Cikarang merupakan pusat dari Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sebelumnya pusat pemerintahan Bekasi ada di Kota Bekasi, karena pemekaran daerah sekarang menjadi kota otonom. Cikarang juga termasuk kota industri terbesar se-ASIA Tenggara.

Terkenal dengan sebutan daerah industri karena kegiatan yang paling menonjol di Cikarang yaitu industri. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya area industri yang berdiri mulai dari Cikarang Barat sampai Cikarang Selatan. Beberapa kompleks industri tersebut diantaranya yaitu Bekasi International Industrial Estate (BIIE) or Hyunday Industrial Park, MM2100 Cikarang Barat, East Jakarta Industrial Park (EJIP) and Delta Silicon Industrial Park dan lain sebagainya.

Di Cikarang banyak industri-industri besar yang sudah berdiri
Di Cikarang banyak industri-industri besar yang sudah berdiri

Peluang usaha di daerah Cikarang

Banyaknya usaha industri di wilayah Cikarang membuat banyaknya pendatang baru dari luar kota Cikarang yang ingin ikut bekerja di salah satu industri di Cikarang tersebut. Banyaknya pendatang baru membuat penduduk di Cikarang bertambah. Hal ini juga mempengaruhi kebutuhan konsumsi di wilayah Cikarang.

Lalu apa usaha yang cocok dengan adanya peristiwa tersebut?

Salah satu usaha yang bisa Anda coba yaitu beternak ayam pedaging. Daging ayam memang salah satu makanan yang cukup banyak di cari oleh masyarakat. Cita rasa daging ayam yang lezat saat sudah di masak yang membuat banyak masyarakat yang tertarik untuk memakannya. Selain itu daging ayam dapat di masak dengan berbagai jenis aneka masakan kuliner.

Salah satu usaha mandiri yang bisa di tekuni dan di coba di Cikarang yaitu usaha ternak ayam pedaging
Salah satu usaha mandiri yang bisa di tekuni dan di coba di Cikarang yaitu usaha ternak ayam pedaging

Jenis ayam pedaging apa yang cocok untuk di ternakan?

Saat ini ayam pedaging yang sedang populer di kalangan peternak-peternak yaitu jenis ayam kampung super (Joper). Ayam Joper adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Sebutan lain dari ayam ini yaitu ayam kamper, koper, jawa super dan lain sebagainya. 

Asal usul ayam kampung super (Joper)

Dahulu ayam pedaging yang di gunakan oleh para peternak yaitu jenis ayam kampung asli. Cukup lama peternak menggunakan ayam kampung asli untuk diternakan. Namun seiring berjalannya waktu dan penduduk di Indonesia semakin meningkat maka peternak mulai kewalahan untuk memenuhi permintaan daging ayam. 

Nahh, pada waktu itulah ada peternak yang mencoba mengawinsilangkan dari 2 jenis ayam yang berbeda dan hadirlah ayam Joper ini. Belum cukup lama muncul, ayam ini sudah cepat terkenal. Bahkan kepopuleran ayam joper masih hangat di masyarakat baik wilayah Jawa atau luar Jawa sampai saat ini. 

Joper persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina
Joper persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina

Apa kelebihan ayam Joper atau ayam kampung super?

Kelebihan ayam joper ini dapat di panen dengan waktu yang singkat yaitu 60 hari. Pada pemeliharaan 60 hari, Joper sudah dapat di panen dengan bobot mencapai sekitar 0,8 ons – 1 kg. Dengan pemanenan yang singkat maka peluang ayam joper terserang penyakit cukup kecil. Cita rasa daging ayam juga cukup lezat. Pemberian pakannya cukup mudah. 

Biasanya peternak menggunakan pakan full konsentrat untuk menghasilkan bobot yang sesuai standar. Namun banyak juga peternak yang berinovasi memberikan pakan alternatif untuk memperkecil pengeluaran dananya. Cukup banyak pakan alternatif yang bisa Anda berikan untuk ayam joper, seperti maggot bsf, campuran dedak, bekatul dan jagung atau beberapa jenis tepung seperti tepung ikan, lamtoro atau tepung tulang. Agar saat waktu panen dapat menghasilkan bobot yang sesuai jadwal pemberian pakan perlu di perhatikan dengan benar.  

Berapa harga DOC Joper Cikarang?

DOC Joper Cikarang harganya cukup terjangkau. Dibandingkan dengan harga diluar pulau Jawa, harga doc joper cikarang harganya lebih murah. Harga joper di luar pulau Jawa lebih mahal karena ada tambahan ongkir. Masyarakat luar pulau Jawa pun bisanya ambil doc dari pulau Jawa biasanya dari Jawa Timur.  Berikut adalah daftar harga doc joper Cikarang di hobiternak.com : 

DOC Joper usia baru saja menetas
DOC Joper usia baru saja menetas
Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.300 / ekor Rp 5.200 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Analisa ternak Joper penting bagi pemula

Sebelum beternak ayam Joper, kami menyarankan bagi peternak pemula untuk menganalisa terlebih dahulu. Apa itu analisa? Analisa adalah memperkirakan total modal yang harus di keluarkan dan apa saja yang harus dibutuhkan saat proses beternak ayam Joper. 

Dengan menganalisa, peternak bisa lebih terarah dalam mengeluarkan biaya-biaya ternak. Kami menyarankan kalau untuk peternak pemula bisa mencoba analisa ternak joper 100 ekor. Jika sudah panen, maka bisa menambah kapasitas lebih banyak lagi seperti kapasitas 500 ekor.1000 ekor, 2000 ekor atau lebih. 

Setelah menganalisa Anda bisa mempersiapkan segala peralatan yang di butuhkan untuk ternak joper seperti kandang, tempat pakan, tempat minum, pakan joper, alat pemanas, termometer, ember dan gayung, selang dan sekop, kawat atau tali dan drum.

Dan jangan lupa selain peralatan hal yang penting dan jangan sampai lupa yaitu doc atau bibit ayam kampung super atau Joper…

Bagaimana tertarik untuk beternak ayam Joper? Kami menyediakan doc ayam joper usia baru saja menetas. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di nomor : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
doc joper cikarang, doc ayam joper cikarang, doc ayam joper di cikarang, jual doc joper di cikarang, penjual doc joper cikarang, jual doc joper cikarang


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: