Siapa yang tidak mengenal burung yang berpostur kecil dan pelari yang handal ini ? Tentu pasti Anda mengenalinya bukan ? Ya, burung kecil ini bernama Burung Puyuh atau dalam bahasa jawa burung ini disebut Burung Gemak atau Manuk Gemak. Burung Puyuh ini merupakan burung yang tidak dapat terbang. Burung ini dikenal memiliki tubuh yang relatif kecil dan memiliki kaki yang pendek. Sebenarnya burung ini dapat terbang, jika sedang dalam keadaan terancam dan akan terbang untuk menghindari ancaman. 

Burung puyuh yaitu salah satu jenis burung yang memiliki kaki pendek serta tubuh yang bulat

Burung puyuh yaitu salah satu jenis burung yang memiliki kaki pendek serta tubuh yang bulat

Di Indonesia burung puyuh dikenal sebagai penghasil telur dengan produktifitasnya yang cukup banyak. Tidak hanya dikenal sebagai penghasil telur dengan jumlah yang cukup banyak juga, tetapi ternyata daging burung puyuh pun banyak digemari oleh masyarakat.

Bibit/DOQ Puyuh yang siap untuk dibudidayakan

Saat ini permintaan burung puyuh di masyarakat dinilai cukup tinggi sehingga peluang bisnis ternak puyuh sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin menjadi sebuah pengusaha sukses. Lalu bagaimana cara beternak burung puyuh bagi pemula ? Nah sebelum beternak ada baiknya kita mengenal tentang burung puyuh terlebih dahulu.. berikut untuk pembahasanya 

Burung Puyuh adalah

Seperti pada pembahasan diatas burung puyuh merupakan burung kecil yang banyak ditemuka pada area persawahan. Burung ini memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil dan kaki yang kecil, jadi tidak mengherankan jika burung ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi. 

Puyuh termasuk ke dalam kelas Aves, ordo Galiformes, Famili Phasianidae dan Genus Conturnix

Puyuh termasuk ke dalam kelas Aves, ordo Galiformes, Famili Phasianidae dan Genus Conturnix

Burung Puyuh atau Gemak ini termasuk burung liar, dahuluya burung ini mulai diternakkan di daerah Amerika Serikat pada tahun 1870. Kemudian seiring berjalannya waktu burung puyuh/ gemak ini sudah berkembang ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia burung puyuh ini banyak ditemui di daerah Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Puyuh termasuk ke dalam kelas Aves, ordo Galiformes, Famili Phasianidae dan Genus Conturnix. Dalam kurung waktu satuh burung puyuh ini dapat menghasilkan telur hingga 250 – 300 butir per ekornya. Untuk konsumsi pakan burung puyuh per hari mampu menghabiskan 20 gram/ekor. Selain itu tumbuh kembang puyuh dimulai dari usia 0 hari, burung payuh sudah dapat memasuki usia bertelur pada usia sekitar 42 hari sehingga cepat berproduksi dan memberikan keuntungan.

Telur burung puyuh dikenal akan kandungan gizi dan vitaminnya yang tinggi

Kandungan gizi yang terdapat pada telur burung puyuh juga sangat tinggi, yakni mengandung protein sebesar 13,1 %, lemak 11,1 % dan vitamin A sebesar 543 gram. Tentunya kandungan gizi ini tidaklah jauh berbeda dengan telur ayam. Untuk kandungan gizi dalam daging puyuh juga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Protein yang tekandung dalam daging puyuh/ gemak berkisar 20 – 23,4 %, lemak 1,0 – 3,4 % dan zat mineral 1,2 – 1,6 %. 

Alasan beternak Burung Puyuh/ Gemak 

Saat ini keberadaan burung puyuh sudah semakin sulit ditemukan di area persawahan. Hal ini dikarenakan banyaknya perburuan yang dilakukan masyarakat untuk mendapatkan burung puyuh. Dengan adanya hal tersebut megakibatkan, usaha budidaya burung puyuh saat ini menjadi bisnis yang cukup menguntungkan. 

Adanya perburuan burung puyih ini membuat beberapa masyarakat mencoba mengembangbiakan usaha budidaya burung puyuh. Mulai dari menyediakan bibit usia 0 hari sampai indukan usia siap betelur. Tentu hal inilah yang akan membemberikan peluan bagi Anda yang ingin mendapatkan bibit puyuh petelur. Jual bibit puyuh petelur jogja saat ini juga sudah banyak ditemukan. Salah satuya di hobitenak.com yang menyediakan bibit burung puyuh berkuaitas usia DOQ/Bibit siap mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia.

Ternak Burung Puyuh menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini

Alasan mengapa Anda harus beternak burung puyuh, karena burung puyuh ini memiliki keunggulan sebagai berikut ini :

  • Jumlah biaya/ modal beternak puyuh petelur relatif sedikit
  • Dapat dibudidayakan di lingkungan rumah tangga
  • Memiliki waktu pemeliharaan yang relatif pendek dan cepat
  • Burung puyuh cukup kebal terhadap serangan penyakit
  • Jumlah produksi dan pertubuhan daging maupun telur juga tinggi

Lalu manfaat apa saja yang didapatkan dengan beternak Burung Puyuh ? Usaha budidaya burung puyuh ini ternyata bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan dirumah loh, tidak hanya samping tetapi juga bisa menjadi bisnis utama. Telurnya yang kecil tersebut ternyata memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan mata, meningkatkan metabolisme, meredakan alergi sehingga dapat mendetoksifikasi tubuh.

Mari kita manfaatkan peluang bisnis ini untuk mendapat keuntunggan yang cukup tinggi

Daging burung puyuh juga dikenal sebagai sumber gizi yang dangat baik dan memiliki citarasa yang lezat. Bahkan limbah kotoran puyuh juga bisa dijadikan sebagai pupuk yang kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan tumbuhan. Selain itu bulunya juga dapat dimanfaatkan sebagai aneka kerajinan dan masih banyak lainnya 

Baca juga : 

Dimana lokasi yang cocok untuk beternak Burung Puyuh ?

Setelah mengetahui burung puyuh secara dekat, mengetahi alasan serta manfaat beternak burung puyuh. Pasti Anda sekalian menjadi tertarik kan untuk berbisnis burung puyuh ? Iya dong.. Beternak burung puyuh memang merupakan usaha yang mudah untuk diterapkan. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas pun juga tidak rumit. Anda bisa mendapatkan bibitnya di hobiternak.com.

Salah satu contoh kandang puyuh dengan teknologo Modern

Sebelum beternak burung puyuh sebaiknya Anda juga mempersiapkan beberapa hal penunjang berhasilnya sebuah usaha ternak, terutama dalam memilih lokasi yang cocok untuk pembuatan kandang burung puyuh beternak burung puyuh. Berikut beberapa poinnya :

  1. Memilih lokasi kandang puyuh yang jauh dari pemukiman keramaian dan pemukiman penduduk 
  2. Lokasi kandang harus stategis dan mudah untuk di akses kendaraan 
  3. Lingkungan harus bersih, jauh dari ancaman serangan hewan buas
  4. Tidak beresiko terkena banjir
  5. Pastikan lokasi pembuatan kandang selalu mendapatkan sirkulasi udara yang baik. 

Setelah menentukan lokasi kandang yang baik dan dapat menciptakan keamanan bagi puyuh. Maka peternak juga harus memperhatikan langkah – langkah selanjutnya beternak burung puyuh. Seperti mempersiapkan kandang, mempersiapkan pembibitan, melakukan pembersihkan kandang secara rutin, kontrol kesehatan dan penyakit, memberikan pakan yang berkulitas serta memperhatikan proses pemanenan telur puyuh maupun dagingnya. 

Berapa harga jual burung puyuh di Jogja ?

Nah setelah membaca keunggulan – keunggulan diatas pasti Anda ada keinginan dan tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya burung puyuhkan ?. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dimana untuk mendapatkan bibit/DOQ puyuh ini. Di Jogja sudah ada penjual bibit puyuh yang dikenal hobiternak.com, di hobiternak.com ini selain berbagai macam bibit ayam yang tersedia juga menyediakan bibit puyuh usia baru saja menetas. Maka dari itu, yuk seger order bibit burung puyuhnya ditempat kami. Untuk saat ini harga bibit burung puyuh ditempat kami kisaran 2500 – 3000 per ekornya. 

Ciri-ciri burung puyuh yang baik untuk kita ternakan

Ciri-ciri burung puyuh yang baik untuk kita ternakan

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis budidaya Burung Puyuh kami hobiternak.com menyediakan bibit puyuh usia baru saja menetas dan siap memgirimkan pesanaan hingga keseluruh penjuru Indonesia. Untuk pengiriman akan kami kirimkan menggunkan kereta dan pesawat via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga yang terjangkau pula. 

Pertanyaan seputar daftar harga, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi tetatang pemeliharan bibit puyuh. Bisa menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :

burung puyuh, burung puyuh adalah, ternak burung puyuh, jual puyuh, kandang burung puyuh, harga bibit burung puyuh, kandang puyuh, modal ternak burung puyuh petelur. pakan puyuh, puyuh adalah, 


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: