Mengetahui Sumber Modal yang di Butuhkan Untuk Memulai Beternak Unggas

Mengetahui Sumber Modal yang di Butuhkan Untuk Memulai Beternak Unggas- Modal merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan usaha ternak unggas. Dengan modal, kita bisa mengetahui besaran bisnis kita dan seberapa besar kekuatan dalam menjalani persaingan dengan peternak lain. Namun yang perlu diingat bahwa modal bukanlah hal utama kunci kesuksesan. Faktor lain adalah niat yang kuat, fokus pada peluang usaha yang digeluti serta mau bekerja keras. Di dalam bisnis, banyak pengusaha yang lahir dari modal yang minim namun kerja keras mereka yang bisa mengantarkan pada puncak keberhasilan.

Nah, dalam berbisnis ternyata ada beberapa sumber modal yang bisa digunakan. Masing-masing jenis modal akan mempengaruhi kepemilikan dan keuntungan yang diperoleh. Ada baiknya kita mempelajari satu per satu agar kita mendapatkan gambaran modal mana yang akan kita gunakan dan metode penggunaannya.

Mengetahui Sumber Modal yang di Butuhkan Untuk Memulai Beternak Unggas
Mengetahui Sumber Modal yang di Butuhkan Untuk Memulai Beternak Unggas

Modal sendiri

Memulai bisnis dengan modal sendiri merupakan impian setiap orang. Mayoritas pengusaha yang menggunakan modal sendiri untuk usaha menengah ke bawah. Modal sendiri bisa diperoleh dari tabungan pribadi, warisan dari orang tua, arisan, hadiah dari orang lain, pesangon PHK maupun pesangon dana pensiun. Dana tersebut dapat dijadikan modal awal bisnis beternak unggas.

Beberapa kelebihan dan kelemahan menggunakan modal sendiri adalah:

  • Jika terjadi kegagalan usaha maka kita tidak mempunyai beban pengembalian modal kepada pihak lain
  • Rasa kekhawatiran dalam menjalani usaha tidak sebesar saat kita mempunyai bisnis dengan menggunakan modal orang lain
  • Jika ada kesuksesan maka keuntungan dalam berbisnis menjadi milik kita 100 %
  • Mempunyai rasa kehati-hatian karena menyangkut modal sendiri
  • Segala resiko ditanggung sendiri.

Modal pinjaman dari bank/ koperasi

Modal untuk bisnis yang diperoleh dengan pinjaman biasanya berasal dari dari lembaga/ instansi seperti bank perkreditan.

Beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan modal pinjaman untuk bisnis :

  • Dapat langsung memulai mendirikan usaha tanpa menunggu lebih lama lagi
  • Bisa mendapatkan dana sesuai dengan jumlah dikehendaki
  • Jika ada kegagalan maka perlu mengembalikan pinjaman modal dan bunga yang tinggi
  • dalam menjalankan bisnis ada rasa was-was karena menggunakan modal pinjaman
  • Jika dalam meminjamkan ada unsur bunga yang harus dibayar maka termasuk riba dan dilarang dalam agama.

Mengetahui Sumber Modal yang di Butuhkan Untuk Memulai Beternak Unggas

Modal hibah/ bergulir

Saat ini pemerintah menggalakkan modal hibah/ bergulir untuk memberikan bantuan kepada masyarakat menengah ke bawah yang ingin mempunyai usaha mandiri. Dalam kenyataannya, ada masyarakat yang beranggapan bahwa uang tersebut merupakan uang rakyat sehingga dalam pengelolaannya terkesan asal-asalan. Peternak kurang bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis yang modalnya dari pemerintah tersebut. Untuk itu perlu diperbaiki mindset bahwa dana hibah hasilnya kurang sesuai dengan yang diharapkan.

Dana hibah atau bergulir biasanya diperuntukkan bagi kalangan yang dianggap memenuhi syarat. Setelah semua siap, usaha tersebut dimulai dan peternak nantinya akan menyicil hingga lunas, untuk selanjutnya dana tersebut digunakan lagi untuk peternak lainnya. Biasanya dana bergulir tidak dikenakan bunga.

Dana bagi hasil

Sistem bagi hasil adalah penanaman modal ke pihak lain (pengelola) dengan kesepakatan jika ada keuntungan maka akan dibagi rata antara pemilik modal  dengan pengelola. Sistem bagi hasil mengedepankan sikap saling percaya. Pada zaman sekarang ini cukup sulit menemukan mitra kerja terpercaya yang bisa diajak bekerjasama sehingga bisa mendapatkan keuntungan kedua belah pihak.

Adakalanya sistem ini ada yang berlaku kurang adil sehingga merugikan pihak yang lain. Sebenarnya dana bagi hasil ini jika dalam pelaksanaannya benar-benar amanah dan dapat dipercaya maka dapat memberikan keuntungan yang berarti. Cara ini bisa menjembatani pemilik modal yang tidak tahu cara mengelola uang dan pengelola yang kesulitan dalam hal keuangan.

Dari berbagai jenis modal tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan jika modal sendiri merupakan cara yang terbaik dalam membangun bisnis meskipun dengan dana yang terbatas. Dengan modal sendiri maka kita bisa membangun bisnis dengan perencanaan dan mulai dari nol. Untuk dana bagi hasil jika benar-benar transparan dan dikelola dengan profesional maka akan mendatangkan kebaikan kedua belah pihak.

Mengetahui Sumber Modal yang di Butuhkan Untuk Memulai Beternak Unggas

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
sumber dana untuk modal, sumber modal usaha, sumber sumber modal, dana usaha, cari modal usaha, sumber pembiayaan usaha, dana hibah untuk usaha, bantuan modal usaha,

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: