6 Info Penting Cara Merawat DOQ Puyuh

Memelihara burung puyuh tidak bisa disamakan dengan memelihara ayam atau bebek. Burung puyuh memerlukan perawatan yang lebih intensif agar bisa menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. 

Burung puyuh termasuk unggas kecil bertubuh mini yang mampu memproduksi telur dengan produktivitas yang cukup tinggi.

Dalam satu tahun produktivitas telur burung puyuh dalam satu ekornya bisa lebih dari 300 butir. Tentu jumlah yang cukup banyak bukan…

Permintaan telur burung puyuh di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi, namun stock yang tersedia tidak begitu banyak. Masyarakat Indonesia lebih banyak menternakan ayam, bebek dan hewan ruminansia ketimbang burung puyuh. 

Berbeda dengan ayam dan bebek, beternak burung puyuh harus lebih optimal | image 1
Berbeda dengan ayam dan bebek, beternak burung puyuh harus lebih optimal | image 1

Padahal sebenarnya membuka usaha ternak burung puyuh juga tak kalah bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi juga.

Karena harga telur burung puyuh masih terbilang cukup tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan telur ayam, telur burung puyuh lebih mahal harganya. 

Jadi cocok sebagai usaha sampingan atau usaha utama bagi Anda yang ingin mencari penghasilan yang lebih. 

Sebelum mulai memelihara burung puyuh, peternak harus mengetahui seluk beluk bagaimana beternak burung puyuh. Terkhusus pada perawatan saat burung puyuh usia anakan atau DOQ. 

Pada saat burung puyuh masih berusia anakan rawan sekali mengalami kematian. Peternak harus mengetahui perawatan apa saja yang harus dilakukan agar anakan burung puyuh tetap

Pada saat burung puyuh masih berusia anakan, peternak harus lebih berhati-hati dalam merawatnya karena rentan mengalami kematian | image 2
Pada saat burung puyuh masih berusia anakan, peternak harus lebih berhati-hati dalam merawatnya karena rentan mengalami kematian | image 2

Lalu bagaimana cara merawat DOQ burung puyuh??? 

Berikut akan kami informasikan beberapa hal penting yang harus dilakukan peternak untuk merawat DOQ burung puyuh : 

1. Memberikan pakan yang bergizi dan berkualitas

Pakan untuk DOQ puyuh yang masih usia anakan bisa menggunakan pakan pabrikan khusus untuk burung puyuh usia 1 hari. Biasanya pakan berbentuk mess/lembut. 

Pastikan pilih pakan burung puyuh yang berkualitas dan bermerk yang bagus. Karena pakan sangat menentukan bagaimana pertumbuhan burung puyuh selanjutnya. 

2. Menjaga ketersediaan air

Air juga penting untuk memenuhi kebutuhan mineral pada DOQ burung puyuh. Pastikan ketersediaan air selalu ada agar puyuh tidak dehidrasi. 

Kandang baterai sering diterapkan peternak untuk memelihara burung puyuh | image 3
Kandang baterai sering diterapkan peternak untuk memelihara burung puyuh | image 3

3. Menggunakan kandang yang ideal

Pada 10 hari pertama, kandang DOQ burung puyuh kapasitas 100 ekor bisa menggunakan kandang yang seluas 60 X 90 cm.

Kandang bisa berbentuk box, lalu setelah burung puyuh berusia 8 minggu lebih maka bisa dipindah ke kandang yang lebih luas. 

Kandang yang digunakan untuk burung puyuh yang sudah mulai beranjak dewasa atau siap bertelur bisa menggunakan kandang baterai. 

Kandang baterai memiliki banyak manfaat salah satunya mudah dalam pengambilan telur. 

4. Suhu ruangan pada area kandang terjaga

Pada usia anakan, DOQ puyuh masih membutuhkan kehangatan yang cukup. Pasalnya belum banyak bulu yang muncul pada puyuh tersebut, jadi jika ada udara yang dingin akan membuat puyuh akan terasa kedinginan dan akibatnya akan membuat puyuh menjadi stress lalu mati. 

Suhu yang cocok untuk DOQ burung puyuh di dalam kandang yaitu 37,7 derajat celcius. Anda bisa mengatur suhu tersebut sesuai dengan kondisi pada saat itu. 

Jika puyuh bergerombol mendekati lampu atau pemanas maka tandanya mereka masih merasa kedinginan jadi perlu ditambah lampu/pemanas lagi. 

Dan apabila DOQ puyuh menjauhi lampu/pemanas maka tandanya mereka merasa kepanasan. Indikator kenyamanan kandang atau suhu dilihat dari posisi burung puyuh yang menyebar rata di seluruh kandang. 

Baca juga : 

Usahakan suhu didalam kandang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas | image 4
Usahakan suhu didalam kandang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas | image 4

5. Melakukan vaksin

Agar puyuh tetap dalam keadaans sehat dan terhindar dari serangan penyakit, maka Anda bisa memberikan vaksin khusus untuk burung puyuh. Vaksin bisa Anda dapatkan di poultry shop terdekat. 

Pemberian vaksin harus sesuai dengan usia burung puyuh tersebut. 

Sebagai informasi, jika burung puyuh sedang tidak sehat atau sakit maka jangan sekali-kali diberikan vaksin karena akan membuat puyuh lebih drop dan akibatnya malah akan mati. Jadi berikan vaksin saat kondisi burung puyuh sehat dan fit.

6. Menjaga lingkungan kandang

Lingkungan kandang sangat berpengaruh bagi burung puyuh. Usahakan lingkungan sekitar kandang aman dan tidak terlalu bising. Lingkungan yang terlalu bising akan membuat puyuh menjadi stress. 

Selain itu, pastikan juga lingkungan kandang tidak ada hewan pemangsa atau pengganggu seperti ular, musang dan sejenisnya. 

DOQ Puyuh usia baru saja menetas di hobiternak.com | image 5
DOQ Puyuh usia baru saja menetas di hobiternak.com | image 5

Merawat DOQ puyuh dengan benar sesuai ilmunya tentu hasil yang didapat akan memuaskan. Tidak hanya telurnya saja yang bisa dijual namun dagingnya juga bisa. 

Daging burung puyuh ternyata juga lezat dan enak untuk dikonsumsi. Banyak restoran atau warung makan yang menjual masakan berbahan dasar daging burung puyuh. 

Bagaimana Anda tertarik beternak burung puyuh???

Tenang saja tidak usah susah-susah mencari bibit atau DOQ burung puyuh, karena hobiternak.com menyediakan. 

Pengiriman bisa ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan kargo hewan terpercaya. Hubungi contact person dibawah ini sekarang juga : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait :  harga anak burung puyuh, makanan anak burung puyuh, cara merawat doq puyuh, harga doq puyuh, doq puyuh, burung puyuh, bibit puyuh

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: henderson.ces.ncsu.edu
  • image 4: henderson.ces.ncsu.edu
  • image 5: Owned by the author
  • cover: henderson.ces.ncsu.edu

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA