Mengapa Kita Perlu Mencoba untuk Beternak Bebek?

 

Mengapa Kita Perlu Mencoba untuk Beternak Bebek? Dalam budidaya unggas, ada beberapa faktor pendorong yang membuat kita meyakini bahwa beternak bebek merupakan salah satu sumber yang bisa meningkatkan pendapatan keluarga. Lalu apa kelebihan dan keunggulan sehingga kita perlu beternak bebek? Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita menelaah berbagai hal yang dinggap menguntungkan yang patut dipertimbangkan sebelum terjun dibisnis bebek.

Ternak Bebek mempunyai banyak kemanfaatan bagi manusia dan alam sekitar. Diantara manfaatnya antara lain sebagai usaha ekonomi kerakyatan, mendapatkan telur konsumsi dan telur tetas, daging segar dan limbah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman dan palawija.

Mengapa Kita Perlu Mencoba untuk Beternak Bebek?

Bebek Lokal Mojosari

 

Beberapa faktor yang menguntungkan dalam beternak bebek :

  1. Mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan ayam
  2. Dapat dipanen lebih cepat dengan bobot yang lebih tinggi. Jika ingin mendapatkan bebek pedaging yang produktivitas dagingnya baik, maka bisa menggunakan bibit bebek peking dan hibrida. Selain itu pemeliharaan secara intenisif lebih produktif dibandingkan pemeliharaan secara tradisional dan semi intensif.
  3. Dalam pemeliharaannya dapat memanfaatkan peralatan yang sederhana. Contohnya pada zaman dahulu saat pemeliharaan dengan digembalakan hingga jauh ke pelosok desa, peternak hanya memanfaatkan tenda sederhana untuk berteduh.
  4. Untuk pakan dapat memanfaatkan dari bahan yang mudah didapatkan di sekeliling kita. Perlunya kombinasi antar bahan agar komposisinya seimbang dan saling melengkapi.
  5. Telur bebek merupakan salah satu telur yang cangkang cukup tebal sehingga memudahkan saat mendistribusikan ke berbagai wilayah dan tidak mudah pecah.
  6. Masa bertelur pada umumnya pagi hari sehingga memudahkan peternak. Dengan begitu pengambilan bisa dalam satu waktu jadi cukup menghemat waktu dan tenaga.
  7. Bebek termasuk unggas yang kurang memiliki sifat kanibal sehingga mengurangi resiko kematian.
  8. Harga telur bebek lebih mahal dibandingkan harga telur ayam sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Disamping itu rasanya cukup lezat sehingga banyak dicari sebagai telur asin.
Mengapa Kita Perlu Mencoba untuk Beternak Bebek?

Bebek Peking

Dengan melihat beberapa kelebihan dalam beternak bebek maka tidak salah jika kita mulai budidaya bebek. Untuk pemilihan Bebek Pedaging atau Bebek Petelur tentu memerlukan kajian tersendiri. Untuk peternak pemula bisa memulai dengan memelihara bebek pedaging karena lebih cepat dipanen. Untuk pemeliharaannya lebih simpel karena dari segi pakan tidak mengalami perubahan dari anakan hingga dewasa, perubahan pakan biasanya terjadi pada saat pergantian dari periode starter ke periode grower.

Mengapa Kita Perlu Mencoba untuk Beternak Bebek?

DOD Betina Mojosari

 

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

Kata terkait:

Budidaya DOD mojosari petelur, ternak bebek secara intensif, harga DOD bebek pedaging, harga jual bibit bebek peking KW, beternak bebek hibrida, bebek lokal jantan, analisa usaha ternak bebek petelur kapasitas 500 ekor

**Yuni Ambarwati**

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: