Ternak burung puyuh saat ini banyak di perbincangkan di kalangan masyarakat. Banyaknya manfaat yang bisa diambil saat beternak burung puyuh ini menjadi salah satu alasannya. Tidak hanya diambil telurnya saja, ternyata bulu burung puyuh, daging burung puyuh serta kotoran burung puyuh bisa di manfaatkan juga. Bulu burung puyuh bisa di buat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual dan untuk kotoran burung puyuh bisa di gunakan untuk pupuk kompos tanaman.

Mengenal Burung Puyuh

Burung puyuh adalah jenis burung berkaki pendek, yang memiliki tubuh bulat dan bisa memproduksi telur. Pada dasarnya puyuh banyak hidup di permukaan tanah dan berkemampuan lari serta terbang dengan kecepatan tinggi meskipun dengan jarak yang pendek. Puyuh bukan termasuk aves yang bisa terbang, namun ia lebih di kenal sebagai unggas yang hidup di darat layaknya seperti bebek dan ayam. Dilihat dari fisiknya, ukuran tubuh burung puyuh cukup kecil kira-kira seperti ayam yang masih berusia 3/4 bulanan.

Burung puyuh yaitu salah satu jenis burung yang memiliki produktivitas telur yang cukup banyak

Burung puyuh yaitu salah satu jenis burung yang memiliki produktivitas telur yang cukup banyak

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, burung ini produktivitas telurnya cukup tinggi lho. Dalam 1 tahun produksi pertama, burung puyuh dapat menghasilkan telur kurang lebih 300 butir/ekornya. Cukup banyak bukan.

Beternak Burung Puyuh

Mencoba untuk beternak burung puyuh bisa menjadi pilihan bagi Anda. Meskipun saat ini banyak peternak ayam ras yang bermunculan, Anda tidak perlu khawatir, karena peluang beternak burung puyuh masih terbuka lebar. Belum banyak peternak yang menggeluti ternak burung puyuh ini.

Keunggulan beternak burung puyuh

Banyak keunggulan dari burung puyuh. Diantaranya sebagai berikut :

  • Dalam waktu 35 – 40 hari, burung puyuh sudah bisa menghasilkan telur.
  • Dan tidak disangka waktu penetasan burung puyuh pun bisa di bilang cukup singkat, dalam jangka waktu 17 hari telur puyuh sudah menetas dan menghasilkan doq doq kecil.
  • Cukup banyak yang mencari telur ataupun daging burung puyuh untuk di konsumsi.
  • Beternak burung puyuh tidak memerlukan modal yang besar. Anda bisa mencoba dengan kapasitas sedikit dahulu, jika sudah berhasil bisa step by step menambah kapasitas yang semakin besar.

Untuk beternak burung puyuh ini sebelumnya Anda perlu memahami perbedaan antara puyuh jantan dan betina. Jika usaha ternak burung puyuh Anda hanya untuk di ambil telurnya saja lalu di jual maka tidak perlu membutuhkan pejantan. Namun jika Anda ingin mencoba menetaskan sendiri maka perlu adanya pejantan.

Baca juga : Menyediakan Bibit Puyuh Petelur Jogja

Perbedaan puyuh jantan dan betina

Perbedaan puyuh jantan dan betina

Berikut perbedaan burung puyuh jantan dan betina :

  • Burung puyuh jantan dewasa memiliki ukuran lebih kecil di bandingkan puyuh betina
  • Pada bagian dada, puyuh jantan berwarna cokelat polos sedangkan yang betina ada corak totolnya
  • Pangkal paruh puyuh jantan berwarna kemerahan sedangkan betina coklat
  • Untuk puyuh jantan, pada bagian kloaka terdapat benjolan dan jika ditekan akan mengeluarkan cairan putih seperti pasta dari kloaka
  • Umur puyuh jantan dewasa di tandai dengan mulainya berkokok, sedangkan puyuh betina di tandai dari mulainya bertelur

Ciri-ciri DOQ berkualitas

Agar puyuh yang kita ternak dapat menghasilkan telur banyak dan berkualitas, maka kita harus mengetahui ciri-ciri doq puyuh. Berikut adalah ciri-ciri puyuh berkualitas :

  • DOQ lincah dan bergerak aktif
  • Memiliki bentuk tubuh yang sempurna
  • Warna bulu DOQ cerah dan tidak kusam
  • Bibit puyuh memiliki bobot minimal 8 gram
  • Berasal induk yang baik
  • Memiliki mata yang cerah
  • Pada bagian kloaka bersih dan tidak ada kotoran yang menempel
  • Tidak terdapat cacat di bagian tubuhnya
  • Kaki tampak mengkilat dan tidak kering
  • Ukuran bibit seragam
  • Bebas dari penyakit terutama penyakit pullorum, jamur dan omphalitis 

Jual Burung Puyuh

Untuk mendapatkan burung puyuh saat ini cukup mudah. Kalau Anda ingin memelihara dari yang kecil dahulu atau bibitnya, hobiternak.com jual burung puyuh usia baru saja menetas. Anda tidak perlu khawatir jika lokasi Anda di luar Pulau Jawa, karena hobiternak.com bisa mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan kargo terpercaya. Anda tinggal pesan melalui WA dan akan kami siapkan. 

DOQ Puyuh usia baru saja menetas

DOQ Puyuh usia baru saja menetas

Baca juga : 
5 Hal yang Harus di Persiapkan sebelum Beternak Burung Puyuh

Harga Burung Puyuh

Memang pada tiap wilayah harga burung puyuh berbeda-beda tergantung jenis serta kualitasnya. Kalau untuk di hobiternak.com harga DOQ (Day Old Quail) atau puyuh usia baru saja menetas Rp 2.500 – Rp 3.000 per ekornya. Nanti untuk detailnya bisa langsung hubungi kami kapan saja di nomor 0812-2028-8686 (WA/Telp).

Sedia bibit burung puyuh siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia

Sedia bibit burung puyuh siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. JIka Anda berminat untuk beternak burung puyuh silahkan bisa langsung hubungi nomor layana pelanggan kami, untuk respon cepat bisa di nomor bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
harga telur puyuh, kandang burung puyuh, jual burung puyuh, bibit puyuh petelur, doq puyuh, ternak puyuh, jual puyuh, harga burung puyuh, puyuh jantan, puyuh betina


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: