Ada anggapan bahwa setelah memasuki masa pensiun maka manusia akan kehilangan masa-masa produktif dalam kehidupannya. Setelah pensiun, ada yang mengisi masa luangnya dengan membaca buku, jalan-jalan keluar kota, mengasuh cucu bahkan ada yang tidak melakukan apa-apa sehingga dilanda kebosanan. Namun bagi orang yang kreatif, memasuki masa pensiun bukanlah akhir dari segalanya. Mereka bisa melakukan hal-hal yang disukai bahkan tidak jarang hobi tersebut bisa mendatangkan penghasilan dan wawasan yang baru.

Beternak Bebek Hibrida

Bagi kalangan mantan pegawai negeri sipil, beternak bebek pedaging mungkin dianggap profesi yang kurang ideal karena harus mau bersentuhan dengan unggas, kotoran hewan dan mau membersihkan area kandang. Namun setelah memahami peluang penghasilan yang didapat cukup lumayan, biasanya mereka ingin mengetahui seluk beluk dunia peternakan bebek pedaging. Apalagi para pensiunan sebelumnya cukup familiar dengan menu bebek yang beraneka-ragam rasanya.

Mengapa beternak bebek pedaging?

Bebek merupakan salah satu unggas yang dagingnya sangat lezat, tekstur lembut sehingga bisa dikonsumsi segala usia, harganya cukup terjangkau dari semua kalangan dan menu yang disajikan cukup beragam sehingga pembeli mempunyai banyak pilihan sesuai selera. Dari fakta tersebut tak mengherankan bila permintaan daging bebek segar terus mengalami peningkatan. Tentu menjadi pangsa pasar yang cukup menarik bukan?

Beternak Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

Bebek hibida mempunyai banyak kelebihan dibandingkan jenis bebek lainnya:

  1. Bebek hibrida betina termasuk bebek petelur unggul. Dalam satu tahun produktivitas bebek betina hibrida mampu menghasilkan lebih dari 200 butir/ ekor/ tahun. Telur yang dihasilkan berwarna agak putih kotor sehingga cocok dijadikan telur tetas.
  2. Bebek hibrida jantan dapat dijadikan bebek pedaging yang unggul.
  3. Bebek hibrida dapat disilangkan dengan bebek peking sehingga menghasilkan bebek yang produktivitas dagingnya bagus.
  4. Tekstur daging tidak liat, tidak terlalu amis dan banyak digunakan sebagai bebek potong. Dibandingkan dengan bebek yang berasal dari luar negeri, bebek hibrida mempunyai penggemar yang lebih banyak.
  5. Harganya cenderung mengalami peningkatan

Pakan bebek hibrida sehingga bisa dipanen lebih cepat

Bagi para pensiunan, bebek hibrida bisa dijadikan rekomendasi karena lebih tahan terhadap penyakit, pemeliharaannya yang cukup sederhana dan cepat dipanen. Bebek hibrida pada umur 45 hari dapat mencapai bobot 1,2 kg bahkan lebih tergantung dari pola pakan dan pemeliharaan. Jika pakan bagus umur 32 hari saja bobot mencapai 1,1 kg per ekor. Pakan bisa berupa konsentrat 511(harga per sak Rp230.000,-) yang diberikan hingga umur 20 hari. Sedangkan pada umur 21 keatas bisa diberikan pakan konsentrat 551 (harga per sak 340.000,-) dan bekatul dengan komposisi 1 : 6. Pemberian pakan setiap hari 2-3 kali sehingga tidak memberatkan tenaga para pensiunan.

Beternak Bebek Hibrida

Bekatul

Pada saat memasarkan, sekarang ini banyak pengepul (bandar) yang mau menampung hasil panen para peternak. Peternak juga bisa menjual melalui media social seperti facebook dan instagram. Sedangkan bibit unggul saat ini banyak dijual dengan harga yang terjangkau dan berkualitas bagus. Sehingga pada saat panen lebih cepat, lebih seragam dan harga jualnya bisa meningkat.

Mengapa memilih usaha ternak?

Bagi para pensiunan tentu saja karena ternak bebek sangat enjoy, menyenangkan, hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk dipanen, hasilnya cukup lumayan dan mendapat hibruran karena bisa melihat tingkat laku bebek yang lucu. Sehingga waktu luang setelah masa pensiun tidak sia-sia namun tetap diisi hal yang positif. Hal tersebut akan mempengaruhi jasmani dan rohani termasuk mendapat tambahan pemasukan sehingga keuangan tetap lancar.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis bibit (DOD) bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
harga bebek hibrida, pakan bebek hibrida, kandang bebek hibrida, bebek hibrida petelur, bebek hibrida umur 40 hari, bebek hibrida super jumbo, cara beternak bebek pedaging yang benar, ciri ciri bebek hibrida,

**Yuni Ambarwati**


2 Comments

Perbedaan Antara bebek Peking dan Bebek hibrida · November 27, 2018 at 9:11 am

[…] Beternak Bebek Hibrida Pedaging Sebagai Usaha Sampingan Setelah Masa Pensiun […]

Analisa Usaha Ternak Bebek Pedaging Peking 500 Ekor  - hobiternak.com · October 12, 2018 at 4:04 am

[…] membutuhkan perencanaan keuangan. Selain bebek peking, juga terdapat jenis bebek pedaging hibrida. Budidaya bebek pedaging hibrida sama dengan bebek […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: