10 Fakta Menarik Tentang Bebek Yang Menarik Untuk di Ketahui

Tersimpan banyak fakta unik yang cukup jarang diketahui oleh masyarakat mengenai bebek. Bebek adalah salah satu unggas berkaki 2 yang hidup di darat namun memiliki kemampuan berenang di air. 

Bebek atau biasa disebut dengan itik adalah termasuk spesies burung yang masuk dalam famili Anatidae. Hewan ini merupakan burung akuatik yang memiliki postur lebih kecil dibandingkan dengan kerabatnya seperti angsa.

Sebenarnya bebek sering ditemukan di perairan air laut dan air tawar. Namun jika di Indonesia, masyarakat sering memelihara bebek dengan cara dikandangkan di darat untuk diambil dagingnya ataupun telurnya untuk dikonsumsi.

Bebek termasuk unggas yang senang berenang diair | image 1
Bebek termasuk unggas yang senang berenang diair | image 1

Cukup banyak peternak yang memelihara bebek dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Membuka usaha ternak bebek ternyata selain bisa mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, juga bisa memberikan keuntungan yang banyak bagi peternak. 

Pasalnya baik itu telur bebek maupun daging bebek harga jual dipasaran masih cukup tinggi dibandingkan ayam. Teksturnya yang khas dan rasanya yang lezat membuat masyarakat tertarik untuk mengkonsumsinya. 

Banyaknya restoran ataupun warung makan yang menyediakan menu masakan berbahan dasar daging bebek dan telur bebek sudah bisa menjadi bukti bahwa di Indonesia banyak yang berminat dan suka dengan bebek. 

Lalu sebenarnya apa fakta unik yang dimiliki oleh bebek??? Apakah sudah ada yang tahu??? Kalau belum simak penjelasan dibawah ini ya…

Bebek menyimpan fakta unik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat | image 2
Bebek menyimpan fakta unik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat | image 2

Fakta Unik Tentang Hewan Bebek

1. Bisa mengapung di air namun tidak basah

Di bagian dekat ekor, bebek memiliki kelenjar minyak alami. Minyak alami tersebut berfungsi supaya saat bebek berenang bulunya tidak akan basah.  

2. Memiliki 3 kelopak mata

Tidak disangka ternyata kelopak mata pada bebek berjumlah 3. Kelopak mata tersebut disebut dengan membran nictitating.

Membran nictitating adalah lipatan kulit putih tipis transparan yang berfungsi untuk melindungi, melembabkan dan membersihkan mata bebek. 

3. Tidak berkeringat

Bebek tidak memiliki kelenjar keringat di tubuhnya. Meskipun di lapisan tubuhnya terdapat jaringan lemak yang tinggi namun bebek tidak berkeringat.

Bebek suka berenang, jadi saat merasa kepanasan ia akan langsung mencari air atau kolam untuk berenang. 

4. Memakai bulu halus untuk melapisi sarangnya

Saat bebek betina membuat sarang untuk telurnya, biasanya ia akan mencabuti bulu-bulu halus di bagian tubuhnya dengan tujuan agar telur bebek lebih hangat. 

5. Tidak memiliki sifat mengeram

Saat bebek bertelur ia tidak mau mengerami telurnya. Namun meskipun begitu biasanya bebek akan menaruh telurnya di sekam yang sudah tersedia.

6. Memiliki penglihatan tajam

Ternyata bebek memiliki penglihatan 2 sampai 3 kali lebih tajam dibandingkan penglihatan manusia. Bebek mampu melihat sinar ultraviolet dan bisa melihat di dalam air. 

7. Sering dinilai sebagai hewan kotor

Di mata manusia, bebek sering dinilai sebagai hewan yang kotor. Padahal sebenarnya bebek selalu menjaga kebersihannya dengan cara menjilati kotoran yang menempel di bagian tubuhnya menggunakan mulut. 

8. Tidak ada sistem saraf di bagian kaki bebek

Di bagian kaki pada bebek ternyata tidak ada sistem sarafnya. Hal ini yang menjadikan bebek tidak akan merasa kedinginan atau kepanasan jika ada sesuatu yang menempel di kakinya.

9. Cara berjalan bebek unik

Karena memiliki kaki yang berselaput lebar, maka cara berjalan bebek menjadi unik. Bebek akan menggoyang-goyangkan ekornya saat berjalan.    

10. Memiliki kewaspadaan tinggi 

Insting dan kewaspadaan bebek sangat tinggi. Termasuk hewan yang polos dan mudah untuk dimangsa predator membuat bebek harus selalu waspada.

Saat sekelompok bebek sedang tidur ada bebek yang di bagian ujung memejamkan matanya hanya sebelah dengan tujuan agar tetap terjaga di lingkungannya. 

Baca juga : 

Di Indonesia ada berbagai jenis bebek yang dipelihara dan dari semua jenis tersebut memiliki cirikhas masing-masing | image 3
Di Indonesia ada berbagai jenis bebek yang dipelihara dan dari semua jenis tersebut memiliki cirikhas masing-masing | image 3

Cukup banyak jenis bebek yang ada di Indonesia. Ada bebek hias, bebek petelur dan bebek pedaging.

Yang termasuk bebek hias yaitu bebek mandarin dan caroline. Kalau bebek petelur yaitu bebek mojosari dan bebek campbell. Sedangkan bebek pedaging yaitu bebek peking dan hibrida. Masing-masing jenis memiliki cirikhas sendiri-sendiri.

Jika Anda berminat untuk memelihara bebek kami dari hobiternak.com menyediakan. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan silahkan bisa menghubungi contact person di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

Kata terkait : ciri-ciri bebek, perkawinan bebek, fakta bebek sawah, bebek berbaris, keunikan bebek, kenapa bebek jalannya berbaris, makanan bebek adalah

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: pixabay.com
  • image 2: pixabay.com
  • image 3: pixabay.com
  • cover: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA