Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Ayam

Pentingnya menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam petelur dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan produktivitas ayam. Saluran pencernaan yang sehat pun akan membantu proses pencernaan rasum dan penyerapan nutrisi pakan dengan optimal.

Perlu diketahui bahwa saluran pencernaan merupakan organ-organ yang memiliki peran penting dalam mengelola makanan, menyerap nutrisi dan mengeluarkan sisa rasum yang tidak terserap oleh organ pencernaan.

Nutrisi yang terserap dengan baik didasari oleh organ pencernaan yang baik dan sehat. Untuk melihat organ pencernaan berjalan dengan baik, peternak dapat mengetahuinya dari :

  1. Penyerapan nutrisi pakan yang berjalan dengan baik
  2. Memiliki bau fases atau kotoran yang tidak terlalu menyengat
  3. Kematian ayam yang sakit karena organ pencernaan yang buruk sangat rendah
  4. Penggunaan FCR yang sesuai standar
Saluran pencernaan harus dijaga dengan baik karena sumber penyerapan nutrisi terjadi di dalam saluran pencernaan terutama pada usus | image 1
Saluran pencernaan harus dijaga dengan baik karena sumber penyerapan nutrisi terjadi di dalam saluran pencernaan terutama pada usus | image 1

Tidak hanya sebagai saluran penyerapan nutrisi, pentingnya menjaga kesehatan saluran pencernaan berarti sistem kerja jaringan gut-associated lymphoid tisse atau GALT juga akan terjaga dengan baik.

GALT menjadi bagian dari jaringan limfoid yang memilki fungsi sebagai tempat respon kekebalan mukosa. Selain itu juga dapat menghasilkan antibodi dan menerima rangsangan respon imun mukosal.

Faktor-Faktor Gangguan Kesehatan Saluran Pencernaan

Kesehatan pencernaan ayam yang tidak terjaga dengan baik akan menurunkan kinerja pencernaan dalam menyerap nutrisi makanan. Maka dari itu peternak dituntut untuk selalu memperhatikan kesehatan saluran pencernaan ayam dengan memperhatikan faktor-faktor berikut ini :

1. Terdapat Jamur dan Level Mikotoksin

Jamur yang terdapat dalam pakan ayam terkadang memang tidak terlihat. Padahal pengaruh jamur yang telah mengontaminasi pakan akan menyebabkan nutrisi yang terkandung di dalam pakan menjadi tidak maksimal.

Baca juga : 3 Jenis Penyakit Pencernaan Ayam yang Perlu Peternak Waspada

Jamur yang mengontamiasi pada pakan dapat berbahaya jika dikonsumsi oleh ayam | image 2
Jamur yang mengontamiasi pada pakan dapat berbahaya jika dikonsumsi oleh ayam | image 2

Mikotoksin yang terdapat pada pakan akan mengiritasi saluran pencernaan seperti gizzard/ ampela pada ayam.

2. Keseimbangan Bakteri dalam Usus

Apabila keseimbangan kesehatan pada saluran pencernaan terutama pada usus terganggu maka akan mengakibatkan infeksi bakterial pencernaan. Sehingga hal tersebut dapat merusak sistem kekebalan tubuh ayam yang akan mengakibatkan ayam mudah terserang penyakit.

Jika saluran pencernaan ayam mulai terganggu maka penyakit yang akan ditularkan oleh ayam yang sakit tersebut akan keluar bersama dengan fases kotoran ayam. Akibatnya ayam yang sehat pun dapat terkontaminasi penyakit tersebut.

Usus yang terlihat sehat tidak terdapat bercak darah atau kotoran lainnya saat di belah | image 3
Usus yang terlihat sehat tidak terdapat bercak darah atau kotoran lainnya saat di belah | image 3

Bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada bagian usus ini akan menganggu proses penyerapan nutrisi dan akan meningkatkan gerak peristaltik pada usus sehingga muncul gejala diare.

3. Cuaca yang Buruk & Sanitasi Kandang yang Buruk

Kondisi cuaca yang sering berubah-rubah akan berpengaruh pada kesehatan ayam yang diternakan. Pada saat itu kondisi ayam akan cenderung menurun akibat stres dan pertahanan tubuhnya pun menjadi tidak optimal.

Baca juga : Ancaman Penyakit Tetelo atau ND pada Ternak Ayam Kampung di Musim Peralihan

Cuaca yang sering berubah-ubah dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan si ayam | image 4
Cuaca yang sering berubah-ubah dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan si ayam | image 4

Oleh karena itu peternak dituntut untuk selalu menjaga kebersihan kandang dengan tetap memperhatikan pergantian litter secara berkala, tempat pakan dan minum yang steril dan lingkungan kandang yang bersih.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Ayam

Agar ayam yang dipelihara selalu dalam keadaan sehat terutama pada bagian saluran pencernaan, maka peternak perlu memperhatikan segala hal yang dapat menyebabkan munculnya penyakit.

Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam | image 5
Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam | image 5

Sebelum penyakit tersebut menyerang ayam, berikut yang dapat peternak lakukan :

  1. Menyediakan pakan yang berkualitas dengan memperhatikan nutrisi
  2. Rutin membersihkan kandang, tempat pakan dan minum agar tidak muncul bibit penyakit
  3. Memberikan kapur dan disinfektan sebelum ayam masuk kandang
  4. Pemberian air minum yang bersih dan mengandung ph netral tidak bersifat sadah.
  5. Melakukan monitor pada saat memberikan ransum pakan ayam
  6. Atur suhu ruangan, kelembaban, ventilasi, kepadatan kandang serta kualitas sekam atau litter lantai
  7. Berikan tambahan vitamin agar saluran pencernaan ayam dapat selalu terjaga dengan baik

Menjaga kesehatan agar ayam yang diternakan dapat tumbuh dengan optimal dan maksimal menjadi salah satu tantangan dalam beternak. Dengan adanya ayam yang sehat dan fit tentu nilai jual dan keuntungan bagi peternak pun akan tinggi. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam pedaging, ayam petelur atau bebek bisa langsung order di hobiternak.com. Untuk pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. 

Informasi lebih lengkapnya dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : resep ayam sehat, ciri-ciri ayam sehat, perbedaan ayam organik dan ayam probiotik, resep steak ayam sehat, cara membuat probiotik ayam, merk probiotik untuk ayam, ayam organik adalah, resep ayam panggang sehat

5/5 - (1 vote)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: /afs.ca.uky.edu
  • image 2: belajartani.com
  • image 3: perkebunan.litbang.pertanian.go.id
  • image 4: pixabay.com
  • image 4: Lazada
  • thumnail: perkebunan.litbang.pertanian.go.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA