5 Tahap Mempersiapkan Kandang Ayam JOPER/ Ayam Kampung Super

Sebelum beternak ayam kampung super, peternak perlu menyiapkan kandang terlebih dahulu. Hal ini dikarekan kandang sangat di perluakan oleh ayam.

Kandang berfungsi untuk berlindung dari musuh atau mangsa, berkembang biak, melindungi dari terik sinar matahari atau hujan dan masih banyak lagi fungsi dari kandang ayam.

Kandang postal menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi ternak ayam joper | image 1 facebook.com
Kandang postal menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi ternak ayam joper | image 1

Memelihara ayam kampung dengan umbaran memang bisa, namun untuk meningkatkan produksi, budidaya ayam kampung super sebaiknya dilakukan secara intensif.

Dengan teknik pemeliharaan yang baik, manajemen pakan yang tepat, dan pemilihan bibit yang berkualitas akan mempegaruhi hasil panen menjadi lebih maksimal.

Tahapan Memepersiapkan Kandang Ayam Kampung Jawa Super

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Lokasi kandang ayam joper perlu diperhitungkan dengan matang, seperti mendukung dari segi teknik, pertumbuhan, pemeliharaan dan perawatan, jauh dari permukiman.

Usahakan agar pembuatan kandang berada di lingkungan yang kondusif, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, menerima sinar matahari yang cukup, sirkulasi udara yang baik dengan kelembapan maksimal 70%, dan mudahnya akses transportasi untuk proses pengangkutan.

Contoh kandang yang lokasinya Jauh dari pemukiman | image 2 kedaiborongagro.wordpress.com
Contoh kandang yang lokasinya Jauh dari pemukiman | image 2

2. Pembuatan Kandang

Setelah lokasi sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya yaitu menyediakan kandang yang representatif.

Kandang yang tidak representatif akan menyebabkan pertumbuhan ayam menjadi tidak optimal dan mudah terserang penyakit.

Kandang yang baik tidak harus mahal, Anda bisa membuat kandang ayam sederhana dengan biaya yang murah, contohnya kandang dari bambu.

Cara membuat kandang dari bambu tidak terlalu rumit. Cukup dari bambu yang dibelah, kemudian bagian sisi kandang dibuat dari ruji-ruji bambu dengan jarak kurang lebih 1.5-2 cm agar mendapat sirkulasi udara yang baik.

Bambu sebagai bahan baku pembuatan kandang ayam | image 3
Bambu sebagai bahan baku pembuatan kandang ayam | image 3

Ukuran kandang memang perlu disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternakkan. Hal tersebut juga berhubungan dengan jumlah modal yang dimiliki dan kemampuan memasarkan hasil panen.

Baca Juga!  Cara Mudah Ternak Ayam Joper-BONUS Analisis Ternak Kapasitas 100 Ekor

Contoh kandang ayam kampung super yang baik yaitu kandang postal dengan lantai tanah yang dilapisi sekam, serbuk gergaji, dan kapur setebal kurang lebih 10-15 cm.

Kandang tidak dibuat kandang panggung. Hal ini dikarenakan ayam kampung memiliki sifat suka menggaruk-garuk tanah untuk mencari makanan.

Kandang postal untuk ternak ayam joper sangat cocok untuk diternakkan | image 4 kandang--0.blogspot.com
Kandang postal untuk ternak ayam joper sangat cocok untuk diternakkan | image 4

Namun, ketika masih anakan, bibit Ayam Kampung Super dimasukkan ke dalam kandang doc joper yang baik (kandang pembesaran).

Kandang bisa dibuat postal atau berbentuk box. Cara membuat kandang box juga mudah, yang paling utama yaitu memperhatikan suhu kandang DOC.

Kandang ditutup terpal atau terbuat dari papan sehingga suhunya relatif hangat, terjaga dan terlindungi dari predator.

3. Peralatan Kandang

Setelah memiliki kandang yang ideal baik dari sisi lokasi maupun dari pembuatan kandang selanjutnya hal yang harus dipersiapkan yaitu peralatan yang harus di gunakan untuk memaksimalkan pemeliharaan. 

a. Tempat Pakan

Salah satu peralatan yang cukup penting untuk pembesaran ayam adalah tempat pakan ayam JOPER. Penggunaan tempat pakan ini dibedakan sesuai usia ayam.

Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan untuk masa strater - finisher | image 5 peralatan-kandangayam.com
Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan untuk masa strater – finisher | image 5

a. Masa Starter

Saat masa starter terutama pada masa awal pemeliharaan DOC (umur 1-5 hari) biasanya tempat pakan yang di gunakan berupa feeder tray atau nampan plastik khusus untuk wadah pakan DOC. Dalam 1 kandang kapasitas 100 ekor DOC JOPER dapat menggunakan 4 buah feder tray.

Nahh, setelah ayam JOPER berusia 5-10 hari tempat pakan dapat diganti dengan baby chick feeder. Penggunaan baby chick feeder mempunyai fungsi yaitu pakan tidak aka lagi terinjak-injak oleh ayam sebagaimana pakan saat di letakkan di feeder tray. 

Saat JOPER sudah berusia lebih dari 10 hari, maka anak ayam sudah bisa mengonsumsi pakan yang ditempatkan di tempat pakan gantung. Tempat pakan gantung ada dua macam yaitu manual dan otomatis. Anda dapat memili ingin menggunakan pakan gantung manual atau otomatis. 

Baca Juga!  5 Persiapan yang Dibutuhkan Saat Memanen Ayam Kampung Super

b. Masa Finisher

Untuk tempat pakan pada saat masa finisher bisa menggunakan pakan gantung manual atau otomatis.

b. Tempat minum

Untuk tempat minum, sebagian para peternak lebih memilih tempat minum yang manual. Hal tersebut karena harga tempat minum manual lebih murah dan terjangkau ketimbang yang otomatis. Namun hal tersebut kembali lagi dari para peternak ingin menggunakan yang otomatis atau manual. 

4. Pemanas

Untuk pemanas dalam memelihara JOPER ada beberapa jenis alat yang digunakan oleh peternak contohnya semawar, gasolek atau bohlam. Ada juga dari sebagian peternak yang menggunakan kayu bakar yang dimasukkan di dalam tong besi untuk pemanas. 

a. Chick Guard

Chick Guard adalah peralatan pemeliharaan DOC JOPER yang berupa lembaran seng dengan tinggi 60 cm yang terpasang membentuk lingkaran. Untuk diameternya dapat disesuaikan dengan jumlah DOC yang dipelihara. Chick guard ini akan selesai digunakan bersamaan dengan selesainya penggunaan pemanas. 

Contoh Brooding yang dapat diterapkan untuk ternak ayam joper usia anakan | image 8
Contoh Brooding yang dapat diterapkan untuk ternak ayam joper usia anakan | image 8

Fungsi chick guard ini adalah untuk membatasi DOC bergerak dan menjaga pemanas tidak menyebar ke seluruh bagian kandang. Chick guard digunakan pada kandang brooding dan juga sekaligus kandang pembesaran. Namun untuk kandang brooding yang kandangnya berukuran kecil peralatan ini tidak di pergunakan. 

5. Tirai kandang

Yang terakhir yaitu penggunaan tirai kandang. Untuk kandang pembesaran tirai kandang yang digunakan bisa dengan terpal atau plastik bening. Dari kedua bahan tersebut, peternak biasanya lebih suka menggunakan terpal karena lebih tahan lama. 

Contoh penerapan tirai kandang agar tidak terlalu banyak angin yang masuk di dalam kandang | image 9 slideshare.net
Contoh penerapan tirai kandang agar tidak terlalu banyak angin yang masuk di dalam kandang | image 9

Pengaplikasian tirai kandang terdapat 2 jenis yaitu :

  1. Pemasangan tirai kandang di sekeliling chick guard dan pemanas pada saat masa brooding.
  2. Pemasangan tirai kandang di sekeliling kandang, baik sejak masa brooding sampai setelah selesai masa brooding. Hal tersebut untuk menghindari terpaan angin. 
Baca Juga!  Intip Yuk Harga DOC Ayam Joper Purwokerto dan Sekitarnya

Bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha ternak ayam joper kami menyediakan DOC ayam kampung super/ joper usia baru saja menetas dengan harga terjangkau dan siap mengirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya dan untuk mendapatkan daftar harga ayam joper lebih lengkapnya silahkan klik link berikut ini ya :

>> DAFTAR HARGA LENGKAP AYAM JOPER <<

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB

Kata terkait :
ukuran kandang doc 100 ekor, cara membuat kandang dari bambu, contoh kandang ayam, kandang ayam sederhana, gambar kandang ayam joper, kandang doc yang baik, cara membuat kandang box, kandang postal

<Duwi Kristinawati>


Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA