Bebek Tegal

Mengenal Bebek Hibrida yang Memiliki Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat Serta Pemberian Pakan yang Tepat

Mengenal Bebek Hibrida yang Memiliki Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat – Olahan berbahan dasar bebek kini banyak dinikmati oleh kalangan masyarakat terutama penikmat kuliner. Citarasa yang dihasilkan oleh daging bebek yang khas dan lezat membuat penikmatnya tidak bosan untuk mencicipinya. Serta para penggolah kuliner yang menjadikan daging bebek semakin lezat untuk dikonsumsi saling bersaing untuk mendapatkan rasa yang paling lezat. Keadaan inilah yang membuat permintaan daging bebek potong atau bebek hibrida semakin meningkat. 

Bebek Hibrida merupakan jenis unggas dari hasil persilangan antara Itik Mojosari dengan Itik Peking Jantan. Bebek hibrida ini juga biasa disebut dengan bebek MP ( Mojosari-Peking) yang ditemukan di Kec. Mojosari yang saat ini memang terkenal sebagai sentral peternakan Itik Mojosari. Para peternak ingin membuat terobosan baru dengan membuat persilangan antara kedua jenis itik yang berbeda dengan tujuan untuk mendapatkan Itik yang cepat pertumbuhannya dengan hasil maksimal. Jenis Itik Hibrida ditujukan sebagai Itik potong atau pedaging. Untuk harga DOD atau bibit bebek hibrida sendiri dari waktu kewaktu cukup terjangkau di setiap level peternak. Dan permintaan pasar jenis bebek ini terus saja meningkat, hal ini tentu saja bisa menjadi indikasi bagus berkembangnya bebek hibrida ini.

Persilangan antara kedua jenis bebek tersebut juga untuk mendapatkan bebek unggulan. Bebek Hibrida hasil persilangan antara bebek peking jantan dengan bebek lokal mojosari betina dengan ciri khas fisiknya yang hampir sama dengan Bebek Lokal hanya saja lebih gemuk pada bagian bawah perutnya.

Bebek Hibrida memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Pertumbuhan yang cepat, hanya dalam kurun waktu 40-50 hari saja itik hibrida ini sudah mencapai berat 1,4 – 2kg.
  • Rasa dagingnya lebih lembut dan gurih, rasanya menyerupai bebek lokal namun teksturnya seperti bebek peking.
  • Lebih hemat biaya.
  • Bebek Hibrida memerlukan 2,7 kg pakan untuk mencapai berat 1,6-2kg sedangkan bebek lokal membutuhkan 4kg pakan untuk mencapai berat 1,2-1,4 kg.
  • Bebek Hibrida memiliki daya tahan yang bagus.

Pada umumnya Bebek Hibrida dipelihara dengan sistem kering dengan tujuan mengurangi resiko kematian saat usia dibawah 2 minggu. Dengan menggunakan sistem kandang kering maka pada bagian alasnya menggunakan sekam padi. Dalam kandangnya juga selalu disediakan pakan.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Baca juga :

Pemberian Pakan sesuai dengan Usia

Jenis pakan Bebek Hibrida disesuaikan dengan usia dari Bebek itu sendiri

  • Pakan usia 0-2 minggu pakan murni starter/511 pakan ini termasuk salah jenis pakan produk dari japfa comfeed.
  • Untuk usia 2 minggu-1 bulan perbandingannya: 1 pakan starter 511: 2 Bekatul yang diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Usia 1 bulan ke atas bisa diberikan pakan dengan perbandingan 1 pakan starter 511: 3 bekatul yang diberikan 3 kali sehari.

Karena jenis Bebek Hibrida ini umum dipelihara sebagai itik potong atau pedaging, maka pakan yang mengandung protein tentu diperlukan.

Beberapa Jenis Pakan Untuk Menunjang Produktifitas Bebek 

Pakan merupakan sumber utama dalam proses pertumbuhan pada bebek. Bahan pakan untuk bebek terbagi menjadi pakan kering dan pakan basah. Bahan kering terdiri dari organik dan anorganik, bahan organik merupakan pakan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin. Sedangkan untuk bahan anorganik terdiri dari mineral.

Pada umumnya bentuk pakan yang sering diberikan kepada bebek terdiri dari :

  • Bahan pakan berbentuk butiran : kacang – kacangan, jagung, sorgum, dan lain – lain
  • Bahan pakan berbentuk tepung : tepung ikan, tepung tulang, dedak halus dan lain sebagainya
  • Bahan pakan berbentuk cairan

1. Bahan Pakan Sumber Energi

  • Gabah
    Gabah merupakan biji – bijian yang menjadi salah satu pakan untuk ternak bebek. Kandungan serat kasar 40 % dan 11 – 18 % silika yang merupakan 25 % dari berat gabah. Jadi gabah merupakan pakan alternatif yang baik untuk budidaya ternak bebek.
  • Jagung
    Jagung kuning kaya akan pro vitamin A, thiamin, sistin dan mengandung pigmen kuning atau cyptozanthin yang sangat berguna untuk memberi warna kuning pada telur, kaki, dan kulit. Jagung merupakan bahan pakan yang mengandung pati dengan kandungan kemak yang tinggi. Kandungan energi metabilisme yang tinggi yaitu sebesar 3.360 kkal membuat jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku penghasil energi pada bebek. Dalam pemberian pakan jagung ini kepada bebek, sebaiknya jagung digiling terlebih kasar terlebih dahulu agar proses pencernaan pada bebek menjadi lebih mudah.
  • Dedak
    Dedak merupakan sisa penggilingan padi, pada dedak ini biasanya dicampur dengan kulit gabah. Dedak yang dipilih sebaiknya mengandung kulit ari dari beras dan menir atau pecahan beras, tetapi tidak bercampur dengan kulit gabah/ sekam. Kandungan lemak yang tinggi pada dedak membuat dedak menjadi mudah berbau tengik dalam penyimpanan. Dalam penyimpanannya sebaiknya dedak jangan disimpan terlalu lama karena akan membuat nutrisi yang ada pada dedak manjadi berkurang serta akan membuat dedak menjadi kempal atau menjadi gumpalakasarn padat.
  • Bekatul
    Bekatul merupakan padi yang digiling menjadi beras yang akan menghasilkan 16 – 28 % sekam, 6 – 11 % dedak, dan 2 – 4 bekatul sedangkan 60 % mengandung beras yang putih. Kandungan vitamin yang ada pada dedak sama halnya dengan yang ada pada dedak tetapi kandungan serat kasarnya jauh lebih rendah sekitar 4 %. Oleh karena itu bekatul dapat digunakan dalam rasum bebek dalam jumlah lebih banyak dari pada dedak.
  • Onggok
    Onggok merupakan limbah dari sisa pengelolaan hasil pembuatan tepung tapioka. Kandungan gizi yang terdapat pada onggok dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak yang dapat menghasilkan energi.
  • Tepung Gaplek
    Gaplek merupakan singkong yang sudah dikeringkan kemudian diolah dan digiling menjadi menjadi tepung. Tepung gaplek ini mengandung pati, penggunaan tepung gaplek untuk diberikan kepada bebek sangat bermafaat untuk menunjang pertumbuhan bebek menjadi lebih produktif.

2. Bahan Pakan Sebagai Sumber Protein 

  • Bungkil Kelapa
    Bungkil kelapa merupakan hasil sisa pegelolaan minyak kelapa, bungkil kelapa inilah yang menjadi bahan pakan untuk bebek. Daging kelapa atau biasa disebut kopra yang digunakan ini adalah daging kelapa yang sudah dikeringkan sampai kandungan airnya dibawah 6 %.
  • Bungkil Kedelai
    Bungkil kedelai mengandung energi metabolisme 2200 kkal/g yang merupakan sumber asam amino esensial yang sangat baik bagi pertumbuhan bebek. Kandungan protein pada bungkil kedelai masih terdapat 50 % walaupun sudah mengalami proses pemerasan untuk dijadikan bahan baku tahu.
  • Tepung Daun Lamtoro
    Daun lamtoro mengandung beta caroten dan xanthophly sekitar 66o ppm lebih tinggi dari xanthophly jagung yang hanya terdapat 20 ppm. Beta caroten dan xanthophly inilah yang paling penting untuk pewarnaan kuning pada telur dan warna kuning dibagian kaki dan kulit seperti pada kaki dan kulit ayam ras pedaging.
  • Tepung Keong Mas
    Keong Mas merupakan hama yang sering kali ditemui pada masa musim penghujan, terutama pada musim tanam padi. Pada keong mas ini kandungan protein sangat tinggi sekitar 50%. Pemberian tepung keong mas untuk bebek ini sangat bertujuan untuk meningkatkan produktifitas daging dan telur pada bebek.
  • Kulit dan Kepala Udang
    Kulit dan kepala udang merupakan limbah yang dibuang dari industri pengelolaan udang. Limbah ini banyak digunakan sebagai bahan alternatif yang sangat baik untuk pakan bebek.

Bebek Hibrida yang dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat saat ini memang banyak diminati para peternak bebek di Indonesia. Persilangan antara bebek peking jantan yang bukan bebek asli Indonesia dengan bebek mojosari sejenis bebek lokal Indonesia yang keberadaannya berasal dari Mojosari Jawa Timur, sebagai sentral peternakan Bebek Mojosari yang merupakan Bebek berkualitas unggul.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida

Bagi anda yang ingin beternak Bebek Hibrida kami menyediakan DOD Hibrida atau yang ingin mencoba beternak jenis bebek lainnya kami menyediakan DOD Peking, DOD Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Bebek Hibrida, DOD Bebek Hibrida, Ternak Bebek Hibrida, Peternak Bebek Hibrida, Tempat Penjual DOD Hibrida, Jual DOD Hibrida, Harga DOD Hibrida, bebek hibrida pedaging, bebek hibrida, budidaya bebek hibrida, bebek hibrida petelur, bibit bebek hibrida, beternak bebek hibrida, jual dod bebek hibrida, kandang bebek hibrida, bibit bebek hibrida, budidaya bebek hibrida, dod hibrida, pakan bebek hibrida, jual bebek hibrida, jual bibit bebek hibrida

** Hasti Nurchayati **
*

Summary
Mengenal Bebek Hibrida yang Memiliki Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat
Article Name
Mengenal Bebek Hibrida yang Memiliki Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat
Description
Bebek Hibrida merupakan jenis unggas dari hasil persilangan antara Itik Mojosari dengan Itik Peking Jantan. Bebek hibrida ini juga biasa disebut dengan bebek MP ( Mojosari-Peking) yang ditemukan di Kec. Mojosari yang saat ini memang terkenal sebagai sentral peternakan Itik Mojosari.
Author
Publisher Name
Hobiternak.com
Publisher Logo

4 thoughts on “Mengenal Bebek Hibrida yang Memiliki Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat Serta Pemberian Pakan yang Tepat”

  1. Pingback: Kelebihan dan Kekurangan Model Kandang Bebek Panggung

  2. Pingback: √ Daftar Harga Jual Bebek Pedaging (DOD atau Bibit) Peking dan Hibrida di 2018

  3. Pingback: Harga Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Metro Lampung

  4. Pingback: Salah Satu Cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar   - hobiternak.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.