Ayam Kapas Berbulu Sutera, Siap Menambah Koleksi Ayam Hias Anda

Sebelum Anda mengoleksi ayam kapas, apakah Anda tahu apa itu ayam kapas? Ayam kapas merupakan jenis ayam yang sangat unik karena mempunyai bulu yang halus dan juga putih seperti kapas. Ayam ini memiliki bulu yang berbeda dengan ayam pada umumnya, bulunya tidak melekat satu dengan yang lain sehingga terlihat seperti kapas atau sutra.

Berbeda dengan jenis ayam lainnya, jari kaki pada ayam kapas berjumlah 5. Umumnya jari kaki pada ayam biasa yaitu 4. 

Memiliki bulu mirip seperti kapas, membuat banyak penghobi ayam hias yang ingin memelihara
Memiliki bulu mirip seperti kapas, membuat banyak penghobi ayam hias yang ingin memelihara

Ayam kapas pada awalnya berasal dari daratan Cina kemudian disebarluaskan oleh seseorang yang bernama Marcopolo hingga ke berbagai negara di Eropa. Keistimewaan dari ayam kapas ialah dapat dikawin silangkan sehingga akan menghasilkan jenis ayam kapas dengan warna baru. Ayam kapas sendiri memiliki beberapa jenis ada ayam kapas putih, ayam kapas coklat dan ayam kapas hitam.

Ayam kapas saat ini sudah banyak peminatnya tak terkecuali Jakarta. Selain karena bulunya yang indah, dagingnya juga memiliki banyak khasiat. Produktifitas ayam kapas betina mampu bertelur mencapai 200 butir tiap tahunnya. Dengan begitu dapat menambah peminat untuk ayam kapas sendiri.

 

Berikut ini adalah daftar harga ayam kapas putih di hobiternak.com :

1 Bln Rp85.000/ekor
2 Bln Rp110.000/ekor
3 Bln Rp135.000/ekor
4 Bln Rp175.000/ekor
5 Bln Rp225.000/ekor
Dewasa Rp300.000/ekor


Makanan Ayam Kapas

Biji jagung salah satu pakan yang bisa di berikan untuk ayam kapas
Biji jagung salah satu pakan yang bisa di berikan untuk ayam kapas

Makanan untuk ayam kapas tidak ada bedanya dengan ayam kampung lain. Pakan butiran (voer) diberikan pada masa anakan (fase starter) sampai umur 2 bulan, selanjutnya diberikan pakan kombinasi dedak, nasi, biji-bijian seperti jagung, beras, gabah, kedelai. Alangkah baiknya jika zat yang terkandung dalam pakan mempunyai vitamin yang seimbang, berkarbohidrat dan juga mengandung protein maupun lemak.

Kandang Ayam Kapas

Kandang ayam kapas
Kandang ayam kapas

Untuk kandang ayam kapas sama seperti jenis ayam kampung lainnya. Hanya saja untuk kandang sebaiknya ditempatkan ke tempat yang banyak mendapatakan sinar matahari. Untuk lebih baiknya kandang dapat dihadapkan ke timur supaya saat pagi hari ayam kapas mendapatkan sinar matahari yang cukup. Kandang harus dilengkapi dengan ventilasi yang cukup. Selain itu kandang juga harus selalu dibersihkan, supaya ayam terhindar dari serangan penyakit. Anda dapat membersihkan kandang selama 2 hari sekali atau untuk lebih bagusnya setiap hari.


Perbedaan Ayam Kapas Jantan Dan Betina

Lihat bedanya ayam kapas betina dan jantan
Lihat bedanya ayam kapas betina dan jantan

Cara membedakan antara ayam kapas jantan dengan ayam kapas  betina bisa dilihat dari jengger pada kepala ayam kapas. Jika ayam tersebut tidak memiliki jengger bisa dikatakan bahwa ayam tersebut merupakan ayam betina begitu juga sebaliknya apabila terdapat jengger yang menyerupai bunga mawar maka dapat dikatakan bahwa ayam tersebut merupakan ayam kapas jantan.

Khasiat Ayam Kapas

Ayam kapas memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan ayam jenis lain. Seringkali ayam kapas digunakan dagingnya untuk sup ayam ginseng, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan protein pada ayam kapas cukup tinggi, daging ayam kapas dapat meningkatkan sel darah merah pada manusia, untuk kesehatan tulang dan saraf, meningkatkan nafsu makan, selain itu juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. 

Kelebihan ayam kapas

  1. Mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi sehingga tahan terhadap penyakit.
  2. Gampang beradaptasi dengan lingkungan baru.
  3. Mempunyai warna bulu putih halus seperti kapas.
  4. Mempunyai jambul dikepalanya baik jantan maupun betina.
  5. Konsumsi pakan relatif sedikit antara 80-90 gram.
  6. Daya tetas telurnya lumayan baik.

Kini jenis ayam kapas ini sudah mempunyai kedudukan tersendiri dikalangan penghobi dan kolektor. Harga ayam kapas yang terjangkau cukup memikat para penghobi ayam kapas. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari harga yang tidak begitu mahal sampai harga yang sangat fantastic (mahal). Di hobiternak.com kami menjual berbagai jenis ayam, dari ayam kapas putih, hitam, coklat. Selain itu kami juga menjual ayam batik jenis lain, seperti ayam kanada, itali, poland, mutiara dan masih banyak lagi.

Berikut adalah contoh foto-foto ayam kapas :

 

Ayam Kapas Usia 1 bulan
Ayam Kapas Usia 1 bulan

 

Ayam Kapas Usia 2 Bulanan
Ayam Kapas Usia 2 Bulanan

 

Ayam Kapas Usia 3 Bulan
Ayam Kapas Usia 3 Bulan

 

Ayam Kapas Usia 4 Bulan
Ayam Kapas Usia 4 Bulan

 

Ayam Kapas Dewasa Sepasang
Ayam Kapas Dewasa Sepasang

 

Apakah ayam kapas bisa mengerami telurnya?

Ayam kapas bisa mengerami telurnya sendiri. Biasanya untuk mempermudah, peternak atau penghobi ayam hias menggunakan mesin penetas untuk menetaskan telur. Selain potensi telur menetas tinggi, penggunaan mesin penetas lebih mudah dan efisien.

Berapa harga ayam kapas hitam?

Harga kapas hitam biasanya dua kali lipatnya dengan kapas putih. Memang kalau dari segi harga, kapas hitam lebih mahal di banding kapas putih.

Bagi anda yang menginginkan ayam kapas. Kami dari hobiternak.com jual ayam kapas berbagai usia. Selain ayam kapas, kami juga meneyediakan berbagai jenis ayam hias. Kami siap mengirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.
Silahkan hubungi layanan pelanggan kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait: 
ayam kapas hitam, khasiat ayam kapas, harga ayam kapas putih, pakan ayam kapas, ayam kapas coklat, jenis ayam kapas, harga ayam kapas, ayam kapas asli, ayam kapas hitam

_Meilani Sawitri_

Image Sources :

  • Ayam Kapas Usia 1 bulan: nunungsetyawan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: