5 Hal yang Harus di Persiapkan sebelum Beternak Burung Puyuh

Burung Puyuh – Siapa yang tidak kenal dengan burung kecil yang memiliki banyak manfaat ini. Di Indonesia burung puyuh tidak asing lagi kita dengar. Sebutan burung puyuh ini yaitu “manuk gemak”. Puyuh atau gemak adalah jenis burung yang memiliki ukuran tubuh yang kecil,bulat dan berkaki pendek. Burung ini biasanya hidup di sawah-sawah atau semak belukar. Puyuh memiliki kemampuan lari dan terbang yang cepat namun dengan jarak tempuh yang pendek.

Burung puyuh yaitu salah satu jenis burung yang memiliki kaki pendek serta tubuh yang bulat
Burung puyuh yaitu salah satu jenis burung yang memiliki kaki pendek serta tubuh yang bulat

Saat ini ada beberapa peternak yang mencoba untuk beternak burung puyuh ini. Memang sebenarnya peternak burung puyuh di Indonesia masih cukup jarang atau belum banyak, padahal kalau di lihat dari prospeknya beternak burung puyuh bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan bagi Anda.

Manfaat yang di dapat jika beternak burung puyuh

Beternak burung puyuh banyak yang bisa di manfaatkan contohnya telur yang bisa di konsumsi, daging yang bisa di konsumsi pula, serta bulunya yang bisa di gunakan untuk menghasilkan kerajinan yang unik dan bernilai jual. Kotorannya bisa di jadikan pupuk atau kompos untuk tanaman

Kelebihan beternak burung puyuh :

  • Beternak burung puyuh tidak memerlukan modal yang besar
  • Beternak burung puyuh tidak terlalu sulit
  • Telur dan daging burung puyuh mempunyai nilai gizi dan rasa yang lezat
  • Permitaan tinggi namun peternak puyuh masih sedikit, jadi berpeluang bagus
Telur burung puyuh menetas pada hari ke 17
Telur burung puyuh menetas pada hari ke 17

Waktu penetasan burung puyuh ini cukup cepat yaitu sekitar 17 hari saja. Jika Anda ingin menetaskan telur puyuh maka usahakan telur tersebut fertil atau sudah di buahi oleh pejantan. Namun jika telur puyuh tersebut hanya untuk di konsumsi maka tidak perlu menggunakan pejantan.

Produktivitas burung puyuh cukup banyak, dalam 1 tahun, 1 ekor burung puyuh dapat menghasilkan telur sektiar 250-310 butir. Cukup banyak bukan. Berat telurnya mencapai 8% dari berat badan induknya atau sekitar 10 gram. Burung puyuh betina mulai bertelur pada usia 35 hari atau rata-rata 40 hari. Produksi telur burung puyuh mencapai normal saat sudah berusia 50 hari.

Telur burung puyuh
Telur burung puyuh

Hal-hal yang perlu di persiapkan sebelum beternak burung puyuh :

1. Pemilihan lokasi kandang

Pemilihan lokasi kandang sangat penting sebelum Anda ternak burung puyuh, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk lokasi kandang burung puyuh diantaranya :

  • Kandang dekat dengan sumber air bersih
  • Terjangkau alat transportasi
  • Lokasi kandang tidak banjir
  • Jauh dari kebisingan, contohnya jauh dari pasar, jalan raya dan lain sebagainya

2. Persiapan kandang

Kandang yang akan di tempati oleh burung puyuh sebaiknya di buat senyaman mungkin. Karena kegiatan burung puyuh dari pagi sampai malam berada di kandang. Kandang ideal yang bisa di gunakan untuk burung puyuh yaitu :

  1. Ukuran kandang sesuai dengan jumlah burung puyuh yang akan di ternakan. Panjang 100cm lebar 60cm tinggi 30cm dapat menampung sekitar 30-35 ekor burung puyuh siap produksi.
  2. Kandang ideal burung puyuh biasanya bertingkat dan jumlah tingkatnya 4 tingkat. Tujuan kandang di buat bertingkat agar bisa memaksimalkan tempat.
  3. Usahakan cahaya matahari bisa masuk ke kandang. Agar cahaya bisa masuk ke kandang maka pembuatan kandangnya bisa menggunakan kawat strimin pada bagian dinding kandang dan untuk kerangkanya menggunakan kayu atau belahan kayu. Jarak antar bambu jangan terlalu renggang dan jangan terlalu rapat, alas kandang bisa menggunakan kawat strimin juga, fungsinya agar kotoran bisa langsung turun ke tempat penampungan.
  4. Berikan lampu pada kandang burung puyuh.
    Untuk suhu burung puyuh dari 0-dewasa yaitu :
    0-1 minggu = 38-35 derajat celcius
    1-2 minggu = 33-35 derajat celcius
    3 minggu – 1,5 bulan = 33-35 derajat celcius
    1,5 bulan – selesai = suhu sudah netral tidak perlu lampu atau pemanas (25-30 derajat celcius)

3. Pemilihan bibit

Setelah kita mempersiapkan kandang, yang perlu kita perhatikan yaitu memilih bibit yang bagus untuk kita ternakan.

Ciri-ciri burung puyuh yang baik untuk kita ternakan
Ciri-ciri burung puyuh yang baik untuk kita ternakan

Berikut adalah ciri-ciri DOQ Puyuh atau bibit puyuh yang bagus :

  • Lincah dan aktif bergerak
  • Bentuk tubuhnya sempurna
  • Warna bulu cerah dan tidak kusam
  • Jika tujuan Anda menernakan puyuh untuk diambil telurnya saja maka bisa memilih puyuh yang berjenis kelamin betina saja

4. Pemberian pakan

Pemberian pakan yang baik adalah salah satu kunci sukses peternak puyuh. Pakan burung puyuh ini cukup mudah Anda bisa menggunakan jagung, dedak padi, sorgum, tepung tulang, pollard atau singkong. Untuk pemberian pakannya bisa 2 kali sehari (pagi dan sore)

5. Kebersihan kandang

Membersihkan kotoran kandagn bisa setiap 3 hari sekali, tempat penampung yang kotor bisa di ganti dan di cuci serta di keringkan untuk kita pakai kembali

Nahh, itu dia beberapa informasi mengenai beternak burung puyuh. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Dan jika Anda ingin beternak burung puyuh kami menyediakan burung puyuh usia baru saja menetas atau DOQ (Day Old Quail). Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Apabila Anda berminat bisa langsung hubungi kami di nomor bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 

jual burung puyuh, doq puyuh, burung puyuh, puyuk gunsi, doq puyuh gunsi, jual puyuh gunsi, puyuh gunsi gunung sindur, puyuh, burung puyuh adalah, gemak, ciri-ciri doq puyuh, kandang burung puyuh, telur burung puyuh, pakan burung puyuh, beternak burung puyuh, ternak puyuh

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: