Penyebab dan Cara Mencegah Patuk – Patukan (Kanibalisme) Antar Ayam Kampung Super

Penyebab dan Cara Mencegah Patuk – Patukan (Kanibalisme) Antar Ayam Kampung Super

Dipeternakan Ayam Kampung Super banyak ditemui persoalan yaitu saling patuk mematuk antar ayam. Bagi ayam jawa yang kalah, sifat kanibalisme pada ayam jawa ini bisa sampai menyebabkan ayam jawa stres, atau sakit bahkan mengalami kematian. Jika banyak diantara ayam jawa yang Anda miliki saling matuk mematuk sebaiknya sediakan kandang untuk memisahkan ayam yang kalah bersaing. Jika hal ini Anda biarkan begitu saja, persoalan seperti ini tidak akan pernah selesai, bahkan aksi patuk mematuk antar ayam akan terus berlangsung.

Apa penyebab ayam saling patuk mematuk ?

  1. Kandang ayam yang terlalu padat (jumlah ayam dan kandang tidak sesuai)

Kandang ayam yang terlalu padat akan menyebabkan rasa tidak nyaman untuk ayam. Salah satu masalahnya adalah suhu di dalam kandang semakin meningkat, semua ayam cenderung berebut untuk mencari tempat yang nyaman dan pasti saling patuk mematuk antar ayam. Sebaiknya hindari kandang yang terlalu padat, Anda bisa mengukur jumlah ayam sesuai dengan ukuran kandang yang akan digunakan.

  1. Tempat makan dan minum yang terlalu kecil (sempit)

Jika Anda menyiapkan tempat pakan dan minum terlalu sempit atau terpusat pada satu titik, ayam jawa akan cenderung berebut saat makan dan minum, dan hal ini akan mengakibatkan kanibalisme pada ayam. Sebagai upaya pencegahannya Anda bisa menempatkan tempat makan dan minum menyebar ke berbagai tempat, sehingga saat ayam makan atau minum secara bersamaan semua ayam bisa makan dan mendapatkan tempat.

  1. Suhu dan kelembapan kandang yang terlalu tinggi

Suhu dan kelembapan yang tinggi bisa menyebabkan ayam stres, kondisi tersebut akan membuat mereka saling patuk mematuk antara ayam satu dengan ayam yang lainnya. Sebaiknya hindari kandang yang lembab dan panas agar ayam tidak saling mematuk. Berikan fentilasi yang cukup, sehingga udara di dalam kandang bisa berganti dan tidak lembab.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, jual DOC ayam jawa super, Harga DOC joper, cara mengatasi babon makan telur, bebek makan bulu temanya, cara mengatasi bebek kanibal, Harga Ayam Jawa Super, Jual Ayam Jawa Super
Ayam Jawa Super
  1. Usia ayam yang tidak seimbang

Usia antar ayam yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan ayam saling patuk mematuk. Ayam yang fisiknya kuat cenderung lebih suka mematuk ayam lain yang badannya lebih kecil dan fisiknya yang lemah. Hindari menempatkan ayam yang berbeda usia dalam satu kandang, jika berbeda usia usahakan tidak terlalu jauh. Terkadang pertumbuhan ayam yang tidak seragam secara bertahap perlu Anda seleksi dan dipisahkan antara ayam yang cepat pertumbuhannya dengan ayam yang kurang cepat pertumbuhannya. Selain untuk menghindari sifat kanibalisme, Anda juga bisa memberikan kesempatan pada ayam yang pertumbuhannya cukup lambat untuk mendapatkan makanan yang cukup.

  1. Kekurangan makanan dan minuman

Kekurangan makan dan minum merupakan faktor yang sangat berpengaruh besar terhadap aksi ayam yang saling patuk mematuk untuk mempertahankan diri dari kelaparan dan haus. Kekurangan makan dan minum ini bisa mengakibatkan aksi patuk mematuk bulu-bulu atau bagian tubuh hewan yang lainnya. Untuk mengatasinya bisa dengan memberikan tambahan mineral ke dalam minumannya dan bisa memberikan sayur dan buah buahan yang segar.

Ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah patuk mematuk antar ayam, yaitu dengan memberikan daun pepaya atau daun singkong yang Anda gantungkan di sudut-sudut kandang. Cara ini bisa mengurangi ayam yang saling patuk mematuk.

Ada beberapa alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aksi patuk mematuk antar ayam adalah

  1. Debeaking

Debeaking adalah proses pemotongan paruh, ini merupakan cara yang dianggap baik sampai sekarang untuk mencegah timbulnya kanibalisme. Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh para peternak untuk mencegah kanibalisme, terutama pada ayam yang sering berkelompok. Pemotongan paruh ayam saat ayam berusia 1 minggu memberikan keuntungan yang jauh lebih mudah karena paruhnya masih lunak, di samping itu apabila ayam mengalami stres akibat pemotongan paruh, maka akan tersedia waktu yang cukup panjang untuk mengembalikan kondisinya seperti keadaan semula. Debeaking yang dilakukan terlalu keras terhadap ayam akan memperlambat dewasa kelamin dan berat badan ayam akan berangsur-angsur turun. Cara ini sering dilakukan pada anak ayam yang berusia muda. Pemotongan paruh dilakukan pada anak ayam yang baru berumur 1 hari atau berumur 6-9 hari. Yang perlu Anda ingat jangan memotong paruh ayam saat ayam berumur 2-3 hari, karena akibat yang ditimbulkan dapat lebih buruk yaitu penurunan konsumsi makannya. Terdapat 2 metode debeaking yaitu hot debeaking dan cold debeaking. Hot debeaking digunakan alat yang berupa pisau pemotong yang dipanaskan dengan suhu 1110o f – 1500o f, sehingga dapat mematikan jaringan dari paruh, bila pelaksanaannya baik dan tepat, maka Anda tidak perlu melakukan pengulangan kembali. Sedangkan untuk cold debeaking dilakukan terutama pada anak ayam, karena tidak terdapat pembakaran yang dapat mematikan jaringan paruh, sehingga sering terjadi pertumbuhan kembali sampai mencapai panjang yang melebihi batas normal. Cold debeaking perlu dilakukan pengulangan kembali sebelum ayam mencapai umur dewasa. 

Teknik Debeaking
Teknik Debeaking

Cara debeaking terdapat 2 variasi, yaitu :

  1. Conventional debeaking, yaitu pemotongan yang dilakukan untuk memberikan hasil paruh bagian atas lebih pendek dari bagian paruh bawahnya.
  2. Block debeaking, adalah pemotongan yang dilakukan untuk memberikan hasil paruh bagian atas sama panjangnya dengan paruh bawahnya.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, Harga DOC ayam kampung super, cara mengatasi babon makan telur, bebek makan bulu temanya, cara mengatasi bebek kanibal, Ternak Ayam Kampung Super, Harga Ayam Kampung Super, Jual Ayam Kampung Super

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: