Beternak Bebek Hibrida Pedaging Sebagai Usaha Sampingan Setelah Masa Pensiun

Ada anggapan bahwa setelah memasuki masa pensiun maka manusia akan kehilangan masa-masa produktif dalam kehidupannya.

Setelah pensiun, ada yang mengisi masa luangnya dengan membaca buku, jalan-jalan keluar kota, mengasuh cucu bahkan ada yang tidak melakukan apa-apa sehingga dilanda kebosanan.

Namun bagi orang yang kreatif, memasuki masa pensiun bukanlah akhir dari segalanya. Mereka bisa melakukan hal-hal yang disukai bahkan tidak jarang hobi tersebut bisa mendatangkan penghasilan dan wawasan yang baru.

Beternak bebek bisa menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan bagi para pekerja yang sudah pensiun | image 1
Beternak bebek bisa menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan bagi para pekerja yang sudah pensiun | image 1

Bagi kalangan mantan pegawai negeri sipil, beternak unggas jenis bebek pedaging mungkin dianggap profesi yang kurang ideal karena harus bersentuhan dengan kotoran hewan dan mau membersihkan area kandang.

Namun setelah memahami peluang penghasilan yang didapat cukup lumayan, biasanya mereka ingin mengetahui seluk beluk dunia peternakan bebek pedaging.

Apalagi para pensiunan sebelumnya cukup familiar dengan menu masakan bebek yang beraneka-ragam rasanya.

Mengapa harus beternak Bebek Hibrida Pedaging ?

Bebek merupakan salah satu unggas yang dagingnya sangat lezat, tekstur dagingnya pun lembut sehingga bisa dikonsumsi segala usia.

Untuk harga dagingnya pun juga cukup terjangkau dari semua kalangan dan menu yang disajikan cukup beragam sehingga pembeli mempunyai banyak pilihan sesuai selera.

Dari fakta tersebut tak mengherankan bila permintaan daging bebek segar terus mengalami peningkatan.

Tentu menjadi pangsa pasar yang cukup menarik bukan ? Ya, dengan adanya hal ini permintaan daging dipasaran yang semakin tinggi maka akan semakin menarik minat masyarakat untuk segera beternak bebek hibrida yang unggul dalam pertumbuhan dagingnya ini.

Bebek hibrida termasuk jenis bebek pedaging yang waktu masa panennya cukup singkat | image 2
Bebek hibrida termasuk jenis bebek pedaging yang waktu masa panennya cukup singkat | image 2

Saat ini beternak bebek hibrida telah banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan bebek hibrida memiliki masa pertumbuhan yang cepat dibanding dengan jenis hewan ternak lainnya seperti sapi, kambing, ayam dan lain sebagainya. 

Selain memiliki masa pertumbuhan yang cepat, bebek ini juga memilki keunggulan – keunggulan lainnya yang tidak dimiliki oleh jenis unggas lainnya, diantaranya sebagai berikut : 

Baca Juga!  Ternak Bebek Hibrida Panen dalam 45 Hari

1. Bebek hibrida merupakan jenis bebek yang memiliki dua fungsi

Selain dikenal sebagai bebek penghasil yang unggul dalam pertumbuhan dagingnya. Bebek hibrida ini juga memiliki peroduktifitas telur yang cukup tinggi.

Masa bertelur bebek hibrida terjadi pada saat bebek memasuki usia 5,5 bulan. Untuk produktivitas telur yang dihasilkan dapat berkisar sekitar 220 – 250 butir per ekornya dalam setahun.

Telur yang dihasilkan bebek hibrida cenderung berwarna keputihan. Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan telur bebek hibrida ini untuk dikonsumsi.

Dengan mengkonsumsi telur bebek ini ternyata juga memiliki vitamin yang cukup bangus untuk kesehatan tubuh juga loh.

Selain itu telur bebek hibrida juga banyak digunakan oleh peternak untuk dijadikan telur tetas yang nantinya akan menghasilkan DOD Bebek Hibirida untuk dipelihara atau dijual kembali. 

2. Bebek Hibrida unggul dalam produksi daging

Bebek hibrida memiliki keunggulan utama yakni dapat memproduksi daging dengan bobot yang tinggi hanya dengan waktu yang singkat.

Masa panen bebek hibrida ini terjadi selama 45 hari panen, tentu waktu yang cukup singkat bukan. Hal ini lah yang menjadi dasar mengapa seseorang yang telah pensiun disarankan untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk beternak bebek pedaging hibrida.

Dalam kurun waktu panen 45 hari bebek hibrida ini mampu menghasilkan bobot yang cukup tinggi, yakni mulai dari 1,2 – 1,5 per ekor.

Bahkan ada jenis bebek hibrida super jumbo yang dapat dipanen dengan waktu lebih singkat, yakni 40 hari dengan bobot mencapai 1,8 kg. Bagaimana ? Tentu peluang yang sangat menguntungkan bukan dengan beternak bebek hibrida pedaging ini. 

Kami dari hobiternak.com juga menyediakan DOD/Bibit bebek hibirida dan dod hibrida super dengan harga terjangkau. Untuk harga yang kami tawarkan berkisar Rp. 9.000 – 11.000 per ekornya.

Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan permintaan dan juga jumlah bibit yang tersedia. 

Pengirimannya pun hingga keseluruh wilayah indonesia dengan harga terjangkau dan dengan kargo hewan yang aman dan terpecaya. 

3. Tekstur daging bebek hibrida tidak terlalu amis dan empuk

Tidak sedikit masyarakat yang saat ini menggemari olahan daging bebek hibrida ini. Pasalnya daging bebek hibrida ini dikenal tidak terlalu amis dan memiliki tekstur daging yang lembut.

Sehingga sangat cocok dijadikan olahan masakan yang lezat dan memiliki nilai harga yang tinggi.

Aneka olahan daging bebek hibrida saat ini mulai banyak peminat | image 3
Aneka olahan daging bebek hibrida saat ini mulai banyak peminat | image 3

4. Bebek hibrida memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan dimana saja. 

Memiliki daya tahan yang bagus, peternak bisa membudidayakan bebek hibrida di mana saja. Baik itu di dataran tinggi ataupun di dataran rendah, bebek hibrida bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Baca Juga!  Mengenal Bebek Tiktok sebagai Bebek Pedaging Unggul

Namun dengan catatan peternak benar dalam melakukan manajemen pemeliharaannya. 

5. Bebek Hibirida dapat disilangkan dengan bebek peking sehingga nantinya akan menghasilkan bebek yang produktifitasnya bagus. 

Ada beberapa hasil persilangan dari bebek hibrida yang bisa menghasilkan bebek dengan produktivitas lebih bagus lagi. Contohnya sebagai berikut : 

DOD Peking KW Super
Persilangan dari Hibrida Putih Betina dan Peking KW Super Jantan = masa panen 40 hari berat 1,4-1,6 kg

DOD Hibrida Super
Persilangan dari Bebek Hibrida Betina dan Peking KW Super Jantan = masa panen 40 hari berat 1,4-1,6 kg

6. Harga daging bebek cenderung mengalami peningkatan

Karkas atau daging bebek bisa dikatakan memiliki harga yang lumayan tinggi. Pasalnya belum banyak masyarakat yang memelihara bebek. 

Kebanyakan masyarakat lebih tertarik untuk memelihara ayam petelur dibandingkan dengan bebek. 

Padahal jika ditekuni dengan sabar dan ulet, beternak bebek bisa memberikan keuntungan yang cukup tinggi untuk peternak. 

7. Bebek hibirida jantan juga dapat dijadikan bebek pedaging yang unggul dalam pertumbuhan an bobotnya. 

Tidak hanya betinanya saja yang bisa dijadikan bebek pedaging, namun bebek hibrida jantan juga bisa dijadikan bebek pedaging yang unggul. 

Baca juga :

Apa saja pakan bebek hibrida sehingga bisa dipanen lebih cepat ?

Bagi para pensiunan, bebek hibrida bisa dijadikan rekomendasi karena lebih tahan terhadap penyakit, pemeliharaannya yang cukup sederhana dan cepat dipanen.

Bebek hibrida pada umur 45 hari dapat mencapai bobot 1,2 kg bahkan lebih tergantung dari pola pakan dan pemeliharaan.

Jika pakan yang diberikan bagus maka umur 32 hari saja bobot mencapai 1,1 kg per ekor. Pakan bisa berupa konsentrat 511 (estimasi harga per sak Rp230.000,-) yang diberikan hingga umur 20 hari.

DOD atau bibit bebek hibrida | image 4
DOD atau bibit bebek hibrida | image 4

Sedangkan pada umur 21 keatas bisa diberikan pakan konsentrat 551 (estimasi harga per sak 340.000,-) dan bekatul dengan komposisi 1 : 6. Pemberian pakan setiap hari 2-3 kali sehingga tidak memberatkan tenaga para pensiunan.

Untuk proses pemasaran sekarang ini banyak pengepul (bandar) yang mau menampung hasil panen para peternak.

Peternak juga bisa menjual melalui media social seperti facebook dan instagram. Sedangkan bibit unggul saat ini banyak dijual dengan harga yang terjangkau dan berkualitas bagus. Sehingga pada saat panen lebih cepat, lebih seragam dan harga jualnya bisa meningkat.

Mengapa memilih usaha beternak? 

Bagi para pensiunan tentu saja karena ternak bebek sangat enjoy, menyenangkan, hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk dipanen, hasilnya cukup lumayan dan mendapat hiburan karena bisa melihat tingkah laku bebek yang lucu.

Sehingga waktu luang setelah masa pensiun tidak sia-sia namun tetap diisi hal yang positif. Hal tersebut akan mempengaruhi jasmani dan rohani termasuk mendapat tambahan pemasukan sehingga keuangan tetap lancar.

Mengapa Harus Ternak Bebek Hibrida Pedaging | infografis
Mengapa Harus Ternak Bebek Hibrida Pedaging | infografis

Silahkan hubungi kami hobiternak.com untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (8 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA