6 Penyebab Ayam Joper Kanibal dan Cara Penanganannya

Sebelum kita membahas mengenai kenapa ayam joper kanibal, apakah Anda tahu apa itu kanibal?

Kanibal atau kanibalisme ayam adalah perilaku dimana ayam memakan atau mematuk bagian tubuh ayam lainnya baik itu pada bagian daging, bulu kepala ataupun bagian tubuh lainnya.

Perilaku kanibalisme tidak hanya antar ayam yang memiliki umur yang sama, namun bisa juga dengan ayam yang berbeda umur. Kanibalisme ayam juga bisa terjadi pada ayam yang sehat ataupun ayam yang sedang sakit.

Ayam yang mengalami kanibalisme dapat menyebabkan cedera dan bahkan bisa terjadi kematian pada ayam yang menjadi korban.

Contoh ayam yang terjadi kanibalisme | image 1
Contoh ayam yang terjadi kanibalisme | image 1

Tentu hal tersebut apabila terjadi secara terus menerus dan tidak segera ditangani maka akan menjadi masalah serius dalam peternakan ayam. Sehingga produktivitas ayam akan terganggu dan peternak akan mengalami kerugian.

Semua jenis ayam bisa mengalami kanibalisme tak terkecuali ayam joper. Meskipun ayam joper terkanal dengan tahan akan penyakit, namun apabila manajamen pemeliharaan yang dilakukan peternak tidak sesuai maka ayam bisa terjangkit penyakit dan juga kanibalisme.

6 Penyebab Ayam Joper Mengalami Kanibalisme dan Penanganannya

1. Overcrowding (kerumunan)

Kandang yang sempit atau terlalu banyak ayam yang dimasukkan ke dalam kandang akan membuat ayam merasa tidak nyaman dan stress. Akibatnya ayam menjadi saling menyakit ayam yang lainnya.

Untuk penanganannya yaitu peternak harus menyediakan luas kandang yang cukup sesuai dengan kapasitas ayam yang seharusnya.

2. Kekurangan nutrisi

Biasanya ayam yang kekurangan nutrisi pada tubuhnya, juga bisa menjadikan ayam menjadi kanibal. Ayam akan mencari makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Baca Juga!  Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Ayam

Untuk penanganannya yaitu peternak dapat memberikan pakan yang seimbang dan berkualitas tinggi serta memberikan air minum yang bersih.

3. Tempat pakan dan minum sedikit

Kekurangan tempat pakan dan minum bisa menyebabkan ayam saling berebut untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Saling berebut itulah yang bisa menyebabkan ayam menjadi saling mematuk atau menyakiti ayam lainnya, sehingga terjadilah kanibalisme.

Untuk penangannaya yaitu peternak harus menyediakan tempat pakan dan minum yang cukup sesuai dengan kapasitas ayam yang diternak. Jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.

4. Kondisi cuaca yang ekstrem

Kanibal bisa juga terjadi karena cuaca yang ekstrem. Cuaca ekstrem yang dimaksut yaitu kadang curah hujan tinggi, lalu tiba tiba panas ataupun sebaliknya.

Untuk penanganannya yaitu peternak selalu siaga untuk mengatur pemanas ataupun tirai pada kandang ayam joper.

Jika saat musim penghujan peternak bisa memberikan pemanas yang cukup. Namun apabila musim kemarau atau panas yang suhunya tinggi, peternak bisa menggunakan blower atau membuka tirai kandang agar ayam tidak merasa kepanasan.

5. Munculnya parasit di tubuh ayam joper

Biasanya parasit yang bisa menyebabkan ayam menjadi kanibalisme yaitu parasit luar contohnya yaitu pinjal, tungau, kutu dan caplak. Ayam yang terkena parasit biasanya akan mematuk tubuhnya yang terasa gatal sehingga bisa sampai berdarah.

Untuk penanganannya yaitu peternak harus selalu membersihkan kandang secara teratur.

6. Faktor penerangan pada saat malam hari

Peternak yang memberikan lampu saat malam hari terlalu terang biasanya juga bisa mengakibatkan ayam menjadi kanibal.

Pasalnya ayam akan merasa bahwa itu siang hari dan akhirnya ayam melakukan aktivitas seperti waktu siang hari contohnya berkelahi atau menyerang ayam-ayam lainnya.

Baca Juga!  7 Poin Penting dalam Mengelola Alas Kandang/Liter yang Baik

Untuk penanganannya yaitu pada malam hari lampu penerangan di kurangi atau bisa juga lampu yang di hidupkan di bagian luar kandang saja.

Ayam kanibal bisa terjadi kapan saja dan harus ditangani secepatnya | image 2
Ayam kanibal bisa terjadi kapan saja dan harus ditangani secepatnya | image 2

Selain beberapa penganggulangan ayam kanibal tersebut, peternak juga bisa melakukan potong paruh ayam.

Dengan mengetahui penyebab dan cara penanganan ayam joper yang kanibal diharapkan peternak dapat mengurangi risiko terjadinya perilaku kanibal pada ayam dan meningkatkan produktivitas peternakan ayam secara keseluruhan.

Anda juga bisa cek artikel tentang “Panduan Singkat Ternak Ayam Joper” agar bisa mengetahui cara tepat beternak ayam joper. 

Semoga bermanfaat..

Penyebab Ayam Joper Mengalami Kanibalisme | image 3
Penyebab Ayam Joper Mengalami Kanibalisme | image 3

Kenapa ayam gelisah?

Ada beberapa faktor kenapa ayam menjadi gelisah dan stress. Diantaranya yaitu perubahan cuaca yang ekstrem, ayam sakit, ventilasi kandang kurang, banyak orang asing yang masuk di dalam kandang dan lain sebagainya.

Ayam kanibal itu apa?

Yang dimaksud ayam kanibal adalah ayam yang saling mematuk atau menyakiti ayam lainnya. Ayam yang terkena kanibalisme biasanya akan muncul luka-luka atau darah di bagian tubuhnya.

Sesia bibit atau DOC ayam Joper dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Pengiriman aman dan BERGARANSI sampai diterima. 

Silahkan hubungi nomor telepon dibawah ini baik untuk pemesanan atau konsultasi : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (10 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA