Jual DOC Ayam JOPER untuk Daerah Magelang Jawa Tengah – Ayam kampung super atau yang biasa disebut ayam joper adalah ayam yang banyak diternakkan oleh masyarakat Indonesia termasuk wilayah Magelang. Populernya ayam joper ini ternyata juga berdampak ke wilayah Magelang dengan banyaknya peternak joper di wilayah Magelang. 

Sekilas Mengenai Kota Magelang

Siapa yang belum tahu Kota Magelang? Kami rasa banyak orang yang sudah tahu tentang Kota Magelang ini. Terlebih kota ini memiliki sebuah tempat yang menjadi ikon dunia dan masuk ke dalam 7 besar keajaiban dunia. Ya benar, apalagi kalau bukan Candi Borobudur. Kota Magelang ini merupakan wilayah yang cocok untuk beternak joper. 

Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Daerah Magelang
Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Daerah Magelang

Beternak Joper di Wilayah Magelang

Kota Magelang memang dikelilingi oleh sejumlah pegunungan dimana suhu udaranya relatif normal dan cocok untuk budidaya ayam joper. Bagi Anda warga Magelang dan juga sekitarnya yang masih pemula dalam beternak joper, jangan khawatir. Kami akan membagikan sejumlah tips atau strategi beternak yang baik.

Harga DOC Joper Magelang

Kami hobiternak.com jual doc ayam joper untuk wilayah Magelang dan kabar baiknya kini untuk wilayah Magelang, pesanan bibit atau doc joper bisa kami antarkan sampai alamat tujuan. Berikut untuk harga doc joper untuk area Magelang.

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.900 / ekor Rp 6.900 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Strategi Beternak Ayam Joper Bagi Pemula

Tidak bisa dipungkiri memang, dalam kegiatan beternak termasuk ternak ayam joper ini ada risiko gagal jika manajemen perawatannya kurang baik. Untuk menghindari hal tersebut maka yang harus Anda lakukan ialah memaksimalkan standar manajemen perawatan mulai dari pakan hingga kandang. Salah satu poin penting dalam beternak adalah  kandang, karena kandang merupakan tempat tinggal dan berkembang biak bagi hewan peliharaan.  Kami akan menyampaikan beberapa tips manajemen kandang ayam joper yang baik.

jual doc ayam joper magelang
Bibit atau doc joper yang kami kirimkan adalah bibit yang berkualitas dan melalui proses sortir terlebih dahulu.

1. Melakukan pengontrolan terhadap kondisi lantai kandang.

Pengontrolan terhadap kondisi lantai atau alas kandang harus dilakukan setiap hari. Jangan sampai kita dapati alas kandang yang basah, lembab, atau menggumpal. Alas kandang yang lembab tentu akan menimbulkan bibit penyakit karena kotoran ayam mengandung gas amonia. Sebaiknya alas kandang yang terdiri dari campuran sekam dan pasir Anda bersihkan setiap hari dengan cara di bolak-balik. Ketika ada sekam yang menggumpal maka segera di balik. Jika kondisi sekam sudah terlalu lembab dan kotor maka sekam bisa diganti dengan yang baru. 

2. Atur sirkulasi udara di kandang

Ketika Anda sedang merancang pembuatan kandang, maka jangan lupakan faktor sirkulasi udaranya. Sirkulasi udara dalam kandang harus berjalan lancar agar kondisi kandang tidak terlalu lembab ataupun panas. Jika Anda menggunakan kandang tipe postal maka agar sirkulasi udara lancar untuk tinggi kandagnya bisa dibuat 3 m. Sementara untuk kandang panggung, tinggi kandangnya bisa dibuat kurang lebih 1,5 – 1,6 m. 

kandang ayam joper
Untuk tetap menjaga kelangsungan hidup dari joper peliharaan Anda, kebersihan kandang termasuk wadah pakan dan minum adalah hal yang utama.

3. Jagalah Sanitasi

Sanitasi atau kebersihan kandang adalah faktor yang sangat penting untuk dijaga, terlebih ketika ayam dipelihara di kandang postal. Karena jika ayam dipelihara dalam kandang postal, kotoran akan langsung jatuh di kandang tempat ayam tersebut berada. Jadi kebersihan harus tetap diutamakan.

4. Kebersihan Peralatan Kandang

Peralatan kandang yang kami maksudkan adalah misalnya tempat pakan ayam, tempat minum ayam, alat pemanas, alat untuk menuangkan pakan ke dalam wadah pakan, dll. Namun yang utama dalam hal ini adalah wadah pakan dan minum. Karena wadah pakan dan minum adalah jalan masuknya pakan dan nutrisi ke dalam tubuh ayam. Jadi jika wadah pakan dan minum tersebut kotor dan terkontaminasi, otomatis bakteri dan virus yang ada di wadah akan ikut masuk ke dalam tubuh ayam. Jadi ayam akan mudah terserang penyakit. Maka dari itu Anda harus selalu menjaga kebersihan dari wadah pakan dan minum ayam.

5. Mengatur Kepadatan Ayam

Tingkat kepadatan ayam disini berpengaruh akan tumbuh kembangnya. Maksudnya jika kondisi kandang terlalu padat, maka ruang gerak ayam menjadi kurang dan pertumbuhannya tidak akan maksimal. Namun luas kandang juga jangan terlalu berlebihan, karena nantinya ayam akan berlebihan dalam beraktifitas. Sehingga proses pertumbuhan nya akan lebih lambat karena energi dari pakan habis terkuras untuk bergerak keliling-keliling kandang. Ukuran kepadatan kandang yang ideal adalah, kandang indukan berukuran 2x2x0,4 m ideal untuk memelihara 100 ekor DOC sampai usia 14 hari. Setelah usia 14 hari hingga panen, jika di rata-rata  ukuran ideal kandang dan kepadatannya adalah maksimal 12 ekor per meter.

jual doc joper magelang
Kandang ayam joper harus diperhatikan tingkat kepadatannya agar pertumbuhannya maksimal.

6. Melakukan Penyemprotan Desinfektan

Penyemprotan desinfektan ini bisa dilakukan setiap satu minggu sekali atau setiap setelah selesai panen dan kandang akan diisi oleh ayam baru. Ketika kandang akan diisi oleh ayam baru, maka seluruh kandang harus dibersihkan dari bekas pemeliharan sebelumnya. Seperti sekam, kotoran, sarang laba-laba, dan keluarkan peralatan kandang yang kotor. Semprot menggunakan cairan desinfektan di seluruh bagian kandang, mulai dari alas, atap, hingga dinding sampai benar-benar basar. Jika lantai kandang terbuat dari tanah, maka harus dipastikan cairan desinfektan meresap dengan baik. Untuk peralatan kandang seperti tempat pakan dan minum, dicuci dengan cara direndam ke dalam air yang telah dicampur dengan desinfektan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan. 3 hari setelah penyemprotan kandang, lakukan penyemprotan ulang secara tipis-tipis saja. 

Bagi Anda warga Magelang dan seluruh Indonesia yang ingin beternak joper, dapatkan bibit atau doc joper berkualitas dari kami. Kami hobiternak.com jual doc joper Magelang dan juga daerah lainnya di seluruh Indonesia. Untuk pemesanan, silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
doc ayam kampung super (joper) magelang, harga doc ayam kampung super (joper) magelang, jual bibit joper di magelang, jual doc joper di magelang, ternak doc atau bibit ayam kampung super (joper) magelang, bibit ayam kampung super (joper) di magelang, budidaya ayam kampung super magelang, doc joper magelang, penjual doc joper di magelang, jual doc joper di magelang, 


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: