Saat ini populasi bebek yang ada di Indonesia semakin semarak dengan kehadiran bebek impor serta bebek hasil persilangan antara bebek impor dan bebek lokal Indonesia. Salah satu bebek impor unggulan yang bisa direkomendasikan adalah bebek peking. Bebek peking merupakan bebek pedaging yang berasal dari negeri Tirai bambu China. Bebek peking mulai dikenal di Indonesia belum begitu lama.

Pada awal kemunculannya, bebek peking dianggap bebek yang harganya cukup mahal dan hanya untuk kalangan menengah ke atas. Tetapi saat ini bebek peking telah banyak dibudidayakan oleh peternak di Indonesia. Di Indonesia jenis bebek pedaging tidak hanya satu dan terdapat beberapa jenis. Kami dari hobiternak.com menyediakan 2 jenis bebek pedaging ungul, yaitu jenis bebek peking dan hibrida. Masa pemeliharaan bebek ini tergolong cukup pesat, hanya membutuhkan waktu 45 hari panen bebek ini dapat mencapai bobot 1 – 2 kg per ekornya. Dari kedua jenis bebek pedaging ungul ini, tentunya memiliki perbedaan. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut :  

Perbedaan antara bebek peking dan bebek hibrida adalah bebek peking berasal dari impor sedangkan bebek hibrida merupakan hasil persilangan.

Berikut adalah perbedaan bebek peking dan bebek hibrida yang di lihat dari ciri-cirinya :

DOD Peking usia baru saja menetas pemeliharaan selama 45 hari sudah dapat mencapai bobot 1 – 2 kg.

Ciri-ciri Bebek Peking :

  • Bebek peking merupakan bebek impor
  • Bulu pada bebek peking berwarna putih
  • Postur tubuh bebek peking cukup besar
  • Memiliki dada yang besar dan membusung
  • Paruh dan kaki berwarna kuning orange
  • Telur bebek peking berwarna putih kotor dan berbentuk bulat
  • Memiliki ekor dan sayap pendek
DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida merupakan jenis bebek yang diunggulkan dagingnya dengan masa panan sama dengan bebek peking, yaitu selama 45 hari dengan bobot mencapai 1 – kg per ekornya.

Ciri-ciri Bebek Hibrida :

  • Bebek hibrida merupakan hasil persilangan
  • Bentuk tubuh bebek hibrida relative kecil
  • Memiliki daya seksual yang tinggi
  • Leher bebek hibrida lebih panjang
  • Saat bebek hibrida berjalan tegaknya kurang lebih 45 derajat
  • DOD berwarna hitam yang akan berubah menjadi coklat kehitaman apabila sudah dewasa
  • Paruh dan kaki bebek hibrida berwarna hitam
  • Badan bebek hibrida terlihat seperti botol
perbedaan bebek peking dan hibrida
Bebek Peking Dewasa yang sudah memasuki masa panen

Saat ini harga bebek hibrida umur 45 hari dengan bobot sekitar 1,2 – 1,5 kg per ekor mempunyai harga berkisar 30-35 ribu per ekor.  Untuk harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dengan permintaan yang terus meningkat, peternak pun juga dapat mengetahui harga pasaran dan mengetahui perkiraan keuntungan dalam ternak bebek hibrida. Dalam memulai ternak bebek pedaging, baik bebek peking atau bebek hibrida dapat dilakukan dengan modal yang terlalu besar. Tentunya bagi Anda peternak pemula sangat cocok untuk diterapkan.

Bebek hibrida
Bebek hibrida memiliki warna campuran, berbeda dengan bebek peking yang memilki warna keseluruhan putih bersih

Saat ini ada jenis bebek hibrida yang mempunyai postur yang sangat besar. Bebek hibrida super jumbo namanya, bebek tersebut dapat dipanen pada umur 45 hari, jadi kurang lebih sama seperti bebek hibrida. Bebek hibrida super jumbo tersebut belum diproduksi secara massal di Indonesia. Saat ini  bebek yang potensi besar untuk dijadikan pedaging adalah bebek peking, bebek hibrida dan bebek lokal jantan.

Telur Bebek Hibrida

Telur Bebek Hibrida
Telur Bebek Hibrida relatif berwarna putih, berbeda dengan warna telur bebek mojosari yang relatif berwarna hijau kebiru – biruan

Telur bebek hibrida biasanya berwarna putih kotor. Telur ini biasanya dijadikan telur tetas karena warnanya yang kurang menarik jika dijadikan telur asin. Untuk telur bebek hibrida dengan tujuan ditetaskan perlu mendapat penanganan yang optimal agar menghasilkan tetasan yang berkualitas. Sebelum dimasukkan ke dalam mesin penetas telur terlebih dahulu di sortir dengan memisahkan telur yang pecah, retak, terlalu bulat atau cangkangnya terlalu tebal disisihkan. Telur yang terlalu tipis cangkangnya hanya bisa dijadikan telur konsumsi.

Prospek Beternak Bebek

Saat ini beternak bebek telah banyak peminatnya, mereka tertarik dengan prospek yang di dapat dengan beternak bebek. Banyak masyarakat yang suka dengan daging bebek ataupun telur bebek. Daging bebek dan telur bebek rasanya juga tidak kalah dengan ayam. Saat ini banyak restoran dan warung makan yang menyediakan menu makanan berbahan dasar daging bebek ataupun telur bebek. Cita rasa yang lezat membuat orang-orang suka dan ketagihan dengan makanan ini. Dengan adanya hal tersebut maka dapat di katakan bahwa beternak bebek memiliki prospek yang cukup bagus.

Daging dan Telur Bebek Baik Untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang lezat telur bebek dan daging bebek bagus untuk kesehatan dan memiliki banyak khasiat. Untuk daging bebek ternyata memiliki beberapa manfaat, diantaranya : menjaga kinerja otot, menjega kesehatan fisik, mencegah anemia, mengobati suara yang serak, menambah berat badan secara sehat dan bisa mempercantik kulit. Sedangkan untuk telur bebek bisa menjaga mata agar tetap sehat, membuang radikal bebas & system imun serta bisa mencerahkan wajah.

Daging bebek menjadi makanan yang memilki citarasa lezat dan memiliki harga yang tinggi

Harga bibit bebek saat ini :

Untuk harga bibit bebek atau DOD Bebek tidak terlalu mahal. Harga DOD Bebek setiap wilayah memiliki perbedaan tergantung dengan banyaknya permintaan bebek di wilayah tersebut. Apabila permintaan di wilayah tersebut banyak maka harganya juga naik namun apabila permintaannya sedikit maka harganya juga bisa turun.

DOD Hibrida
DOD Bebek Hibrida usia baru saja menetas mampu bertahan tanpa makan dan minum selama 3 hari

Informasi diatas adalah beberapa hal mengenai perbedaan bebek hibrida dengan bebek peking. Meskipun memiliki perbedaan kegunaan bebek ini tetap sama yaitu untuk di ternak. Untuk pilihan apakah beternak bebek peking atau bebek hibrida ini tergantung dengan peternak. Biasanya peternak menganalisa terlebih dahulu mau beternak bebek hibrida atau peking. Analisa tersebut fungsinya agar peternak bisa melihat ke depan apa saja yang harus di butuhkan dan di perluakan untuk beternak bebek. Semua itu kembali dari peternak sendiri untuk menentukan.Selamat beternak bebek semoga informasi di atas dapat bermanfaat….

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek pedaging peking kw dan bebek hibrida. Selain bebek pedaging kami juga menyediakan bebek petelur yaitu bebek lokal betina mojosari. Kami siap mengirimkan baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

kata terkait :
kandang bebek petelur, ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

**Yuni Ambarwati**


3 Comments

Bebek Hibrida adalah Jenis Bebek Pedaging yang Potensial · March 27, 2019 at 9:15 am

[…] bebek hibrida, untuk jenis bebek pedaging ada juga bebek peking. Untuk perbedaan bebek peking dan hibrida yaitu sebagai berikut […]

Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering · November 4, 2018 at 4:59 am

[…] Perbedaan Antara Bebek Peking dan Bebek Hibrida […]

√ Ternak Bebek Hibrida Panen dalam 30 Hari - WA 0812 2028 8686 · August 24, 2018 at 8:58 am

[…] peking. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang harga hibrida. Karena harganya cukup terjangkau. Perbedaan bebek peking dan hibrida yaitu bebek peking dari impor sedangkan bebek jenis hibrida hasil dari […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: