Bebek Hibrida, Bebek Pedaging Unggul yang Cepat Panen

Bebek Hibrida, Bebek Pedaging Unggul yang Cepat Panen – Olahan berbahan dasar bebek kini banyak dinikmati oleh kalangan masyarakat terutama penikmat kuliner. Citarasa yang dihasilkan oleh daging bebek yang khas dan lezat membuat penikmatnya tidak bosan untuk mencicipinya. Keadaan inilah yang membuat permintaan daging bebek potong atau bebek hibrida semakin meningkat.

Untuk harga DOD atau bibit bebek hibrida sendiri dari waktu kewaktu cukup terjangkau di setiap level peternak. Dan permintaan pasar jenis bebek ini terus saja meningkat, hal ini tentu saja bisa menjadi indikasi bagus berkembangnya bebek hibrida ini.

Keunggulan Bebek Hibrida

Semakin berkembangnya dunia peternakan, tentunya para peternak bebek terus berusaha untuk menghasilkan bebek dengan varietas unggul. Salah satunya adalah dengan cara persilangan. Persilangan antara kedua jenis bebek tersebut untuk mendapatkan bebek unggulan. Berbicara mengenai persilangan bebek, Bebek Hibrida merupakan hasil persilangan antara bebek peking jantan dengan bebek lokal mojosari betina. Sehingga bebek hibrida ini juga sering disebut dengan bebek MP (Mojosari-Peking).  Ciri khas fisiknya hampir sama dengan Bebek Lokal hanya saja lebih gemuk pada bagian bawah perutnya. Selain itu, bebek hibrida ini pertumbuhannya cepat dan hasil berat tubuhnya maksimal. Keunggulan bebek hibrida ini yang paling menonjol adalah cepat panen. Dan masih banyak pula kenggulan bebek hibrida seperti :

DOD BEBEK hibrida adalah salah satu bebek pedaging dengan masa panen sekitar 45 hari
DOD BEBEK hibrida adalah salah satu bebek pedaging dengan masa panen sekitar 45 hari

Bebek Hibrida memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Pertumbuhan yang cepat, hanya dalam kurun waktu 40-50 hari saja itik hibrida ini sudah mencapai berat 1,4 – 2kg.
  • Rasa dagingnya lebih lembut dan gurih, rasanya menyerupai bebek lokal namun teksturnya seperti bebek peking.
  • Lebih hemat biaya.
  • Bebek Hibrida memerlukan 2,7 kg pakan untuk mencapai berat 1,6-2kg sedangkan bebek lokal membutuhkan 4kg pakan untuk mencapai berat 1,2-1,4 kg.
  • Daya tahan tubuh bebek hibrida cukup baik.

Pada umumnya Bebek Hibrida dipelihara dengan sistem kering dengan tujuan mengurangi resiko kematian saat usia dibawah 2 minggu. Dengan menggunakan sistem kandang kering maka pada bagian alasnya menggunakan sekam padi. Dalam kandangnya juga selalu disediakan pakan.

Pemberian Pakan sesuai dengan Usia

Jenis pakan Bebek Hibrida disesuaikan dengan usia dari Bebek itu sendiri

  • Pakan usia 0-2 minggu pakan murni starter/511 pakan ini termasuk salah satu jenis pakan produk dari japfa comfeed.
  • Untuk usia 2 minggu-1 bulan perbandingannya = 1 pakan starter 511 : 2 Bekatul, yang diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Usia 1 bulan ke atas bisa diberikan pakan dengan perbandingan = 1 pakan starter 511 : 3 bekatul, yang diberikan 3 kali sehari.
  • Karena jenis Bebek Hibrida ini umum dipelihara sebagai itik potong atau pedaging, maka pakan yang mengandung protein tentu diperlukan.
Baca Juga!  Bisnis Ternak Bebek Bukan Bisnis Musiman

Beberapa Jenis Pakan Untuk Menunjang Produktifitas Bebek

Pakan merupakan sumber utama dalam proses pertumbuhan pada bebek. Bahan pakan untuk bebek terbagi menjadi pakan kering dan pakan basah. Contoh bahan kering terdiri dari organik dan anorganik, bahan organik merupakan pakan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin. Sedangkan untuk bahan anorganik terdiri dari mineral.

Baca juga : 

Pada umumnya bentuk pakan yang sering diberikan kepada bebek terdiri dari :

  • Pertama, bahan pakan berbentuk butiran : kacang – kacangan, jagung, sorgum, dan lain – lain.
  • Kedua, bahan pakan berbentuk tepung : tepung ikan, tepung tulang, dedak halus dan lain sebagainya.
  • Ketiga, bahan pakan berbentuk cairan.

A. Bahan Pakan Sumber Energi

1. Gabah

Biji gabah merupakan biji – bijian yang menjadi salah satu pakan untuk ternak bebek. Kandungan serat kasar 40 % dan 11 – 18 % silika yang merupakan 25 % dari berat gabah. Jadi gabah merupakan pakan alternatif yang baik untuk budidaya ternak bebek.

Gabah pakan Alternatif untuk Bebek
Salah satu pakan alternatif untuk bebek hibrida adalah gabah.

2. Jagung Kuning

Buah jagung kuning kaya akan pro vitamin A, thiamin, sistin dan mengandung pigmen kuning atau cyptozanthin yang sangat berguna untuk memberi warna kuning pada telur, kaki, dan kulit. Jagung merupakan bahan pakan yang mengandung pati dengan kandungan lemak yang tinggi. Kandungan energi metabolisme yang tinggi yaitu sebesar 3.360 kkal membuat jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku penghasil energi pada bebek. Dalam pemberian pakan jagung ini kepada bebek, sebaiknya jagung digiling terlebih kasar terlebih dahulu agar proses pencernaan pada bebek menjadi lebih mudah.

Jagung yang digiling kasar merupakan salah satu pakan alternatif bagi bebek hibrida yang baik
Jagung yang digiling kasar merupakan salah satu pakan alternatif bagi bebek hibrida yang baik

3. Dedak

Dedak merupakan sisa penggilingan padi. Pada dedak ini biasanya dicampur dengan kulit gabah. Dedak yang dipilih sebaiknya mengandung kulit ari dari beras dan menir atau pecahan beras, tetapi tidak bercampur dengan kulit gabah/ sekam. Kandungan lemak yang tinggi pada dedak membuat dedak menjadi mudah berbau tengik dalam penyimpanan. Dalam penyimpanannya sebaiknya dedak jangan disimpan terlalu lama karena akan membuat nutrisi yang ada pada dedak manjadi berkurang. Serta akan membuat dedak menjadi kempal atau menjadi gumpalan kasar dan padat.

Dedak pakan bebek hibrida
Terdapat sumber nutrisi seperti lemak yang baik untuk bebek hibrida.

4. Onggok

Onggok merupakan limbah dari sisa pengelolaan hasil pembuatan tepung tapioka. Kandungan gizi yang terdapat pada onggok dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak yang dapat menghasilkan energi.

Onggok
Onggok sebagai pakan ternak alternatif bebek hibrida.

5. Bekatul

Bekatul merupakan padi yang digiling menjadi beras yang akan menghasilkan 16 – 28 % sekam, 6 – 11 % dedak, dan 2 – 4 % bekatul sedangkan 60 % mengandung beras yang putih. Kandungan vitamin yang ada pada bekatul sama halnya dengan yang ada pada dedak tetapi kandungan serat kasarnya jauh lebih rendah sekitar 4 %. Oleh karena itu bekatul dapat digunakan dalam rasum bebek dalam jumlah lebih banyak dari pada dedak.

Baca Juga!  Cara Tepat Pembudidayaan Bebek dengan Menghasilkan Bebek Lokal Jantan Siap Potong yang Seragam
Memiliki bentuk yang mirip dengan dedak, namun kandungan serat kasarnya lebih sedikit sehingga lebih baik untuk pakan bebek hibrida.
Memiliki bentuk yang mirip dengan dedak, namun kandungan serat kasarnya lebih sedikit sehingga lebih baik untuk pakan bebek hibrida.

6. Tepung Gaplek

Gaplek merupakan singkong yang sudah dikeringkan kemudian diolah dan digiling menjadi tepung. Tepung gaplek ini mengandung pati. Penggunaan tepung gaplek sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan bebek hibrida menjadi lebih produktif.

2. Bahan Pakan Sebagai Sumber Protein

1. Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa merupakan hasil sisa pegelolaan minyak kelapa, dan bungkil kelapa inilah yang menjadi bahan pakan untuk bebek. Daging kelapa atau biasa disebut kopra yang digunakan ini adalah daging kelapa yang sudah dikeringkan sampai kandungan airnya dibawah 6 %.

pakan alternatif bebek hibrida
Bungkil kelapa bisa juga menjadi pakan alternatif untuk bebek hibrida karena mengandung protein yang cukup tinggi.

2. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai mengandung energi metabolisme 2200 kkal/g yang merupakan sumber asam amino esensial yang sangat baik bagi pertumbuhan bebek. Kandungan protein pada bungkil kedelai masih terdapat 50 % walaupun sudah mengalami proses pemerasan untuk dijadikan bahan baku tahu.

Bungkil kedelai
Sumber pakan alternatif untuk bebek hibrida adalah bungkil kedelai.

3. Tepung Daun Lamtoro

Daun lamtoro mengandung beta caroten dan xanthophly sekitar 660 ppm lebih tinggi dari xanthophly jagung yang hanya terdapat 20 ppm. Beta caroten dan xanthophly inilah yang paling penting untuk pewarnaan kuning pada telur dan warna kuning dibagian kaki dan kulit seperti pada kaki dan kulit bebek ras pedaging.

Daun Lamtoro dapat dibuat tepung untuk pakan Bebek
Daun lamtoro yang dijadikan tepung juga bisa menjadi pakan untuk bebek hibrida.

4. Tepung Keong Mas

Keong Mas merupakan hama yang sering kali ditemui pada masa musim penghujan, terutama pada musim tanam padi. Pada keong mas ini kandungan protein sangat tinggi sekitar 50%. Pemberian tepung keong mas untuk bebek ini sangat bertujuan untuk meningkatkan produktifitas daging dan telur pada bebek.

Tepung keong mas untuk pakan bebek.
Karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tepung keong mas baik untuk penunjang pertumbuhan bebek hibrida.

5. Kulit dan Kepala Udang

Kulit dan kepala udang merupakan limbah yang dibuang dari industri pengelolaan udang. Limbah ini banyak digunakan sebagai bahan alternatif yang sangat baik untuk pakan bebek.

Yuk Ternak Bebek Hibrida

Untuk saat ini kebutuhan akan daging bebek memang bisa dikatakan stabil. Masyarakat Indonesia juga banyak yang menyukai daging bebek. Untuk pemasarannya, Anda bisa menjual hasil panen bebek Anda ke restoran atau rumah makan. Harga bebek hibrida siap panen juga tergolong tinggi dan stabil. Mulai saat ini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk beternak bebek hibrida. Anda bisa mempelajari dahulu mengenai analisa ternak bebek hibrida. Setelah itu Anda membeli bibit atau dod bebek hibrida yang berkualitas di hobiternak.com.

Bebek Hibrida yang dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat saat ini memang banyak diminati para peternak bebek di Indonesia. Selain itu, terdapat banyak keunggulan bebek hibrida seperti yang kami jelaskan diatas. Dan Anda bisa memanfaatkannya menjadi bebek hibrida petelur apabila Anda menginginkannya.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek Hibrida kami menyediakan DOD Hibrida atau yang ingin mencoba beternak jenis bebek lainnya kami menyediakan DOD Peking, DOD Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Bebek Hibrida, DOD Bebek Hibrida, Ternak Bebek Hibrida, Peternak Bebek Hibrida, Tempat Penjual DOD Hibrida, Jual DOD Hibrida, Harga DOD Hibrida, bebek hibrida pedaging, bebek hibrida, budidaya bebek hibrida, bebek hibrida petelur, bibit bebek hibrida, beternak bebek hibrida, jual dod bebek hibrida, kandang bebek hibrida, bibit bebek hibrida, budidaya bebek hibrida, dod hibrida, pakan bebek hibrida, jual bebek hibrida, jual bibit bebek hibrida
** Hasti Nurchayati **
*.

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA