Cara Mudah Membuat Kandang Puyuh Bagi Pemula

Seperti yang kita ketahui burung Puyuh merupakan burung yang memiliki tubuh relatif kecil dengan kaki pendek. Secara taksonomi burung puyuh termasuk kedalam kelas Aves, ordo Galiformes, Familii Phasianidae dan termasuk Genus Conturnix.

Ternak Burung Puyuh menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini
Ternak Burung Puyuh menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini

Burung Puyuh atau dalam Bahasa Jawa disebut sebagai Gemak merupakan burung liar yang biasanya terdapat di area semak semak belukar. Puyuh juga dikenal sebagai burung pelari yang handal. Pasalnya burung yang satu ini tidak dapat terbang, burung ini akan terbang jika dalam keadaan terancam. Jarak terbang burung puyuh juga tidak telalu jauh dan tinggi. Maka dari itu biasanya burung ini mengandalkan bentuk kakinya yang kecil untuk berlari dengan cepat. 

Budidaya Burung Puyuh semakin diminati 

Dalam beternak puyuh sebenarnya tidak begitu sulit, pada umunya sama dengan beternak burung lainnya yang biasanya dipelihara di dalam kandang. Pemeliharaan burung puyuh bisa dilakukan dimana saja dengan memanfaatkan lahan kosong di area rumah, baik masyarakat desa maupun perkotaan. 

Sebelum menjadi burung yang telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat saat ini, dahulu puyuh menjadi hewan buruan. Tujuannya yakni untuk diambil dagingnya untuk dimasak. Banyak masyarakat yang menyukai daging burung puyuh karena memiliki citarasa yang lezat dan gurih.

Telur burung puyuh yang siap untuk ditetaskan 
Telur burung puyuh yang siap untuk ditetaskan 

Karena banyaknya perburuan liar yang dilakukan oleh masyarakat. Maka saat ini upaya budidaya burung puyuh semakin dikembangkan. Selain dapat melestarikan burung ini juga dapat memberikan keuntunga bagi pembudidayaanya untuk mencukupi permintaan pasar.

Tentunya usaha budidaya burung puyuh ini semakin memberikan keuntungan yang tinggi bukan ? Tentu Anda pasti tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya burung puyuh ini. Nah dengan beternak burung puyuh ada beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati nantinya, diantara keunggulan tersebut sebagai berikut : 

  1. Modal yang relatif sedikit
  2. Usaha yang mudah dapat diterapkan di lingkungan rumah
  3. Memiliki waktu pemeliharaan yang relatif pendek dan cepat
  4. Produksi daging dan telur yang cukup tinggi
  5. Puyuh termasuk hewan yang kebal terhadap serangan penyakit
  6. Kandungan gizi vitamin telur dan daging puyuh sangat baik untuk kesehatan tubuh
  7. Kotoran puyuh dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman yang subur
  8. Bulu burung puyuh dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan
Telur burung puyuh dikenal akan kandungan gizi dan vitaminnya yang tinggi
Telur burung puyuh dikenal akan kandungan gizi dan vitaminnya yang tinggi

Cukup mudah bukan untuk mengembangkan usaha budidaya Burung Petelur tersebut. Sebelum Anda beternak pasti akan dihadapkan dengan bagaimana pola pemeliharaan puyuh yang baik dan benar. Terutama pada kandang puyuh, karena kandang puyuh yang baik akan memberikan kepuasan bagi peternak. Burung puyuh menjadi sehat, produksi tinggi dan tentunya tidak mudah terserang penyakit. 

Berikut merupakan langkah – langkah pembuatan Kandang Puyuh yang mudah bagi peternak pemula. 

Pembuatan Kandang Puyuh yang Baik dan Benar 

Sebelum Anda beternak burung puyuh alangkah baiknya jika Anda memperhatikan pembuatan kandang yang baik. Karena kandang yang baik akan memberikan kenyamanan bagi hewan yang tinggal di dalamnya. Syarat pembuatan kandang puyuh sebenarnya tidak telalu rumit, dan tidak jauh berbeda dengan dengan ternak unggas lainnya.

Syarat Lokasi Budidaya Burung Puyuh 

  1. Lokasi pembuatan kandang puyuh jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk
  2. Memiliki tempat yang stategis dan mudah dalam pengaksesan lokasi
  3. Tempat yang bersih, jauh dari serangan hewan buas
  4. Tidak mudah terkena banjir
  5. Sirkulasi udara di daerah lokasi kandang baik 

Dalam budidaya burung puyuh peternak juga harus mengetahui beberapa unsur penting, yakni proses pembibitan, pemberian  pakan dan pengelolaan ternak puyuh agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut penjelasan tentang pembuatan kandang puyuh :

1. Persiapan Kandang Burung Puyuh Petelur 

Mempersiapkan kandang dengan baik salah satu faktor penting untuk menunjang keberhasilan budidaya puyuh terutama pada produktivitas yang dihasilkan. Maka dari itu pembuatan kandang harus dibuat sebaik mungkin agar menciptakan kenyamanan bagi puyuh.

Termometer sebagai Pengatur Suhu Kandang
Penyesuaiaan suhu dilokasi pembuatan kandang dapat menunjang keberhasilan ternak burung puyuh 

Untuk tata letak kandang sebaiknya dibuat yang mudah terkena sinar matahari, terutama pada pagi hari. Hal ini bermanfaat agar kandang tidak dalam kondisi lembab. Selain itu peternak juga harus mengatur :

1. Temperatur kandang, yakni berkisar 20 – 25 derajat celsius,
2. Suhu kelembaban 30 – 80 % dan
3. Penerangan kandang di siang hari 25 – 40 watt, jika suhu dingin/ musim hujan bisa menggunakan 40 – 60 watt

2. Mengatur Ukuran Kandang Puyuh Petelur 

Untuk ukuran kandang petelur peternak dapat menyesuaikan dengan jumlah burung puyuh yang akan dibudidayakan. Model kandang puyuh terbagi menjadi 2 macam, yakni sistem litter dengan lantai sekam dan sinstem sangkar/ baterai. 

Saat usia bibit/DOQ berjumlah 90 – 100 ekor dapat dibuat kandang dengan ukuran 1 meter persegi. Setelah puyuh memasuki usia 10 hari maka jumlah kepadatan dalam kandang dapat dikurangi menjadi 60 ekor/ meter persegi.Semakin kecil ukuran kandang maka akan semakin baik produksi telur yang dihasilkan. Sebaliknya, jika kandang terlalu besar maka gerak puyuh akan semakin aktif sehingga akan mengakibatkan pakan yang seharusnya dihabiskan untuk proses pembetukan telur akan terbuang sia – sia untuk energi puyuh.

Sakah satu bentuk kandang baterai untuk Burung Puyuh Petelur
Sakah satu bentuk kandang baterai untuk Burung Puyuh Petelur

Pada umunya ukuran kandang petelur yang sesuai yakni 200 cm, dengan lebar 75 cm, tinggi kandang 30 – 35 cm, tinggi kolong 30 – 40 cm dengan pintu kandang ukuran 17 cm x 17cm. 

Untuk menghemat tempat,biasanya kandang dibuat dengan bertingkat, biasanya dibuat dengan 4 tingkat. Bila kandang dibuat bertingkat maka sebaiknya peternak menambahkan dropping board, hal ini befungsi untuk menampung kotoran yang jatuh ke bawah kandang. Untuk ukuran kandang puyuh kapasitas 200 ekor, peternak dapat mengalikan pada ukuran diatas. 

Baca juga : 

 

Bahan baku pembuatan kandang puyuh petelur dari bambu juga dapat disolusikan, hal ini dikarenakan dapat mengemat biaya pengeluaran serta bahannya yang mudah dicari. Selain itu peternak juga dapat membuat kandang puyuh galvanis, dengan menggunakan bahan galvanis kandang tidak akan mudah rapuh atau berkarat dan tentunya akan lebih tahan lebih lama. Tetapi biasanya memerlukan biaya yang cukup tinggi, karena berbahan dasar dari besi.

Salah satu contoh kandang puyuh dengan teknologi Modern
Salah satu contoh kandang puyuh dengan teknologi Modern

a. Dinding Kandang Puyuh

Agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik maka bahan dinding yang baik digunakan yakni menggunakan strimin. Bisa juga menggunakan bambu yang dibelah kemudian disusun rapi menyerupai pagar dan memperhatikan jarak antar bambu. Sebaiknya jangan terlalu renggang karena akan mengakibatkan burung puyuh keluar dari kandang

Kawat Strimin bisa digunakan peternak puyuh untuk dinding dan alas kandang
Kawat Strimin bisa digunakan peternak puyuh untuk dinding dan alas kandang

b. Alas Kandang Puyuh 

Untuk alas kandang burung puyuh sebaiknya juga menggunakan kawat strimin atau bahan lain yang memiliki lubang. Hal ini dikarenakan agar kotoran yang dihasilkan burung puyuh dapat langsung jatuh ke dropping board sehingga tidak mudah bersentuhan dengan puyuh yang berada di kandang bawah. 

c. Tempat Pakan dan Minum Burung Puyuh

Peletakan tempat pakan dan minum sebaiknya diletakan diluar kandang, serta menempel di samping belakang atau depan kandang. Untuk tempat dan minum ini dapat terbuat dari pipa PVC, bambu dan juga kayu, bisa dibuat dengan ukuran memanjang.  Penempatan tempat pakan dan minum diluar kandang bertujuan agar pakan puyuh tidak terbuang sia – sia yang pada akhirnya akan bercampur pada kotoran puyuh. Selain itu juga mempermudah peternak dalam pemberian pakan.

Penempatan tempat pakan dan minum ternak puyuh
Penempatan tempat pakan dan minum ternak puyuh

Karena telur dan daging burung puyuh menjadi salah satu makan favorit masayarakat dan memiliki daya minat yang tinggi, Maka usaha budidaya burung puyuh ini semakin kedepan tentu akan memberikan keuntungan yang tinggi pula. Walaupun burung puyuh dikenal dengan tubuhnya yang mungil, namun memiliki sejuta manfaat yang tidak kalah dengan jenis daging ayam dan sapi. Rasanya yang lezat dan gurih inilah yang menjadi daya tarik utama masyarakat Indonesia.

Telur burung puyuh
Telur burung puyuh

Demikian penjelasan tentang pembuatan kandang burung puyuh petelur yang kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda semangat, motivasi dan selalu menginsirasi Anda untuk mengembangkan usaha budidaya burung puyuh petelur.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis budidaya Burung Puyuh kami hobiternak.com menyediakan bibit puyuh usia baru saja menetas dan siap memgirimkan pesanaan hingga keseluruh penjuru Indonesia. Untuk pengiriman akan kami kirimkan menggunkan kereta dan pesawat via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga yang terjangkau pula. 

Pertanyaan seputar daftar harga, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi tetatang pemeliharan bibit puyuh. Bisa menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 

jual kandang puyuh, ukuran kandang puyuh kapasitas 200 ekor, kandang puyuh galvanis, kandang puyuh petelur dari bambu, ternak puyuh, harga telur puyuh, 

Image Sources :

  • Alat: volyn.com.ua

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: