Manfaat Telur Puyuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh

Permintaan bibit/ DOQ Puyuh di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang cukup singnifikan. Pasalnya, kini masyarakat mulai mengetahui bahwa burung puyuh memiliki keunggulan yang bagus dibanding dengan ternak unggas lainnya. Manfaat burung puyuh dimulai dari daging dan telur yang kaya akan gizi dan protein. Tak hanya itu kotoran burung puyuh menjadi salah satu sumber pupuk organik. Serta bulunya yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan rumah tangga. 

Burung puyuh ini memiliki masa pertumbuhan yang cukup cepat dan singkat. Pada saat usia burung puyuh menginjak 40 hari burung ini sudah dapat meghasilkan telur dan menghasilkan daging. Telur dan daging inilah yang menjadi daya tarik masyarakat. Komposisi kandungan telur puyuh terdiri atas 47,4% albumin (putih telur), dan 20,7% cangkang, serta selaput tipis. Kandungan vitamin B1 dalam telur puyuh sebesar 140% jauh lebih besar dibanding dengan telur ayam yang hanya 50%. Mengandung protein sebesar 13,6%, lemak 8,24% serta memiliki kandungan zat besi dan kalium lima kali lebih banyak. Lalu apa saja manfaat telur puyuh bagi kesehatan tubuh manusia ? Yuk simak penjelasnnya berikut ini : 

Apa saja Manfaat Telur Burung Puyuh untuk Kesehatan Manusia | cover
Apa saja Manfaat Telur Burung Puyuh untuk Kesehatan Manusia | cover

Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh 

1. Meningkatkan Energi

Didalam telur puyuh ternyata memiliki kandungan nutrsi dan mineral yang dapat meningkatkan energi. Selain itu dengan mengkonsumsi telur puyuh secara rutin sebagai sarapan pagi juga dapat menjadi penganti kafein sebagai semangat dan energi untuk memulai aktivitas.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada di dalam telur puyuh ternyata mampu mmebantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Selain dapat menjaga daya tahan tubuh agar terus meningkat, mengkonsumsi telur puyuh secara normal dan rutin dapat mencegah penyakit kronis sepeti diabetes atau kangker.

Telur Burung Puyuh memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia | image 1
Telur Burung Puyuh memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia | image 1

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Untuk meningkatkan kesehatan mata maka dipelukan vitamin A, tentu vitamin A tersebut tidak hanya terdapat pada sayur dan buah – buahan saja. Tetapi ternyata terdapat pada telur puyuh juga.

Vitamin A dalam telur puyuh dapay menjaga mata dari perih, sakit, mengurangi terjadinya degenerasi makula serta mencegah katarak.

4. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

Dikenal dengan kaya vitamin, gizi serta protein telur burung puyuh juga dapat membantu erawt warna kulit. Selain memberikan perawatan pada warna kulit ternyata telur puyuh juga dapat memperkuat dan membuat rambut berkilau.

5. Membentuk Sel – sel Tubuh

Protein yang banyak dari telur burung puyuh ternyata juga mempu untuk membentuk sel – sel tubuh manusia.

Protein yang banyak dari telur burung puyuh ternyata juga mempu untuk membentuk sel - sel tubuh manusia. | image 2
Protein yang banyak dari telur burung puyuh ternyata juga mempu untuk membentuk sel – sel tubuh manusia. | image 2

6. Menurunkan Resiko Tekanan Darah

Telur Puyuh ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan resiko tekanan darah dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan telur puyuh mengandung kalium, kalium dapat mengontrol tekanan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah.

7. Terhindari dari Bakteri Salmonella

Menurut studi yang berada di Amerikan Serikat telur puyuh menjadai salah satu pengobatan untuk tubuh yang terinfeksi bakteri salmonella. Hal ini dikarenakan di dalam telur puyh terdapat kandungan antibodi – salmonella yang cukup unik.

Baca juga : 5 Hal yang Harus di Persiapkan sebelum Beternak Burung Puyuh

8. Meningkatkan Stamina pada Pria

Telur puyuh ternyata memiliki kandungan fosfor, kalsium, protein dan vitamin lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Dengan kandungan terebutlah yang menjadi sumber makanan untuk kelenjar prostat dan dapat juga meningkatkan stamina pria dewasa.

Manfaat Daging Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Manfat telur burung puyuh ini tentu bukan hanya untuk pria maupun wanita dewasa, tetapi maanfaat telur puyuh untuk anak juga sangat baik. Khasiat puyuh banyak terkandung dalam daging dan telurnya. Walaupun bertubuh kecil, namun khasiat puyuh ini tak tanggung – tanggung. Dalam daging puyuh ini banyak mengandung nutrisi seperti protein, fosfor, lemak, kalsium, zat besi dan seng.

Daging Burung Puyuh memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia | image 3
Daging Burung Puyuh memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia | image 3

Sedangkan dalam telur burung puyuh juga mengandung protein dan kolin yang tinggi. Perlu diketahui bahwa kandungan kolin dan protein yang tinggi ini sangat baik untuk kesehatan otak manusia.

Vitamin B yang terkadung dalam daging puyuh terdiri dari rivoflavin, tamin, niasin, asam pantonenat, piridoksin, biotin, asam folat, kobalamin yang mampu memperkuat sistem syaraf manusia. Adapun vitamin D yang juga dapat menjaga kesehatan tulang. Untuk tiamin dan asam askorbat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu terdapat juga vitamin A yang mampu memperkuat tulang dan meningkatkan kesehatan kulit, serta vitamin K yang membantu proses metabolisme sel dan menyerap kalasium dengan baik. 

Tetapi dibalik banyaknya khasiat puyuh terutama pada telurnya, masayarakat juga perlu membatasi dalam mengkonsumsi telur puyuh. Karena di dalam telur puyuh mengandung kolesterol yang tinggi, sekitar 844 miligram. Hal ini tentu tidak sebanding dengan batasan asupan kolesterol dalam tubuh manusia, yang hanya membutuhkan 300 miligram saja.

Berbagai macam olahan daging puyuh menjadi salah satu kuliner kesukaan masayarakat di Indonesia | image 4
Berbagai macam olahan daging puyuh menjadi salah satu kuliner kesukaan masayarakat di Indonesia | image 4

Maka dari itu usahakan agar masyarakat dapat membasai dalam mengkonmsi telur dan diseimbangkan dengan jenis sayur – sayuran atau buah – buahan lainnya.

Ternak Burung Puyuh yukkk.. 

Habitat burung puyuh biasanya hidup di area dataran, area persawahan dan semak – semak. Burung puyuh liar cukup mendominasi hidup di daerah – daerah tersebut. Burung ini mempunyai kemampuan berlari yang cukup cepat, bisa dibilang burung puyuh sangat jarang terbang. Ia akan terbang saat berada di dalam situasi yang membahayakan. Kelebihan yang dimiliki burung puyuh ini terdapat pada produktifitas telur dan juga dagingnya. Banyak masyarakat yang memanfaatkan burung puyuh goreng sebagai makanan favorit. Karena daging burung puyuh mengandung nilai gizi yang sangat tinggi. 

Burung Puyuh memiliki keunggulan dalam menghasilkan telur dengan jumlah 250 - 300 butir/ ekor dalam satu tahun. | image 5
Burung Puyuh memiliki keunggulan dalam menghasilkan telur dengan jumlah 250 – 300 butir/ ekor dalam satu tahun. | image 5

Telur burung puyuh yang dihasilkan ini mampu mencapai 250 – 300 butir/ ekor dalam setahun. Anak burung puyuh akan mencapai masa kedewasaan atau masa bertelur pada usia 40 hari. Saat usia 40 hari ini lah burung puyuh akan mulai menghasilkan telur dan masa afkir burung puyuh pada usia 1,5 tahun. Harga burung puyuh untuk bibit atau sebutanya DOQ relatif terjangkau sekitar 4000 – 5000/ ekor. Sedangkan untuk telur puh harga berkisar antara Rp. 14.000 – Rp. 17.000/ kg.

Peluang usaha untuk membuka bisnis burung puyuh saat ini masih terbuka lebar. Banyak masyarakat yang merasa diuntungkan setelah mengembangkan usaha ternak burung puyuh. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan telur burung puyuh masih cukup tinggi, bahkan dalam tahun ketahun banyak mengalami kenaikan yang signifikan.

Baca juga : 3 Peluang Menguntungkan Beternak Burung Puyuh

Saat ini beternak puyuh menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk diternakan | image 6
Saat ini beternak puyuh menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk diternakan | image 6

Baca juga : Jual Burung Puyuh Siap Kirim ke Seluruh Indonesia

Nah bagaimana ? Anda tertarik bukan untuk mengembangkan usaha ternak puyuh ini. Untuk mendapatkan DOQ Puyuh yang berkualitas yuk bisa segera pesan bibitnya ditempat kami. Kami menyediakan DOQ Puyuh usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia. 

Silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan informasi mengenai daftar harga, cara pengiriman, cara pemesanan dan layanan konsultasi GRATIS :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : habitat burung puyuh, burung puyuh goreng, kelebihan burung puyuh, burung puyuh liar, anak burung puyuh, harga burung puyuh, telur burung puyuh, fakta burung puyuh, manfaat telur puyuh untuk anak, keburukan telur puyuh, resep telur puyuh, 1 telur puyuh = berapa telur ayam, manfaat telur puyuh untuk ibu hamil, khasiat puyuh, kandungan telur puyuh, 1 butir telur puyuh berapa kolesterol, 1 butir telur puyuh berapa gram, telur puyuh protein, telur puyuh harga, 100 gram telur puyuh berapa butir

 

 

Image Sources :

  • cover: rurallivingtoday.com
  • image 1: quailegg.recipes
  • image 2: afarmgirlinthemaking.com
  • image 3: Pinterest.com
  • image 4: kompas.com
  • image 5: henderson.ces.ncsu.edu
  • image 6: henderson.ces.ncsu.edu
  • cover: Pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP