Menengok Harga Jual DOC Ayam Joper Wonogiri, Jawa Tengah

Menengok Harga Jual DOC Ayam Joper Wonogiri, Jawa Tengah

Menengok Harga Jual DOC Ayam Joper Wonogiri – Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Wilayah ini cukup potensial untuk berbudidaya ayam joper. Kondisi wilayah yang mendukung serta kemudahan yang di dapat jika beternak joper membuat warga Wonogiri mendapatkan keuntungan. Namun sepertinya belum banyak masyarakat Wonogiri yang tahu betapa untungnya beternak ayam joper ini.

Kabupaten Wonogiri

Terletak di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah, kabupaten ini memiliki topografi berupa daerah yang tanahnya tidak rata serta kurang cocok jika di tumbuhi tananaman. Menurut berbagai sumber, daerah Wonogiri ini tanahnya kurang subur jika hendak dijadikan sentra pertanian. Sehingga kebanyakan masyarakat hanya bisa berladang palawija yang bergantung pada curah hujan. Sedangkan curah hujan di daerah ini tergolong rendah, maka untuk memenuhi kebuutuhan sehari-sehari masyarakat Wonogiri melakukan inisiatif memulai wirausaha. Ada industri yang cukup terkenal di wilayah ini, yaitu pabrik jamu yang produknya sudah beredar luas di seluruh Indonesia.

harga jual doc joper wonogiri
Salah satu ikon kabupaten Wonogiri adalah waduk sermo yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Wonogiri.

Karena kondisi wilayah yang kurang maksimal untuk sentra pertanian dan perkebunan, maka harus ada solusi lain yang bisa dilakukan. Solusi tersebut adalah dengan beralih ke sentra peternakan. Sentra peternakan yang saat ini cukup terkenal di Wonogiri adalah sentra peternakan sapi.

Mencoba Beternak Ayam

Karena beternak sapi membutuhkan modal yang tidak sedikit, jadi setiap orang belum tentu bisa memulai ternak sapi, Maka dari itu, kami menyarankan untuk Anda warga Wonogiri dan sekitarnya untuk mencoba beternak ayam joper Wonogiri

Mengapa harus beternak ayam? Beberapa alasan yang mendasari pilihan beternak ayam. Diantaranya adalah beternak ayam bisa dilakukukan dalam kondisi tanah yang tidak rata dan daerah pegunungan kapur seperti Wonogiri. Selain itu beternak ayam bisa dilakukan oleh siapapun, dengan modal yang tidak sebesar modal beternak sapi. Perputaran modal dalam beternak ayam juga lebih cepat sehingga memudahkan peternak terlebih pemula.

jual doc joper palangkaraya
Sebagai alternatif mata pencaharian warga Wonogiri, beternak ayam joper bisa menajdi solusi.

Ayam Joper / Kampung Super Sebagai Solusi Beternak Mudah dan Cepat Panen

Bagi masyarakat Wonogiri yang ingin mencoba usaha beternak, kami memberikan saran untuk beternak ayam jenis ayam joper atau ayam kampung super. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa beternak ayam joper merupakan solusi beternak yang mudah dan juga cepat panen. Ayam joper merupakan ayam pedaging yang dihasilkan dari persilangan antara pejantan ayam bangkok dan betina ayam petelur. Karena berasal dari indukan terseleksi yang memiliki gen unggul seperti pada ayam bangkok yang berpostur tubuh besar dan ayam petelur yang produktivitasnya tinggi. Ayam joper ini dapat tumbuh besar dengan cepat. Bagaimana tidak? Ayam joper sudah bisa dipanen pada usia 60 hari atau 2 bulan dengan bobot 8 ons hingga 1 kg. 

Beternak ayam joper bisa dilakukan dimanapun, seperti di belakang rumah, di pekarangan, atau di lahan kosong dekat rumah. Jika di lahan yang tanahnya rata maka bisa menggunakan kandang tipe postal. Namun jika kontur tanahnya tidak rata dan berkapur seperti pada daerah Wonogiri, maka bisa menggunakan kandang panggung. Di bawah ini akan kami jelaskan lebih lengkap mengenai kandang panggung.

Kandang Panggung untuk Kontur Tanah Tidak Rata

Permasalahan peternak pemula ketika ingin beternak ayam joper ialah jika tanah yang akan dijadikan lokasi kandang tidak rata. Namun Anda jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan kandang panggung. Sebelum ayam Anda masukkan ke dalam kandang panggung, ketika ayam berusia 0-14 hari sebaiknya diletakkan dalam kandang indukan. Selanjutnya baru bisa di pindahkan ke kandang panggung. Kandang panggung untuk kapasitas 100 ekor ayam bisa dibuat dengan ukuran seperti berikut. Tinggi kandang dari tanah hingga lantai kandang kurang lebih 1 – 1,5 m lalu tinggi dinding kandang dari alas/lantai kira-kira 1,5 – 1,6 m. Jadi tinggi keseluruhan kandang antara 3 – 3,1 m. 

kandang ayam joper
Untuk mengatasi kondisi lahan di Wonogiri yang tidak rata, pemeliharaan ayam joper dengan kandang panggung bisa Anda coba gunakan.

Untuk dindingnya bisa terbuat dari bilah bambu yang disusun dengan jarak antar bilah kurang lebih 1 ruas jadi orang dewasa. Tiang penyangga bisa terbuat dari semen dengan jumlah 4 buah dan terletak di setiap sudut kandang. Dinding kandang juga bisa terbuat dari kombinasi antara bilah bambu dan kawat harmonika. Lantai kandang terbuat dari bilah bambu juga yang disusun dengan jarak antar celah kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa. Atau yang sekiranya lebar celah tersebut tidak membuat kaki ayam terperosok masuk. Kemudian untuk atapnya bisa terbuat dari genteng yang lebih efektif bagi ayam karena pada siang hari tidak membuat kondisi kandang menjadi panas. 

Dapatkan Bibit Ayam Joper Berkualitas

Dua hal utama yang harus dipersiapkan sebelum beternak ayam joper adalah kandang dan bibit. Nah pada ulasan diatas sudah kami jelaskan mengenai kandang yang bisa diterapkan oleh masyarakat Wonogiri. Setelah kandang siap, maka yang harus di perlukan adalah pengadaan bibit. Terkadang tidak di semua daerah terdapat penyuplai bibit ayam joper berkualitas. Oleh karena itu, hobiternak.com selaku penyuplai bibit joper siap mengirimkan doc joper Wonogiri.

Harga DOC Ayam Joper Wongori

Bagi Anda warga Wonogiri yang ingin mencoba beternak ayam joper, kami jual doc joper Wonogiri dan siap mengirimkan hingga ke daerah Anda. Bibit ayam joper yang kami kirimkan berkualitas dan harganya terjangkau. 

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa :

DOC JOPER: Rp5.300/ekor
DOC KAMSI JOPER: Rp6.300/ekor

*1 Boks berisi 100 ekor
*Pembelian 1 atau 2 Boks tambah ongkos kirim 100rb bila di atas 3 Boks GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*
*Khusus untuk daerah Cilegon, Banten, Serang, dan Tangerang pengiriman hanya sampai di Jakarta

kandang doc joper 1024x727 1 HOBI TERNAK doc ayam joper wonogiri word2
Pertumbuhan yang cepat dan pemilihan pakan yang mudah adalah keunggulan dari beternak ayam joper.

Pakan dan Panen Ayam Joper

Dalam masalah pakan, ayam joper tergolong mudah. Terdapat berbagai pilihan pakan yang bisa digunakan. Agar hasil panen maksimal, Anda bisa memberikannya pakan pabrikan berupa konsentrat. Antara konsentrat yang diberikan saat masih masa starter dan grower pun berbeda. Ketika masih masa starter, berikanlah konsentrat halus dan ketika dalam masa grower konsentratnya sudah bertesktur. Saat mendekati masa panen, ayam joper bisa diberi pakan campuran berupa bekatul, jagung, atau tepung ikan.

Untuk pemasarannya, Anda bisa memasarkan secara mandiri kepada konsumen atau bisa juga melalui pengepul. Daging ayam joper pun bisa Anda olah menjadi karkas lalu disetorkan ke rumah makan atau restoran. Karena daerah Wonogiri terkenal dengan baksonya, maka kami yakin permintaan akan daging ayam akan stabil.

Bagi Anda yang ingin beternak joper, kami menyediakan doc ayam joper Wonogiri dan siap mengirimkan ke daerah Anda dan seluruh daerah Indonesia. Untuk info pemesanan, silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK doc ayam joper wonogiri word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata Terkait :
doc ayam joper wonogiri, jual doc joper wonogiri, harga doc joper wonogiri, harga doc ayam joper wonogiri, doc joper wonogiri, penjual doc joper wonogiri, penjual doc joper di wonogiri, ayam kampung super, ayam joper,

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 2: kekinian.biz
  • Image 1: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA