Salah Satu Cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar  

Untuk saat ini peminat akan produk pangan yang berasal dari bebek kian meningkat. Dan pelaku bisnis sendiri terus melakukan berbagai inovasi yang berkaitan dengan  menu daging dan telur itik sehingga bisa meningkatkan nilai ekonominya. Hal tersebut membuat arus permintaan daging dan telur terus meningkat. Akan tetapi, yang perlu diketahui bahwasanya sebelum memulai beternak sebaiknya membuat analisa dahulu agar kita bisa mengetahui berapa modal yang perlu kita siapkan untuk memulai usaha ternak itik. Analisa budidaya bebek pedaging berbeda dengan analisa budidaya petelur. Alasannya karena pemeliharaan dan kebutuhan pakannya dari anakan sampai masa panen yang memang juga sangat berbeda.

cara ternak bebek potong

Jenis bebek pedaging biasanya dipelihara dan diternakkan untuk memperoleh dagingnya. Daging bebek memiliki cita rasa yang lezat serta kandungan gizi yang ada di dalamnya setara dengan daging ayam atau ternak lainnya. Cara ternak bebek potong agar cepat besar sebetulnya bukanlah perkara yang sulit, tetapi bukan perkara hal yang mudah juga, namun apabila bisa mengetahui dan menguasai cara penggemukan yang tepat, maka dapat membantu meningkatkan kesejahteraan peternak bebek di Indonesia. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan atau perkembangan bebek pedaging adalah dengan pola organik. Dengan pola organik ini disamping mampu meningkatkan hasil produksi dalam cara ternak bebek potong juga bisa membuat bebek lebih sehat. Dalam menjalankan pola organik ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin agar dapat meningkatkan kualitas bebek pedaging. Karena apabila ukuran bebek yang kita miliki lebih besar, tentunya untuk penjualannya juga akan lebih cepat dan mudah.

Cara beternak bebek pedaging untuk pemula yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Memilih bibit yang baik (Bibit Unggul)

Dalam memilih bibit itik yang baik bisa menggunakan cara ternak bebek pedaging hibrida melalui penetesan sendiri, membeli telur yang akan ditetaskan, atau bisa juga dengan cara membeli DOD langsung dari produsennya. Hal yang perlu diketahui dalam pemilihan DOD bebek pedaging adalah :

  • Umur DOD yang sudah berusia 4 hari
  • Bobot minimal DOD 40 gram
  • Pada bulunya bersih dan kering
  • Memiliki nafsu makan besar
  • Tubuhnya tegap, mata jernih serta kakinya kokoh
  • Tidak cacat
  • Terhindar dari penyakit unggas

2. Komposisi pakan

Pakan pabrikan berupa konsentrat diberikan pada DOD yang berumur 1-3 minggu atau sampai sekitar 20 hari. Dalam pemberian pakan yang harus diperhatikan adalah kebutuhan gizi pada bebek pedaging agar mendapatkan pertumbuhan dan produksi daging yang maksimal.

Apabila ternak bebek sudah menginjak umur 1-14 hari bisa diberikan pakan konsentrat 511. Dan untuk bebek yang sudah berumur 15 hari sampai panen bisa memberikan makanan campuran, seperti ramuan atau formula sendiri 60% dengan konsentrat 40%. Dalam memberikan kebutuhan pakan bebek perlu diperhatikan juga jenis ternak itu sendiri.

3. Sistem perkandangan

Dalam pemeliharaan biasanya peternak lebih memilih menggunakan kandang bebek pedaging sistem kering yang meminimalkan penggunaan air. Dengan cara tersebut semua aktivitas bebek berada dalam kandang. Untuk aktivitas makan, minum, serta bertelur semua dilakukan dalam kandang. Maka dalam penggunaan kolam bisa ditiadakan. Air hanya digunakan untuk pemberian minum, pembersihan kandang dan peralatannya saja. Kandang bebek pedaging dibagi atas beberapa jenis:

  • Kandang boks untuk memelihara DOD atau anakan bebek pedaging.

Kandang ini digunakan untuk anak bebek yang berusia 1 sampai 14 hari. Untuk umur tersebut bebek membutuhkan tempat yang hangat serta nyaman.

  • Kandang ren untuk pembesaran atau memelihara induk bebek pedaging.

Kandang ini bisa dibuat bertingkat ataupun lantai tanah yang dialasi menggunakan litter. Penggunaan litter ini bisa diganti sesuai ketersediaan bahan misalnya saja : jerami, sekam padi, atau bahan lainnya. Kandang ren ini memiliki dua bagian. Yang pertama sebagai tempat teduh, beristirahat serta dijadikan tempat bertelur. Sedangkan fungsi kandang ren yang kedua adalah digunakan untuk bermain,makan dan minum.

Baca juga :

 

cara ternak bebek potong

  • Kandang baterai hanya dihuni untuk seekor itik dewasa.

Agar kandang ini bisa digunakan untuk berkelompok maka luas kandang juga ikut diperbesar. Untuk biaya kandang baterai ini lebih mahal jika dibandingkan dengan menggunakan tipe kandang yang lain. Disamping lebih mahal tetapi kandang ini juga memiliki keuntungan misalkan saja produktivitas terkontrol teliti dan untuk pengendalian penyakitnya terjaga.

  • Kandang postal

Kontruksi yang digunakan dalam kandang postal ini adalah bilah bambu atau kawat ram. Untuk ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor bisa menggunakan kandang postal ini, karena dalam satu kandang populasinya bisa mencapai ratusan sampai ribuan ekor. Tetapi ini tergantung luas pada kandangnya. Untuk tempat makan dan minumnya sudah disiapkan didalamnya sehingga bisa menghemat tempat.

4. Pengendalian penyakit unggas     

Penyakit pada bebek terdapat dua macam :

  1. Penyakit tidak menular biasanya disebabkan oleh tata laksana pemeliharaannya kurang baik, misalkan saja keracunan, buruknya dalam memelihara kesehatan, kebersihan serta kekurangan vitamin dan mineral. Jenis penyakit yang biasanya tidak menular antara lain : Mycosis, Botulism, Stres (cekaman), Kekurangan vitamin A, Brooder Pneumonia, Kekurangan vitamin D (Rickets Duck), Antibiotika Dermatitis, dan Keracunan garam.
  2. Sedangkan untuk penyakit menular biasanya tertular melalui kontak langsung atau melalui udara dan disebabkan oleh virus, bakteri, atau kuman. Jenis penyakit yang bisa menular seperti : Flu burung, Kolera itik (Fowl Cholera), Cacar (Fowl Pox), Salmonellosis, Aflatoksikosis, Mata memutih (White Eye), Sinusistis, Coccidiosis, dan Coryza.

            Agar memperkecil bebek terkena penyakit sebaiknya diberikan vaksinasi.

5. Pengelolaan pasca panen

           Untuk hasil produksi pasca panen ada 2 yang utama, antara lain:

  1. Telur. Untuk kulit (kerabang) yang dihasilkan berwarna hijau kebiruan dan putih. Sedangkan untuk itik komersial sudah menyempurnakan warna kulitnya menjadi putih. Warna kulit ini ternyata sudah menjadi sifat sosiobudaya masyarakat Indonesia. Untuk produk telur sendiri merupakan hasil utama yang diperoleh dari beternak itik.
  2. Hasil selain telur contohnya: daging bebek afkir, anak bebek, serta sisa peternakan (tinja, bulu, dll). Daging bebek afkir memang tidak terkenal sebagai produk komersial, meskipun beberapa orang mengkonsumsi dagingnya. Daging ini tidak begitu terkenal karena bau yang tidak enak pada pangkal ekornya sulit dihilangkan. Tetapi, bagi orang yang pintar masak pasti akan mudah dalam menghilangkan bau tersebut.

Untuk pengelolaan hasil produksi ini biasanya lebih ditekankan pada produksi telur. Agar memperoleh telur yang baik maka ketika ada telur yang terdapat dikandang maka segera dikeluarkan. Karena apabila telur dibiarkan dalam kandang lama maka kesempatan mikro organisme masuk kedalam telur akan semakin besar. Setelah telur-telur dikeluarkan perlu dilakukan pemisahan. Untuk telur yang bersih – utuh – normal tidak dicampur dengan telur – telur yang retak dan kotor.

Untuk telur yang benar utuh bisa digunakan dengan tujuan,yaitu :

  1. Dijual langsung, mentah
  2. Diasinkan dahulu, kemudian dijual mentah/ matang.

cara ternak bebek potong

Bisa dibuat telur asin apabila dalam penjualan langsung apabila merasa masih kurang menguntungkan. Telur asin itu juga bisa disimpan tahan lama dan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur yang dijual biasa.

Dan untuk harga bebek pedaging di pulau yang tersebar di Indonesia berbeda-beda.

Baca juga : Buku Panduan “Rahasia Sukses Bisnis Itik Peking Pedaging Unggul”

Silahkan hubungi kami hobiternak.com untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :

cara ternak bebek potong agar cepat besar, analisa budidaya bebek pedaging, cara ternak bebek pedaging hibrida, kandang bebek pedaging, kandang bebek pedaging sistem kering, ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, cara beternak bebek pedaging untuk pemula, harga bebek pedaging

*Krisna Verawati*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: