DOC ayam kampung super merupakan salah satu ayam konsumsi yang cukup banyak peminatnya di tanah air. Jika beberapa tahun yang lalu permintaan terbanyak masih didominasi peternak di pulau Jawa maka dalam beberapa tahun belakangan ini peternak luar Jawa cukup mendominasi permintaan DOC joper. Salah satu tujuan pengiriman kami adalah kota Magetan di Jawa Timur. Untuk Magetan karena tidak mempunyai stasiun jadi bisa kami kirimkan via kereta pengambilan di stasiun Madiun.

Magetan
Magetan salah satu wilayah pengiriman doc joper

Kota Magetan

Kota Magetan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah.
Kabupaten Magetan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri.  Kabupaten ini cukup banyak mempunyai tempat wisata yang menarik. Sehingga wisatawan lokal dan domestik perlahan mengalami peningkatan dan berpengaruh pada perekonomian masyarakat sekitarnya.

Telaga Sarangan Magetan
Telaga Sarangan Magetan

Selain dari sektor wisata yang terus ditingkatkan sarana dan prasarana guna meningkatkan sektor perekonomian, sektor peternakan saat ini juga mengalami peningkatan. Adanya tren baru dikalangan peternak untuk memelihara anakan atau day of chicken ayam kampung super.

Ayam JOPER
JOPER (Ayam Kampung Super)

Ayam Kampung Super/Joper

Ayam kampung super berbeda dengan ayam kampung yang biasa kita kenal. Jika dilihat dari postur tubuhnya maka kita akan kesulitan membedakan antara ayam kampung biasa dengan ayam kampung super. Namun jika dilihat dari warnanya maka akan terlihat jika persentase warna putih lebih banyak dibandingkan ayam kampung biasa. Pada umumnya ayam kampung super mempunyai warna hitam, coklat dan putih. Sedangkan pada ayam kampung biasa warnanya lebih beragam.

Diantara kelebihan ayam kampung super (JOPER) yang paling menonjol adalah pertumbuhannya yang lebih cepat dibandingkan ayam kampung biasa, lebih tahan penyakit, dagingnya yang lezat sama seperti ayam kampung biasa dan harga jual dagingnya yang cukup tinggi.

DOC Joper usia baru saja menetas atau sekitar 1 hari
DOC Joper usia baru saja menetas atau sekitar 1 hari

Perlakuan Joper dengan iklim yang berbeda-beda

Ayam kampung super dapat dipelihara di berbagai iklim. Seperti kita ketahui iklim Indonesia adalah tropis. Di beberapa wilayah ada perbedaan seperti Bogor dan Malang yang suhunya lebih rendah. Untuk joper, hal tersebut dapat ditanggulangi dengan pemberian pemanas buatan sehingga suhu kandang menjadi stabil.

Pada saat cuaca cukup ekstrem yang ditandai dengan beberapa gejala seperti , suhu yang sangat dingin terus menerus, suhu panas yang berkepanjangan atau perbedaan suhu antara siang dan malam yang cukup jauh. Hal tersebut bila tidak dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan maka akan mengakibatkan stamina ayam menjadi menurun.

Hal lain yang perlu dipelajari pada saat beternak joper adalah upaya pencegahan terhadap virus dan bakteri. Ada beberapa perbedaan antara gejala, cara pencegahan dan penanggulan antara penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk lebih jelasnya bisa kita mempelajari satu per satu.

Beberapa hal mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus:

  1. Unggas yang sakit disebabkan virus kematiannya cepat dan mendadak.
  2. Penyebaran virus cukup cepat dan dapat meluas dalam waktu yang singkat
  3. Untuk penanganan bisa diberikan dengan pemberian vitamin A, vitamin C dan vitamin E.
  4. Cara pencegahan dengan vaksinasi sesuai kategori umur.
  5. Beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya Newcastle disease (ND) atau tetelo, mata berair dan sulit bernafas, kejang- kejang pada DOD bebek dan mata biru.
virus
Virus

Beberapa hal mengenai penyakit disebabkan oleh bakteri diantaranya :

  1. Kematian lebih lama, terkadang unggas beberapa hari mengalami sakit sebelum ajal
  2. Pada awalnya tingkat kematiannya sedikit namun berangsur-angsur semakin banyak
  3. Pengobatan dengan antibiotik dan kandang perlu dilakukan penyemprotan dengan menggunakan desinfentan
  4. Untuk langkah pencegahan perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang
  5. Beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh bakteri diantaranya adalah berak kapur, snot/ pilek, ngorok dan bengkak pada mata sebelah bawah.

Dilihat dari dampaknya terlihat jelas bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus cukup mematikan jika tidak segera mendapatkan penanganan yang optimal.

Untuk ayam yang kita pelihara perlu kita menjaga kesehatannya dengan pemberian vitamin dan pemberian pakan yang bernutrisi. Untuk bahan pakan selain konsentrat adalah jagung kuning giling, bekatul, dedak dan bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita yang mengandung nutrisi.

Proses pengiriman DOC

Untuk DOC yang dikirimkan via kereta sebelumnya mengalami proses pensortiran dimana DOC yang bobotnya kurang dari standar akan dipisahkan dan tidak akan dikirimkan. Disamping itu yang mempunyai cacat pada kaki atau bagian tubuh yang lain juga akan dipisahkan. Sehingga DOC yang terkirim dipilih yang sehat, tidak cacat, mempunyai standar bobot dan siap dikirimkan.

Untuk mengantisipasi terjadi kematian maka di dalam boks kami berikan bonus 2 ekor. Untuk penambahan bonus tergantung kebijaksanaan bagian penetasan. Dari pengalaman dalam mengirimkan DOC tujuan stasiun, tingkat kematiannya sangat rendah. Hal ini di sebabkan DOC yang kami kirimkan pada saat DOC umur 1 hari sehingga aman dikirimkan karena masih mempunyai cadangan makanan di dalam tubuhnya hingga DOC tersebut berumur 3 hari.

Pengiriman DOC Joper via kereta
Pengiriman DOC Joper via kereta

Penggunaan transportasi dari stasiun ke lokasi kandang

Untuk transportasi dari stasiun menuju kandang perlu dipertimbangkan beberapa hal karena turut mempengaruhi tingkat kematian saat tiba di kandang. Jika jumlah yang dibawa beberapa boks bisa menggunakan mobil keluarga sedangkan untuk jumlah yang lebih banyak bisa menggunakan mobil pick – up atau truck. Namun pada saat musim hujan perlu dibawa peralatan tambahan seperti terpal. namun terbal tersebut hanya dipasang di bagian atas sedangkan bagian kiri atau kanan pick – up atau truck dibiarkan terbuka untuk ventilasi udara bagi DOC.

Bagi pemilik motor juga bisa menggunakan model transportasi tersebut dengan syarat kondisinya tidak sedang turun hujan. Dengan metode pendistribusian yang tepat maka akan mengurangi resiko terjadinya kematian. Sehingga peternak tidak mengalami kerugian karena adanya kematian saat dikirimkan ke kandang.

Untuk DOC yang dikirim via kereta kami memberikan garansi jika ada kematian diatas 10 persen dan peternak mendapatkan berita acara dari kargo hewan maka kami akan kembalikan senilai ayam yang mati tersebut. Sehingga peternak tidak perlu khawatir akan keselamatan DOC tersebut.

Apabila Anda tertarik untuk beternak DOC Ayam Kampung Super atau Joper silahkan bisa hubungi kami. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
harga doc atau bibit joper , harga doc atau bibit ayam kampung super, pengiriman DOC atau bibit ayam kampung super (joper), jual doc atau bibit ayam kampung super (joper), kandang ayam kampung super, doc atau bibit ayam kampung super (joper) magetan, pengiriman DOC atau bibit ayam kampung super (joper) magetan

Yuni Ambarwati


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: