Beberapa Jenis Bebek Pedaging Unggul yang Perlu Kita Ketahui

Berapa Jenis Bebek Pedaging Unggul yang Perlu Kita Ketahui

Bebek atau ada yang menyebut dengan itik merupakan salah satu unggas unggulan yang dapat menghasilkan telur atau daging. Jenis bebek ada yang lokal maupun bebek impor yang mempunyai kualitas yang baik maupun persilangan antara bebek lokal dan bebek impor. Bebek lokal pada umumnya mempunyai produktivitas telur maupun daging yang lebih rendah. Namun tidak semua bebek lokal mempunyai kualitas yang rendah. Beberapa diantaranya mempunyai kualitas dan kelebihan sehingga disilangkan dengan bebek impor agar menghasilkan bebek unggulan.

Sebelum kita memelihara bebek pedaging, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis bebek  pedaging yang cepat besar agar kita bisa mendapatkan bibit dan hasil yang memuaskan serta sesuai dengan target peternak. 

Mengenal beberapa jenis Bebek unggul dalam pertumbuhan daging

1.Bebek Swedia Biru 

Bebek ini memiliki bobot yang cukup tinggi yakni 12 - 15 per ekornya
Bebek ini memiliki bobot yang cukup tinggi yakni 12 – 15 per ekornya

Bebek Swedia biru termasuk bebek yang biasa diternakan. Warna bulunya biru dan keistimewaannya adalah mempunyai berat badan yang cukup besar sekitar 12 kg sampai 15 kg per ekor. Untuk bebek swedia biru jantan bahkan mempunyai bobot yang lebih tinggi. Bebek ini sangat cocok dijadikan bebek pedaging karena kualitasnya yang super. Untuk harga bebek ini memang lebih mahal dibandingkan bebek lokal. Saat ini peternak menyilangkan dengan jenis bebek lokal agar harganya terjangkau namun dengan kualitas yang terjaga.

2. Bebek Raja dan Ratu 

Bebek raja dan ratu merupakan bebek hasil persilangan antara pejantan Mojosari dan betina Alabio.
Bebek raja dan ratu merupakan bebek hasil persilangan antara pejantan Mojosari dan betina Alabio.

Bebek raja dan ratu merupakan bebek hasil persilangan antara pejantan Mojosari dan betina Alabio.

Bebek raja mempunyai postur tubuh yang besar dan bisa dijadikan pedaging. Sedangkan bebek ratu mempunyai produktivitas telur yang cukup tinggi sehingga sangat sesuai untuk digunakan sebagai petelur. Bebek hibrida jenis ini mempunyai keunggulan yaitu mempunyai pertumbuhan yang tinggi/ cepat besar, cepat bertelur, lebih tahan terhadap serangan penyakit dan tidak gampang stres. Bebek ini menjadi salah satu bebek unggulan yang patut dipertimbangkan menjadi calon indukan.

3. Bebek Serati

Bebek serati merupakan hasil persilangan antara entok/ mentok jantan dengan bebek lokal sehingga menghasilkan bebek pedaging yang berkualitas tinggi. Di pedesaan banyak bebek serati namun menggunakan entok betina dan pejantan bebek lokal namun hasilnya kurang memuaskan. Jadi jika akan menyilangkan diusahakan jangan terbalik antara entok dan bebek yang digunakan. Bebek serati banyak digunakan pada masakan nusantara seperti rica-rica bebek, bebek betutu, bebek panggang, bebek goreng dan masih banyak menu lainnya.

Bebek serati merupakan hasil persilangan antara entok/ mentok jantan dengan bebek lokal sehingga menghasilkan bebek pedaging yang berkualitas tinggi
Bebek serati merupakan hasil persilangan antara entok/ mentok jantan dengan bebek lokal sehingga menghasilkan bebek pedaging yang berkualitas tinggi

4. Bebek Tiktok

Bebek tiktok merupakan hasil persilangan antara entok jantan dari Taiwan dan bebek Alabio betina
Bebek tiktok merupakan hasil persilangan antara entok jantan dari Taiwan dan bebek Alabio betina

Bebek tiktok merupakan hasil persilangan antara entok jantan dari Taiwan dan bebek Alabio betina. Pada umumnya cara menyilangkannya dengan inseminasi buatan, bukan dengan perkawinan alami karena termasuk sulit dikawinkan secara alami.

5. Bebek Manila

Bentuk tubuh bebek manila sangat besar, beratnya bisa mencapai 3-7 kg.
Bentuk tubuh bebek manila sangat besar, beratnya bisa mencapai 3-7 kg.

Bebek manila atau disebut Muscovy duck yang dibeberapa tempat mempunyai nama yang berbeda seperti Indian Duck, Muscovite Duck, Guenia Duck, Turkish Duck, Pato dll. Di pulau jawa disebut juga dengan entok. Bentuk tubuh bebek manila sangat besar, beratnya bisa mencapai 3-7 kg. Pejantan sendiri bila di peternakan intensif bisa mencapai berat 10 kg. Sehingga sangat potensial dijadikan pedaging

6. Bebek Peking

Bebek peking merupakan bebek yang berasal dari China. Bebek ini kemudian mengalami perkembangan di Negara Inggris dan Benua Amerika. Jenis bebek peking ini kebanyakan difokuskan sebagai pengahasil daging. Bahkan disebut – sebut seagai bebek peking cepat besar. Mengapa bisa disebut demikian ? Karena bebek ini memang memiliki masa perumbuhan yanng singkat yakni 45 hari dengan bobot 1,5 – 2 kg per ekornya. Untuk meghasilkan bebek peking agar cepat besar maka peternak juga harus memperhatikan menejemen pemeliharaan yang baik terutama pada menejemen pemberian pakan. Pakan bebek peking cepat besar dapat berupa pakan butiran atau dengan pembuatan konsentrat berupaa campuran antara formula – formula pakan lainnya.

Bebek Peking memiliki bulu berwarna putih dan memiliki postur tubuh yang besar.
Bebek Peking memiliki bulu berwarna putih dan memiliki postur tubuh yang besar.

Saat ini keberadaan bebek peking semakin banyak diminati oleh masyarakat. Di beberapa warung – warung dan restaurant pun juga menyediakan bebek peking dengan olahan yang berbeda – beda dan tentunya lezat.

Bebek Peking
Bebek Peking

Adapun keunggulan Bebek Peking ini adalah sebagai berikut ini : 

a. Pertumbuhan bebek peking relatif lebih cepat, yakni selama 45 hari panen dengan bobot yang dihasilkan mencapai 1,5 hingga 2 kg per ekornya.
b. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga terhindar dari serangan berbagai macam penyakit
c. Pemeliharaan bebek peking relatif lebih mudah
d. Pakan bebek yang mudah dicari, seperti dedak, bekatul, sisa nasi dan tumbuhan lain seperti kangkung
e. Harga jual bebek lebih stabil 
f. Tidak memiliki sifat kanibal, berbeda dengan ayam yang memiliki sifat kanibal

7. Bebek Magelang

Bobot yang dihasilkannya pun juga cukup tinggi, bebek jantan dapat mencapai bobot 1,8 - 2,5 per kg sedangkan untuk yang betina 1,5 - 2,0 per kg.
Bobot yang dihasilkannya pun juga cukup tinggi, bebek jantan dapat mencapai bobot 1,8 – 2,5 per kg sedangkan untuk yang betina 1,5 – 2,0 per kg.

Bebek Magelang merupakan bebek lokal yang berasal dari Magelang, tepanya di daerah Sempu, Ngadirejo, dan Secang. Untuk wilayah persebarannya pun sudah cukup luas, meliputi Magelang, Muntilan, Semarang, Ambarawa, Temanggung, Surakarta dan Yogyakarta.

Pada warna bulunya cenderung berwarna kecoklatan dengan variasi cokelat muda hingga hitam. Bahkan kebanyakan yang sering dijumpai adalah berwarna hitam. Bebek ini mempunyai ciri khas yaitu adanya bulu warna putih pada lehernya yang sekilas seperti kalung. Jadi banyak yang menyebut bebek magelang dengan bebek kalung. Sebenarnya bebek magelang ini ditujukan sebagai penghasil telur. Dalam masa produksinya pun dapat mencapai 200 – 300 butir per tahun, cukup tinggi bukan ?

Tentunya tidak hanya dijadikan sebagai penghasil telur saja loh, ternyata bebek magelang juga bisa dijadikan sebagai penghasil daging. Bobot yang dihasilkannya pun juga cukup tinggi, bebek jantan dapat mencapai bobot 1,8 – 2,5 per kg sedangkan untuk yang betina 1,5 – 2,0 per kg. 

8. Bebek Tegal

Bebek tegal merupakan bebek lokal yang asalnya dari Indonesia. Biasanya bebek tegal ini digunakan sebagai penghasil telur dengan tingkat produktifitas yang cukup tinggi. Produksi telur yang dihasilkan yakni 200 – 250 butir per tahunnya. Untuk bobot yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda dengan jenis bebek pada umumnya. Bebek jantan dapat menghasilkan bobot 1,52 – 2 kg per ekor, sedangkan untuk bebek betina 1,47 – 2 kg per ekor. Hal ini lah medasari bahwa selain dijadikan bebek penghasil telur, bebek tegal dapat juga dijadikan bebek pedaging baik pada masa afkir ataupun masa produksi.

Bebek Tegal
Produksi telur yang dihasilkan yakni 200 – 250 butir per tahunnya.

Cara bebek agar cepat besar bisa dilakukan dengan pemberian pakan yang optimal. Selain itu peternak juga harus selalu memberikan pakan yang berkualitas 

Bebek ini banyak ditemukan di kabupaten Tegal dan Brebes. Bentuk badannya hampir tegak lurus mirip seperti botol.

9. Bebek Alabio/ Bebek Banar

Selain ditujukan sebagai bebek penghasil telur, ternyata bebek alabio juga bisa ditujukan sebagai penghasil daging.
Selain ditujukan sebagai bebek penghasil telur, ternyata bebek alabio juga bisa ditujukan sebagai penghasil daging.

Bebek ini berasal dari Kalimantan Selatan. Bebek ini mirip dengan bebek hibrida yang juga bisa berfungsi sebagai petelur dan pedaging. Bebek ini bahkan lebih unggul dibanding bebek magelang, bebek bali, bebek tegal dan bebek mojosari. Betina bebek Alabio mulai bertelur pada umur 6 bulan.

10. Bebek Hibrida 

Bebek Hibrida merupakan persilangan antara bebek betina mojosari dan bebek pejantan peking. Bebek ini digolongkan menjadi bebek pedaging karena memang bobot yang dihasilkan bebek hibrida ini cukup tinggi, yakni 1,2 – 1,5 kg per ekornya. Jenis bebek ini dikenal dengan dwi fungsi, yakni memiliki dua fungsi, dapat dijadikan bebek penghasil telur dan dapat dijadikan bebek pedaging.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida merupakan bebek pedaging yang memiliki masa penen 45 hari dengan bobot 1,2 – 1,5 kg per ekor. 

Saat ini bebek hibrida banyak dipilih oleh para peternak untuk dikembangkan sebagai penghasil daging. Masa penenannya pun juga cukup singkat yakni 45 hari, dengan bobot seperti diatas. Cara ternak bebek hibrida agar cepat besar pun cukup mudah diterapkan bagi peternak. Yakni dengan memberikan menejemen pemeliharaan yang baik dan benar. Terutama pada pemberian pakannya. Pakan bebek hibrida agar cepat besar dapat diberikan berupa konsentrat yang terdiri dari bahan pakan alami seperti enceng gondok, bekatul, tepung ikan – ikanan dan sayur – sayuran lainnya.  

Bagaimana cara ternak bebek pedaging agar cepat besar ?

Saat ini ternak bebek pedaging mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada pelaku bisnis pun semakin menciptakan inovasi terbaru untuk mendapatkan hasil makanan yang lezat dan sesuai dengan daya tarik masyarakat milenial saat ini. Hal ini lah yang juga menjadi dasar permintaan daging bebek semakin meningkat di setiap tahunnya.

Bebek Lokal Mojosari
Bebek Lokal Mojosari merupakan bebek mojosari jantan yang diunggulkan oleh produksi dagingnya. 

Semakin banyaknya permintaan daging bebek dipasaran tentunya akan membuat peternak semakin gencar dalam pembesaran bebek pedaging. Banyak inovasi inovasi yang peternak telah terapkan untuk mendapatkan hasil panenan dengan bobot tinggi sesuai dengan target peternak. Lalu perawatan apa saja yang biasanya peternak bebek berikan agar bebek pedaging cepat besar ? Berikut penjelasannya, 

1. Pemberian pakan bebek pedaging supaya cepat besar     

Pakan merupakan sumber utama untuk kebutuhan pertumbuhan bebek terutama jenis bebek pedaging. Dalam pemberian pakannya pun biasanya peternak mencapurkan beberapa jenis pakan alternatif lainnya. Bahan pemberian pakan ini pun juga harus mengandung nutrien yang baik serta tidak mengandung zat berbahaya lainnya.

Tepung daging dan tulang
Tepung daging dan tulang sebagai pakan alternatif untuk ternak

Dari beberapa formula pakan ini kemudian disusun dan dicampur menjadi satu untuk menghasilkan pakan bebek. Dalam pemberiannya peternak juga harus mengetahuikandungan gizi dan nutrien yang terdapat didalam pakan. Jika kualitas dan kandungan nutrien dalam pakan baik maka pertumbuhan dan produksi bebek tentunya akan sesuai dengan harapan peternak. 

Bahan pakan yang dapat digunakan untuk menyusun pakan bebek terdiri atas :

a. Bahan Pakan Sumber Energi

Bahan pakan ini banyak ditemukan pada biji – bijian atau limbah pengelolaannya, seperti contoh dibawah ini 

  • Sorgum 
  • Jagung Kuning
  • Singkong
  • Dedak Padi
  • Polar
  • TepungRoti
  • Minyak (Crude Palm Oil/ CPO)    

b. Bahan Pakan Sumber Protein 

Pada bahan sumber protein ini banyak ditemukan pada hewan dan tumbuhan, diantaranya sebagai berikut ini 

  • Bungkil kedelai
  • Corn gluten meal
  • Tepung Ikan 
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang Tanah
  • Tepung Daging & Tulang
  • Konsentrat

c. Bahan Pakan Sumber Mineral 

Bahan pakan sumber mineral ini dibagi menjadi dua, yakni mineral alami (organik) dan anorganik. Kedua bahan pakan ini ternyata mengandung mineral yang cukup tinggi, seperti kapur(CaCO), tepunng tulang, tepung kerang dan garam. 

Ternak bebek agar cepat besar merupakan hal yang cukup mudah diterapkan oleh peternak. Hal ini juga didukung oleh sumber pakan yang kebanyakan sudah tersedia di sekitar lingkungan. Pemberian pakan seperti diatas dengan pembagian per formula atau dengan dicampur menjadi konsentrat, akan menghasilkan makanan bebek pedaging biar besar.        

Demikian beberapa bebek pedaging unggul baik lokal, impor maupun bebek hasil persilangan. Dengan memelihara bebek pedaging kualitas unggul disertai pemeliharaan yang intensif maka akan mendapatkan kualitas yang bagus.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: Ternak bebek petelur, agar bebek bertelur tiap hari, agen dod bebek, analisa bebek pedaging, analisa biaya ternak bebek pedaging, bibit bebek pedaging, bebek pedaging unggul, bebek pedaging hibrida, pakan bebek pedaging, budidaya bebek pedaging, cara beternak bebek pedaging, pakan bebek pedaging agar cepat besar, ternak bebek pedaging, cara pelihara bebek pedaging, cara pemberian pakan bebek pedaging, bebek pedaging terbesar, cara beternak bebek pedaging agar cepat besar, pakan bebek pedaging agar cepat besar, ternak bebek agar cepat besar

** Hasti Nurchayati **

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP