Penyebab DOC atau Anak Ayam Mati

Berbicara tentang dunia peternakan memang tidak ada habisnya. Pasalnya dunia peternak saat ini sudah populer di masyarakat dan banyak digandrungi. Peternakan ayam menjadi salah satu bisnis yang cukup mumpuni dan menguntungkan bagi pelakunya. Pelaku bisnis ini banyak dilakukan mulai dari anak – anak muda hingga dewasa, ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama dan sebagai pekerjaan sampingan guna menambah penghasilan untuk biaya hidup.

Dunia peternakan yang kebanyakan diterapkan di setiap daerah ini yakni ternak ayam, mulai dari ayam pedaging hingga petelur. Pemeliharaan ayam banyak dipilih karena memiliki masa pemeliharaan yang mudah serta hasil panenan yang cukup singkat. Pemeliharaan ayam ini pun dimulai dari usia DOC/ Bibit. DOC atau kepanjanganya Day Old Chicken ini dipelihara mulai dari usia baru saja menetas. Biasanya pabrik – pabrik penetasan menyediakan DOC/ Bibit ayam yang berkulitas untuk siap dikirimkan ke daerah – daerah pemesan.

Penyebab DOC atau Anak Ayam Mati | cover
Penyebab DOC atau Anak Ayam Mati | cover

Tentu dalam pengiriman DOC ayam ini, ayam perlu diseleksi atau disortir sebelum ayam sampai ke tangan pembeli. Penyortiran ayam ini dilakukan seperti mengecek kelengkapan tubuh ayam yang sempurna. Bila ayam sudah dalam keadaan sehat, lincah dan berkualitas maka ayam sudah siap dikirimkan. Apakah DOC/ Bibit ayam tersebut aman bila dikirimkan ke dalam pulau dan luar pulau ? Jawabanya adalah “sangat aman”.. Hal ini dikarenakan DOC/ Bibit ayam dapat masih memiliki cadangan makan berupa kuning telur yang ada di dalam tubuhnya. Sehinngga dapat dikatakan DOC/ Ayam mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum selama tiga hari.

Untuk mendapatkan DOC yang sehat tentu juga dipengaruhi oleh tata cara pemeliharaan yang baik. Karena jika peternak melakukan pemeliharaan yang asal – asalan akan mengakibatkan DOC/ Bibit ayam yang dipelihara menjadi tidak seimbang dalam pertumbuhannya, bahkan bisa megakibatkan kematian dini.

Baca juga : Peluang Bisnis Ternak Ayam JOPER / Ayam Kampung Super

Bagaimana Cara Mengetahui Penyebab Kematian Dini pada Anak Ayam ?

DOC atau kepanjangan dari Day Old Chicken merupakan anak ayam yang masih berusia 1 – 7 hari atau seminggu. Banyak anak ayam yang mengalami kematian pada usia satu minggu hingga satu bulan. Tidak menutup kemungkinan juga pemeliharaan yang diterapkan oleh peternak menjadi salah satu penyebabnya.

Bila pemeliharaan pada masa keemasan ini terjadi sangat baik maka keberhasilan peternak dalam pemeliharaan usia berikutnya akan terjamin. | weanimalsmedia.org
Bila pemeliharaan pada masa keemasan ini terjadi sangat baik maka keberhasilan peternak dalam pemeliharaan usia berikutnya akan terjamin. | weanimalsmedia.org

Masa pertumbuhan DOC ayam dari usia satu hari menuju usia satu bulan merupaka masa keemasan bagi anak ayam. Karena pada usia inilah pakan dan aspek pemeliharan yang lain menjadi salah satu pendukung terbentuknya organ – organ tubuh si anak ayam. Bila pemeliharaan pada masa keemasan ini terjadi sangat baik maka keberhasilan peternak dalam pemeliharaan usia berikutnya akan terjamin.

Agar tidak terjadi angka kematian DOC yang cukup banyak, maka peternak perlu untuk mengantisipasi dan mengambil langkah – langkah yang tepat. Berikut beberapa point penyebab kematian pada DOC/ bibit ayam berserta dengan langkah antisipasinya :

1. Dehidrasi

Dehidrasi ternyata tidak hanya dialami oleh manusia saja, ternyata DOC/ anak ayam dapat mengalami dehidrasi juga loh. Hal ini terjadi ketika pengangkutan telur dan pemasukan telur JOPER dalam mesin penetas. Selain itu jarak pengangkutan telur yang terlau jauh juga menyebabkan DOC menjadi dihidarasi. Ciri anak ayam dehidrasi dapat dilihat pada keadaan ayam yang terlihat lemas, lesu dan tidak lincah beraktifitas.

Ciri anak ayam dehidrasi dapat dilihat pada keadaan ayam yang terlihat lemas, lesu dan tidak lincah beraktifitas. | alatternakayam.com
Ciri anak ayam dehidrasi dapat dilihat pada keadaan ayam yang terlihat lemas, lesu dan tidak lincah beraktifitas. | alatternakayam.com

Tata laksana penetasan yang kurang baik seperti suhu di dalam mesin penetas yang terlalu panas dan suhu kelembaban yang tinggi menjadi salah satu penyebab anak ayam menjadi dehidrasi. Adapun untuk cara mengantisipasinya adalah sebagai berikut :

  • usahakan mengirimkan DOC/ Bibit ayam yang masih berusia satu hari
  • memberikan sayuran berupa kecambah saat pengiriman
  • memilih serta memperhatian umur telur tetas
  • memperhatikan penetasan seperti suhu dan kelembaban
  • memperhatikan kepadatan dan waktu pengiriman DOC
  • memilih kargo pengiriman hewan yang nyaman dan aman
  • memilih produsen penyedia DOC/ Bibit ayam yang terdekat

2. Kesalahan saat Vaksinasi

Pemberian vaksin memang sangat dianjurkan bagi ayam yang masih berusia DOC/ Bibit. Karena dengan vaksin kekebalan tubuh ayam akan menjadi meningkat sehingga DOC ayam tidak mudah terserang penyakit. Tetapi perlu diketahui pada peternak bahwa pemilihan dan pemberian vaksin yang tidak tepat dapat memberikan efek negatif terhadap DOC.

Padahal waktu dan jenis vaksin yang diberikan juga berbeda – beda. Sedangkan gejala yang ditimbulkan akibat kesalahan pemberian vaksin yakni DOC ayam menjadi tidak nafsu makan dan minum. Selain iyu kekebalan tubuh si ayam malah menjadi menurun sehingga sangat riskan terhadap virus, bakteri maupun serangan penyakit lainnya. Tetapi Anda sebagai peternak tidak perlu khawatir, berikut cara mengantisipasi :

Baca juga : 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Vaksin Ayam

Pemberian vaksin yang tidak tepat dapat menyebabkan anak ayam mati | shramajeeviimages.com
Pemberian vaksin yang tidak tepat dapat menyebabkan anak ayam mati | shramajeeviimages.com
  • berikan vaksin pada DOC ayam yang sehat
  • berikan vaksin pada usia dan jenis yang tepat
  • memilih jenis vaksin yang tepat dan sesuai dengan jadwal yang dianjurkan

3. Kesalahan Pengaturan Alat Pemanas

Alat pemanas merupakan salah satu komponen yang utama dan penting dalam dunia peternakan. Biasanya alat pemanas ini berupa lampu bohlam yang berukuran 5 watt. Bagi DOC/ Bibit anak ayam, alat pemanas berfungi sebagai penganti indukan atau penghangat. Suhu di dalam kandang pun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan suhu anak ayam. Suhu kandang yang disarankan yakni berkisar sekitar 32 derajat celcius.

Pada setiap memasukin usia per minggunya, peternak perlu melakukan penurunan suhu 3 – 4 derajat, paling rendahnya mencapai 21 derajat celcius di akhir minggu ketiga. Untuk minggu ke empat atau setelahnya biasanya DOC ayam sudah tidak memerlukan pemanas kembali. Tetapi dapat digunakan kembali ketika cuaca di sekitar kandang sedang ada dingin atau rendah.

Suhu kandang yang disarankan yakni berkisar sekitar 32 derajat celcius. | weanimalsmedia.org
Suhu kandang yang disarankan yakni berkisar sekitar 32 derajat celcius. | weanimalsmedia.org

Baca juga : PENTING!!! Pencahayaan Ayam Bagi Pertumbuhan

Peternak pun perlu mengantur jarak antara alat pemanas dengan littter. Selain itu peternak juga perlu memperhatikan penyebaran DOC ayam yang berada di bawah alat pemanas. Apabila DOC anak ayam menyebar dengan merata maka suhu di yang dihasilkan alat pemanas memang sudah sesuai dengan kebutuhan si anak ayam. Tetapi, jika anak ayam terlihat bergerombol apalagi bergerombol di bawah alat pemanas maka dapat dipastikan bahwa DOC ayam tersebut kedinginan. Maka peternak perlu mengatur kembali alat pemanas yang ada di dalam kandang, bisa ditambahkan kembali untuk alat pemanasnya. Cara mengatasi :

  • pilih alat pemanas yang aman, murah dan mudah dalam pengoperasiannya
  • mengatur jarak antar alat pemanas dengan litter
  • kontrol suhu pemanas dengan teratur
  • persiapkan pemanas cadangan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan
  • Kesalahan Transportasi

4. Kesalahan Transportasi

Untuk kesalahan trasportasi ini bisa terjadi ketika DOC ayam sedang dalam proses pengangkutan. Seperti jalan yang tidak mulus sehingga terjadi goncangan yang keras, mengangkut DOC ketika terik matahari menyengat, dan jumlah kepadatan di dalam boks yang terlalu penuh.

Agar tidak terjadi kemtian ayam yang begitu banyak, maka peternak perlu adanya mengatur jumlah kepadatan yang ada di dalam kandang | weanimalsmedia.org
Agar tidak terjadi kemtian ayam yang begitu banyak, maka peternak perlu adanya mengatur jumlah kepadatan yang ada di dalam kandang | weanimalsmedia.org

Oleh sebab itu peternak perlu memnanyakan kembai kepada prodsen DOC ayam apakah pengiriman bibit ayam menggunakan armada yang tepat atau tidak. Langkah untuk mengantisipasinya sebagai berikut :

  • memilih produsen yang terjangkau pengirimannya
  • pilih jasa pengiriman barang yang aman dan nyaman bagi DOC ayam
  • perhatikan kepadatan boks pengiriman ayam
  • berikan sayuran atau kecambah di dalam boks DOC ayam

5. Terjadi Infeksi

DOC ayam memang rentan terhadap penyakit, karena sistem kekebalan tubuhnya belum kuat dan sempurna maka perlu kehati – hatian peternak dalam proses pemeliharaannya. Apabila sanitasi di lingkungan kandang kurang terkontrol dengan baik maka dapat dipastikan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit akan menyerang DOC ayam. Jika DOC ayam terinfeksi virus penyakit tersebut maka sistem kekebalan tubuh akan menurun, anak ayam menjadi demam, lemas, tidak nafsu makan dan minum.

Apabila hak ini terjadi, kematian ayam dalam jumlah ayam tidak dapat terhindarkan. Usahakan ketika DOC ayam sudah menunjukan gejala terserang penyakit Anda sebagai peternak harus segera memisahkan anak ayam ke kandang isolasi. Hal ini dilakukan agar ayam yang masih sehat – sehat tidak tertular penyakit yang disebabkan ayam yang sakit tersebut. Untuk langkah pencegahat cara mengobati anak ayam yang lemas dapat diberikan vitamin, vitamin untuk anak ayam yang baru menetas seperti vitachick. Tips untuk mencegah terjadinya infeksi pada DOC ayam adalah sebagai berikut ini :

Jika DOC ayam terinfeksi virus penyakit tersebut maka sistem kekebalan tubuh akan menurun, anak ayam menjadi demam, lemas, tidak nafsu makan dan minum. | weanimalsmedia.org
Jika DOC ayam terinfeksi virus penyakit tersebut maka sistem kekebalan tubuh akan menurun, anak ayam menjadi demam, lemas, tidak nafsu makan dan minum. | weanimalsmedia.org
  • jaga sanitasi area kandang dan juga peralatan penunjang lainnya
  • pastikan sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang dengan baik
  • pisahkan ayam yang sakit dengan ayam yang sehat agar tidak terjadi penularan penyakit
  • pastikan umur ayam dan jenis ayam seragam

Cukup lengkap bukan penjelasan yang kami tuturkan diatas. Nah apabila Anda sebagai peternak perhatikanlah komponen – komponen diatas agar dapat mengantisipasi pada hal – hal yang tidak dinginkan. Jika ada permasalahan tentu ada juga solusi untuk menyelesaikan bukan. Tetap semangat dalam beternak sobat ternak.. Salam hobiternak, salam sahabat ternak.

Bagi Anda yang mennginginkan DOC/ Bibit Ayam maupun Bebek. Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis bibit ayam dan bebek yang siap untuk diterakkan. InsyaaAllah pengiriman yang kami lakukan aman dan dengan harga yang terjangkau.

Pengiriman dalam pulau akan kami kirimkan via mobil boks dan kereta, sedangkan untuk pengiriman luar pulau akan kami kirimkan via pesawat. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan infromasi lebih lengkap terkait daftar harga, cara pemesanan dan cara pengirimannya :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : bagaimana cara mengetahui penyebab kematian dini pada anak ayam, cara mengobati anak ayam yang lemas, anak ayam tanpa lampu, vitamin untuk anak ayam yang baru menetas, cara mengatasi kematian ayam doc, ciri anak ayam dehidrasi, penyebab ayam mati mendadak, penyebab kematian ayam

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP