kulit ayam kampung berwarna kekuning-kuningan sedangkan ayam pejantan berwarna putih bersih
  • Daging ayam kampung bertekstur liat dengan warna kehitaman sedangkan ayam pejantan lebih mengkilap

Jelas berbeda bukan antara ayam kampung dengan ayam pejantan.

Karena saat ini kebutuhan akan daging ayam meningkat maka salah satu kesempatan yang dapat di ambil yaitu berbisnis ayam pejantan. Berbisnis ayam pejantan memang sudah tidak asing lagi bagi para peternak ayam. Bisnis ayam pejantan dapat memberikan keuntungan bagi peternak karena harga ayam pejantan masih terbilang kompetitif dan dan daya serapnya masih tinggi.

Uang

Dari tahun-tahun sebelumnya peternak yang menggeluti ayam pejantan sudah mulai bermunculan. Mereka mencoba untuk beternak ayam pejantan karena melihat prospek yang di dapatkan apabila beternak ayam pejantan ini. Bisa di katakan juga bahwa beternak ayam pejantan pada tahun 2019 ini bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menambah penghasilan.

Mengapa beternak Ayam Pejantan ?

Ayam Pejantan
Ayam Pejantan

Biasanya para peternak memilih betarnak ayam pejantan karena berdasarkan pertimbangan-pertimbangan. Beberapa pertimbangannya yaitu :

  • Tahan terhadap suhu dan kondisi lingkungan sekitar
  • Memiliki harga yang kompetitif
  • Persaingan pasar relatif longgar
  • Cara pemeliharaan sama seperti jenis DOC yang lainnya seperti Joper atau Broiler

Pertimbangan-pertimbangan di atas bisa menjadi tolak ukur bagi para peternak untuk memulai usaha beternak ayam pejantan.





Ayam Pejantan adalah ayam pedaging

Berikut adalah cara-cara beternak Ayam Pejantan :

Persiapan Kandang

Untuk memulai bisnis ternak ayam hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mepersiapkan kandangnya dahulu. Kandang adalah salah satu hal yang paling penting saat beternak. Saat beternak usahakan kandang di buat senyaman mungkin agar hewan ternak yang di pelihara dapat merasa nyaman dan bisa tumbuh dengan baik.  

Untuk ukuran kandang ayam pejantan harus di sesuaikan dengan usia ayam tersebut. Saat DOC atau ayam usia baru saja menetas usahakan ayam jangan sampai berdesakan dan saat ayam sudah tumbuh besar maka ayam di pindah ke kandang yang ukurannya lebih besar agar ayam lebih leluasa.

Pada bagian lantai kandang postal usakahan di beri kapur dengan ketebalan 5-7 cm. Sedangkan untuk kandang panggung bisa di lapisi dengan terpal hingga lantai tertutup  semua. Setelah itu di beri sekam dengan ketebalan seperti pada kandang postal.

Sebelum di kapur, kandang terlebih dahulu disifenksi supaya kandang terhindar dari kuman-kuman.

Pencucian Peralatan dan Kandang

Pencucian Kandang
Pencucian Kandang

Setelah alat-alat di gunakan atau di pakai biasakan langsung di cuci dan di bersihkan agar ayam terhindar dari penyakit. Biasanya penyakit itu timbul dari salah satunya tempat atau peralatan yang kotor yang tidak pernah di bersihkan.

Disinfeksi

Disinfeksi adalah memusnahkan mikro-organisme yang dapat menimbulkan penyakit. Tujuan disinfeksi untuk hewan ternak yaitu menjaga agar hewan ternak tetap steril dan terhindari dari kuman-kuman. Cara disinfeksi ada beberapa cara seperti menyemprotkan kandang dengan larutan disinfektan seperti iodin, formalin atau foging dengan antiseptik atau disinfektan lainnya.

Mengkosongkan Kandang atau Mengistirahatkan Kandang

Contoh Kandang Kosong
Contoh Kandang Kosong

Tahapan ini adalah masa di mana tidak adanya aktifitas di dalam kandang sesudah di lakukannya disinfeksi atau sterilisasi kandang. Untuk kandang ayam pejantan minimal mengistirahatkannya 7 hari dan maksimal 14 hari di hitung dari mulai kandang di bersihkan.


Apakah mengistirahatkan kandang berarti tidak ada aktifitas lain?


Ada aktifitas yang bisa di lakukan yaitu disinfektan. Disinfektan ini berbeda dengan disinfektan yang sebelumnya. Usakahan disinfektan tersebut berbeda dengan jenis yang sebelumnya yaitu untuk antisipasi kuman yang kebal terhadap disinfektan yang sebelumnya.

Pembuatan Brooding

Contoh Brooding
Contoh Brooding

Brooding adalah dimana anakan ayam butuh indukan atau penghangat buatan. Proses brooding ini di lakukan sesudah kandang di bersihkan dan di cuci dari kotoran-kotoran.

Tahap-tahap Membuat Brooding :

  • Kandang postal : taburi seluruh lantai kandang (yang sudah di kapur) dengan tebal sekitar 5-7 cm lalu di ratakan sampai merata.
  •  Kandang panggung : terlebih dahulu lantai slat di lapisi dengan terpal hingga semua lantai tertutup. Setelah itu baru di beri kapur dan sekam dengan ketebalan yang sama.
  • Sekat kandang : sekat kandang sekitar 3/4 bagian dan di sesuaikan dengan jumlah DOC nya. Setelah itu pasang tirai dan plafon dengan bahan plastik atau terpal pada atap kandang. Fungsinya untuk menjaga kestabilan suhu pada kandang.
  • Di dalam brooding :

    Pasang chick guard dari seng dengan diameter 4,5 meter untuk 1500 ekor. Usahakan tiap lingkaran chick guard berisi 1500 ekor dengan 1 pemanas gasolek atau 1 cimawar besar. Fungsinya untuk mempermudah mengontrol suhu, mempermudah pengawasan, mengurangi persaingan makan dan membatasi pergerakan ayam supaya ayam tidak banyak membuang energi. Dengan begitu, ayam akan tumbuh dengan baik dan seragam.

  • Pasang pemanas (brooder)

    Pemanas di pasang di tengah-tengah lingkaran. Ketinggian brooder dari litter kurang lebih 75 cm untuk cinawar dan 120 cm untuk gasolek.

Periode Brooding

Periode brooding adalah masa yang paling penting dari kegiatan pembesaran ayam pejantan. Berhasil tidaknya periode brooding berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, keseragaman ayam, mortalitas rendah dan bobot ayam.

Pemberian Pakan dan Minum

Pakan

Pakan Konsentrat untuk ayam pejantan
Pakan Konsentrat untuk ayam pejantan

Pakan untuk ayam pejantan pada prinsipnya sama seperti ayam broiler bedanya hanya dalam pemberiannya saja. Pemberian pakan di lakukan secara ad libitum. Ad libitum adalah memberikan pakan sampai hewan ternak dalam kondisi kenyang dan enggan makan kembali mesikupun pakan masih ada di sekitarnya. Namun, karena ayam pejantan memiliki sifat lebih agresif jadi pemberiannya juga menyesuaikan jangan sampai tercecer banyak. Karena, makanan yang tercecer ini lama-kelamaan akan menjadi racun bagi ayam tersebut.

Sesudah masuk brooding usahakan ayam di berikan pakan. Pada tujuh hari pertama pakan harus tersedia di tempat pakan dan menggunakan sittem ad libitum juga.

Minum

Air Minum
Air Minum

Air minum harus selalu  ada dan jangan sampai kosong, karena apabila kosong ayam akan menjadi dehidrasi dan ini akan berakibat fatal bagi ayam. Peletakan air minum juga harus terjangkau oleh ayam.

Pengaturan Tirai Kandang

Tirai kandang terbagi menjadi 2 jenis yaitu tirai luar dan tirai dalam.

Tirai luar berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dan tirai dalam untuk mempertahankan suhu agar tetap dalam keadaan stabil.

Contoh Foto Tirai Luar
Contoh Foto Tirai Luar

Penggunaa tirai dalam ini hanya ketika periode brooding saja.

Contoh Foto Tirai Dalam
Contoh Foto Tirai Dalam

Penanganan Litter

Serutan Kayu Untuk Litter
Serutan Kayu Untuk Litter

Bahan untuk litter bisa menggunakan jerami padi, sekam padi, serutan kayu dan juga serbuk gergaji. Setelah lepas brooding, litter berfungsi untuk menyerap air dari feses ayam dan juga dari tumpahan ari minum. Dengan begitu, litter mempunyai peran untuk mengurangi kadar gas yang berbahaya seperti amoniak dan H2S dan menjaga kelembapan di dalam kandang.

Kondisi litter harus selalu di perhatikan karena apabila kondisi litter tidak baik maka akan berpengaruh pada kesehatan ayam. Menurut penelitian materi litter yang baik adalah dengan bahan sertuan kayu. Alasannya karena serutan kayu tidak berdebu dan lebih optimal dalam menyerap air.

Mengendalikan Kanibalisme

Ayam pejantan memiliki sifat kanibalisme. Sifat kanibalisme ini di sebabkan oleh pakan yang kurang, kandang yang terlalu padat dan ukuran ayam yang tidak seragam. Ayam yang memiliki sifat kanibalisme ini harus segera diatasi agar ayam tidak saling menyerang dan tidak mengganggu pertumbuhan pada ayam.

Vaksinasi Teratur

Vaksinasi Ayam

Vaksinasi ayam pejantan harus di lakukan secara teratur agar ayam tetap dalam dalam keadaan sehat dan kebal terhadap penyakit. Untuk pemberian vaksin bisa menggunakan beberapa cara seperti dengan air minum dan juga obat tetes mata.

Daftar Harga DOC Ayam Pejantan Terbaru Tahun 2019

Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Pejantan untuk wilayah Pulau Jawa

Silahkan berikut Daftar Harga DOC Ayam Pejantan untuk Pulau Jawa:

Phokhpand *6000*
Japfa *5900*
Wonokoyo *5900*

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pemesanan minimal 10 bok
*Khusus untuk daerah Cilegon, Banten, Serang dan Tangerang hanya sampai di Jakarta

Pulau Sumatera
Pulau Sumatera

Silahkan berikut Daftar Harga DOC Ayam Pejantan untuk Pulau Sumatera:

*POKPHAND*
BATAM 7.200
LUBUK LINGGAU 7.300
PALEMBANG 6.700
PEKANBARU 7.300
LAMPUNG 6.800
PADANG 7.100
PANGKALPINANG 7.200
BENGKULU 7.000
JAMBI 6.900
TANJUNG PANDAN 6.700
MEDAN 7.400
TANJUNGPINANG 7.200
ACEH 9.700

Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan

Silahkan berikut Daftar Harga DOC Ayam Pejantan untuk Pulau Kalimantan:

*POKPHAND*
BANJARMASIN 7.600
PALANGKARAYA 7.200
SAMPIT 8.400
BALIKPAPAN 8.300
PANGKALAN BUN 7.100
PONTIANAK 7.500
TARAKAN 8.400
BERAU 8.600
KOTA BARU 8.500
BATU LICIN 8.900

Pulau Sulawesi
Pulau Sulawesi

Silahkan berikut Daftar Harga DOC Ayam Pejantan untuk Pulau Sulawesi:

*POKPHAND *
MAKASSAR 8.100
PALU 9.400
GORONTALO 9.700
KENDARI 9.400
LUWUK 8.800
MANADO 9.700
AMBON 9.500
TERNATE 9.500

Provinsi Nusa Tenggara
Provinsi Nusa Tenggara

Silahkan berikut Daftar Harga DOC Ayam Pejantan untuk Pulau Nusa Tenggara:

*POKPHAND*
LOMBOK 6.800
DENPASAR 6.300
BIMA 10.500
KUPANG 9.400
MAUMERE 10.500
LABUAN BAJO 10.500
TAMBOLAKA 10.500
WAINGAPU 9.800

Pulau Papua
Pulau Papua

Silahkan berikut Daftar Harga DOC Ayam Pejantan untuk Pulau Papua:

*POKPHAND*
MANOKWARI 11.100
BIAK 13.200
JAYAPURA 12.700
NABIRE 13.400
SORONG 11.700
TIMIKA 13.400

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam pejantan kami menyediakan DOC nya. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di nomor : 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait : 
ayam pejantan, daftar harga ayam pejantan, doc pejantan, doc ayam pejantan, harga ayam pejantan


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: