Mengenal Ayam Organik & Probiotik yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, untuk mendapatkan gizi dan vitamin yang tepat. Kita juga harus memilih daging ayam yang sehat dan berkualitas. Karena jika daging ayam sudah beredar di pasaran untuk membedakan daging ayam yang sehat dan tidak sehat harus benar – benar jeli.

Ayam merupakan salah satu bahan pangan hewani yang banyak diminati oleh masyarakat. Daging ayam dipercaya memiliki kandungan gizi dan vitamin yang mampu memberikan kesehatan bagi tubuh manusia.

Ayam Broiler marupakan ayam pedaging dengan masa panen cepat yakni hanya membutuhkan masa pameliharaan 35 hari saja | image 1 freightnews.co.za
Ayam Broiler marupakan ayam pedaging dengan masa panen cepat yakni hanya membutuhkan masa pemeliharaan 35 hari saja | image 1

Ayam yang segar ternyata tidak hanya dikenali dengan melihat bentuk fisiknya tetapi ayam yang segar juga harus dilihat dari bagaimana peternak dalam memberikan proses pemeliharaan. 

Untuk mendapatkan ayam yang sehat ternyata saat ini telah banyak peternak yang berinovasi mengembangkan ayam bekualitas tanpa menggunakan bahan pakan dan obat – obatan kimiawi, dapat kita kenal dengan nama Ayam Organik dan ayam probiotik. 

Mengenal Ayam Organik  

Sesuai dengan namanya Ayam Organik merupakan ayam yang dibesarkan dengan pemeliharan tanpa diberikan bahan kimia seperti, suntikan vaksin, obat antibiotik ataupun obat – obatan berbahan kimia lainnya.

Sehingga proses pembesaran ayam organik ini berdasarkan bahan – bahan organik antara lain, dedak organik, fermentasi bakan pakan nabati maupun hewani dan lain sebagainya.

Baca juga : Usia 35 Hari Ayam Broiler Sudah Bisa di Panen

Salah satu daging ayam organik yang sudah dikemas dan siap dipasarkan sebagai daging konsumsi | image 2 shopee.co.id
Salah satu daging ayam organik yang sudah dikemas dan siap dipasarkan sebagai daging konsumsi | image 2

Dengan pemberian bahan – bahan pakan ayam organik ini diharapkan ayam tersebut mengandung vitamin dan gizi yang menyehatkan untuk perkembangan tubuh manusia. 

Baca Juga!  5 Penyakit Ayam Broiler yang Sering Terjadi di Indonesia

Ayam Organik ini berasal dari DOC Ayam Broiler, biasanya ayam broiler dipelihara dengan menggunakan vaksin dan obat – obatan kimia. Tujuan pemberian vaksin dan obat – obatan kimia ini tidak lain agar ayam dapat tumbuh dengan cepat serta memiliki bobot yang maksimal.

Tetapi kini hadir jenis ayam organik broiler yang melewati sistem pemeliharaan ketat tanpa diberikan bahan senyawa organik.

Manfaat Mengkonsumsi Ayam Organik bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi daging ayam organik ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dibandingkan dengan ayam pedaging biasa tentu daging ayam organik memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi.

Daging Ayam Organik memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang berbeda dengan ayam broiler biasa | image 3 grid.id/
Daging Ayam Organik memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang berbeda dengan ayam broiler biasa | image 3

Adapun untuk manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi daging ayam organik adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengandung vitamin dan mineral
  2. Kandungan protein yang tinggi
  3. Dapat menurunkan berat badan
  4. Menurunkan resiko terkena kangker
  5. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Mengenal Ayam Probiotik

Selain ayam organik ada juga jenis ayam probiotik. Ayam probiotik ini juga dipelihara tanpa menggunakan bahan kimia sama halnya dengan ayam organik.

Perdaannya pun hanya terdapat pada jenis tambahan pakan. Untuk ayam probiotik peternak menambahkan aneka bahan empon – emponan, seperti jahe, temulawak, jinten, kunir, lengkuas dan lain sebagainya.

Pemberian bahan tersebut memiliki manfaat diantaranya membuat kinerja pencernaan menjadi lebih baik, memiliki kandungan lemak, lendir dan minyak alami menjadi lebih sedikit dibanding dengan ayam biasa.

Sehingga kadar kolesterol yang ada pada daging ayam probiotik tersebut menjadi berkurang.

Baca juga : 4 Olahan Roti Tawar Sederhana, Salah Satunya Roti Tawar Isi Ayam

Sama hal nya dengan ayam organik, ayam probiotik juga memiliki manfaat yang dapat menyehatkan bagi tubuh manusia | image 4 kompas.com
Sama hal nya dengan ayam organik, ayam probiotik juga memiliki manfaat yang dapat menyehatkan bagi tubuh manusia | image 4

Manfaat dari mengkonsumsi ayam probiotik yakni memiliki kadar protein yang tinggi, tetapi kandungan kolesterolnya yang rendah.

Selain itu daging yang dihasilkan ayam probiotik cenderung memiliki tekstur yang lembut dan kesat. Warna kulitnya yang berwarna pink membuat daging ayam ini terlihat lebih segar.

Baca Juga!  3 Jenis Kandang Ayam Close House Sederhana berdasarkan Tipe Dinding

Ketika daging ayam probiotik direbus nyaris tidak terdapat buih-buih di dalamnya. Sehingga kaldu ayam tersebut tetap aman dan cocok untuk membuat sayur sup ayam dan aneka masakan kuah lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Ayam Probiotik bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa daging ayam probiotik mengandung zat gizi yang bermafaat bagi tubuh manusia. Untuk mengetahui manfaatnya mari kita simak point-pointnya dibawah ini :

  1. Menjaga sistem imun agar bekerja lebih kuat
  2. Dapat mencegah eksim dan psoriasis
  3. Mengoptimalkan saluran pencernaan
  4. Mencegah radang usus
  5. Memberikan tambahan energi bagi tubuh manusia
  6. Mencegah kenaikan berat badan

Jika dilihat dari segi pemeliharaan dan manfaat tentu ayam organik maupun ayam probiotik memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari harga ayam biasa. Harga ayam organik di pasaran dan ayam probiotik dapat mencapai Rp. 60.000 – Rp. 120.000/ kg.

Ketika dimasak menjadi sup, ayam probiotik tidak akan mengeluarkan buih-buih sehingga aman dikonsumsi bagi tubuh manusia | image 5 tokopedia.com
Ketika dimasak menjadi sup, ayam probiotik tidak akan mengeluarkan buih-buih sehingga aman dikonsumsi bagi tubuh manusia | image 5

Untuk mendapatkan kedua jenis daging ayam tersebut, Anda dapat menemukannya di supermarket-supermarket besar. Karena biasanya di pasar tradisional banyak menjual daging ayam potong biasa dan daging ayam kampung.

Sehingga cukup jarang jual ayam organik ditemukan di pasaran tradisional atau warung-warung biasa. Selain itu Anda pun juga bisa mengembangkan bisnis ayam organik, baik dalam skala besar maupun kecil.

Cara Memilih Daging Ayam Segar dan Tiren (Mati Kemarin)

Sebelum mengkonsumsi daging ayam ada baiknya jika mengecek kembali ayam yang akan dimasak. Hal ini bertujuan agar daging ayam yang dikonsumsi benar-benar berasal dari ayam yang segar.

Tips memilih ayam yang sehat dapat diamati pada tabel berikut ini | image 6 tillmansmeats
Tips memilih ayam yang sehat dapat diamati pada tabel berikut ini | image 6

Lalu bagaimana agar pembeli atau pengkonsumsi daging ayam dapat tepat memilih daging yang segar ? Berikut perbedaan daging ayam segar dan daging ayam tiren

Daging Ayam SegarDaging Ayam Tiren/ Mati Kemaren 
1. Warna daging ayam putih pucat1. Warna daging ayam kebiru – biruan, terlihat pucat dan tidak segar
2. Memiliki aroma yang normal2. Memiliki bau yang tidak sedap dan amis
3. Bekas sembelih di leher terlihat terbuka lebar3. Bekas sembelih di leher sempit dan rapi
4. Memiliki serat daging yang halus serta lubang cabutan bulu yang tertutup4. Permukaan daging kasar, poti – pori bekas cabutan bulu tidak menutup rapat
5. Bagian sendi elastis saat ditekuk5. Sendi ayam saat ditekuk terasa kaku dan tidak elastis
 6. Warna kulit terlihat licin dan mengkilat (disebabkan penggunaan formalin) 

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba ternak Ayam Broiler kami dari hobiternak.com meyediakan DOC Ayam Brolier usia baru saja menetas dan siap mengirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga!  Apakah Kualitas Pakan Ayam Broiler Kita Sudah Tepat ?

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya silahkan bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : ayam organik, harga ayam organik di pasaran, ayam organik harga, beda ayam organik dengan ayam biasa, ciri ayam organik, perbedaan ayam organik dan ayam probiotik, jual ayam organik, bisnis ayam organik, pakan ayam organik

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA