2 Tahap Mempersiapkan Kandang Ayam Kampung Jawa Super (JOPER) – Daging ayam merupakan salah satu lauk favorit masyarakat Indonesia. Permintaan akan daging ayam tidak pernah surut. Hal ini dapat memberikan peluang yang cukup besar untuk memulai beternak ayam. Ayam Kampung merupakan jenis ayam yang disukai. Cita rasa daging gurih dan khas memang membuatnya semakin digemari oleh semua kalangan. Namun sayangnya, masa panen ayam kampung terbilang cukup lama yaitu sekitar 6 bulan. Hal ini tidak sebanding dengan permintaan ayam yang terjadi setiap hari.

Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi modern, kini hadir Ayam Kampung Super atau biasa disebut ayam joper (Jowo Super). Ayam Kampung Super adalah hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam ras jenis petelur. Ayam Kampung Super memiliki pertumbuhan lebih cepat dibanding ayam kampung lokal. Masa panen ayam kampung super yaitu sekitar 60 hari atau 2 bulan dengan berat 8 ons – 1 kg.

Daging Ayam Kampung Super
Daging Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super memiliki ciri fisik atau tampilan yang hampir sama dengan ayam kampung lainnya. Ayam kampung super hadir karena banyak para peternak yang mengeluh karena lamanya menikmati hasil dari beternak ayam kampung. Maka dari itu hadirlah inovasi terbaru yaitu ayam kampung super yang dapat menghasilkan panen lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Berikut ciri-ciri Ayam Kampung Super atau Joper :

  • Memiliki ukuran DOC lebih besar
  • Warna bulu dominan putih dan kuning serta ada sedikit bermunculan abu-abu, coklat dan hitam
  • Memiliki sifat lincah
  • Tingkat kematian ayam ini lebih rendah di bandingkan dengan ayam kampung biasa
  • Harga ayam kampung super lebih murah
  • Memiliki kemampuan bertelur secara terus-menerus namun tidak memiliki sifat mengeram
  • Tahan terhadap penyakit
  • Masa panen sekitar 60 hari atau 2 bulan
DOC Ayam Joper
DOC Ayam Joper

Sebelum beternak Ayam Kampung Super, perlu menyiapkan kandang terlebih dahulu. Kandang sangat di perluakan oleh ayam. Kandang berfungsi untuk berlindung dari musuh atau mangsa, berkembang biak, melindungi dari terik sinar matahari atau hujan dan masih banyak lagi fungsi dari kandang ayam. Memelihara ayam kampung dengan umbaran memang bisa. Namun untuk meningkatkan produksi, budidaya Ayam Kampung Super sebaiknya dilakukan secara intensif, teknik pemeliharaan yang baik, manajemen pakan yang tepat, dan pemilihan bibit yang berkualitas.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Berikut tahap memepersiapkan kandang Ayam Kampung Jawa Super :

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Lokasi kandang perlu diperhitungkan dengan matang, seperti mendukung dari segi teknik, pertumbuhan, pemeliharaan dan perawatan, jauh dari permukimanberada di lingkungan yang kondusif, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, menerima sinar matahari yang cukup, sirkulasi udara yang baik dengan kelembapan maksimal 70%, dan mudahnya akses transportasi untuk proses pengangkutan.

Pemilihan Lokasi Kandang Untuk JOPER
Pemilihan Lokasi Kandang Untuk JOPER

2. Pembuatan Kandang

Setelah lokasi sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya yaitu menyediakan kandang yang representatif. Kandang yang tidak representatif akan menyebabkan pertumbuhan ayam menjadi tidak optimal dan mudah terserang penyakit. Kandang yang baik tidak harus mahal, Anda bisa membuat kandang ayam sederhana dengan biaya yang murah, contohnya kandang dari bambu. Cara membuat kandang dari bambu tidak terlalu rumit. Cukup dari bambu yang dibelah, kemudian bagian sisi kandang dibuat dari ruji-ruji bambu dengan jarak kurang lebih 1.5-2 cm agar mendapat sirkulasi udara yang baik.

Bambu sebagai Bahan Baku Pembuatan kandang Bebek
Bambu sebagai Bahan Baku Pembuatan kandang Ayam

Ukuran kandang memang perlu disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternakkan. Hal tersebut juga berhubungan dengan jumlah modal yang dimiliki dan kemampuan memasarkan hasil panen. Contoh kandang ayam kampung super yang baik yaitu kandang postal dengan lantai tanah yang dilapisi sekam, serbuk gergaji, dan kapur setebal kurang lebih 10-15 cm. Kandang tidak dibuat kandang panggung. Hal ini dikarenakan ayam kampung memiliki sifat suka menggaruk-garuk tanah untuk mencari makanan.

Kandang Postal
Kandang Postal

Namun, ketika masih anakan, bibit Ayam Kampung Super dimasukkan ke dalam kandang doc yang baik (kandang pembesaran). Kandang bisa dibuat postal atau berbentuk box. Cara membuat kandang box juga mudah, yang paling utama yaitu memperhatikan suhu kandang DOC. Kandang ditutup terpal atau terbuat dari papan sehingga suhunya relatif hangat, terjaga dan terlindungi dari predator.

3. Peralatan Kandang

Setelah memiliki kandang yang ideal baik dari sisi lokasi maupun dari pembuatan kandang selanjutnya hal yang harus dipersiapkan yaitu peralatan yang harus di gunakan untuk memaksimalkan pemeliharaan. 

a. Tempat Pakan
Tempat Pakan Ayam JOPER
Tempat Pakan Ayam JOPER

Salah satu peralatan yang cukup penting untuk pembesaran ayam adalah tempat pakan ayam JOPER. Penggunaan tempat pakan ini dibedakan sesuai usia ayam.

Masa Starter

Saat masa starter terutama pada masa awal pemeliharaan DOC (umur 1-5 hari) biasanya tempat pakan yang di gunakan berupa feeder tray atau nampan plastik khusus untuk wadah pakan DOC. Dalam 1 kandang kapasitas 100 ekor DOC JOPER dapat menggunakan 4 buah feder tray.

Nahh, setelah JOPER berusia 5-10 hari tempat pakan dapat diganti dengan baby chick feeder. Penggunaan baby chick feeder mempunyai fungsi yaitu pakan tidak aka lagi terinjak-injak oleh ayam sebagaimana pakan saat di letakkan di feeder tray. 

Saat JOPER sudah berusia lebih dari 10 hari, maka anak ayam sudah bisa mengonsumsi pakan yang ditempatkan di tempat pakan gantung. Tempat pakan gantung ada dua macam yaitu manual dan otomatis. Anda dapat memili ingin menggunakan pakan gantung manual atau otomatis. 

Masa Finisher

Untuk tempat pakan pada saat masa finisher bisa menggunakan pakan gantung manual atau otomatis.

b. Tempat minum

Untuk tempat minum, sebagian para peternak lebih memilih tempat minum yang manual. Hal tersebut karena harga tempat minum manual lebih murah dan terjangkau ketimbang yang otomatis. Namun hal tersebut kembali lagi dari para peternak ingin menggunakan yang otomatis atau manual. 

c. Pemanas dan Chick Guard

Peralatan selanjutnya yang dibutuhkan untuk pembesaran ayam JOPER yaitu pemanas dan chick guard. Penggunaan pemanas dan chick guard selama masa brooding. 

Pemanas

Untuk pemanas dalam memelihara JOPER ada beberapa jenis alat yang digunakan oleh peternak contohnya semawar, gasolek atau bohlam. Ada juga dari sebagian peternak yang menggunakan kayu bakar yang dimasukkan di dalam tong besi untuk pemanas. 

Brooding
Contoh Brooding
Chick Guard

Chick Guard adalah peralatan pemeliharaan DOC JOPER yang berupa lembaran seng dengan tinggi 60 cm yang terpasang membentuk lingkaran. Untuk diameternya dapat disesuaikan dengan jumlah DOC yang dipelihara. Chick guard ini akan selesai digunakan bersamaan dengan selesainya penggunaan pemanas. 

Fungsi chick guard ini adalah untuk membatasi DOC bergerak dan menjaga pemanas tidak menyebar ke seluruh bagian kandang. Chick guard digunakan pada kandang brooding dan juga sekaligus kandang pembesaran. Namun untuk kandag brooding yang kandangnya berukuran kecil peralatan ini tidak di pergunakan. 

d. Tirai kandang

Yang terakhir yaitu penggunaan tirai kandang. Untuk kandang pembesaran tirai kandang yang digunakan bisa dengan terpal atau plastik bening. Dari kedua bahan tersebut, peternak biasanya lebih suka menggunakan terpal karena lebih tahan lama. 

v
Contoh Foto Tirai Kandang
Pengaplikasian tirai kandang terdapat 2 jenis yaitu :
  1. Pemasangan tirai kandang di sekeliling chick guard dan pemanas pada saat masa brooding.
  2. Pemasangan tirai kandang di sekeliling kandang, baik sejak masa brooding sampai setelah selesai masa brooding. Hal tersebut untuk menghindari terpaan angin. 

Berikut beberapa contoh gambar kandang ayam joper :

Kandang Ayam Kampung
Contoh Kandang Ayam Kampung
Kandang Ayam Kampung
Kandang Boks
Kandang Ayam Kampung
Kandang Postal

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ukuran kandang doc 100 ekor, cara membuat kandang dari bambu, contoh kandang ayam, kandang ayam sederhana, gambar kandang ayam joper, kandang doc yang baik, cara membuat kandang box, kandang postal

<Duwi Kristinawati>



0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: